Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski motoGP seri Qatar batal dilaksanakan, namun beberapa balapan seperti ARRC 2020 seri 1 di sirkuit Sepang Malaysia tetap diadakan meski kurang ramai mengingat beberapa tim terpaksa harus absen di gelaran balapan Asia tersebut. Pun begitu jalannya balapan tetap seru serta ada yang menarik di kelas AP250 tahun 2020 ini yaitu hadirnya TVS dari tim balap India yang menggunakan Apache RR310 1 silinder. Hasil akhir mengejutkan karena keputusan harus benar benar dianalisa mendalam sehingga memutuskan Honda CBR250RR juara dengan waktu setipis rambut!

Yes lads, ada yang menjadi dan menarik perhatian di ajang balapan ARRC AP250 seri perdana tahun 2020 ini, yaitu bergabungnya tim TVS Racing India dengan TVS Apache RR310 yang bisa dikatakan cukup sukses dalam melakukan debutnya. Motor 310cc 1 silinder ini ternyata boleh ikutan dan sejauh ini tidak ada keberatan dari pihak lain. Menarik juga, nanti KBY cari tau lebih deh..

Sementara untuk unit atau produknya si TVS Apache RR310 yang awalnya punya nama TVS Akula tersebut sudah pernah KBY bahas di artikel First impression TVS Apache RR310, mangga disimak.

Kembali ke jalannya balapan, AP250 seri 1 Sepang ini tidak dihadiri oleh beberapa tim Honda seperti AHRT kebanggaan Indonesia. Alasannya absen? Menurut info yang KBY dapat sih katanya semua tim balap yang berafiliasi dengan Honda Jepang (AHRT dan AP Thailand dan Malaysia) belum diperbolehkan turun balapan oleh Honda pusat terkait Virus Corona (Covid19).

Untungnya Indonesia masih diwakili oleh AM Fadly dari Kawasaki Manual Tech. Sayangnya sang juara umum 2019 ini harus pasrah finish di posisi 13 karena masalah pada mesinnya. Jadi lah Malaysia vs Jepang terjadi lads.. Malaysia yang diwakili oleh Md Idlam Haqmi dari Idemitsu Boon Siew Honda Racing team dengan CBR250RR berjibaku dengan Aiki Iyoshi asal Jepang dari Motul Manual Tech Racing Team di atas Ninja 250.

Tanpa adanya AHRT Indonesia dan AP Honda Thailand yang selama ini selalu berada di rombongan depan, menjadi alarm bagi Kawasaki Ninja mengingat Boon Siew Honda bisa dikatakan merupakan tim lapis dua Honda dibandingkan dua tim pabrikan yang KBY sebut duluan.

Tapi CBR250RR besutan mereka ternyata mampu bahkan mengungguli motor juara tahun lalu. Ini juga merupakan indikasi kuat kalau balapan ARRC AP250 tahun 2020 ini seharusnya bakal lebih sengit lagi.

Iyes lads, bahkan untuk menentukan siapa juaranya dibutuhkan foto finish selain perhitungan transponder. Awalnya yang menjadi juara adalah Aiki dari Kawasaki, namun setelah kembali dianalisa, gap transponder Iyoshi dengan 0,008 detik dibatalkan karena posisi Iyoshi yang berada lebih dekat dengan receiver dan diputuskan Idlan haqimi  finish terlebih dahulu dengan Gap 0,001 detik saja . . setipis sutra, eh rambut!

YAMAHA PR BANGET!

Untuk Yamaha di atas R25, mereka harus puas berada di posisi ke empat. Pembalap Indonesia Wahyu Nugroho dari Yamaha Racing Indonesia ketinggalan 12,2 detik dari grup 1! Jauh loh itu. Jujur aja, selama ini hanya Anupab Sarmoon pembalap Thailand yang bisa menggila di atas YZF-R25, sisanya? Medioker aja.

Menurut opini KBY pribadi, sebelum adanya ubahan spesifikasi mesin terhadap YZF-R25 maka akan sulit bagi Yamaha menjadi juara di ARRC kelas AP250, alih alih juara umum, juara seri saja sulit! Spesifikasi R25 memang menjadi yang terlemah saat ini lads.

Sementara motor balap debutan TVS Apache 310RR lumayan bisa masuk ke 6 besar dengan berada di posisi ke 6. Motor 1 silinder bertenaga standar 33.5 hp/9.700 tersebut memiliki gap 0.689 detik di belakang R25. Kira kira bisa berbicara lebih banyak gak ya si TVS ini ke depannya..

17 KOMENTAR

  1. numpang gelar tiker … sembari cari kupi ama gorengan, soale biasanya bakal rame nih artikel

  2. Wah…motor mang kobay juara 😂
    Padahal dah kenak sunat sunatan tuh kawasaki sama honda ,tapi masih moncer juga.

    Kalau kilas balik k masa lalu, dimana cbr250 mono masih bisa berjibaku digaris depan , maka..mononya tvs ini masih dibawah cbr mono kah? Atau ada hal lain? Apa kira2 jawaban week end mang kobay ?
    Trims

  3. Wkwkwk tvs pwr boleh menang, tapi puncak top speed ngos2an. Klo boleh dilangsingin lagi mungkin bisa menyalip yamama tapi masih jauh buat mendekati kaoskaki ma honda

    • Torsi 1 silindernya gede, tapi peak power terlalu rendah, lagi geber eh mencret kena redline disalip ninja, CBR Ama R25 sekaligus wkwkwkw …

  4. Artikel potongan diskon 5 juta nih ye😂😂😂Dikelas yang lain bagaimana mang? 150cc, 600cc dan 1000cc? 😂😂😂

  5. Mang coba telusuri dipeta bumi venezuela itu ada dieropa bukan…
    Kalau kata sidungu soundwave, yakin letaknya dieropa

    Kekekekek

  6. Balapan Sunat menyunat ini udah gak seru lagi. Rasa2nya….kemenangan itu jadi kurang Berharga ,dan kurang Prestige . H baiknya turunkan saja cbr250 mononya 😂 biar sejaban dengan sebelah.

  7. R25 dah USD msh kalah,

    Setuju juga sih, cbr pake si mono aja,

    Sedekah ke r25, diospek terus sama kawak dan cbr

Yuk Tinggalin Jejak Lads..