Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sepertinya trend blast from the past belakangan ini memang lagi menerpa beberapa pabrikan roda dua di dunia, atau mungkin tepatnya bring back those memories kali ya. Produk produk lawas yang pernah mengisi hati konsumen dan menjadi icon di jamannya kembali dilahirkan. Tahun lalu ada Suzuki dengan Katana 1000, nah baru baru ini Honda memperkenalkan motor konsep Honda CB-F Concept 2020 motor street naked bike retro modern baru dari Honda. Seperti apa sih bentuknya? Kuy scroll dulu yes..

Bulan Maret 2020 ini sebenarnya Jepang punya agenda tahunan yaitu pameran Tokyo Motorcycle Show 2020, namun sayangnya akibat pandemi Covid-19 global yang menerpa banyak negara di dunia termasuk Jepang, membuat event ini batal digelar yang kemudian berimbas pada gagal-nya rilis beberapa motor baru. Salah satunya adalah ya si Honda CB-F Concept ini..

Tidak salah sebenarnya kalau pabrikan kembali menelurkan produk lawas dimana di eranya menjadi ikon ataupun pride tersendiri, termasuk Honda, toh sudah berkali kali mereka melakukannya seperti di kelas bebek, si Super Cub C125. Bukan karena mentok idenya, tapi biar ada produk reborn, eh tapi bisa juga deng idenya mentok wkwkwkw..

HONDA CB-F CONCEPT

Melihat desainnya sih biasa aja, maksudnya bukan jelek, bagus tapi namanya motor klasik dengan sentuhan modern ya tidak ada lekukan dramatis laiknya moge moge Italia misalnya. Tapi ya motor reborn memang begini modelnya, tidak terlalu jauh dari motor originalnya.

Concept Bike ini sejati-nya adalah diversifikasi daripada Honda CB1000R. Yang dimana baik spek mesin 1000cc DOHC Inline four yang merupakan turunan dari Superbike CBR1000RR Fire Blade, kemudian model rangka Mono Backbone Frame dan kaki-kakinya yang menggunakan suspensi depan Upside down dan Pro Arm atau single arm yang menjadi ciri khas keluarga CB 1000cc.

Bedanya, CB1000R itu mengusung konsep desain Neo Sport Cafe alias motor retro modern, sedangkan si CB-F Concept ini memiliki konsep desain ala motor dengan istilah Retro Street Tracker dengan desain serba kotak seperti motor JDM lawas Honda. Pun begitu pihak Honda Jepang sendiri mengklaim jika kehadiran CB-F Concept ini merupakan replika atau boleh dibilang manifestasi dari motor legendaris Honda CB750F yang pernah membawa Freddy Spencer menjuarai AMA Superbike di tahun 1982.

Lihat foto di atas, mirip khaann?? Bedanya tentu ada pada fitur-fitur yang serba modern dan canggih, seperti suspensi depan sudah upside down dan arm belakang model kotak tahu sumedang ditanggalkan, diganti pro arm, juga lampu depan model bulat yang sudah LED, lampu rem juga LED yang futuristik, panel speedometer yang sudah full digital dan lainnya.

Mengingat soal konsep, KBY jadi ingat akan Honda SFA 150 yang pernah muncul di IMOS beberapa tahun lalu, sampai sekarang kayaknya memang hanya jadi sekedar konsep belaka ya? Nah bagaimana dengan Honda CB-F Concept dan apakah akan hadir di Indonesia?

Tentu saja kita harus nunggu versi produksi massalnya dulu atuh hehe… Karena saat ini statusnya hanya sebagai motor purwodadi eh purwarupa alias prototype saja lads. Dan jika nantinya benar akan hadir, kemungkinan besar akan menjadi lawan kuat Kawasaki Z900RS dan juga Yamaha XSR-900 di kelas yang sama, dan jelas harganya gakan murah! semoga bermanfaat yes…

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

11 KOMENTAR

  1. kenapa rata2 motor konsep honda selalu pro arm
    tp begitu rilis ga pro arm ….
    tanya kenapa mang ….

  2. Honda mau mulai reborn 80 classic ni, katana terlalu modern bentuknya, Cuma dikit ambil cue design original nya.

    Nekat sih plek2an 80an banget, soalnya ‘dunia’ eranya masih 70an. Kayanya sih JDM only ni motor kalo rilis. Soalnya di Jepang motor 80an udah mulai naik lagi beberapa tahun belakang ini, cek aja RCM nya AC sanctuary.

    10 tahun lalu, waktu era cafe racer booming (sorry to say Indonesia ketinggalan koz baru heboh 2014), saya bilang ke temen saya kalo motor 80an bakalan booming juga 10 tahun lagi.

  3. Beli GL Max 125, headlamp diganti bulat (sesuai selera), ganti front fork byson, swing arm ganti punya R15 dicat silver, mesin digelandang ke om2s disulap jd 250 cc twin, ban ganti punya cbr 250 , at last dicat gun metal finish
    Taraaa …. Jd CB 250 F refurbish 😛

  4. Cakep nih, cuma agak kurang sreg sama pro armnya, kurang cocok sm desain keseluruhan. Sama kalo headlampnya kotak kayanya lebih pas, secara desain samping & belakang cenderung mengotak juga.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..