Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Motor rare alias langka dan unik yang mungkin saja belum pernah kita temukan di jalanan Indonesia ini memang selalu menarik untuk disimak. Ya meskipun belum tentu nantinya ada di sini, tapi buat nambah wawasan kan lumanyun juga hehe. Nah kali ini adalah Yamaha Axis Z 125 yang KBY temui, masih di pelataran yang sama, sirkuit Twin Ring Motegi Jepang. Skutik ini menarik untuk dicari tahu karena ternyata ada kemiripan dengan Yamaha Mio generasi awal! Kuy kita bedah spesifikasinya..

Dari namanya saja KBY pribadi baru tau loh, beneran, Yamaha Axis Z salah satu produk berupa skutik dari garpu tala dengan kapasitas 125cc yang KBY sangat awam untuk tahu keberadaannya, bahkan baru tau kalau produk tersebut Axis (eksis maksudnya wkwkwk).

DESAIN YAMAHA AXIS Z

Saat pertama kali melihat di parkiran, skutik 125cc ini sedikit membingungkan saat kudu membaca namanya, kirain AXISZ karena Z-nya terlalu dekat, ternyata AXIS Z lads wkwkwk..

Dan seperti Honda Dio, bentuknya punya karakter ala ala skutik Taiwan, sebenarnya asal muasalnya ya dari Jepang juga, hanya saja konsumen Taiwan ternyata sangat menyukai skutik skutik dengan desain seperti ini, monyong manyun panjang gitu moncongnya hehe.

Jadilah desain seperti ini identik dan melekat dengan skutik skutik asal Taiwan, sebut saja Kymco raja motor asal Taiwan yang ternyata punya sejarah panjang dengan Honda loh, kapan kapan KBY bahas deh soal ini. Produk mereka sebut saja GP125 dan Racing King punya aura yang mirip, pabrikan lainnya yaitu SYM juga begitu.. intinya, ga usah aneh sekarang yah, KBY juga baru paham belakangan ini kok wkwkw..

Karena itu, depannya ramping dengan tameng panjang hingga atas roda yang sekaligus berfungsi sebagai spakbor, tapi di belakang demplon kaya pantat minta ditepak wkwkw.. Ciri khas skutik asal Taiwan juga hadir, yaitu lampu rem yang gede gede bentuknya.

DEK RATA BISA SELONJORAN

Tak seperti Honda Dio ataupun TACT, Yamaha Axis Z tidak egois, joknya panjang dan lumayan lega jika melihat dimensinya. Melihat ke bagian bawah setang di depan kita seperti familiar, yoi mirip Yamaha Freego, demikian juga dengan garis lampu bagian belakang. Wajar atuh namanya juga masih saudara hehe.

Yang menarik adalah deknya, selain rata ternyata naik ke atas sehingga kita bisa membayangkan kaki bisa selonjoran di situ! Meski gak terlalu lebar tapi oke dong, jarang jarang kan skutik dek rata tapi bisa selonjoran di Indonesia ini?

Melihat dari depan, KBY gak perlu pikir panjang kalau wajahnya seperti melihat Yamaha Mio generasi pertama alias Mio karbu, mirip! Lampunya bukan lampu bego, alias bisa bergerak sesuai arah setang, tidak seperti kebanyakan skutik di sini yang justru lebih suka head lamp di bawah – termasuk KBY juga sih wkwkw..

mukanya mio banget yah

FITUR YAMAHA AXIS Z 125

Skutik yang masuk ke dalam kategori entry level ini punya bagasi super luas dan lubang tangki yang super praktis karena memiliki lubang pengisian bahan bakar di depan, ya betul seperti Free Go 125. Gak heran sih, di Jepang dan Taiwan sudah banyak kok skutik dengan fitur seperti ini.

Karena diposisikan sebagai skutik entry level, Axis Z tidak memiliki fitur modern seperti lampu LED , speedo digital dll seperti yang terdapat pada varian skutik 125cc Yamaha lainnya sebut saja, Yamaha Cuxi 2019, Yamaha BWS-R dan juga yang paling keren Yamaha Cygnus-X 2019.

Meski terkesan jadul, matic Yamaha ini punya beberapa kelebihan selain jok yang cukup lebar dan panjang sehingga nyaman buat boncengan, juga ada seluas 37,5 liter! Ini sih gede beud.. Juga termasuk dek yang bisa slonjoran seperti KBY sebut di atas. Ada juga gantungan belanjaan model lipat.

SPESIFIKASI & HARGA YAMAHA AXIS Z

Yamaha AXIS Z ini memiliki spesifikasi mesin 125cc 1 silider berpendingin udara, ya udara, dengan filosofi Bluecore matic. Produk Jepang ini diklaim bisa diajak irit hingga 55,3 Km per liter, sedappp…

Sementara untuk harga, karena gak tau harga Jepang, KBY merujuk ke Yamaha Taiwan aja ya, mereka menjual Axis Z 125 2019 ini dalam 2 tipe yaitu tipe rem cakram dan tipe rem teromol dengan bandrol harga 61.800 Yuan untuk versi termurah dan 64.800 Yuan untuk versi termahal.

Jelas model kaya Dio, Tact dan Axis Z ini agak sulit untuk diterima konsumen Indonesia, setuju?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

14 KOMENTAR

  1. buat penikmat Kymco yg rilis di Indonesia taon dua rebuan awal sih, fitur lubang tangki bensin di depan, dek loas dan bisa selonjoran plus bagasi lebar kaya empang udeh gak asing lagi

    gak perlu jadi polemik soal siapa duluan atao siapa yang ngikut alias copas … selama fiturnya bikin tambah nyaman dan memanjakan konsumen, kite mlipir riding santuy bareng2 aja … sepakat khaannn

  2. Headlamp mirip Mio gen 1 dan gen Mio Smile
    Dek depan mirip Mio J
    Buritam mirip Nmax
    Area dashbord dek tengah mirip freeGo
    Itu menurut saya bang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..