Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Baru baru ini ada yang heboh seputar dunia politik yang menyambung ke dunia sepeda motor lads. Adalah usulan dari Anggota DPR RI Partai PPP Ibu Nurhayati Monoarfa, tentang pembatasan kepemilikan dan ruang gerak sepeda motor yang dituduh sebagai biang kerok kesemrawutan jalan. Singkatnya, pembatasan sepeda motor di jalan nasional. Statementnya beliau juga ada yang kontroversial yang membuat netizen terutama pengguna roda dua terkekeh dan bertanya tanya, si Ibu maennya kejauhan atau memang gak tau soal permotoran dunia atau dalam lingkup lebih kecil yaitu nasional?

Pendapat yang menjadi wacana tersebut dikemukakan Ibu Nurhayati pada saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan para pakar, guna membahas masukan Penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan RUU Revisi UU Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Begini kurang lebih wacana yang diutarakan:

“Itu mungkin yang harus kita atur kendaraan roda dua ini. Di area mana sajakah yang boleh roda dua untuk melintas. Yang pasti, jika berkaca dari jalan nasional diseluruh dunia, tidak ada roda dua melintas. Dimanapun, di seluruh dunia kecuali di atas 250 cc. Di jalan kabupaten, kota, provinsi juga tidak ada. Tetapi, adanya di jalan-jalan perumahan atau di jalur-jalur yang memang tidak dilintasi kendaraan umum. Itu yang mungkin akan kita atur dalam Undang-Undang,” papar Nurhayati seperti dikutip dari laman Dpr.go.id, Minggu (23/2/2020) dan detik,com.

rombongan Honda RS150 alias Supra GTR 150, semua pakai keranjang! DI TOL!

“Dimanapun, di seluruh dunia kecuali di atas 250 cc. Di jalan kabupaten, kota, provinsi juga tidak ada.”  Hellooww Ibuuu.. maennya kayaknya kejauhan ya Bu? wkwkw.. Ga usah ke eropa bu, negara tetangga terdekat kayak Singapura, Malaysia, Thailand dll, motor kapasitas apapun bebas aja hingga masuk tol, free pula! KBY ngomong begini karena sudah rasain langsung geber motor di tol dua negara, Malaysia juga Thailand. Bahkan TMCBlog pernah boncengan sama partnernya Nugi pake jupiter burhan di tol Malay.

Terlebih, para pakar lalu lintas dan transportasi, yang diundang Komisi V DPR RI untuk memberi masukkan dalam Revisi Undang-Undang No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam rapat dengar pendapat (RDP), dengan tegas menolak wacana tersebut.

Ini Aerox KBY geber di tol Thailand loh, trus mesinnya 250cc gitu? 😀

TETAP BOLEH SEBAGAI ALAT PENGANTAR BARANG

Meski nanti motor tidak diakui sebagai alat transportasi umum, Nurhayati mengklaim pengemudi ojek online tidak akan terganggu karena motor bisa dijadikan alat untuk mengantar barang.

Nurhayati menyatakan transportasi umum seharusnya mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Karena itu motor tidak selayaknya jadi transportasi umum. “Roda dua delivery saja, logistik, barang-barang bisa pakai sepeda motor. Bukan transportasi umum mengangkut manusia, tetapi makanan, barang-barang, silakan,” katanya.

Hehe, yah melihat dari kacamata positif, tujuannya sih bagus, tapi aduh, lihat dulu lah kondisi masyarakat Indonesia terutama di level bawah ini kayak apa Bu. Banyak dari mereka yang hanya memiliki sepeda motor sebagai satu satunya sarana transportasi yang digunakan untuk semua hal, anter sekolah, anter istri, bekerja atau bahkan berjualan dlsb.

Ditambah, level transportasi umum di Jakarta dulu deh, masih jauh dari kata memadai. Lagian bicara macet, mobil itu sebenarnya lebih punya andil besar untuk kemacetan, paling nyata ya mobil mobil bongsor kaya Pajero, Fortuner, Trailblazer, MU-X dan sejenisnya. Sudah dimensinya gede, isinya paling cuma 2-3 orang, bahkan gak sedikit terlihat sendirian. Ngabisin jalan buuuu.. Padahal 1 dimensi mobil itu bisa diisi setidaknya 3 buah motor loh.

Mending buat jalan protokol yang dibatasi atau dilarang itu ya mobil mobil gede seperti yang KBY sebut di atas, gak boleh keliaran dari hari Senin sampai Jumat. Kalaupun boleh isinya minimal 4 orang! Coba aja itu dulu dilakuin, KBY cukup yakin langsung keliatan kok wkwkkw..

Udah cukup lah motor punya jalur lambatnya sendiri, jalan diambil sama Sepeda, enggak boleh masuk tol, terus enggak boleh naik jalan layang, tempat parkir yang pada umumnya jauh dari kata motorsiawi, dsb, tapi pajaknya tetap kudu bayar, penyumbang pajak terbesar di seluruh jenis kendaraan loh dan pajaknya masih juga dikenain progresif. Mending Bu kalau mau action sekalian yang ekstrim aja, papas akarnya yaitu larang ATPM jualan motor!

Gimana menurut lads? Biasanya jauh lebih ajib nih komen komennya

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

47 KOMENTAR

  1. Bro, sya setuju dgn pendapatan situ. Sy sja bawa mobil klo seandainya mau liburan breng keluarga, jd di isi minimal 3 bahkan sampe 5. Sehari2 nyaman pake motor ke kantor. Ini si ibu pejabat, arogansinya kelihatan sekali. Dia dan suaminya yg dua2 nya pejabat memang gak punya motor. Seriously. kmna jalan pikiran dia yg bilang motor biang macet!, what?????. bner bro. Di kota2 besar itu justru yg bikin macet mobil yg hrusnya disi minimal 3 orang, malah dibawa sendirian. Kutang ajar emang. klo motor bisa diisi 3-4 motor, dipake boncengan lgi. Lbh efisien. Klo jakarta mau gak macet, kasih aturan weekday mobil 7 seat minimal 4 orang, mobil 5 seat, minimal 3 orang. Jamin dan itu trasnportasi publik jd rame. Ato dl ada aturan 3 in 1. Knpa skrng ngilang. Sumpah dah pejabat kita itu mikirnya kpentingan pribadi, bukan rakyat lg..

  2. Dalam hal ini saya merasa beruntung, bisa naik jemputan kantor dari depan rumah. Nah banyak diantara kita yg tidak punya pilihan.. naik motor karena terpaksa, bukan karena pilihan bukan pula karena suka naik motor.

  3. Tara ameng c ibu na
    Beresin projek sim & bpkb d kelola dishub dlu aja bu
    Jangan ngusik2 permotoran
    Klo ngga ada yg pake motor d jalanan dunia ini,mungkin produsen motor sudah pada gulung tikar

  4. Biarinin motor dilarang, ikutin aje. Nanti klo msh macet dan semrawut jg, mobil jg wajib dilarang!!

  5. Tanpa bermaksud mencela, kemarin2 kita dihebohkan sm bapak2 kerajaan yg ****** hora masuk akal, trs sekarang2 mulai bermunculan ibu2 ‘kenegaraan’ yg pola pikirnya jg ****** hora umum, ibu kpi nyensor spongebob, ibu kpai hamil kolam renang skrng ibu dpr bahas motor ?
    Go.blog.com

  6. Yg harus diberantas itu orang yg suka motong jalur gk lihat sikon, suka keluar persimpangan jalan tanpa noleh, spion buat ngaca dll yg jelas2 sering bikin kecelakaan, bukannya ambil jalan pintas motor dilarang lewat jalan nasional, 6OBLOK!

  7. Inilah demokrasi.. Yg tidak berkompeten memiliki hak yg sama menjadi wakil rakyat.. Dan menang pemilihan.. Ya akhirnya begini😂

  8. Si ibu itu anggota DPR ya?
    Enak yaa mengerdilkan yang naik motor kecil
    Mentang2 digaji oleh rakyat, naik mobil pemberian negara pake si sopirin pula.
    Siapa sih yang milih anggota dhewan kek gini?

  9. Si ibu belom tau aja rasanya di bonceng naik motor terus dielus” dengkul nya pas lampu merah sama pacar. (Kata pacar ay).

    Mang kobay muda sering ngelakuin ini pasti. Haha

  10. Mnding batasin pabrik jualan kendaraan…ya motor y mobil…soalny g sinkron sama jalan nya…di ganti jualannya spare part sj atau kl mau gnti model.. basi c rangkanya sama cm beda cover baju..jd pabrikny cm produksi spare part n cover body mobil n motor…e mboh lah ribet …

  11. Setujuuuuuuu banget nih sama KBY. Mobil jaman 3 in 1 jalan lancar jaya. Masuk era GAGE muacetttt… Andai di Gabung 3 in 1 dan Gage. Pasti lancar jaya. 3 in 1 plat Gage yah pasti faham kan om KBY…. Jadi mobil Bongsor juga kena dampak… Kecuali mungkin vvip.

  12. Mungkin terpilih jadi wakil rakyat dengan cara nyogok….ya pola pikirnya gitu, nyerocos duluan mikirnya belakangan,,

  13. Mungkin skali kali musti nyoba tuu gabung ama gangster all stars … biar tahu nikmatnya naek motor … hehehehhehe

  14. Harusnya si ibu diajakin bonceng bareng Kang Kobay naek Hayabusa..trus geber sampe 300kpj..eh jgn dink..200kpj aja..pasti dia mikir ulang..hehe

  15. Jangan nuduh pola pikirnya gitu Om.

    Emangnya dia bisa mikir?
    0t4knya udah digadai buat dana kampanye kalee…

  16. Saya contohnya yg terpaksa naik motor ke tempat kerja karena kalau naik angkutan umum rutenya jadi mutar & harus transit beberapa kali, kedua jelas lebih cepat sampai, ketiga lebih irit ongkos, ke empat karena emang ga punya mobil wkwkwk

  17. Haduh keliatan, bener2 keliatan itu pendapat asal dpt ide trus lempar.. bener2 ga dikaji dl..
    Kalo mau di kaji banyak yg musti dibenerin sebenernya;
    – pemerolehan SIM
    – pemerolehan kendaraan yg terlalu mudah
    – kelakuan pengguna jalan yg masih banyak kacaunya (motong seenaknya, lawan arah, main hp smbl berkendara)
    – pak ogah puteran balik/tikungan (most of them malah bikin ribet, bukan ngelancarin)
    – bocah2, mbak2/mas2 alay, ababil2, bonceng 3/g pk helm dll yg suka menuhin jalan dan seenaknya ga ngerti aturan
    – silakan ditambahkan uneg2nya

    Sebelum batas2in, poin2 itu yg diatas mesti dibenahin, bisa jadi gw pernah jd salah satu pelaku dr poin2 diatas, tp kalau komit ditertibin harusnya tanpa batas2in ini itu lalu lintas bisa tetep tertib walau kecepatan rata2 kendaraan rendah. Tp fokus tertib dulu lah

  18. ⁣sebanyak-banyaknya sepeada motor, tidak pernah bikin macet sampai stuck tidak bergerak sama sekali…. beda dengan mobil,, mau putar arah aja udah bikin macet total. apa lagi driver songong baru punya mobil LCGC second kreditan modif ceper nunggak tiga bulan. isi cuma 1-2 orang doang ugal2an pakai knalpot berisik bak fast and furious. sok paling kenceng, lari 100 kpj stir udh pada geter semua… di samber angin bus malam oleng gak karuan, di dim gak trima blayer2 gas sambil zig-zag arogan tanpa mikirin orang lain sekitar… minggir tiba2 tanpa lampu sein. buka pintu keluar orang. pendek muka tua bopengan. hitam dekil . gigi kuning nafas bau sambil marah2 gak terima di salib sama motuba Mitsubishi Galant V6 hiu ane… padahal dia yg salah pepet ane hampir nubruk pembatas jalan… amit2 jabang bayi… gak pengendara gak pengemudi sama aja bloon nya,, eh yg di salah kan kendaraannya…. padahal orangnya yg bego…. 😂😂 salam pecinta motuba(mobil tua bangka)🙏🙏

  19. si ibu : “duh gw musti ngapain ya biar kelihatan kerja…..oh iya!…”
    dan selanjutnya kita semuapun ter-wah wah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..