Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Satu lagi produk yang wajib kita syukuri made in Indonesia, karena harganya yang jauh lebih murah plus fitur yang lengkap. Kali ini kita akan membahas produknya buatan Astra Honda Motor (AHM), skutik advance Honda ADV150 yang sudah menembus pasar Amerika Selatan termasuk Amerika Serikat. ADV150 Amerika ini dari sisi desain tidak ada perbedaan mencolok dengan versi lokalnya, namun entah bagaimana ceritanya ada fitur yang dipangkas untuk versi ekspor, apakah kendalanya ada di harga?

Honda ADV150 yang menjadi salah satu produksi kebanggaan Indonesia memang sudah tembus ekspor ke luar negeri, salah satunya yang akan kita bahas ini, yaitu ke Amerika Serikat alias USA (baca: Honda ADV150 Ekspor ke Amerika).

baca juga: Review Harian Honda ADV150

HARGA HONDA ADV150 DI AMERIKA

Skutik Advance ini telah menyita perhatian publik sejak pertengahan 2019 kemarin di Indonesia karena tampilannya yang maskulin untuk seekor maxi scooter, manly alias laki banget! Dan ternyata skutik ini juga dipasarkan di berbagai negara di dunia. Termasuk salah satunya di Amerika Serikat yang mendatangkan Honda ADV150 ini langsung dari Indonesia lewat proses CKD..

baca juga: Segini Top Speed Honda ADV150

Bicara desain, Honda ADV150 di Amerika ini gak beda jauh dengan yang dijual di Indonesia dan Jepang sebelumnya. Honda Amerika sendiri menyebut motor ini sebagai Adventure Style Scooter yang merupakan turunan langsung dari full sized adventure bike, Africa Twin. Lain di Indonesia, beda di Amerika, tim marketing mereka mengatakan bahwa motor ini cocok untuk dibawa riding fun ke perkotaan atau ke hutan juga! Jadi singkatan ADV versi USA adalah ADVenture, kalau di kita kan ADVance hehe.

Banderol Honda ADV150 di Amerika setelah dirilis pun gak main-main lads, bisa bikin geleng geleng dan yakin deh tim mendang mending bakal komen habis habisan, berapa harganya? Tembus $4,299 atau sekitar Rp 67 jutaan jika dikonversi ke Rupiah. Uhuyy edian juga yes wwkkw..

Soal spesifikasi mesin Honda ADV150, sama aja lads. Dibekali mesin 149cc 1 silinder 2 klep SOHC dengan power 13,4 HP @8500 rpm dan torsi 13,8 Nm @6500 rpm. Fiturnya pun sama aja, ada speedometer negative full digital, Smart Keyless, Adjustable Windscreen, long travel suspension with subtank, dan versi sana semua sudah rem ABS. Bedanya hanya di versi Amerika di bagian spakbor ada tambahan mata kucing, yang memang menjadi standar motor sana.

REM BELAKANG TEROMOL!

Yang menarik adalah, lewat spesifikasi Honda Amerika menyebutkan ADV150 versi Amerika masih memakai rem belakang tromol! Bukan Cakram seperti yang ada di Indonesia atau Jepang.. Sayang sekali dengan harga hampir 2 kali lipat dari ADV150 ABS di Indonesia tapi rem belakang masih teromol… Jelas MENDING ADV 150 Indonesia dong wkwkwk..

Tapi bicara harga ya wajar sih, namanya juga motor impor, biayanya pajak, biaya masuk, transportasi dan sejenisnya pasti lebih besar dan membuat harganya akan jauh melambung. Inget kan kasus PCX125 dan PCX150 CBU serta CBR150R CBU dulu yang harganya tembus sampai 40 jutaan, padahal di negaranya hanya 20 jutaan aja? Nah kurleb sama lah.. Begitu juga kalau kita beli moge, padahal harga aslinya sih KBY juga bisa lah beli 2 mah wkwkwkw…

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

9 KOMENTAR

  1. buat mereka mah ga berat banget mungkin cmiiw

    mata uangnya aja kuat banget wkwkwk.. yg hoki malah kita yg ekspor yak kipaskipas dollar hahah

  2. Kalo belakang tromol, apa mungkin ada parking brake nya? Soalnya kan secara konstruksi lebih gampang & murah bikin parking brake di rem belakang tromol. Saya sih lebih milih ada parking brake daripada cakram belakang, lebih fungsional. Meski sebenernya masang parking brake buat rem cakram juga bisa sih walau agak mahal.

  3. bisa juga biaya transporter yg membengkak mang, tergantung berapa unit yang di deploy dari indonesia ke sono, secara biaya dihitung satu container, jika semakin banyak unit yg dibawa maka harga per unit juga semakin murah

  4. murah lah segitu
    nabung setahun jg bisa dapet tuh
    tmn ane dobel job(16jam sehari)kerja cm waiter bayarannya kotor 4000 dolar 😅
    tp ya gt potong pajak, kosan 500dolar, pulsa, makan dll 🤣

  5. Parking brake di rem cakram mah murah, yg resiko tuh seal jebol. Klo saya lebih pilih rem cakram dripada parking brake. Rem cakram lebih aman dripada teromol. Dah terbukti beberapa kali panoc braking pake ADV, untungnya pakem dan tanpa selip.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..