Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini lagi gandrung sama yang namanya motor matik alias skutik hingga modif ban cacing dan mberrr, di belahan dunia lain beda ceritanya. Gak jauh jauh sih, yaitu di Vietnam, salah satu negara di Asia Tenggara yang belum pernah KBY kunjungi ini justru namanya motor bebek dan bebek sport adalah pasar terbesar mereka. Tak heran Suzuki langsung tancap gas melakukan ekspor Suzuki Satria F150 injeksi mereka ke negara Nguyen tersebut, gak tanggung tanggung, statusnya CBU! Selain itu ternyata ada beberapa perbedaan dengan versi lokal, salah satunya adalah harganya yang wow!

Lain padang lain belalang, lain negara, beda pula kedemenannya di jenis sepeda motor meski secara general ada juga yang sama. Saat bebek versi standar maupun versi sport yang sering kita sebut ayago di Indonesia sudah males malesan pasarnya, ternyata tidak untuk Vietnam lads, penduduk atau bikersnya ternyata lebih tertarik dengan motor-motor bebek atau motor ayam jago ketimbang motor matic.

baca juga: Satria F150 Injeksi vs Honda Sonic

Jadi tidak heran Suzuki Indonesia mendapatkan order dari Vietnam untuk mengekspor motor terbaik mereka di kelas ini yakni Suzuki Satria F150 ke Vietnam! Memang banyak yang suka kang? Hehe, kalau ada order berarti ada pasar, seberapa besarnya belum diketahui. Tapi jangan salah lads, yang namanya Yamaha Exciter 150 (di Indonesia MX King) dan Honda Winner X 150 (Honda Supra GTR 150) itu benar benar bertarung laiknya jaman CB150R vs Vixion dahulu!

jangan lewatin: Review Harian Suzuki Satria F150 Injeksi

Adanya ekspor Suzuki Satria F150 ini juga sudah dikonfirmasi oleh Dept Head of Sales & Marketing 2W SIS, Pak Yohan Yahya. “iya betul, itu menunjukkan bahwa model ataupun desain Indonesia juga disukai diluar negeri.” Mantap juga nih, bisa bersaing!

baca juga: Honda Ekspor Sonic 150 Ke Manca Negara

PERBEDAAN DENGAN SATRIA LOKAL

Satria F150 versi ekspor memiliki perbedaan namun tidak signifikan dengan versi lokal lads, yaitu ada pada lampu sein yang modelnya terpisah, hal ini menyesuaikan regulasi di Vietnam. Juga terdapat saklar/tombol On Off untuk lampu depan. Namun secara spesifikasi tetap sama versi Satria F150 lokal. Begitu juga antara Satria F150 dengan Suzuki Raider 150 hanya perbedaan penamaan saja, namun sudah pastinya Satria F150 terasa lebih special karena diimpor secara CBU dan warnanya elegan ketimbang Raider 150.

klik juga: Satria F150 x Sonic 150 x MX King 150

sein Satria Vietnam terpisah modelnya

HARGA SATRIA F150 DI VIETNAM

Karena statusnya CBU, maka harga jual di Vietnam menjadi jauh jika dibandingkan dengan versi Indonesia. Motor Ayago super ini dijual dengan harga 55,9 Juta VND atau setara dengan 36,6 Juta Rupiah! Edian, beruntung yah kita harganya cuma 20 jutaan di sini hehe..

Yang jelas, saat KBY coba cari tahu tentang Honda Sonic di Vietnam, ternyata tidak ada lads, artinya bisa jadi Suzuki Satria F150 ekspor ini menjadi satu satunya di kelasnya.. Semoga laris maneeezz biar piling gud lakaysud.. Btw lampu sein menurut lads bagus versi lokal atau ekspor?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

9 KOMENTAR

  1. weh, kipazZ kipaZ dolar juga ya ini zuzuki!! ngikutin pabrikan sezembahan Zuragan yang paling inovatif saZaaa . . .

    Zaman dulu ZUragan pernah berpesan lho, kalau ZUragan suka bantu2 pabrikan kecil Zupaya biza berzaing dengan pabrikan lainnya saZa, contohnya dulu Zuragan suka promoin brandZ Zusuki ini, tapi entah kenapa zekarang Zuragan cuma bantu2 yamaha saZa . . .

    ada yang tau apa yang menyebabkan perubahan pada hati Zuragan ini? apa zekarang posisi yamaha zudah lebih lemah dari Zusuki? hanya Zuragan yang tahu Zawabannya . . . .

  2. sebenernya Suzuki Vietnam udah punya Satria versi lokal mereka sendiri yaitu Suzuki Raider R150, tapi ntah knp, org Vietnam lebih tertarik dgn versi CBU Indonesia yg diimpor Importir Umum (katanya mereka punya pemikiran brg CBU kualitasnya selalu lebih bagus drpd lokal),, akhirnya drpd pasarnya Suzuki Vietnam digerogoti importir umum ya lebih baik impor secara resmi saja Satria nya,, jd mereka punya dua nama motor utk jenis yg sama yg di jual resmi,
    btw, GTR 150 pun juga di ekspor kesana loh, meskipun lewat IU juga,

  3. Ini kok cuman keluar tulisan saja. Gambarnya kemana? Gua pke android 10 google chrome. Tlg perbaikannya bay. Biar ga mls buka blog mu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..