Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Kalau kita membaca kabar tentang motor balap kejuaraan kelas dunia dijual di marketplace apa yang ada dipikiran? Ah palingan replika atau hasil modifikasi semata, ya kan? Tapi ternyata tidak dengan yang satu ini, motor balap Honda CBR 1000RR SP2 WSBK milik Team Honda Endurance Racing muncul di salah satu Marketplace Online Shop dunia. Moge 1000cc dari Honda tersebut bahkan hadir lengkap dengan nomor Start 111 lads, tentu berita dijualnya unit tersebut langsung membuat heboh dunia otomotif khususnya roda dua. Yang bikin kaget lagi, harganya terjangkau!

Karena sudah jadi hal lumrah di dunia jual beli, sosok hasil modifikasi diunggah untuk menarik perhatian pembeli, begitu juga dengan sang CBR 1000RR SP2 tersebut lads. Sempat disangka sebuah unit hasil modifikasi atau replika semata, namun usut punya usut, ternyata motor tersebut adalah benar unit balap orisinal yang digunakan oleh Sebastien Gimbert, Yonny Hernandes dan Randy De Puniet di kejuaraan balap ketahanan di Le Mans! Laahh kok dijual? Memang boleh?

Pada dasarnya sih boleh boleh aja lads. CBR 1000RR tersebut mengikuti kejuaran balap ketahanan 24 jam yaitu Le Mans 24 Heures Motos di tahun 2019 lalu dan berhasil menduduki tempat kedua di hasil akhir (lihat foto atas). Setelah itu motor konon ini dikandangkan untuk dipersiapkan pada ajang selanjutnya. Alih alih turun lagi, moge tersebut tidak pernah lagi turun ke lintasan, malahan muncul di Marketplace.

KEASLIAN DIJAMIN

Informasi yang didapat, motor ini sempat terparkir di salah satu Dealer di Inggris yang bernama DH Superbike. Keaslian motor ini dilengkapi dokumen, data perubahan komponen, informasi tentang mesin, Chassis & elektronik langsung dari Honda. Jadi bisa dijamin keaslinnya tuh lads..

SPESIFIKASI HONDA CBR1000RR SP2 LE MANS

Berikut daftar perubahan utama atau parts modifikasi yang ada di CBR 1000RR SP2 tersebut:

  • Mesin baru yang disiapkan oleh HRC
  • Gearbox Racing yang baru disesuaikan
  • Elektronik HRC
  • Motec Data Kit Acquisition
  • Fairing Carbon
  • Tangki Aluminium
  • Kopling balap
  • Suspensi Monoshock Ohlins
  • Swingarm balap
  • Footpeg balap
  • Knalpot Akrapovic
  • Quickshifter
  • Rem Nissin dengan Racing Pad
  • Night Lamp

Itu adalah data dari perubahan utama atau bagian yang sudah dimodifikasi, tentunya masih banyak lagi aksesoris atau parts racing lain yang terpasang, namanya juga motor balap.

HARGA HONDA CBR000RR SP2 WSBK LE MANS

Nah sekarang bagian yang paling menariknya, yaitu harga! Jika lads kepincut dan ingin memiliki motor juara ini, silakan cek rekening dan siap siap menebusnya di eBay (iya eBay) dengan harga £39,999 atau €45,700 atau kalau dirupiahkan harga CBR1000RR SP2 Lemans tersebut menjadi sekitar 815 juta rupiah. Jika dibandingkan dengan nilai historis, prestasi dan juga parts yang sudah menempel di sekujur tubuhnya, harga di atas bisa dikatakan masih sangat masuk diakal atau bisa dibilang terjangkau, ya gak sih?

Dengan segala informasi yang ada, CBR 1000RR SP2 ini adalah peninggalan sejarah dari kejuaraan dunia yang punya nama panjang – Le Mans. Tentunya moge ini sangat tepat sekali untuk dijadikan barang kolektor esklusif atau kalau duitnya gak berseri, ya bisa dijadiin motor balap lagi. Tapi mau ditaro di ruang tamu juga punya kelas ini barang wkwkwkw..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

11 KOMENTAR

  1. Kang K0bay,
    ojolali turunkan artikel
    alasan AHRT tidak turun di seri pertama ATC dan ARRC 2020
    xixixixiiiii

Yuk Tinggalin Jejak Lads..