Kobayogas.com – Hola laaads, salam geberrr.. Duit sudah terkumpul, merek sudah diincar, begitu juga model alias tipenya sudah ada di dalam gambaran, tapi satu yang kurang, kapan waktu tepat membeli mobil? Kapan saatnya? Ada kah waktu waktu tertentu yang bisa menguntungkan calon konsumen seperti misalnya dapat diskon lebih besar? Ternyata ada loh lads. Sooo dengan catatan semua sudah siap termasuk garasi (jangan parkir pinggir jalan yes, bikin orang susah aje wkwkwk) maka silakan simak dari mulai hari dan momen yang tepat untuk menebus mobil baru idaman.. kuy.

Kapan Waktu Beli Mobil yang Tepat??

1. Hari Senin, Selasa, Rabu

Menciduk informasi dari laman Bank Rate, waktu terbaik beli mobil adalah pada hari Senin hingga Rabu, ternyata yesss. Alasannya apa? Simpel, karena pada 3 hari tersebut dealer cenderung lebih sepi dibanding akhir pekan. Masuk akal sih ya, biasanya Senin s/d Rabu itu orang lagi hectic-nya dengan pekerjaan.

Terus kalau hari di luar itu kenapa Kang? Jika lads mendatangi dealer pada hari Sabtu atau Minggu, biasanya lads akan kurang mendapat perhatian dari tenaga penjual alias sales lantaran situasi showroom yang tengah ramai, maklum weekend saatnya hunting biasanya. Sementara kalau Kamis atau Jumat, biasanya calon konsumen sudah mulai renggang tuh kerjaan atau urusannya, bisa mampir mampir ke dealer terdekat setidaknya.

Selanjutnya dalam kondisi ramai dan kurang fokus seperti itu, maka proses negosiasi harga cenderung akan sulit dilakukan. Iya dong, dealer ramai calon konsumen, sales merasa di atas angin toh?

2. Akhir Bulan

Akhir bulan juga menjadi waktu yang tepat untuk beli mobil baru loh lads, karena biasanya di akhir bulan akan ada kecenderungan showroom atau tenaga marketing-nya kekurangan target penjualan atau dalam rangka mengejar poin penjualan.

Dalam kondisi seperti itu, kemungkinan besar lads akan mendapatkan diskon lebih di luar biasanya atau dapat diskon dari tadinya tidak ada bisa saja didapatkan. Yaitu tadi, cukup banyak sales yang tujuannya mengejar poin penjualan sehingga diskon bisa diberikan agar target penjualan unit di bulan tersebut terpenuhi.

3. Akhir Tahun

Kemudian lads, waktu terbaik beli mobil yang berikutnya adalah di akhir tahun atau menjelang akhir tahun seperti bulan Oktober, November dan Desember. Sama seperti waktu akhir bulan, akhir tahun pun menjadi masa kejar kekurangan target penjualan.

Biasanya dealer mobil masih memiliki sisa kuota penjualan dari target tahunan dan target bulanan yang diberikan pada saat-saat seperti itu. Di momen ini tidak jarang penjual akan menawarkan beberapa potongan harga fantastis untuk menarik minat konsumen, karena ya awal tahun berikutnya akan kedatangan Model Year baru.

4. Menjelang Hari Besar

Menjelang hari-hari besar pun merupakan waktu paling tepat untuk membeli mobil… karena banyak dealer yang menawarkan diskon besar menjelang hari raya. Meski momen ini kondisinya fifty fifty, alias untung untungan, untuk beberapa model yang sangat laris justru bisa jadi gada diskon, karena konsumen yang butuh kan buat mudik.

5. Awal Tahun

Kok bisa? Begini lads, kadang ada dealer yang masih memiliki stock lama dari produksi tahun sebelumnya. Dan biasanya produk tahun terlewat ditawarkan dengan harga yang lebih miring dibanding produk tahun berjalan. Iya dong kalau gak kejual model year lawas bisa numpuk terus terusan karena model baru kan dikirim sama pabrikan.

Contoh, kalau lads hendak membeli mobil ditahun 2020 ini, untuk mendapatkan diskon besar maka pilihlah mobil hasil produksi tahun 2019. Dengan catatan lads memang gak keberatan dapat mobil baru yang lebih tua setahun. Gak masalah sih, asal produksinya mepet mepet akhir tahun.

Kerugiannya? Kalau mikir buat dijual lagi tentu rugi, namanya juga mobil baru tapi usia tua setahun, pastinya harga bekas akan dihitung sesuai dengan tahun pembuatan. Kalau mau dijual lagi mending beli emas, jangan mobil wkwkwkw..

6. Pilih Model Lama

Saat suatu mobil rilis model baru, maka stock model lama bakal segera dihabiskan agar tidak menumpuk di gudang. Dan salah satu upaya agar model lama lekas terjual habis, biasanya dealer memberikan potongan harga yang cukup besar. Lads bisa memanfaatkan kondisi tersebut, asal tidak keberatan bukan model facelift/ major change.

7. Manfaatkan Momen Stop Penjualan

Ada beberapa pabrikan mobil yang pull out alias menarik diri dari penjualannya di Indonesia, contoh Ford dan belakangan ini Chevrolet (baca: Chevrolet Akan Stop Jualan Di Indonesia dan Ford Menarik Diri dari Indonesia). Nah di momen seperti ini biasanya mereka akan melakukan stock clearance alias ngabisin stok.

Namanya ngabisin stok pasti akan ada potongan harga gila gilaan, silakan dimanfaatkan kesempatan tersebut lads. KBY yakin kalau serius potongan harga alias diskon bisa lebih besar dari yang ditawarkan di awal.

Kondisi seperti ini tidak tepat bagi mereka yang mencari keamanan diri, artinya masih memikirkan resale value, perawatan dan sejenisnya.

8. Kumpulin Sales

Ini tidak ada hubungannya langsung dengan kapan atau waktu tepat, tapi waktunya bisa menggabungkan semua kondisi di atas agar maksimal lads. Cara ini dilakukan oleh teman KBY, agak takes time dan butuh waktu serta agak agak tebal muka wkwkwk.. Penasaran gak?

Jadi kalau sudah dipilih merek dan modelnya, silakan kontak beberapa sales dan undang mereka di waktu yang sama di tempat yang sama, boleh di rumah atau kantor atau tempat yang lads suka.

Saat sudah berkumpul, silakan digelar, siapa diantara mereka yang paling berani kasih diskon plus bonus paling banyak, dan dialah pemenangnya pasti. Hehehe.. Mau mencoba? Oia, tips ini bisa juga dicoba ke mobil bekas kok. (KBY).

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

48 KOMENTAR

  1. 1 lgi mang …. yg paling penting di saat rumah udh ada garasinya …

    udh nyari diskon gede2an … mobil tipe lama … kredit …. garasi ga punya …. lagu sebakul pengen saya jitak aja palanya ….

  2. Klo disini akhir pekan malah sepi bay.. akhir pekan sales kerja keras buat nutup target mingguannya

  3. jangan lupa siapkan uang yang cukup dan garasi yang memadai, yes?
    selain itu pantau terus blog ini supaya ga bimbang saat memilih mobilnya.

  4. 1. akhir tahun ( awal tahun untuk tahun sebelumnya) discountnya mantap, discount pasport kena 36 juta, bahenol HB kena 24 juta.
    2. adu sales/ sales diadu minta discount dan full bonus , saya dua kali beli baru, menang banyak disini.
    jangan beli saat mau lebaran, salesnya merasa dibutuhkan

  5. Adu sales paling efektif… hanya harus sabar….
    Tunjukkan ketertarikan terhadap model… namun masih pikir2 harga terbaik.

    Nanti kan pada WA atau tlp, dan sampai dititik ada yg bilang ‘saya datang ke rumah pak/bu’ disitu biasanya sales sudah kasih diskon habis plus berani ngurangi jatah fee-nya.
    Dulu dapetin fortuner begini… dapat banus sama, diskon juga rata 40 jt beberapa sales… tapi satu sales datang ke rumah kasih diskon 41jt …

    Yg kedua mirip2 tapi sales ga sampai datang, tinggal 2 yang bersaing bonus sama, diskon sama… betul artikerl diatas…
    Hari senin 2 sales saya WA, saya otw kantor jam 10an saya bisa mampir ke masing2 dealer untuk ttd.. siapa yg bisa kasih saya tambahan diskon 1 jt lagi… satu sales merespon bisa… jadilah brio dapat diskon 18jt dengan kaca film, karpet, pelapis jok, kamera mundur (waktu itu HU support tapi kamera ga ada) dompet kunci, payung.. halahh..

  6. Sekalian saya share cara temen sekantor saya, kalau dia caranya datang ke satu dealer minta turun manager atau supervisornya alot tuh nego, sampai kalimat sakti keluar dari si atasan ‘gini deh pak, bapak tinggalin ktp kita kasih diskon sekian, silakan bapak datang ke dealer manapun untuk nego diskon. Kalau sudah yakin bapak call kita nanti sales datang ke rumah utk minta ttd bapak’

    Temen saya ini pergi ke 6 dealer dan memang diskonnya ga kelawan.

  7. Berarti, kita beli mobil stok tahun lawas (tahun ini) yg pabrikan atau modelnya udh stop jualan/produksi (pre-facelift termasuk), belinya akhir tahun ini/awal tahun besok dan pas dealer lagi sepi? Nice

  8. Simpel karena bisa minum solar wkwkwkwk

    Ini lagi mikir2 untuk ambil sedan, skyactive-G menarik kayanya karena bisa minum pertalite.

    Syarat saya nyari mobil simpel, harus bisa dibawa kemanapun (urusan bahan bakar)…

    Pajero gak masuk list karena piezzo injectornya rawan mampet kalau kemasukan solar… no off ya bagi saya pajero itu mobil ga sesuai body… body mengisyaratkan siap dibawa kemana2, ke hutan sekalipun tapi kena solar ngambek… lah belum tentu dipinggir hutan ada pertamina dex hehehehe

  9. Justru itu karena pengen fitur dan ternyata bahan bakar bisa pertalite makanya lagi mikir2 skyactive-G. Either mazda 3 hatchback atau mazda 6 sekalian…

    Eh altis v juga menarik sih mesin 1.8 jadul mungkin mau2 saja dikasih premium kalau kepepet. Fitur lumayan minus active sensing.

  10. Sy masih g paham, emng klo jualan kendaraan g ada het nya gtu ? Jd masing2 diler ‘bebas’ nentuin harga ?

  11. harusnya sih skyactiv bisa lah pakai pertalite.. dulu saya modif motor aja kompresi kena 14.7:1 dikasih minumnya premium.. ga ngelitik tuh, dibuka mesinnya ga kenapa2

  12. Sungguh benar dulu saya beli mobil diakhir tahun saya minta bonus dari salesnya dll, akhirnya mobil datang diawal tahun karena mepet ada cuti bersama ditahun baru gitu alasannya akhirnya mobil vin tahun kmrn jd rilis tahun yg kini selang 3 bln berlalu ada facelift model baru khan jancok!

  13. Dah punya pajero belom……?, kalo blum jgn asal ngomong, punya saya dakkar 2017 aman aja pake bio solar malah inova venturer yg ngulah kalo dikasih solar busuk

  14. Punya dua2xnya sih ngga’ cuma nyoba dua2xnya sering, tapi emang enak fortu dibanding paje.klo’ obing ga’ otot2xan ah….muehehehehe…

  15. Dulu pengalaman ambil mobil diantara brand yang paling loyal kasi diskon itu grup ngastral ama hondut. Paling pelit dulu sijuki. Ertiga max dulu cuman 5 jeti, kalo akhir tahun 12 jt max. Mertua ambil xenia dapet diskon 20 juta trus pernah akhir tahun nganter temen dapet mobiloyo disc 30 jeti

  16. klo mitsu jangan tawar menawarkan dengan sales…. isinya nyebelin, nego dengan supervisornya sales pasti lebih murah, minimal banyak bonus

  17. sante aj broe, saya piara pajero sejak 2013 rajin minum bio, sampai sekarang gak masalah, masih sanggup bejek 160, klo mau ngacir oplos dengan dexlite. kuncinya satu tambah redline, plus rajin purging nozle aj ( mesin old pajero turunan L300, 4D56, sudah terbukti tenaga badak, simple)

  18. Hahahaha berarti salah kepala mekaniknya waktu itu (2015).

    Waktu saya tanya ke mitsubishi jawabannya ‘tidak direkomendasikan bio solar’.

    Saya tanya ke toyota jawabannya ‘mesinnya sekeluarga sama hiace pak, memang hiace pada diminumin apa?’
    Saya ambil lah fortuner…. simpel…

  19. Btw thanks infonya om Salman, berarti all new pajero bisa bio solar ya…
    Perlu trik khusus gak?

    Bisa jadi opsi karena denger2 maret mau keluar facelift-nya. Istri saya masih ngotot pengen sedan, tapi mengingat banjir2an gini siapa tahu dia berubah pikiran … jadi sekalian piara fortuner sekaligus pajero… peace om….

  20. kalau beli mobil di bulan Oktober – November, diskon mulai gede dan masih lebih banyak pilihan tipe/warna.
    kalau beli di bulan November – Desember, diskon lebih gede lagi, tapi biasanya pilihan tipe/warna terbatas.
    apalagi kalau beli di bulan Januari, biasanya produk tahun kemarin malah gak bisa milih tipe/warna lagi, karena dealer tinggal ngabisin stok doang.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..