Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sepertinya ini lah akhir dari saga skutik rare atau rare bike yang KBY temukan di Jepang. Artikel penutup seputar skutik langka di Indonesia ini akan membahas sebuah skutik dari Yamaha yang levelnya paling tinggi diantara skutik langka yang sudah KBY bahas sebelumnya. Dari dimensinya pun sudah keliatan paling besar diantara yang lain, ini dia Yamaha Cygnus X yang ternyata kemiripan desain dengan skutik 125cc di Indonesia, Yamaha Freego.. Cekidot!

Sebenarnya Yamaha Cygnus X ini bukan yang paling besar, karena di sebelahnya ada Yamaha Nmax yang punya dimensi kurang lebih sama hehe. Yaelah moge NMax mah ga usah dibahas lagi, sudah sering banget dibahas ama KBY wkwkwkw..

Yak diantara skutik skutik pada artikel tentang rare bike sebelumnya, ada Honda TACT, Honda DIO, Suzuki Swish dan juga Yamaha Axis Z, Yamaha Cygnus X merupakan yang terbesar dan levelnya tertinggi diantara mereka. Jadi, yuk kita cari tau lebih banyak..

DESAIN YAMAHA CYGNUS X 125

Jika di Indonesia ada Yamaha Lexi di segmen motor maxi skutik 125cc, nah di Jepang (juga Taiwan), Yamaha punya line produk skutik 125cc tersendiri salah satunya adalah Yamaha Cygnus-X yang merupakan adik daripada Yamaha S-max juga Yamaha Force 155. Entah buatan tahun berapa unit yang KBY temui ini, kemungkinan tahun 2018 ke atas karena pada tahun 2018 lalu skutik ini mendapatkan tampilan baru.

Salah satunya adalah lampu depannya sudah LED dengan garis headlamp yang mirip dengan saudaranya di Indonesia, sama sama 125cc tapi gak masuk Maxi kelas, yaitu Freego 125. Sementara dari dimensinya menyerupai sosok dari Yamaha Lexi.

Tapi jika ditelaah lebih seksama, depannya lebih mirip skutik Yamaha di Taiwan lainnya, yaitu S-Max 155 dan juga Aerox, perhatikan posisi lampu senjanya yang menjorok ke dalam laiknya Aerox. Pun begitu dari sisi desain, memang Cygnus X ini lebih condong ke Freego dibanding Lexi, karena bagian depannya terpisah atas dan bawah tanpa windshield, sementara Lexi tertutup windshield

Memiliki dek rata, dengan dimensi body yang cukup gambot dengan alur berotot pada garis bodinya yang mengesankan sporty namun tetep terpihat compact, ramping dan padat. Bentuk lampu remnya juga unik sekaligus keren, mengingatkan kita pada Maxi Yamaha 250cc si XMax.. Bentuknya memang kaku, tapi KBY sih suka suka aja..

Yang menjadi pembeda dan menunjukkan kalau kasta Cygnus X ini di atas Lexi adalah hadirnya dua buah shock breaker di belakang, betul sekali. Skutik ini sudah memiliki suspensi stereo. Namun uniknya, tidak ditemukan sirip dan tutup radiator sebagai ciri khas sebuah mesin yang sudah water cooling.

Sebagai perbandingan berikut ini foto Cygnus X versi sebelumnya dengan lampu depan lebih rata, tebeng atau tanduk one-piece dan menggunakan livery movistar:

FITUR YAMAHA CYGNUS X

Sebagai skutik kekinian, Cygnus X 125 juga dilengkapi beberapa fitur modern, yang sudah jelas ada juga di beberapa line up skutik Yamaha di Indonesia, antara lain:

  • lampu depan LED
  • lampu rem LED
  • Speedometer full digital negative display
  • Power socket
  • gantungan model lipat
  • Hazard lamp
  • Double disc brake
  • Shock breaker ganda
  • Bagasi sebesar 28 liter
  • rem ABS

SPESIFIKASI YAMAHA CYGNUS-X

Sebagai maxi skutik terkecil di pasar Taiwan, spesifikasi mesinnya pun menjadi yang terlemah diantara saudaranya lainnya. Mesinnya 124cc 1 silinder 4 tak berpendingin udara tanpa VVA, sayang untuk power dan torsinya tidak diketahui. Dimensinya p x l x t 1890 × 690 × 1120 mm sedangkan untuk bobot motornya sendiri skutik pesaing Suzuki Swish 125 ini cukup ringan yakn 112 kg untuk versi standar, sedangkan untuk versi ABS lebih berat 3 kg. Ukuran bannya 110/70 untuk ban depan dan 120/70 untuk ban belakang, keduanya pakai velg cast wheel berukuran 12 inch.

HARGA YAMAHA CYGNUS-X 125

Di Taiwan, Yamaha menjual Yamaha Cygnus-X ini dalam 2 tipe antara lain tipe standar juga tipe rem ABS, dan juga terbagi dalam banyak pilihan warna dengan total sebanyak 7 varian warna. Sedangkan harganya bisa dibilang 2 kali lipat harga Yamaha Lexi. Yamaha Taiwan membandrol harga Yamaha Cygnus-X inidengan harga 82,800元 atau sekitar Rp 39jutaan sedangkan untuk versi ABS tentu lebih mahal menjadi 92,500元.

Belum keliatan ada yang punya yah di Indonesia?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

13 KOMENTAR

  1. tuh kayak Cygnus X inilah mestinya desain laci atau konsol box depan Freego … coba ada part variasi nya yah, macam konsol box Mio gen 1

  2. Lampu belakangnya keren ini dr pd new cygnus…Semoga desain motor ini buat new freego…speedo juga keren …drpd freego cuma seuprit

Yuk Tinggalin Jejak Lads..