banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Masih ingat Suzuki Saluto yang ramai jadi gunjingan positif para pemerhati roda dua di Indonesia karena memiliki desain yang ciamik punya? Nah tempo hari skutik retro modern ini kan belum ada harganya ya? Sekarang sudah ada nih lads, dan lumayan bikin kaget karena tidak menyangka harga Suzuki Saluto 125 akan setinggi itu hehe.. Harga tersebut berlaku di negara pembuat sekaligus penjualnya yaitu Taiwan. Kira kira bisa gak hadir di Indonesia? Bahas kuy!

Saluto 125 yang memiliki kapasitas mesin sesuai namanya yaitu 125cc memang punya desain yang memukau lads.. garis desain yang memiliki cita rasa seni tersebut lahir dari goresan tangan desainernya yaitu Alessandro Tartarini asal Italia, nama ini juga yang ternyata membuat desain skutik skutik Lambretta, pantes nuansa ala skutik legendaris Italia tersebut sangat kental. Cakeeeep!

Harga Suzuki Saluto 125

Sekarang kita beralih ke harga, di Taiwan harga resmi Suzuki Saluto 125 bermesin serupa dengan Suzuki Swish tersebut adalah Rp 37,5 juta! Wewww tinggi juga ternyata lads wkwkw.. kirain di sana bakal sekitar 25 jutaan.

Tapi ada kabar kalau Saluto tersebut akan sulit hadir di Indonesia lads, mengapa? Jadi setiap prinsipal (pabrikan) itu punya regionalnya masing masing yang diberikan keutamaan atau hak untuk mengembangkan bisnisnya, bisa jadi satu regional itu meliputi beberapa negara.

Nah untuk kasus Saluto mengapa sulit untuk hadir di Indonesia menurut beberapa sumber yang dapat dipercaya sih mengatakan, Suzuki Saluto hanya dibuat dan diperjualbelikan (sementara ini) khusus untuk regional Taiwan saja. Bahkan konon Jepang pun tidak /belum diberikan kuasa untuk mengimpor dan menjual model tersebut di sana.

Jadi, kalau Jepang saja tidak diberikan kewenangan, bagaimana dengan Indonesia? Pasti lebih sulit lagi dong negonya, begitu menurut sumber. Tapi bukan berarti tidak bisa sama sekali, kemungkinan pasti tetap ada, hanya saja negosiasi pasti lebih sulit, itu yang pertama, yang kedua, jika masuk dalam bentuk CBU atau CKD sekalipun, harganya tidak bisa bermain di 20 jutaan besar, setidaknya hampir mencapai 40 juta atau bahkan 40 jutaan. Yang beli? Cuma segelintir deh..

Lucunya, kenapa Suzuki Taiwan bisa diberikan hak untuk memproduksi Saluto sementara Indonesia tidak? Kembali lagi ke pembagian region, kemungkinan besar Indonesia masuk ke dalam gabungan beberapa negara termasuk India yang menjadi basis model produk, jadi untuk beberapa model tertentu, harus mengikuti model yang ada di pasar India.

Ah naseeeeb naseeeb.. giliran ada desain keren, selain harganya tinggi eh ga semudah itu buat hadir di Nusantara.. hadeeeuh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

32 KOMENTAR

  1. 35jt insya allah siap minang padahal,,trakhir pake si FU 2016 dijual, udah lama ga pake produk sizuki, suzuki ina jngn masuk region negri ketumbar jahe ngapah,,

    Sepet liat designnya,
    Jujur aja mang ngebet saya ma si saluto ini

  2. lah tggl bikin model mirip2 kaya saluto beres …. drpd trus produksi address …
    40jt saya siap dgn catatan rem blkng wajib cakram … lain no problemo

  3. Ya udah, deh…. Cukup Shogun 125 sama GSX-R 150 ajalah motor Suzuki di garasi. Kayaknya udah harus mulai mengalihkan pandangan.

  4. Aneh juga kalau menurut pikiran ane yang cuma jualan jamur goreng mang, padahal sarua suzuki kenapa kayak saling gak boleh ya, wkwkwk

  5. Sebentar lg suzuki bakal stop jualan.motor di indonesia….udah ga ketutup bayar karyawannya….moso mo disubsidi terus sama ertiga

  6. Kalo motor juki apa apa susah di turutin buat brojol ngapain juki ngundang blogger buat ngasih masukan ??? Mau ngeprank blogger ???

  7. Desainnya bersaing sama Kymco Like 150, yg punya mesin lebih advance dan fitur yg lebih banyak. Seharga 29jt aja.

  8. betul… dan kymco like yg lebih unggul fitur dan harga lebih murah pun ga laku… suzuki ga akan sebego itu masukin saluto kesini cuma karena fansboy jas jes jos yang kagak bakal beli juga

  9. Iya herman mamang juga.. Desain kece badai gini kok ga dibawa ke sini.. Pakein mesin nex ii aja supados hargina mirah

  10. Duuhhh.. Alus pisan euy.. Coba desain na jiga kieu trus make mesin address atau nex ii.. Harga pst murah. Bisa meureuuunnnn

  11. Udahlah Suzuki Indo mending fokus maxi scooter aja, disini Sijuki masih ada harapan asal tampilan mantap. Jangan kayak Brugmann Street yg kayak kena polio ?

  12. Netizen Indonesia jas jes jos minta Burgman, V Strom, Van-van, Saluto, dll,
    yg dimasukin ke sini malah motor desain a la India.
    ya gak klop lah.

  13. Alah, Nex cross setang telanjang pasti lebih laku. ga sabar liat speedometernya kalo beneran brojol… Jangan2 cuma speedo standarnya dikasih cover. Wong Bandit aja nyomot lampunya satria, wkkwwk.

  14. Untung tabunganku masih tak kekep & gak jadi beli gsx r150.
    Wkwkwkk… ? ? ? ?

    Pabrikan gak niat jualan…!!!
    Sekarang tinggal sabar mantau facelift Benelli TNT 135 2021 gen 2
    ?????????????

  15. Modelnya mewarisi Vespa legendaris dengan sentuhan modern..ceeiyee.. komentar pating mecotot..tapi memang oke kecuali harganya..

  16. Di taiwan produk ini bisa saja bukan premium. Harga dibawah GSX-R150 ataupun S150. Dengan interpolasi harga harusnya dijual disini dengan harga 17 sampai 20jt sj. Syarat tapi lokal CKD. Jadi semoga di rakit di sini segera.

  17. gagal maning. mungkin kl penjualan disana sukses besar ada chance dibagi kemarih. mudah2an. pricingnya kira2 25-29 jgn sampe 30an

  18. seharusnya Indonesia itu bikin region tersendiri, jadi bisa menentukan sendiri basis desain seperti jaman Satria 2 tak (di brosurnya bahkan sempat dicantumkan desain merupakan hasil kreasi anak bangsa).. masa selera bakso tenis yang berkuah segar dicampur sama martabak acha-acha…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini