Kobayogas.com – Hola laaads, salam geberr.. Kaget juga ketika membaca informasi yang dishare di grup wasap, adanya recall resmi dari Yamaha untuk produk Aerox dan Freego. Bukan apa apa, si Gendis Aerox tipe R juga termasuk di produk yang disebutkan lads. Jadi untuk Aerox semua tipe, begitu juga Freego semua tipe. Nah biar tau milik lads di garasi kena atau tidak recall tersebut, silakan dicek ya, informasi lebih lanjut silakan di scroll dulu

Yamaha Indonesia (YIMM) yang punya tagline semakin di depan gaspoll baru saja mengumumkan program peduli konsumen setia yaitu Recall untuk Yamaha Aerox 155 dan Freego terkait dengan komponen Front Stop Switch (B5D–H3980–00) dengan detail sebagai berikut :

RECALL YAMAHA AEROX DAN FREEGO

Terimakasih telah menjadikan Freego & Aerox sebagai pilihan berkendara anda

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, sebagai produsen dan distributor sepeda motor Yamaha di Indonesia mempunyai misi untuk terus memberikan produk terbaik dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan.

Pada proses evaluasi produk yang dilakukan secara berkala, Yamaha menemukan bahwa diperlukan adanya suatu pemeriksaan lanjutan pada komponen Front Stop Switch (B5D–H3980–00) (berkaitan dengan fungsi sinyal lampu rem belakang)

Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas produknya, Yamaha akan melaksanakan penggantian komponen Front Stop Switch (B5D–H3980–00) secara GRATIS untuk unit Freego & Aerox dengan nomor rangka sebagai berikut:

FreeGoNomor Rangka
Type StandarMH3SEF510JJ001001 – MH3SEF510KJ073000
Type SMH3SEF520JJ001001 – MH3SEF520KJ021200
Type S-ABSMH3SEF540JJ001001 – MH3SEF540KJ006440
AeroxNomor Rangka
Type StandarMH3SG4610KJ253021 – MH3SG4610KJ267140
Type RMH3SG4620KJ068761 – MH3SG4620KJ070240
Type SMH3SG4640KJ060082 – MH3SG4640KJ062321

Program ini akan dilaksanakan serentak diseluruh dealer, Sentral Yamaha, dan Flagship Shop Yamaha mulai tanggal 16 Maret 2020

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, sahabat Freego & Aerox dapat menghubungi Yamaha Call Centre di nomor 021- 24575555 atau klik www.yamaha-motor.co.id atau bisa menghubungi dealer terdekat di kota anda.

Potongan fotonya ada di bawah ini:

FUNGSI DAN BENTUK KOMPONEN YANG DIRECALL

Jadi yang diganti itu sebenarnya receh alias tidak berpengaruh kepada performa mesin, tapi dari sisi safety ya bahaya juga jika dibiarkan, bahayanya lebih kepada sang pengendara Aerox atau Freegonya lads, bisa ditabrak orang.

Saklar atau switch yang direcall ini berkaitan dengan nyala lampu rem, jika konslet maka lampu rem bisa mennyala terus dan bisa membingungkan pengendara di belakang pengguna, efeknya kurang lebih sama dengan gaya pengendara yang kebiasaan menempelkan jari di tuas dan tanpa sadar menarik tuas rem sedikit saat riding, sehingga lampu rem nyala terus.

Kalau rusak ya lebih bahaya lagi, karena lampu rem bisa tidak nyala dan kemungkinan ditubruk oleh pengguna kendaraan lain menjadi lebih besar. Harganya murah, cuma Rp. 54 ribu ajah.. Apresiasi banget ke Yamaha nih.

SI GENDIS AMAN

Begitu tahu infonya, KBY langsung cek STNK si Gendis Aerox tipe R, alhamdulillah aman lads.. Jadi gak kudu ke bengkel dah hehe.. Nah silakan dicek STNK Aerox atau Freego nya masing masing ya, kena atau gak, dan segerakan kalau ternyata masuk ke dalam unit yang kena recall tersebut.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

31 KOMENTAR

  1. sudah lama ndak pakai motor yamaha, tapi secara pribadi saya suka dengan recall seperti ini, termasuk layanam after sales yang bagus.

    jadi kangen jupiter z jaman sma 😅

  2. setau saiya . cvt gredek tidak menyebabkan bahaya kang & tidak bikin orang meninggal. wkwkwk

  3. Mantab… Ga seperti sebelah yang GREDEK, KLOTOK, TANGKI BOCOR dan MIRING tapi tidak bertanggung jawab

  4. sebenernya di ymm ada bagian quality control nya ga sih ya …. sering bgt denger recall2
    jgn tersinggung maaf …. yg namanya kesalahan itu 1-2 x ok lah manusiawi … atau 2-3 x masuk toleransi …. lah ini Kaya nya sering bgt ymh bikin recall … ya meski beda jenis motor tp r25 tuh kayanya kemaren msh ada recall …
    saya pribadi jadi berpandangan ini bukan lagi satu bentuk pelayanan …. namun dh merupakan human error (yg seharusnya tdk lolos QC)
    maaf sekali lagi bukan bermaksud menyudutkan …

  5. Buset apa yg di recall,selama ini itu motor ngga ada masalah,konsumen ngga ada yg protes malah penggantian komponen.yg sebelah malah kebalikan,motor ada masalah kaya cvt gredek tapi ngga ada penggantian

  6. Coba ganti switch rem nya pake Hino karoseri Adi Putro mang, viar sekalian warna-warni kayak lampu diskotik..

  7. coba perhatiin deh lampu stop nya PCX lokal di jalan . . .

    saya sering lihat dalam keadaan jalan suka tetep nyala terus, awalnya saya kira gara2 jari2 tangan suka tetep pegang handel rem biarpun lagi ngelaju, memang sih switch lampu rem honda jaraknya dikit banget kesentuh aja tu lampu udah nyala.
    sampe saya lihat ada yang kejadian lampunya nyala tapi tangan ga nyentuh handel rem.

    saya coba cek PCX saya sendiri, ternyata switch rem kiri (rem belakang), emang suka nyangkut, makanya udah beberapa bulan ini saya kebiasaan setelah pakai rem belakang, handelnya saya dorong lagi pakai jari, emang sih jarang soalnya saya jarang pake rem belakang kecuali mau bner2 berhenti.

    weekend ini mau tanya ke bengkel sekalian servis rutin, moga2 viral terus di rikOOL

    —-
    yah maklumlah, kan motornya honda, buatan hahaem pula, pasti ada aja salahnya . . .

  8. @mang kobay, handelnya balik mang, cuma kayanya per switchnya nyankut kalo di motor saya.

    maklumlah, saya mah cuma karyawan yang dari 2010 ngiler PCX, cuma ga sanggup beli, baru sanggup beli pas 2018 udah lokal, enyunoulah kualitas hahaem . . .

  9. Bagi pabrikan lain , RECALL tsb hanya sebatas pelajaran ekstrakurikuler.

    Namun bagi Y..RECALL tsb sudah menjadi KURIKULUM WAJIB yang sudah diterapkan bertahun tahun untuk setiap Produksinya .
    Recall adalah bentuk tanggung. Jawab pabrikan. Dan semua pabrikan menerapkan hal tsb.

    RECALL tipe khusus yang berkesibambungan dan berjilid jilid bahkan sudah sebagai Patern dan Paten…itu hanya milik Y 😂 makanya disematkan ISO 3612
    Apa itu ISO 3612 ? Yaitu
    International Spesial Owner 3 bulan 6 bulan 12 bulan . Yang artinya Y memiliki Hak istimewah tersendiri dimana per 3 bulan ,per 6 bulan atau pertahun merayakan Pesta nya dengan RECALL 😂
    Masih kurang panjang ?
    Bersambung…..

  10. Hati* menginfokan kasus ini, ntar mang kobay dianggap/dicap blogger yg tidak netral lagi… Wkkkk.

    Padahal kmrn udah dicap netral lo 😂

  11. Variem led yg ada cbs nya juga rentan switch nya konek sendiri dan rem jadi kedap kedip walau g di sentuh, ujung2 nya byk yg mati bohlam nya karena nyala terus2 an.

  12. @iian 😂😂😂 itu yang direcall itu part kecil, artinya yamaha sangat teliti dan sbg bentuk layanan garansi demi kepuasan konsumen
    Saya kasih contoh :
    1. dimotor supra terkenal bodinya getar getar (tidak recall)
    2. Mesin klotok klotok rompal dan meleduk serta SASIS PATAH pada Cb150r (tidak recall)
    3. Mesin KLOTOK juga ditemui pada supra gtr, sonic150 dan cbr150 (tidak recall)
    4. Gredek gredek pcx150, vario150, vario125 (tidak recall)
    5. Shock miring pcx150 (tidak recall)
    6. Rantai kemrosak (tidak recall)
    7. Mesin pcx lemot karena masih 2 klep 😂 (tidak recall)
    8. Tangki bocor all varian sport (tidak recall)
    9. Oli rembes di cbr250rr (tidak recall)
    10. Bodi tipis dan cat kusam (tidak recall)

    Dan lain-lain

  13. 😂 semua yang disebut soundwave diatas ada pada produk Y , cuman dilontarkan pada produk H .
    Hal biasa dan sudah mendarah daging adalah BC an sept itu. Nyatanya yang laku dan laris tetap laku dan laris , karena konsumen tau hal sebenarnya … Memilih yang tepat dan terbaik dari semua yang kurang tepat dan kurang baik 😂
    Pembuktian ada pada pasar dan konsumen dan H telah memberi pembuktian tsb , dibalik itu…sejarah BC2an sudah gak mempan lagi bagi H , begitu banyaknya BC an yang bersumber dari kubu Y .. tiada berpengaruh sedikitpun, animo dan demand konsumen yang tinggi terhadap produk H adalah bentuk Kepercayaan dan Pembuktian.

    Ditunggu jadwal Recall selanjutnya :
    – Mil check engine tanpa Solusi…sementara di NONAKTIFKAN dulu hingga kasus terungkap dan jadwal pendataan dan Recall bisa dilaksanakan.
    – Shock belakang bagian kanan yang lebih keluar 1 cm lebih dari titik tengah disinyalir kesalahan produksi.
    – keyless yang Abnormal
    – motor berjalan dalam kedaan lurus ,namun bodi motor cendrung miring ke kanan ( mirip vespa zaman batu )
    – dan yang paling penting adalah..Getar Sepanjang jalan menjadi PeEr besar bagi Y
    Happy Recall 👏😂

  14. Blogger2 kondang memang sakti kayak avatar negeri api, mau nulis apapun pasti menimbulkan kebakaran. FB silakan lanjott. Gak ada lo gak lucu wkwkwk

  15. Ga d blog sebelah, ga d sini, ga d mn”, Komen lu cm jd sampah doank. Belain merk smp segitu’y, mungkin lu sales Honday, ato FBH yg ngarep tar klo lu mati para petinggi Honday datang ngelayat lu sekalian bayarin tanah kuburan bwt lu. Malaikat ga bakal nanyain merk motor lu apaan tong…!!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..