Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Biasanya nih, karena kita sudah terbiasa mengendarai motor yang sama dalam kurun waktu yang lama, maka kita akan menjadi “kebal rasa” dan mencari pembenaran atas gejala yang sebenarnya sudah tahu dan dirasakan tapi cenderung kita abaikan. Contoh kecil seperti yang KBY alami sendiri di Honda PCX 150 CBU Vietnam, yaitu kempes ban atau kurang angin. Nah biar sama sama tambah peduli ke motor kesayangan yuk cari tahu dan kenali gejala atau ciri ciri ban kempes..

Artikel ini bicara tentang ciri ciri non visual ya, karena kalau visual alias yang kasat mata, ban motor kempes apalagi gembos itu keliatan banget, sudah jelas lah itu mah. Bagaimana kalau terlihat seperti baik baik saja, ditekan cukup keras, ditendang juga bikin kaki lumayan sakit wkwkwk.. sehingga bisa membuat kesimpulan, ah gak kempes – gak kurang angin.

CIRI CIRI BAN KEMPES

Skutik yang diimpor dari Vietnam ini sebenarnya sudah “mengadu” kepada pemiliknya dan memberikan tanda tanda bahwa ada yang tidak baik dari kondisinya. Dan sang pemilik alias KBY sendiri juga sudah merasakan gejala serta ciri ciri dari ban kempes tersebut, yaitu antara lain:

  • Handling kacau, belok bawaannya ngelawan terus dan cenderung over steer alias maunya lurus aja.
  • Setang lari lari atau bergoyang, terutama saat dilepas
  • Tarikan terasa berat
  • Kalau melintas garis putih setang dan bodi gampang goyang apalagi kalau jalan basah
  • Konsumsi BBM lebih boros. Biasanya manteng di 1:47-48 dan kadang kadang 1:53-55 kalau beneran lagi santai, ini 1:45 aja sudah paling baik.

Nah karena sudah sangat terbiasa pake si Sniego ini KBY hanya berpikir wah ban sudah saatnya ganti, dan entah kenapa sangat yakin kalau bukan akibat dari ban yang kempes atau kurang angin. Kebetulan juga ditambah alur ban depan Michelin Pilot Street yang sudah mulai terkikis menipis meski gak sampe botak.

Jadi tiap tiap si motor goyang dombret, mindsetnya pasti, duh bannya udah minta ganti nih. Di sisi lain jadi melatih skill, karena tiap belok agak kencang jadi kudu turunin kaki ala ala Rossi gitu wkwkwkwk…

BUTUH BANTUAN PIHAK KEDUA

Terus bagaimana akhirnya KBY teryakinkan kalau ban depan si Sniego itu memang kempes? Jadi kebetulan ada temen kantor yang pinjem ceritanya, begitu kunci di balikin dia bilang, “motor lo kayaknya kempes deh ban depan, setang gak mau diem, belok juga bikin kagok, terasa banget kalau di jalan gak rata,” ujarnya.

Merasa sangat kenal dengan si PCX, maklum namanya juga yang punya, KBY menjawab, iya tuh akibat ban depannya udah mulai tipis, handlingnya jadi agak kacau. Udah minta ganti euy.

“Kalau kata gw sih bannya kempes bro, kurang angin,” yakin temen KBY lagi. “Wah gitu ya, yaudah tar kita sama sama liat deh pas pulang,” pungkas KBY.

Saat pulang dan di parkiran, akhirnya KBY minta temen tersebut menaiki si Sniego.. Hehe, jadi malu, ternyata bener kempes euy lads, kurang angin wkwkwk..Padahal sok yakin banget gara gara ban yang udah mulai aus.

Lesson learned, saat motor kita naiki, tentu kita tidak bisa melihat dengan jelas secara visual ban yang kempes tersebut sehingga kita tidak yakin ban kurang angin, bahkan sudah tahu gejala dan ciri cirinya pun masih keukeuh gak apa apa. Ini adalah penyakit dari kebanyakan pemilik motor yang sudah merasa sangat kenal dengan motor miliknya.

Jadi tentu butuh bantuan dan opini pihak kedua yang bisa melihat kondisi ban saat terkena beban dinaikin pengendara. Atau biar makin yakin, minta tolong pihak kedua tersebut yang menaiki, biar kita sendiri yang lihat kondisi bannya.

Setelah diisi angin sesuai rekomendasi, tau gak, duh si PCX 150 itu kembali enak banget! Handling mantap, rem gak ragu ragu, melindas garis putih anteng, akselerasi terasa lebih nendang dan konsumsi bbm berangsur angsur naik kembali wkwkwkw.. Jadi sekarang sudah tau ya ciri ciri ban motor kempis? Bagaimana dengan mobil kang? Yah mirip mirip kok, bahkan mobil lebih mudah, bisa keliatan langsung secara visual. Semoga bermanfaat lads.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

23 KOMENTAR

  1. Kirain artikel sponsor,berhubung ini artikel ban biasanya di tengah/akhir cerita ada kalimat pakailah ban ini agar berkendara aman,nyaman,hemat bbm & harga murah,promo spesial musim hujan diskon sekian persen

  2. Kalau ban agak gede atau hampir ngedonat rada susah mereun ya mang bedainnya ?

    Oh iya kalau motor cenderung kaya celeng maunya lurus aja itu understeer mang hehe
    Peace

  3. nah kebetulan lagi bahas ban nih mang ….
    apa plus minus ban blkng di pake di ban depan … (2.50 70/80 harusnya di ganti jadi 2.75 80/90) … trus klo blkng di ganti 2.75 80/100 atau brp yg biar keliatan lbh gambot …efek ke mesin yg lbh saya tanyain bukan masalah lbh berat atau apa …

  4. wah kalo aerox saya kalo dijalan rata enak” aja, kalo ngelintas jalan ngga rata atau garis putih, baru deh ngeloyor gitu, saya bilangnya ngeleyang, ternyata setelah saya cek dirumah, bukan ban kempes tapi permukaan ban depan udah ngga rata, jadi alur masi cukup bagus tapi ada yang udah mendelep kedalem gitu, ya akhirnya ganti ban, normal lagi,, denger” si banyak yang ngalamin tapi ngga tau masalahnya dari ban, hehehe

    • Yg pulpen pastiin ujungnya miring, kalau gak ya nyusahin kekkekee… Gw biasanya simpen yang bulet di bagasi, ga tau kemana pas sempet dibersihin

  5. Cara cek tekanan angin di ban sudah tepat atau belum, kempes atau ngga, lebih baik dihindari pakai cara tekanan permukaan ban luar. Karena ada anggapan kalo ditekan masih kerasa keras maka tekanan angin masih normal. Padahal begitu dicek pakai alat ukur tekanan angin pada ban, sudah berkurang drastis sekali.

    Jadi lebih baik beli alat ukur tekanan angin, beda2 sih harganya tapi cukup beli yang 50rban juga sudah oke kok.

  6. Gambar terakhir antara perbandingan tapak ban kempes dan over kayanya kebalik bang
    Yang kempes harusnya garis dua kiri kanan, dan yang over harusnya garis satu tapi lebih kecil dari yang tekanannya pas

  7. Mang, kalo buritan ngepot bukannya skid ya?
    Oversteer kan kalo kita cuma dikit gerakin stang tapi ban depan maunya lgsg lari kemana-mana, mirip bearing oblak? Cmiiw

Yuk Tinggalin Jejak Lads..