Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Gini nih kalau materi kebanyakan, kadang malah kelupaan jadi ngendon di file doang wkwkwk.. Jadi gini, waktu ke Jepang tahun 2019 lalu bertandang ke sirkuit legendaris Twin Ring Motegi, di sana KBY banyak ketemu motor motor unik dalam arti tidak dijual bebas di Indonesia. Kalaupun ada ya segelintir dan sangat sulit ditemukan di jalanan umum. Salah satunya ya ini, skutik mungil Honda TACT yang ternyata punya kapasitas mesin mungil 50cc! Kepoin lebih lanjut kuy!

Tidak sedikit yang bilang kalau Honda Tact 50cc ini merupakan nenek moyangnya Honda Beat, gak salah juga sih karena pertama hadir di awal tahun 80-an dan berikan penyegaran sejak tahun 2015 dan masih eksis sampai sekarang untuk pasar Jepang bersama produk skutik 50cc lainnya seperti Honda Giorno, Honda Dunk, Benley, dan juga Gyro.

KBY ketemu dengan skutik lawas yang tetap eksis ini di Twin Ring Motegi, sirkuit kebanggaan orang Jepang. Di parkiran motor sekitar paddock banyak motor dimana beberapa diantaranya benar benar belum pernah KBY lihat, salah satunya adalah Honda Tact ini lads.. Ada lagi Suzuki Swish, Honda Dio, Yamaha Axis Z dan Yamaha Cygnus X yang akan KBY jadikan artikel selanjutnya ya.

DESAIN HONDA TACT

Honda Tact ini dimensinya cukup mungil, kurang lebih sama dengan Honda Dio atau kalau di Indonesia kita mungkin lebih familiar akan Yamaha Mio generasi pertama – kalau nyebut Kymco Jet Matic pada gak kenal mah hehe.. Yes, dimensinya kurang lebih sebesar Mio lads.

Ada bagian bodi yang mungkin mengingatkan kita pada motor Honda lain jenis, misal desain headlampnya mirip dengan bebek Honda Kirana 125 atau kembaran Honda Dream 125 Kamboja yang pernah eksis di awal tahun 2000an. Desain motor ini terlihat simple dan compact, sesuai dengan segmen-nya yang merupakan skutik untuk kelas pemula.

Lads jangan berharap menemukan foot peg di belakang atau menyatu ke depan laiknya beat generasi 1, karena gakan ketemu! Iyes, meski sebenarnya gak kecil kecil amat, tapi Honda mendesain TACT sebagai skutik egois, alias cuma buat kaum jomblo semata wkwkw..

Sayangnya karena di pelat nomor Jepang juga gak jelas buatan tahun kapan kaya di Indonesia, KBY ga tau ini Honda Tact buatan tahun berapa, asumsi sih 2017-2019, toh desainnya juga gak berubah sejak 2015.

rak di belakang itu bawaan standar loh

FITUR HONDA TACT

Meski dari desain keliatan lawas serta kelistrikan alias lampu lampu gak modern seperti saat ini yaitu masih mengandalkan bohlam, tapi fitur fitur penyokongnya bisa dikatakan brilian dan gak ketinggalan jaman lads.

Misal gantungan belanjaan model lipat, kantung lumayan lega di kiri, kunci kontak multifungsi seperti skutik Honda pada umumnya di Indonesia. Lainnya adalah:

  • Parking brake lock
  • Dek rata – kaki bisa nekuk meski gak selonjoran
  • Isi tangki di depan
  • Speedometer Analog-Digital

PEMANFAATAN RUANG

Bukan Honda namanya kalau tidak mampu mendesain ruang yang akomodatif. Honda Tact 50 boleh saja mungil tapi bagasinya luas muat helm 1 helm open face! Ya tentu ini karena desain tangki yang berada di dek sehingga pengisiannya dari luar gak perlu buka jok. Kalau melihat desainnya sih gak butuh kunci, tinggal congkel aja tutupnya.

Spesifikasi Honda Tact 50cc

Kapasitas kecil tapi maut! Walaupun cuma 50cc tapi mesinnya ini mirip punya Vario series lads, yaitu sudah menggunakan cairan radiator. Power maksimum skutik ini mencapai 4,5 Ps pada 8000 rpm, dan torsinya 4,1 Nm pada 6000 rpm. Berkat tenaga yang kecil juga, kayaknya Honda merasa tidak perlu memberikan rem cakram untuk Tact di depan.. teromol coy! Wkwkw

Bisa terlihat sirip sirip radiator di samping kanan
rem depan tanpa cakram

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya bisa lads lihat dibawah ini :

SpesifikasiHonda Tact
KodeHonda 2BH-AF79
Panjang keseluruhan x lebar x tinggi (mm)1,675 × 670 × 1.035
Jarak sumbu roda (mm)1.180
Ground clearance minimum (mm)105
Tinggi kursi (mm)
720 [705]
Berat kendaraan (kg)79 [78]
Kapasitas tempat duduk
1 orang
Radius putar minimum (m)1.8
Model / tipe mesinAF74E / satu silinder OHC 4 tak stroke berpendingin cair
Total pemindahan (cm 3 )49 cc
Rasio kompresi
12.0
Output maksimum (kW [PS] / rpm)3.3 [4.5] / 8.000
Torsi maksimum (N ・ m [kgf ・ m] / rpm)4.1 [0.42] / 6.000
Jenis perangkat suplai bahan bakarElektronik <Perangkat injeksi bahan bakar kontrol elektronik (PGM-FI)>
Kapasitas tangki bahan bakar (L)4.5 liter
Jenis transmisiVariabel berkelanjutan (V-matic)
BanDepan/Belakang80 / 100-10 inch 46J

 

Sebagai penutup, pesaing Suzuki lets 50 dan juga Yamaha Jog ini dijual dalam banyak pilihan warna dan terbagi dalam 3 vaian termasuk varian special edition berwarna emas untuk pasar Jepang. Sedangkan untuk harga Honda Tact 2019 ini dibandrol 168.300 Yen atau setara Rp. 22 jutaan untuk versi termurah, dan termahal dibandrol 170 ribu Yen.

Konon skutik mini begini jadi incaran kolektor motor di Indonesia melalui importir umum, tahun 2019 lalu, harga Honda Tact di Indonesia mencapai 30 jutaan, sekarang pasti dah naik.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

20 KOMENTAR

  1. Yg impor pasti zomblo er sejati tuh mang. Yg santuy dan berprinsip “no woman no cry”…..hehe

  2. ah serius buka tangki bensin mesti jongkok dlu ? mesti turun dlu dong …
    emg gabisa sambil duduk trus nunduk doang mang ?
    kok saya jadi kope ….. ya

  3. desinnya jadul.
    tapi lucu juga kalau tangkinya di bawah, jadi selain bagasi makin luas, titik beratnya juga makin rendah, kenapa gak diterapkan di skutik lokal ya?

  4. Laper ni mang kobay, view blog nya dr safari ipon saya ga kluar gambar nya, kecuali di aktifin reader view nya.

  5. Kenapa sih tiap liat foto2 kendaraan yang basah kena ujan di luar negeri terutama negara2 maju di kota besar itu kayanya bersih gitu air bekas cipratannya. Disini Indonesia kena gerimis dikit, bekas cipratannya udah campur2 tanah, lumpur, kerikil, dll. Diliatnya gak enak, cokelat2 gitu. Musim kemarau, debu jalan yang pada nempel ke kendaraan. Apa karena kamera ya atau disana rajin dicuci juga jadi gak kotor banget keliatannya.

  6. Ngisi bahan bakar kudu jongkok walaupun bs ngisi pas duduk, kurang praktis sih knapa ga skalian tutup kayak freego gtu ya atau di konsol tengah?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..