Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Waduwww lupa saking sibuknya kalau first impression All New Nmax belum lagi terbit artikelnya dan ngendon lama di folder draft, maaf yes. Baiklah, di saat yang laen sudah kapan tau ketemu dan liat langsung skutik fenomenal dari Yamaha ini, KBY belum lama melihat meraba langsung sang skutik yang punya improvement banyak di versi terbarunya tersebut. Lebih baik terlambat daripada gak sama sekali yes hehehe.. Let’s get it on kuy..

Sebenarnya KBY melihat sosok ini barengan dengan Yamaha XSR155 yang artikelnya sudah terbit duluan hehe, di hari yang sama di tempat yang sama pula. Buat lads yang belum baca artikel XSR silakan di klik link ini Liat Langsung Yamaha XSR155 Seeing is Believing.

Karena sudah beberapa kali KBY bahas di artikel tentang NMax 2020 tersebut, jadi untuk desain gakan KBY bahas lebih detail yes, langsung ke kesan pertama saat melihat langsung sang skutik saja dan beberapa perbedaan dengan NMax old alias versi lawas.

Pertama kali melihat sosoknya, dimensi langsung memperlihatkan efek pada mata, iyes langsung terlihat kalau sosok NMax terbaru 2020 ini kelihatan memang lebih besar. Kalau mau pakai ukuran, kayaknya masing-masing bidang mengalami pembengkakan sekitar 3cm hehe.. Ya tapi kan ini cuma perhitungan asumsi doang.

ALL NEW NMAX CUMA MENANG TINGGI

Paling terlihat itu di bagian buritan, efek visual jelas berpengaruh, tapi bagaimana dengan faktanya menurut spesifikasi? Ternyata All New NMax 2020 cuma menang tinggi doang dari versi lama lads.. Lah kok bisa? Nah itu dia yang KBY bilang efek visual, garis dan bentuk beberapa parts nya mampu menipu mata.

Padahal faktanya menurut website Yamaha sendiri, All New NMax kalah di Panjang, sementara Lebarnya sama loh. Segini angkanya: NMax lawas = 1.955 x 740 x 1.115 dibanding dengan All New NMax = 1.935 x 740 x 1.1160.

All New NMax lebih pendek (bukan rendah) 20mm tapi lebih tinggi 45mm. KBY sendiri juga gak percaya kalau gak melihat spesifikasi masing masing. Karena kasat mata langsung, All New NMax terbaru terlihat lebih besar dari versi lawas, eh ternyata malah lebih pendek. Mengapa bisa yang baru terlihat lebih lebar? Kemungkinan efek desain lampu rem lads, yang baru kan modelnya melebar ke samping, sementara yang lawas bentuknya vertikal. Kita tau kalau ke samping efek visualnya ke mata akan terlihat melebar.

Untuk bagian depan, sebenarnya malah terlihat lebih singset dibanding versi lawas, ini akibat bagian sayap yang garisnya lebih tegak lurus dibanding versi old yang melebar sedikit sebelum turun ke bawah. Ditambah dimensi headlamp yang lebih sipit juga. Headlamp yang lebih kecil ini berefek ke bagian dagu yang lebih menampilkan arogansinya karena menjadi lebih besar. Oia posisi sein depan menurut KBY jadi aneh, karena bukannya naik malah turun, apa terlihat oleh spion dalam ya?

Bahasa dagu “angkuh” ini sepertinya akan jadi ciri khas NMax ke depannya, soalnya bagian belakang di bawah lampu rem pun persis mirip dengan depan. Jadi depan belakang punya bahasa yang senada lads.

Sedangkan bagian setang serta bodi samping tidak ada perubahan, masih sama jika diukur berdasarkan visual, ketinggian setang pun sama antara All New NMax dengan Old NMax. Membuat KBY agak bertanya tanya mengapa perbedaan ketinggiannya begitu signifikan. Padahal dudukan shock breaker belakang pun sama letaknya, kalaupun ada perbedaan paling kurang dari 1 cm.

Oia di depan, windshield juga berbeda, di versi terbaru bentuknya lebih lebar dan lebih tinggi/ Panjang. Jadi secara keseluruhan lebih ngepas sih ya dengan bentuknya. Bagian dashboard alias speedometer All New NMax malah lebih baik lagi, membuat speedometer NMax lawas seperti ketinggalan 2 generasi hehehe..

KESIMPULAN

Di luar kasus Engine Check menyala, KBY fokus ke perbedaan antara versi baru dengan versi lawas. Secara keseluruhan memang lebih baik, lebih menawan dan lebih mewah. Dapat dipahami mengapa Yamaha terkesan berhati hati dalam membuat All New NMax ini, karena menjadi andalan dalam penjualan, salah sedikit hasilnya bisa gawat, oleh karena itu sekilas seperti tidak ada perubahan signifikan di tubuh skutik terbaru ini.

Soal harga juga sudah tepat, memang harus begitu untuk menahan laju Honda dengan PCX-nya, konsumen akan dibuat berpikir mana produk yang lebih punyaΒ Value to buy. Jika melawan Honda dengan fitur saja tanpa diikuti dengan harga yang pas, orang akan lebih memilih sayap kepak karena namanya yang sudah sangat kuat di Indonesia dan dunia.

Next time KBY akan coba ulas sesi ridingnya yah, belum kebagian unit nih dari Yamaha SBW hiks… Semoga review versi Kobayogas ini gak basi deh ya.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

59 KOMENTAR

  1. Setuju dgn efek visual lampu rem sehingga terlihat seolah lebih lebar. Disitulah perbedaan yg pertama kali terlihat. Kalau di tetangga sebelah, efek visual lampu rem membuat buritan vario 125/150 terlihat tinggi, ADV terlihat lebar dan PCX terlihat pendek

  2. itu spek lebar diitung dari mana dlu ? bagian terlebar yg kuliat selalu di ujung box cvt ampe ujung cover knalpot..

    kalau ngeliat bodinya itu lebih lebar, dan makin ngangkang jadinya

  3. Kata yg dah pernah naik, katanya enakan yang lama kalo buat selonjoran. Ternyata bener karna lebih pendek

  4. klo ane gak lupa … new Nmax ini ground clearance nya lebih rendah dibanding old NMax, kalau unit test udeh ada … titip request test gasruk poldur … ehhh tapi jangan deh, masa motor pinjeman buat digasrukin ke poldur hahahahahaha

  5. mank situ masih bakal dikasih pinjem unit test sama yamaha?
    menarik kalau dibahas dari sisi performa dan selonjorannya, apalagi dulu sudah pernah punya yang versi lama… jadi lebih baik model baru atau model lama?

  6. Kalau lebar biasanya dihitung bagian tengah bodi..bagian stoplamp memang lebar ,bukan karena disain lampunya . Efek disain stoplamp, bersisa plastik dibawahnya yang mirip dagu Kadal . Apalagi warna terang sangat mengganggu penglihatan πŸ˜‚
    Nemex lawas lebih presisi letak dual shock belakangnya . Kalau yang baru jika dilihat dari garis tengah ke shock bagian kiri dan membandingkan ke shock bagian kanan..maka shock kanan lebih keluar 1 cm atau bisa 2 cm an ( silahkan ukur ). kaga centre antara kiri dan kanan πŸ˜‚ sisanya biasa ..datar kecuali Getar…owya ,
    Nanti kalau mang kobay tesride jangan lupa pake sarung tangan tebal dan sepatu dengan sol tebal, karena bakal ada efek getar yang bikin Kram dan kesemutan bahkan bisa akut kalau ngetes sampe lebih dri 10 km πŸ˜‚ jok ? Jangan ditanya ..dah pasti Empuk . Itu buat menutupi efek Getar yang ada.
    Buat boncenger , usahakan telapak kaki sering2 digerakkan..kalau lupa, akibatnya bakal kebas hingga kesemutan. Jangan pernah berlama lama pegang behel belakang karena juga bisa berakibat kesemutan, dan 1 yang paling Penting..sebelum mbonceng … Dibalsem sulu zelangkangan..agar saat turun gak kaku .
    Unit tes kira2 side Standnya udah dicopot gak ya?
    Bersambung….
    πŸ˜‚

  7. Sorry mang…ane anti matic..!!mau jenis apapun dan merk apapun,ane benar2 gak tertarik dengan motor matic..!!

  8. ga mo jauh2 merubah …. smpe2 lampu sign aja masih pake bulb … saking ga mo di bilang beda ….

  9. lebar sama, ngukurnya dr lebar stang?
    kykny emang sama lebar stangnya

    lebih tinggi, ngukurnya dr tanah ke ujung atas windshield?
    keliatan dr foto

    lebih pendek, ngukurnya dr ujung depan sampe spakbor blkg
    😢

  10. Lebar bukan dihitung dari stang ya mang? (Bagian terlebar) Makanya sama… kalo bodi.emang menggendut tapi kalo ndak.melebihi lebar stang mkaa.spek ndak berubah….

  11. Ini motor katanya motor laris manis di erofa sono,

    Kok realnya kalah sama.PCX ya h, baik di jepang atao erofa.

    Sebenar angka ekspornya brp yac?

    Belum ketemu di jalanan di jakarta.

    Jadi Ingat kasus awal r25.

  12. Wahhh lumayan rame , ikut ah.aslinya itu emang picex duluan yg ada dr namex beda 6 taon malah klo’ ga’salah. jadi klo’ ada epbeye bilang picex ngekor namex sebenarnya ngawur juga.tapi musti telat datang-nya sales namex di inggris pernah baca di visordown lumayan bagus koq. epbeha ternyata pure sales semua ya dr komentarnya wkwkwkwkwkwk , dibaik2xin ya mang epbeha-nya , kasian menang banyak doang kek ormas tapi perasaannya serapuh sprocket picex dan hatinya selembut milea ngah….ngah….ngah….

  13. Belakangnya juga keknya nambah lebar. Jadi bikin nambah N(gangkang) Maximal. Untuk overall lebih bagus dari yang old. Di bali udah seliweran banyak bgt

  14. Pastinya efbeha itu banyak..wong habitat LAKU nya juga banyak dibanding efbeye Nalar alakadarnya πŸ˜‚
    Yim eksport motor Global 300 ribuan unit..yang laku gak lebih dari 50 ribu unit..sisanya dibalikin berkapal kapal k Indo buat diDaurUlang dan Kanibal.
    Ngahaem ekspor motor model lokal bisa juga 300 ribuan unit. semua larissss manis ,bayangin…falam 1 tahun peningkatan ekspor bisa 100 Persen πŸ˜‚

    Kalau kita mau menyetarakan..maka
    Y Global itu Setara dengan Ngahaem πŸ˜‚
    Yim itu setara dengan Pabrik Olie Ngahaem πŸ˜‚
    Kok jomplang banget? Aaah…ente mengada ngada ,
    Maka …hayuk dipersilahkan membandingkan lainnya πŸ˜‚

    Bagi H ..pemanggilan unit 3 ribu sekian pastinya jumlah tsb kecil dari persentase penjualannya yang besar ,bandingkan dengan Y walaupun diRecall 3 ribuan juga.. dari persentasi penjualannya yang asal balik Modal..menjadikan hal tsb Petaka πŸ˜‚

    Efebye masih Sibuk dengan ngebece Sprocket yang sudah Selesai dari H .. Sprocket yang membuat penjualan Pcx dari Nov kemarin hingga Januari naik sangat Signifikan..
    Efbeha sibuk ngeBece Error mesin2 hasil daurUlang ,Error yang belum Terselesaikan Hingga Sekarang , lampu Mil nyala..kemudian diReset dan kambuh2 lagi ,muncul Solusi dari micropon Y, silahkan datang k bengkel Y buat diNonaktifkan , karena Momok sebenarnya dari Error tsb sampe saat ini belum ditemukan , apa efek sampingnya biarkan konsumen yang menderita sembari menunggu…yap sembari menunggu Jadwal yang tepat untuk melakukan Recall . πŸ˜‚

    Awas banjir dan Side Stand wajib diiket !

  15. Di jalan udah banyak yg seliweran,ngga salah banyak peminat,N max liatnya enak,bener bener pure matic tampilan eropa

  16. Ngoahahahahhaha , mang kasih artikel penjualan lagi mang yg banyak kasian ada yg nulis komen lebih panjang dari artikel indobikermags bruakakkakakakak.
    Cepet naik pangkat ya bro jangan lupa tunjukin sama boss-nya , boleh lah sales satu ini

  17. Gua sales jamu πŸ˜‚ jamu maaasss jamuuuu πŸ˜‚
    Yang gua utarakan semuanya fakta ,silahkan eksekusi dari berbagai pandangan dan mari lanjutkan Konfrontasi πŸ˜‚
    Jamu maaassss jamuuuu…..
    Mau panjang ataupun pe dek tulisan gua ,yang penting side stand ehhh..side effectnya πŸ˜‚ apa itu? SESEG yang diderita efbeye πŸ˜‚
    Tu bi kontinyuh….jamu maaaasss jamuuu

  18. Ayo mang kobay..siapkan lagi lahan ( nex artikel ) buat ajang konfrontasi πŸ˜‚ gua demen mengunyah ngunyah efbeye ..
    Ngoaaaahahahaahaaaayyyyy πŸ˜‚

  19. bagian depannya mengingatkan pada tampang Kamen Rider Ex-Aid, tinggal di cat warna pink/ungu saja…

  20. Numpang nanya kang, dari 4 warna new nmax akang lebih milih warna apa? Soalx ane blm liat wujudx kang.

  21. btw 1 lagi
    kelemahannya ada pada body samping kiri kanan
    shape yg old lebih pas, di atas lebih kecil dr yg bawah
    klo yg new lebih mengotak, alhasil jelas bikin kaki ngangkang kyk xmax gt

    klo saya kasian ama yg dibonceng, apalagi jarak lumayan jauh/lama, next buatin yg lbh pas dong

  22. menurut saya perubahan total pada rangkanya membuat rasa yang berbeda, ini merupakan perubahan yang positif untuk yamaha tapi untuk segi harga nmax semakin tidak terjangkau untuk harga yang merakyat

  23. Iya bener. Kmren liat cewe anak sma body mughil dibonceng new nmax, kasian banget ngangkang maximal

  24. Di web remi type standart sudah naik 250 jadi 29.750 otr dki…
    Menjelang lebaran 30jtan wis wkwkwk

  25. Kok semakin mip xmax, nyonya gak mau diboncengin pake xmax malah milih pake megapro klo diantar kepasar alasannya body terlalu lebar g nyaman, alhasil x max jarang kepakai hanya dibuat muter” kompleks aja buat momong sibontot!

  26. Efek warna jga mang, coba aja mang charming ini pake selfie pake baju putih, trus poto lagi pake baju hitam
    Pasti beda lohh mang,, pake baju hitam akan lebih seksiehh wkwkw

  27. si kehed biang onar ada dimana” … di gaji berapa yak buat jelek”in produk selain AHM.. edayan bener tim swat nya…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..