Kobayogas.com – Hola laaaads, salam geberrrr.. Di kelas LMPV alias Low MPV sangat jarang pabrikan memberikan spion bagian dalam yang sudah punya fitur night and day atau bisa disetel siang malam yang sering disebut sebagai spion anti silau. Padahal jaman dulu fitur spion kaya gini udah standar bahkan di mobil yang kelasnya menengah, sekarang gak tau kenapa fitur penting gak penting ini dihilangkan, salah satunya di Suzuki All New Ertiga. Tapi kalau pengen, gampang, bisa dipasang, mudah dan harganya gak mahal mahal amat..

Suzuki All New Ertiga (dan kalau gak salah semua kompetitornya juga sih), belum memiliki spion anti silau (night and day). Spion di bagian dalam ini memang bukan yang otomatis anti glare seperti di Suzuki SX-4 S-Cross misalnya, tapi manual settingannya, ada tuas yang bisa digerakkan. 

Dalam keadaan standar (siang hari ceritanya) maka tuasnya akan berada di posisi ke luar/ belakang, kalau digerakkan ke depan, maka cermin dalam spion akan ke naik ke atas, membuat semacam bayangan gelap dan menahan sinar lampu yang menyilaukan dari belakang.  

Mungkin makin kesini material makin mahal, pabrikan pun banyak melakukan downgrade meski di sisi lain juga memberikan fitur yang kekinian. Seperti spion anti silau ini, dulu jadi standar di mobil kelas menengah, sekarang mah di kelas 300 jutaan aja belum tentu ada hehe. 

HARGA SPION ANTI SILAU ALL NEW ERTIGA

Tadinya sih gak mau pasang pasang amat, toh gak perlu perlu banget juga sebenarnya. Eh pas lagi mantau Instagram, lewat lah akun sobat B-Channel yang kebetulan sedang bahas spion anti silau (night and day) untuk Suzuki All New Ertiga dengan status spare part orisinal Suzuki. Dia menginfokan tempat pembelian yaitu di marketplace TP dengan harga Rp. 175ribu, termurah dibanding lapak lainnya, ungkapnya pada postingannya. 

CARA MEMASANG SPION ANTI SILAU

Wah ternyata gak terlalu mahal juga, jadilah KBY ikutan pesan, gak sampai dua hari pesanan tiba. Sekarang tinggal pasang, gampang banget lads, begini caranya:

  • Sediakan obeng kembang/plus
  • Tarik cover spion ke atas untuk melepasnya, baru akan terlihat ada dua baut di sana 
  • Copot baut gunakan obeng plus, pelan pelan nanti spionnya jatoh
  • Pasang spion anti silaunya
  • Pasang dan kencangkan baut baut
  • Pasang kembali cover spion dengan cara menekannya ke bawah
  • Selesai

Gampang kaaannn? Terus kepake gak Kang? mmm Kadang kadang aja sih wkwkwk.. Tapi setidaknya fiturnya jadi nambah 1 lagi khaaann kekekeke.. Semoga bermanfaat, nih KBY kasih link video Instagram saat pemasangan spion anti silaunya yes.. 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

14 KOMENTAR

  1. Iya jarang kepake fiturnya. Kadang cuma kepake di toll baru kerasa nyaman. Kalo si jalan biasa malah gimana gituu

  2. Ga sekalian autodimming?
    Justru di jalan biasa malah perlu… motor2 suka ga kira2 pasang lampu jauh… kalau mobil kita rendah… silau habis itu spion…

  3. Buat saya pribadi sih sebaliknya. Fitur ini kepake bgt. Sekalipun di jalan raya dan bukan di tol. Saya hampir selalu pake fitur ini kl driving malem hari. Skrg banyak bgt kendaraan yg lupa matiin lampu jauh nya. Apalagi kl mobil. Gilak itu nyorot dari blkg silau nya luar biasa. Motor juga gak jarang yg selalu pake lampu jauh. Bikin silau dan ga fokus driving. Alhamdulillah mobil saya Mazda 2 lansiran lawas (2012) udh ada fitur tsb dr lahir.

    Numpang jemur lg ya mang kobay yg hensem n charming. Tonton oge pideo na mun bisa mh wkwk

    Review Singkat Mazda 2 Sport A/T 2012
    https://youtu.be/9zWwzPBvyys

  4. itu klo di Hibeam dr belakang gak silau mang? Pengen yg hibeam depan jd gak silau ada gak mang? Disini mobil ama motor hibeam semua… bangsat semua pengendara nya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..