Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Masih asik ngegosip seputar mobil baru pengganti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia nih hehehe.. Mobil berkode D26A yang menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) saat ini memang sedang dalam proses, oh tenang masih lama, kita gakan bahas kapan kapannya, karena sifatnya dinamis, bisa sesuai skedul, bisa lebih cepat atau bahkan mundur. Kita akan diskusi seputar produknya yang memang saat ini masih sekelumit infonya, cusss dulu kuy..

Sejauh ini, dari semua pengamatan dan literatur yang ada, mobil dengan platform DNGA yang memang diplot sebagai mobil segmen A dan B tidak ada yang menggunakan gerak roda belakang (RWD). Semuanya menggunakan gerak roda depan alias FWD (bantu info kalau ternyata ada ya).

baca juga: Toyota Daihatsu Siapkan Mobil Baru Ultra Low MPV A Segment

Mobil baru hasil kolaborasi Toyota – Daihatsu berkode D26A tersebut akan dibuat oleh Daihatsu, kelasnya bukan lagi L-MPV tapi konon naik kelas dengan sebutan B-MPV. Menurut KBY kode B di sini juga menyiratkan segmennya ada di segmen B, alias ya MPV kebanyakan saat ini, dimensinya sebesar Avanza hingga Innova. Bocoran lainnya, dimensi sudah jelas berbeda dengan Avanza- Xenia saat ini, disebut sebut lebih panjang dan lebih lebar.

Kembali ke gerak roda. Jika benar nantinya B-MPV ini hadir, maka sudah jelas dengan platform DNGA tidak akan menggunakan gardan belakang, penggeraknya akan menggunakan FWD. Dan memang benar seperti yang dikatakan beberapa komentator pada artikel sebelumnya (baca: Nasib Avanza Xenia Jika Ada Pengganti Baru), model baru tersebut akan menjadi pertaruhan.

baca juga: FWD, RWD Atau AWD? Lebih Baik Mana?

Mengapa demikian? Karena laiknya Kijang hingga kini Innova, salah satu kekuatan, daya tarik atau sebutlah kelebihan Avanza & Xenia itu ya gerak roda belakang. Penggerak yang identik dengan mobil beban tersebut memang dapat dikatakan paling cocok untuk segala medan di Indonesia ini. Meski dari sisi konsumsi bbm tidak akan sehemat FWD, tapi kehandalan terutama dalam kondisi jalan berbukit sudah terbukti.

Dan memang jadi tertebak alasan Toyota akan menjual Avanza beriringan dengan model baru tersebut selama 2 tahun sebelum phase out dan Daihatsu tetap menjual Xenia hingga 2030, ya itu tadi, takut konsumen kelas Avanza dan Xenia kurang percaya dengan “kebandelan” FWD di model terbaru. Jadi dilepasnya pelan pelan dah..

Kalau menurut lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

98 KOMENTAR

  1. AvXen tetap RWD mas.
    Nggak neko2 jadi FWD.
    Mau FWD ada pilihan brand lain, atau CalSig LCGC MPV 7seat FWD.

  2. xenia avanza mobil aman? pengen percaya tp sulit.. maksudnya aman buat pengendara dan penumpangya? apa aman dikantong situ om? 😀

  3. Mobil fwd cuman cocok dipakai dikota buat macet macetan, jalan cuma 20-40 km/jam….😂😂😂 Fungsi mobil yang utama yaitu daya jelajah dan daya tahan banting di segala medan akan hilang begitu saja…. Padahal negara indonesia punya wilayah yang sangt majemuk, terdiri dari ribuan pulau, pegunungan, gunung api dan hutan belantara… Dan yang bilang avanza itu bantingan nya keras atau gak comfort.. bagi saya itu justru sensansi naik mobil yang durable kuat dan aman,… Pilih aman atau nyaman? Ya AMAN DONG

  4. Wah baru tau saya kalau FWD kurang cocok di perbukitan atau jalan jelek, saya kira lebih bagus FWD karena tenaga lebih sedikit loss karena tidak pake gardan

  5. Kemenangan avxen sampai saat ini adalah rwd, karena hampir 60% user perusahaan atau travel. Bakalan senasib sama mobilio klo mmg fwd. Jadi bakal BLUNDER!!
    CATET!!! KAS BON DULU MANG!!

  6. Beli sesuai kebutuhan aja,, aku tinggal di pegunungan tapi pake mobil FWD so far gk ada kendala….dari awal niat beli nyari LMPV yg nyaman sih, karena gak dipake untuk rental. Kalo ada uang lebih sih penginnya beli Land Cruiser atau Nissan Patrol😄

  7. RWD lebih tangguh? Hellooow…. masih banyak pemikiran KOLOT yang mengira RWD lebih tangguh dibanding FWD buat jalan rusak & menanjak. Yg ada dua2nya sama aja, cuma beda efisiensi & maintenance. Kalo pengen tangguh ya beli tuh 4WD

  8. @wong yg dibahas/issue yg diangkat bukan avanza xenia, tapi model MPV baru yg memakai penggerak roda depan! NEXT GENERATION MPV toyota akan memakai gardan depan! Nah kobayogas minta pendapat kita bagaimana menurut kalian, bukan tanya Avanza itu penggerak belakang atau depan!!!!!!

  9. Fwd juga buat balap, belum tahu honda civic type r ya? Civic aja bisa ngalahin ae 86 yg rwd. Semua akan fwd pada waktunya..

  10. DN Multisix ya bang? itu jelas FWD soalnya kelihatan pas pintunya dibuka lantainya rata gak ada gundukan,,,, menurut saya udah pakai aja body DN Multisix tapi penggerak tetap pakai RWD

  11. Papanja aman????? Wkwkwkwkwkjwnsksjalananajabsbsksjsnslwkwkwkwkwmw
    Pagi2 sukses bikin gw sakit perut

  12. Ni ae civic type R lawan 86… Ya ga sepadan lah… Tujuan BRZ/86 itu dibuat bukan buat kenceng2an tapi buat fun..

  13. IMHO menurutku sih, Avanza / Xenia (termasuk Rush / Terios) tetap akan diproduksi secara terbatas.
    karena Astra pasti juga melihat selera sebagian masyarakat kita yg lebih doyan RWD
    contoh paling jelas sekarang ini di kelas MPV 200 jutaan, ada Sienta Vs Avanza.
    keduanya sama2 merk Toyota, dan di atas kertas, Sienta lebih unggul segalanya dibandingkan Avanza,
    tapi fakta di lapangan, Avanza tetap lebih laku.

    jadi para petinggi Astra pasti sekarang lagi pusing.
    mereka harus bikin model baru, tapi platform baru dari Jepang pada pakai FWD, padahal di sini banyak penggemar RWD.
    kalau Avanza beneran jadi FWD, apa mungkin Innova E dan J akan diproduksi lagi untuk mengisi kekosongan di kelas MPV RWD 200 jutaan?

    • Ada beberapa hal pastinya di rencana mereka, salah satunya ya menciptakan produk ultra low MPV, dan harusnya sih RWD yes…

      Cekidot artikelnya deh

  14. sales dan fan boy akan jilat ludah sendiri, kemaren kemaren ngulik kelemahan FWD, begitu avxen keluar FWD entah mau ngomong gimana buat nutup malunya. dan fansboy akan.beli truk long chasis yg selalu RWD
    makanya jadi user yg sedikit smart entah FWD atau RWD pasti sudah dihitung enijinir manufacturing,

  15. menurut saya, yang penting namanya Toyota. kenapa? saya yakin 90%+ yang beli Avanza itu ga ngerti RWD – FWD.

  16. @Soundwave
    Avanza aman????????
    kasian taw mobil cuman avanza doank, klo mau jadi sales perluas dulu pengetahuan produk lain (khususnya kompetitor)

  17. justru kita beli mobil faktor tertinggi adalah kenyamanan, semakin mahal mobil pasti semakin nyaman, klo hanya faktor aman, sekalian aj shock breaker dilepas, dilas langsung, lebih murah

  18. Sayang juga kalo mobil rwd murah sampai punah, soalnya saya sendiri merasakan sekarang hidup di daerah pegunungan pake mobil fwd.. nanjak sih nanjak, tapi lebih deg2an aja bawanya apalagi kalo jalan macet & hujan deres.. Pernah karena muatan penuh ban sampe spin karena ngegasnya sedikit panik. Secanggih2 apapun fwd tetep kalo dengan mesin yang sama di tanjakan jelas traksinya lebih oke rwd.

    Kako buat pemakaian dalam kota mah, ga kerasa bedanya fwd sm rwd. Ya masing2 punya kelebihan sama kekurangannya. Poin saya sih tadi, sayang aja kalo sampe mobil murah rwd sampai punah.

  19. ini kenapa pada ngeributin RWD – FWD dah? masih ada innova yg akan selalu RWD karna basic nya dari hilux.

  20. @ncex bukan ngeributin sih, tapi kan emang lagi bahas fwd/rwd… Mungkin bener emang bahas fwd/rwd arahnya selalu ke debat kusir karena emang masing2 punya kelebihan-kekurangan. Tapi yaa.. dari jaman forum taun 2000an yang depannya namanya s masih rame bgt juga kalo ada bahas bahasan fwd-rwd pasti ujungnya gini kan… Wkkwkw.

    Emang masih ada Innova walau ga semua kalangan menengah bisa beli Innova, confero juga masih deng.. Btw bukannya innova bakal alih platform juga? Cmiiw saya bukan pemerhati otomotif soalnya.

  21. Terserah avz/xna mau fwd or rwd….yg penting pasti nanti ada gantinya yg tetap pake rwd bagaimanapun bila keadaan jalan sulit,rwd pasti juaranya dan yg terahir,astra pernah bilang penggemar rwd(avz) yg jumlahnya 7000/bulan mau dikemanain?asal tau aja,spt expander(fwd) penjualannya bagus itu jg karena menyedot penjualan sesama fwd(mobilio,ertiga dll) dan atau penjualan ertiga lg bagus jg karena menyedot konsumen expander….silahkan di cek dari tahun ketahun sampai detik ini

  22. Jiah berseberangan pendapat di artikel lain,.di artikel ini saya dibilang sales sama bloggernya. Wahahahaha. Sempit aman otaknya.
    Oh ya mas, baru tahu saya kalau anda itu blogger “corong” Astra Honda Motor.
    Jadi yg sales siapa dong? Wkwkwkwkk
    Maling teriak maling.

    • Lohhh tadi bawa bawa Astra, bela Astra, sekarang beda lagi pendapatnya, kok jadi mbalelo gini yes… Wkwkwkw..

      Yang bener yang mana? Make up your mind atuuh.. katanya ga mau disebut bocaaahh

    • Cieeeee di artikel kobayogas.com/2020/02/02/alasan-avanza-xenia-rush-terios

      Bela bela Astra, cieee… Trus disini sok sok gak bela.. cieeee..

      Udah nickname fake cieeee 😆😆

      wong05/03/2020 at 02:29

      Anda dapat info dari mana mas?
      Apa info dari orang/karyawan Toyota Astra yang bermasalah dengan perusahaan, lalu dia sakit hati dan mengarang bebas ke blogger macam anda. Hebat betul!
      Atau anda “dapat perintah” dari kompetitornya Toyota Astra, agar calon konsumen mikir2 beli mobil yang akan discontinue.
      Wah hebat ya, cuma anda loh blogger yang berani nulis berita ini. Sedangkan perusahaan saja menutup rapat ke media lain.
      Pakai logika saja mas, di dunia otomotif itu bila ada pabrikan otomotif yang nekat mendiscontinue produknya yang lagi laris itu produsen sangat bodoh. Apalagi produknya ini nyaris tanpa saingan di kelasnya.
      Anda tahu kan mobil RWD Rush, Terios, Avanza serta Xenia itu sangat cocok dengan karakter jalan di Indonesia. Apalagi produk ini sangat bandel dan bukti ketangguhannya sudah teruji bertahun2.

      =====

      Cieeee 😆😆😆

    • Keknya kalau ucapannya begini jelas kemana arahnya, udah gak konsisten Ama ucapan pertama di artikel lain, trus nongol di artikel ini ujug ujug berubah pikiran sambil nuding nuding wkwkwwk…

      Okey, sampe sini aje, gakan gw layanin lagi diskusi kek gini, eh ini bukan diskusi deng wkwkwk..

  23. @F4
    Ya mas.
    Tapi saya jadi paham sama BLOGGERp BUZZERp AHM ini. Setelah baca baca artikelnya jadi paham. Hahahahaha

  24. Jelas aman mang, kendaraan masal dan niaga seperti bus dan truck pasti rwd… Gak kebayang kalau kendaraan besar pakai fwd 😀😂😂😂, bisa jungkir balik tiap lewat tanjakan extrem

  25. Pernah liat truk besar / bus patas yang roda depannya njengat njengat wktu lewat tanjakan? Untung nya pakai rwd…! Jadi aman…, Pilih aman atau nyaman? ya Aman dong

  26. Trik bahasa marketing yg akan digunakan adalah:

    Untuk Pribadi yg ingin beda” ( naek kelas)

    Karena itu avanza kesannya mobil buat online , travel dan usaha.

    Jadi dgn naek mobil ini, anda berada di area yg berbeda.

    Justru ini senjata yg bagus utk konsumen Toyota tadi,

    Dan juga buat ko konsumen diluar toyota yg ingin mobil Toyota , tapi beda kelas dgn avanza xenia.

    Justru hal ini perlu di waspada oleh kompetitor yg pake fwd.

  27. Ingat the power of brand.

    Toyota brand yg kuat.

    Jika mereka buat fwd sekelas expander dll,

    Maka justru kompetitor yg harus waspada.

    Karena kemungkinan pindah brand bisa terjadi.

    Namun konsumen avanza dan xenia tetap, yaitu travel dan taksi online.

  28. Tapi pembeli mobil bukan cuma anda dan org2 yg tinggal dikota, buktinya dikalimantan avxen jd idola, krn mobil FWD gabkuat untuk medan disana, lebih baik toyota tetap mrembuat new avxen ini RWD, sy pribadi pernh ke dieng sama teman2 pakai 3 mobil, avanza, expander dan mobilio, dari ketiga mobil cuma avanza yg bisa nanjak smpai atas. Xpander & mobilio ditinggal dibawah krn ga kuat nanjak alias ngos mgosan cuma menng gimic

  29. @Soundwave
    setahu saya ya, yang namanya RWD itu tidak seaman FWD. karakter natural dari RWD itu oversteer, sedangkan FWD cenderung understeer. kecuali sampeyan jago ngedrift, RWD lebih berbahaya daripada FWD

  30. Yg bikin avanza kuat nanjak itu bukan faktor RWD nak, tp gear ratio yg kasar alias pendek2. Saran sy, tolonglah melek dikit aja soal otomotif

  31. Terong. Anda paham tidak gaya gesek? Itu pelajaran kelas 5 atau 6 sd. Kalau ada 2 avanza dan mesin sama (torsi dan power) tp avanza 1 pakai rwd dan 1 fwd, pasti ‘ terasa’ yg rwd lebih kuat nanjak. Kenapa? Karena gaya gesek lebih kuat di ban belakang. Knapa? Karena beban akan lebih banyak dibelakang. Coba Anda ambil botol aqua. Isi air setengah.taruh di meja posisi tidur trus angkat botol di bagian tutup botol. Pasti air ada di bagian belakang botol semua kan.

  32. Gaya (F) = massa (m) x percepatan (a)
    Torsi = gaya x jarak
    Kira2 ente paham gk?
    Seorang Newton pun bingung apa hubungan rwd dgn lebih kuat nanjak :mrgreen:

  33. ,@iwan maros

    Koefisien gesek (@) berada di angka 0 – 1, selama koef gesek = 1 tdk akan terjadi gesekan atau selip alias traksi ban 100%. Anggap aja koef 1, sudah jelah F (gaya) yg menentukan kuat tidaknya gaya dorong, bukan 100% rwd

    Saran sy buat fansboy rwd : melek dikit dunia otomotif & fisika, fanatik boleh, bodoh jangan. Cari info sebanyak2nya, jgn kebanyakan katanya & berdasarkan pengalaman, semua ada data & fakta, tolong berpikirlah yg cerdas, dikit gpp koq, wkwkwk

    Sory kang kobay, ane banyak ngetik

    • Kekeekk tenang, gw mantau karena gw juga merasa belum banyak ilmu, sana sini kita ambil yang bermanfaat …

      Kalau menurut gw pribadi, RWD gak salah juga disebut kuat nanjak dalam arti kondisi beban full dan tanjakan memang di atas rata rata..

      Beban yang cenderung ke belakang saat di tanjakan akan membantu mobil RWD mendapatkan traksi lebih baik dari mobil FWD sejenis..

      Tapi RWD bukan harga mati, betul faktor lainnya adalah pemilihan gear yang kasar dan pendek pendek..

      Contoh Avanza AT di tanjakan tidak terasa seresponsif tipe MT nya.. karena gearnya dibuat lebih halus untuk konsumsi BBM yang lebih hemat..

  34. @ terong….anda kan lg bilang ttg transmisi yg pendek2,point ini yg sy tanggapi….bila ada 2 avanza dg perbeda yg 1 fwd dan yg satunya rwd(transmisi sama2 pendek),bukankah lebih kuat yg rwd sesuai hukum fisika?enggak usah ribet dan ngamuk2,bahas rwd/fwd kok larinya ke transmisi…..di indonesia/dunia,mana ada fwd yg superior libas jalan extrim dibanding rwd?

  35. @terong…kenapa traksi ban lebih baik di rwd dibanding fwd ketika jalan menanjak?jawabanya sesuai hukum fisika kan!!

  36. kayanya yg ngotot FWD sama RWD ya salles sih

    poin utama jualan mobil RWD, ya sales punya kepentingan di situ

    FWD? sama aja salles FWD mau jualan mobil FWD

    buat eike, mobil keals LMPV bakalan susah pindah ke FWD, jadi salles gak usah pusing pusing jualanya turun atau gak laku, atau salles yg ngarep jualan mobil FWD yg awalnya gak laku bakalan lebih laku

    menurut gue, kalo mau mobil laku lagi gampang, naikin dulu ekonomi, minimal jangan 4% lah, masa kalah sama rezim autopilot yg bisa nyodok 6%

    ngah ngah ngah

  37. @kobay

    Betul kang, rwd lebih kuat dgn syarat gear ratio enteng & beban full. Memang tujuan rwd dibuat untuk mengutamakan beban berat dgn mengorbankan efisiensi. Kecuali di mesin mid engine yg utamakan distribusi bobot + efisiensi

    Itu yg pengen sy luruskan dari mindset rwd lebih kuat nanjak dari fwd karena jelas2 beda bbrp parameter & tujuan r/fwd

    @anto

    Hahaha… silahkan menjudge, itu hak ente. Ane kira akan dibantah dgn argumen ilmiah jg, ternyata…. :mrgreen:
    Memang sih kl gak ngerti hukum fisika dasar pasti merasa ribet :mrgreen:
    Gpp om lanjutken… sy jg masih perlu banyak belajar, thank sharingnya

  38. @Iwan Maros
    anda sih keliatannya pinter ya, sampe singgung soal gaya gesek. pertanyaan saya cuman 2.
    1. kalau anda beranggapan RWD lebih kuat nanjak daripada FWD karena mendapat traksi lebih, apakah FWD yang tidak kuat nanjak itu mengalami spin ban depan karena kurang traksi?

    2. kalau roda dikasih beban agak traksinya meningkat, kira2 itu meringankan beban mesin atau memberatkan beban mesin? kan argumennya FWD nanjak itu ngos2an (bukan spin), brarti traksinya ga kurang donk?

  39. Duluuu… Sekitar th 80an, saar toyota sibuk develop kijang yg RWD itu, kenapa pabrikan lain gak ada yg main FWD ya?
    Akhirnya para konentator jaman now yg saling balas soal R dan F ini

    • Sebenernya FWD itu kaya semacam fenomena baru yang ditemukan untuk mobil penumpang gitu…

      Ternyata lebih efisien dari konsumsi bbm, ternyata lebih ringkes dari sisi penempatan, ternyata lebih murah dari sisi development, ternyata bisa bikin lebih luas dari sisi interior ternyata bisa bikin cuan lebih banyak wkwwk

  40. @Anto
    “bila ada” 2 avanza dengan perbedaan layout FWD vs RWD…. klo barangnya ga ada, taw nya darimana? fisika? yang anda bahas soal hukum fisika itu ga nyambung sama argumen anda. saya rasa disini juga sedikit yang ahli fisika.

    pertanyaannya itu FWD ga kuat nanjak (ngos2an) seperti kata orang2, atau FWD banyak spin (karena kurang traksi, sesuai dengan hukum fisika yang anda pakai)?

    kalau anda jawab FWD spin saat nanjak, kok saya ga pernah denger ya? dan kalau spin ya artinya bukan ga kuat nanjak, itu namanya susah nanjak.

    kalau anda jawab FWD ngos2an, berarti traksi yang didapatkan ban depan tidak kurang donk? yang mana hukum fisika yang anda gunakan tidak relevan. ga salah kalau Bro Terong bahasnya ke rasio transmisi, meskipun bisa karena faktor lain (torsi misalnya, dll)

  41. @han_doyo
    uda gitu yang komentar rata2 pada ga ngerti otomotif maupun fisika. cuman bisa berandai2 dan kekeuh sama prinsipnya, padahal………

    menarik juga soal Toyota, kayaknya mobilnya cuman ada FR dan MR layout ya? ga ada yang FF? cmiiw

  42. @martin
    @terong….belum pernah ngalamin fwd spin karena kurang traksi ya?sy perjelas disini,maksud rwd/fwd kuat/enggak kuat adalah masalah traksi ban yg gampang spin atau enggak

  43. Kondisi yg sy maksud adalah ketika jalan menanjak,traksi ban depan dan belakang akan berbeda.mana yg memiliki traksi terbesar ketika jalan menanjak?itu yg dicari dr penggemar rwd dan penggemar drifting akan rindu dg rwd bila kebanyakan mobil jd fwd

  44. @kobay, berarti toyota punya hitungan teknis yg dianggap lbh “penting” dong utk tidak apply FWD pada model yg best seller (padahal potensi cuannya gede kan?)

  45. @anto & @iwan maros

    Dua2nya pernah, pake fwd spin karena banyak muatan & pake rwd spin karena kurang muatan. Sama2 kondisi nanjak & jalan rusak

    Dibikin simpel aja, “salah satu faktor” yg mempengaruhi traksi itu karena beban. Spin terjadi mau rwd atau fwd kalo saat koef gesek ban < 1, haiyah rumus fisika maneh :mrgreen:

    __________________________________
    Kesimpulan aja ya biar gk bertele2 lg, hehe

    1. Kelebihan rwd :

    – Saat muatan banyak, ban belakang mendapatkan traksi yg besar sehingga resiko terjadi spin ban belakang menjadi minim

    – Karena beban depan yg lebih ringan dibanding fwd (posisi gardan di belakang), keawetan seputaran kaki2 depan cenderung lebih awet

    2. Kekurangan rwd :

    – dengan adanya as kopel, banyak terjadi loss power, efisiensi lebih kecil

    – saat beban belakang minim atau kurang muatan, ban belakang lebih beresiko mengalami kurang traksi (spin)

    3. Kelebihan fwd

    – Karena tiadanya as kopel, efisiensi menjadi lebih besar (bbm lebih irit & loss power minim)

    4. Kekurangan fwd :

    – saat beban ban belakang megalami beban berlebih atau muatan banyak, ban depan lebih beresiko mengalami kekurangan traksi karena bobot kendaraan lebih condong ke belakang

    – keawetan kaki2 depan lebih kurang awet karena ketambahan gardan di depan
    ________________________________
    Seandainya rwd atau fwd sama2 traksi ban kuat di kondisi tanjakan, sudah jelas kan kalo fwd yg lebih kuat nanjak karena gak adanya as kopel yg bikin bbrp % loss power? Itu dianggap output power di kruk as sm gear ratio transmisi sama

    Astra mendasain rwd nya (xeniavanza) dgn gear ratio yg kasar atau dgn kata lain memakai final gear dgn rasio yg besar, diibaratkan pada motor pakai gear belakang besar. Sehingga tiap rpm diharapkan mendapatkan torsi yg besar pada ban belakangnya, cuma kelemahannya ya itu… top speed dikorbankan. Makanya akhir muncul mindset kalo rwd lebih kuat nanjak

    Sudah jelaskan skg?
    Jadi mindset kendaraan kuat tanjakan "karena RWD" sudah terbantahkan

    Seandainya ente berdua @anto & @iwan maros sales, tolonglah konsumen diberi edukasi yg benar. Sy malah senang bisa sharing dgn sales di sini

    Mohon maap sy bukannya menggurui, cm sharing pendapat apa yg sy tau sedikit. Kalo ada kesalahan, mohon koreksi. Suwun!

  46. @anto
    pernah ngerasain dua2nya kok. tapi ya itu tadi, itu namanya bukan ga kuat nanjak, tapi susah nanjak.
    ga kuat nanjak itu seperti R3 diesel temen saya yang pas nanjak di kawasan wisata sekitar puncak itu orangnya harus turun baru bisa naik karena mesinnya NGEDEN (baca: BUKAN SPIN). baca lagi komen di atas, yang bilang ga kuat itu “ngos2an” bukan spin. cari di artikel di forum2, disitu pada sebutnya ngeden / ngos2an.

    tuh bro Terong uda jelasin soal plus minusnya FWD-RWD.
    tapi sepertinya anda tetep ga akan ngerti karena orang bebal ya gitu.

  47. @martin….apa anda merasa paling pandai?merasa paling tidak bebal?ingat,tdk harus aku yg membalas hinaan anda….ada orang lain yg akan mempermalukan anda atau keturunan anda dilain kesempatan…

  48. @terong….tidak akan pernah sama traksi ban antara fwd dan rwd di saat jalan miring apalagi curam(kondisi dan berat mobil sama serta rasio girbok sama) dan ilmu fisika anda tdk salah cm disaat menanjak tetap ada perbedaan koef gesek yg terjadi antara depan dan belakang karena beban secara alamiah akan bergeser ke belakang.btw,aku bukan sales,just user….kebetulan sekarang sehari2 lg pake fwd dan di jalan yg sama serta penumpang yg sama,fwd tdk bs naik karena ban spin…..

  49. Yo wes pada hebat semua… kalau argumen ini ada yg bisa lawan gak? Kalau fwd gak kalah hebat dr rwd di soal nanjak, lalu kasi sy contoh pick up atau truck pabrikan keluarin fwd?? Pastinya di antara kita gak ada yg lebih paham dr Insinyur Toyota misalnya?

  50. @Anto
    wkwkwk, sampe segitunya ya?
    nih saya kasih 2 contoh yang sama² RWD konteksnya nanjak.
    1. anda bilang anda pakai FWD dan sering ban slip? seberapa ekstrim sih tanjakan yang anda lalui? kurang friksi? ya dicek bannya, apakah kondisi masih layak? apakah ban nya sesuai dengan peruntukan medannya? kalau anda bilang FWD sering ban slip, saya yakin yang namanya FWD ga akan laku di daerah pegunungan. faktanya banyak aja yang pakai city car FWD untuk jalur² tersebut.

    2. misalnya menurut anda ban dengan grip yang tinggi harganya terlalu mahal, mungkin anda harus analisa contoh kasus ini. saya ambil contoh motor, jelas RWD kan? anda mungkin pernah denger ada segerombolan orang pakai motor trail untuk lintas alam, dengan ban model tahu tentunya. ada suatu ketika di medan tersebut banyak dari mereka yang tidak bisa nanjak karena ban slip (bukan tidak kuat nanjak ya). motornya ya 150cc, 250cc, dst. tiba2 muncul seorang ibu pakai bebek (klo ga salah vega r) dengan kondisi ban gundul (baca botak) menanjak area tersebut dengan mudahnya tanpa terjadi ban slip. menurut anda traksi ban siapa yang lebih baik? menurut anda ban motor bebek tadi dapat beban lebih besar atau lebih sedikit dari motor2 trail? menurut anda kenapa si ibu2 bisa dengan mudahnya nanjak di area yang licin, dibanding dengan motor lainnya? mungkin jawaban untuk contoh no2 ini cocok dengan kondisi anda.

    @Iwan Maros
    VW rabbit pickup
    Dodge Rampage pickup
    Plymouth Scamp pickup
    Honda Ridgeline
    Chevrolet Montana

  51. Menurut ay sebenernya mereka tu cuman mau mengisi celah harga antara si kaleng dengan si mighty legendary kijang. Apalagi kabarnya mau dijual beriringan sementara kan sama si kaleng.
    Strategi mereka tu seperti kayak yamaha. Mau isi produk di setiap rentang harga

  52. @martin….tidak segitunya keles,anda sendiri yg ngomong tidak beradab.argumen yg sampai memberikan contoh menandakan anda tidak pernah mengalami dan tidak paham.silahkan liat di youtube ttg testdrive yg dilakukan prinsipal mitsubishi expander yg mana driver dr mitsubishi sendiri sering gagal dlm teat drive tsb

  53. Yauda siikk masih ada AWD/4×4,, gitu aja kok repot.

    Mang jangan cengar-cengir aja bacain komen, tanggung jawab !! Wkwkwk

  54. Persetan RWD/FWD dikelas LMPV apalagi LCGC…yang penting MURAH + DISKON GEDE…Klo emang jadi patokan beli mobil itu gegara RWD/FWD…dikelas sedan tuh yg namanya Mark X (RWD) itu gak selaris Camry (FWD)..😂

  55. @anto

    Saat tanjakan, terjadi perubahan gaya beban sebesar = Fbeban x Cos derajat kemiringan
    “Ban belakang mendapatkan gaya tekan beban dari depan Tapi ban depan juga mendapat gaya tarik dari beban belakang”
    Kesimpulannya biarpun saat tanjakan, gaya beban ban depan & belakang mendapatkan traksi yg sama kan? Karena berbentuk benda padat jadi tidak adanya perubahan titik berat

    Nah yg terjadi pergeseran beban itu pada bobot bahan bakar karena berbentuk cairan yg bisa perpindah sesuai kondisi tanjakan. Mungkin ini yg anda maksud pergeseran beban. Tapi brp % kah efeknya terhadap traksi ban? Kalo ini saya setuju dgn anda.
    Monggo dikunyah2 lg, hehe

  56. @Terong…last comment,hukum fisika dalam benda bergerak bisa berbeda2 hukum yg berlaku dan bahkan saling mempengaruhi tergantung percepatan,kecepatan,massa,sudut/elevasi permukaan jalan yg dilalui,gravitasi dll.jd membicarakan benda bergerak tdk hanya berpatokan dr 1 rumus/hukum fisika saja….dan untuk perubahan titik berat tdk bs dibilang tidak berpengaruh terhadap traksi ban karena ada pengaruh massa dan grafitasi yg berubah cukup lumayan bila dihitung

  57. Ambil contoh mobil di tempat datar,komposisi beban kendaraan akan merata di 4 rodanya dan bila kondisi menanjak,beban dan pusat gravitasi bertumpu pada kedua roda di belakang

  58. @Anto
    itu namanya weight distribution, dan betul itu akan mempengaruhi traksi.
    benda non-liquid pun akan terjadi shifting mass jika tidak berada di tempat datar. salah 1 contohnya adalah ketika mobil berada di tanjakan/turunan dengan kondisi mesin mati, mobil akan bergerak kearah turunan karena adanya pergeseran massa tersebut dan tentunya traksi pada roda di sisi rendah akan lebih besar daripada yang di sisi tinggi. untuk membuktikan soal traksi lebih sulit jika menggunakan roda, lebih mudah menggunakan benda lain (yang tidak dapat berputar) yang karakternya lembut (misalnya sabun, dll). nanti keliatan sisi yang paling banyak terkikis adalah sisi yang berada di sisi rendah karena mendapatkan traksi lebih besar dibanding yang di sisi tinggi.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..