Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Kumaha daramang baraya? Semoga kita semua sehat sehat saja di masa COVID19 ini ya. Kayaknya udah lama banget gak bahas seputar Hyundai di artikel yes, nah kebetulan ada bocoran nih dari sumber KBY hehe. Hyundai Motor Company (HMC) sudah melakukan inventasi besar besaran di akhir tahun 2019 lalu untuk membangun pabrik di Indonesia, di daerah Cikarang. Salah satu proyek ambisiusnya adalah merilis Hyundai Creta alias iX25, SUV sekelas Honda HRV. Kuy kepoin lebih lanjut..

Hyundai Creta dikenal juga dengan nama Hyundai ix25, SUV sekelas HRV dari sisi dimensi ini sudah hadir pada Indian Auto Expo 2020 yang diselenggarakan 6 Februari 2020 kemarin. Merupakan generasi kedua yang menggantikan iterasi pertama tahun 2014 kali ini dibuat berdasarkan basis Kia Seltos. Beneran akan dibuat oleh pabrik Hyundai di Cikarang?

Menurut info yang KBY dapat dari nara sumber sih begitu adanya lads, apalagi HMC sudah melakukan investasi besar untuk membangun pabrik yang sudah dimulai sejak awal tahun 2020 ini. Lantas apa bedanya dengan HMI (Hyundai Mobil Indonesia)? HMI adalah distributornya Hyundai di Indonesia lads, nantinya kemungkinan besar keduanya pasti akan bekerjasama.

SUV yang punya nama global Hyundai IX25 ini sebenarnya – bagi KBY pribadi – agak membingungkan sih positioningnya, soalnya dari sisi dimensi dia nyaris sama dengan saudaranya sendiri, Kona, tapi lebih panjang dan lebih lebar sih. Tapi Kona memang lebih ke Crossover seperti Suzuki SX4 S-Cross dan tepatnya si Creta ini bertempur lawan HRV dan saudara jauhnya, KIA Seltos karena punya panjang yang mirip yaitu 4,300mm.

Di artikel berikutnya KBY akan bahas lebih detail tentang Hyundai Creta yang di India punya 3 pilihan mesin ini, dua bensin dan 1 diesel. Untuk sementara tunggu saja kabar baiknya dari Hyundai Indonesia karena awalnya project IX25 alias Creta tersebut akan dimulai tahun ini tapi akibat COVID19 jadi molor setahun alias di 2021.

Yang jelas, jika sudah produksi lokal, setidaknya harga bisa sangat ditekan, kecuali gerombolan si berat yang bermain di ladang spare parts ngasih harga retailnya ke Hyundai gila gilaan dibanding ke produknya sendiri, bisa bisa bernasib kaya Chevy Spin dah kekeke..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

11 KOMENTAR

  1. selain merk jepang, harus mencontoh wuling, dengan kualitas sama lebih baik, tapi harus dengan harga lebih murah, mungkin bisa laku.

    • sayangnya wuling juga memiliki kualitas yang gak sama.. maksudnya, kualitas bagusnya tidak merata, hanya di beberapa poin, misal plat bodi.

  2. Ya mungkin kalo gag laris di Indonesia, bisa jadiin pabrik yg di Indonesia untuk produksi pasar global juga, karena setau ai’ Hyundai mulai naik daun namanya sejak juara WRC dengan i_20 nya, bisa ngalahih Toyota lagi,,, kan keren,,

  3. Kalau basisnya seltos gantengan seltos kemana mana deh, beneran wkwkwk

    dan apakah brrti yg masuk mesin bensin doang juga ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..