Ertiga menang nyaman

Kobayogas.com – Hola laadsss, Salam gebeerrrr… Pada dasarnya kelengkapan fitur Suzuki All New Ertiga itu sudah lengkap dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan mayoritas konsumen di kelas Low MPV. Pun begitu ada beberapa fitur yang bisa ditambahkan dengan tujuan mendapatkan kenyamanan lebih, misalnya fitur auto door lock dan spion auto retract. Dua fitur di atas memang belum ada di All New Ertiga Suzuki Sport milik KBY, oleh karena itu dipasang deh.. berapa biayanya? Kuy scroll dulu..

Ngomongin spion retract, All New Ertiga setau KBY untuk tipe GX dan Suzuki Sport sudah dilengkapi fitur ini, dengan menekan tombol yang ada di door trim, spion akan terlipat menutup atau membuka. Hanya saja memang belum otomatis pengoperasiannya, butuh ditekan tombolnya. 

HARGA MODUL SPION AUTO RETRACT

Nah akhirnya KBY memutuskan untuk memasang modul spion auto retract dekat rumah di pasar otomotif duren sawit. KBY membelinya dari teknisi tukang pasang dan jual beli spion dan modul auto rectract namanya Kang Wahyu. Harga modulnya terjangkau, 250rb saja, ini modul kategorinya universal, butuh keahlian sang insalatur.

Sementara bagi lads yang demennya plug n play, KBY diinfokan teman, ada modul merek SHM yang sudah membuat modul spion auto retract khusus All New Ertiga, jadi tinggal pasang aja intinya, ga butuh ngulik. Harganya ya lumayan, 600rb katanya sudah sama pasang di rumah. 

Spion auto retract nya berfungsi saat mobil dikunci atau sebaliknya dibuka, baik dari tombol tuas pintu ataupun dari remote. Otomatis akan menutup atau membuka, sangat bermanfaat sih terutama bagi nyonya, apalagi kalau dapat parkiran agak sempit misalnya. 

HARGA MODUL AUTO DOOR LOCK

Sekarang kita bahas door lock, All New Ertiga semua tipe sudah dilengkapi dengan fitur pengaman itu lads, namanya central door lock, dengan satu sentuhan jari, semua pintu bisa terkunci atau terbuka sekaligus. Hanya saja ya itu, butuh dioperasikan, belum otomatis. 

Sejauh yang KBY tahu, ada dua tipe door lock otomatis di pasaran, yang pertama adalah by brake, alias jika mobil dalam keadaan baru menyala dan kita menginjak rem, maka semua pintu akan otomatis terkunci. Yang kedua adalah lock by speed, alias dari kecepatan, biasanya jika speedometer menyentuh kecepatan 30-40km/jam barulah semua pintu otomatis terkunci. 

KBY pilih yang by brake, alasannya pertama, modulnya mudah ditemukan, lebih mudah diintalasi dan lebih murah (ini versi teknisi yang memasang). Kedua, ya biar gak lupa aja, mesin nyala sambil injak rem otomatis pintu terkunci.. Harganya lebih mahal dari modul spion, yaitu 350rb sudah sama pasang. Oia ini instalaturnya beda ya, kang Wahyu cuma jago di spion hehehe.. 

KEKURANGAN AUTO DOOR LOCK

Selain tentunya kelebihan, kekurangannya juga ada, yang pertama kalau pintu driver sudah ditutup dan mesin dinyalakan sambil injak rem, maka otomatis semua pintu terkunci, penumpang yang belum naik ya kudu kita buka secara manual dari tombol wkwkwk.. dan setelah itu rem kita injak sudah gak otomatis ngunci lagi. Jadi tetap saja harus tekan tombol kunci lagi.

Cara ngakalinnya, yang pertama saat menyalakan mesin dengan menginjak rem (karena sudah start stop button ya kudu begini nyalain mesinnya) pintu driver biarkan terbuka. Begitu semua penumpang sudah masuk, baru ditutup pintunya, injak rem lagi, maka akan terkunci semua. 

Cara kedua, jika penumpang yang pada telat sudah masuk semua, tinggal buka lagi pintu driver, tutup lagi, injak rem lagi, maka akan otomatis terkunci semuanya. 

Jadi total harga kedua modul tersebut 600 ribu lads.. sudah termasuk pemasangan yes.. Semoga bermanfaat. Telp kang Wahyu: 081395661352. 

Link IG TV di bawah nih lads, jangan lupa follow buat yang belum yes:

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

 

34 KOMENTAR

  1. Tanya,punya kang kobay manual apa matik?klu manual malah jd ngerepotin karena harus ngerem biar ngunci.nek aku lebih suka yg by speed karena otomatis penumpang sudah masuk semua baru ngunci

  2. aku pake yaris tipe terendah E 2015….auto door lock otomatis dah ada….baru tahu ertiga ga ada…🤔🤔
    klo retract mang ga ada…pasang sendiri😀

    • haha, mobil makin kesini fiturnya banyak dipangkas meski ada juga yang ditambahin, salah satunya ya di Yaris itu, atau spion siang malam..

  3. pasang begituan bisa menggugurkan garansi ga mang …. kan mesti ada perkabelan yg berhubungan dgn kelistrikan

  4. Gerobag sy autolock by speed bawaan toyota.
    Kalo spion retract lebih suka yg manual pencet tombool hehe….

  5. Bisnis asesoris, baik R2 maupun R4 juga mulai kerasa dampak dari wabah ini.
    Orang mulai itung2an mau modif, meskipun yg simpel dan murah.
    Khawatir puasa gak bisa sahur/buka puasa utk sekeluarga kan repot juga

  6. Kijang Grand di rumah dulu pakai auto lock aftermarket yg cara kerjanya combo by speed & brakes.
    jadi kalau kecepatannya masih di bawah kecepatan tertentu (gak tahu kecepatan berapa, mungkin 20 kph), kita injak rem, pintu gak ngunci, tapi kalau mobil sudah jalan, kita injak rem, baru pintu ngunci.
    entah pakai modul merk apa, soalnya dulu bokap beli bekas dan itu sudah ada modul auto lock nya.

  7. Kijang kapsul di rumah udah ada fitu auto door lock by break sementara yg innova by speed,, itu fitu bawaan apa pasangann yah kira”?

  8. Bener itu mang,klu otomatis emanag enak….klu retrak trus tukang parkir maksain ditekuk dr luar kan malah jd rusak

  9. dulu ane kira semua mobil bakal otomatis kunci saat diinjak remnya.
    btw kalau yang soal uda ga bisa dikunci otomatis setelah pintu driver di lock itu harusnya bisa diakalin.
    logicnya sih inputnya itu bisa jalan kalau salah 1 pintu belum ke lock, tapi berhubung pake modul jadi ane kurang tahu caranya… kalau sistem elektronik sederhana sih gampang

  10. Ga bisa dipasang di rem tangan….

    Kalau mobil siap jalan kan rem tangan baru dilepas…. baru ngunci pintu2nya…

  11. Lho memang yg di rem kaki gimana, kalau di rem pertama kan ngunci… direm selanjutnya apakah terbuka? Sistemnya disamakan lah…hanya buat rem tangan saja pasangnya.

  12. om Kobay. kok gak ada modul yang bisa 2 in 1 buat kebutuhan di atas ya? sebab secara yang dikontrol khan semuanya ada di panel pintu.

  13. Bung Kobayogas, saya sudah ada solusi untuk autolock namun auto retract-nya belum; mohon info duren sawitnya dimana ya bung? boleh juga sih klo ada info nomor WA dari bengkel yg pasang auto retract, biar bisa hub langsung. Makasih ya bung

Yuk Tinggalin Jejak Lads..