Kobayogas.com – Hola laaadss.. salam geberrr.. Di awal tahun 2020, andalan Honda di kelas Maxi skutik 150cc sudah mendapatkan perlawanan berat dari rivalnya yaitu All New NMax 2020 yang hadir dengan membonceng banyak pembaharuan. Honda PCX mendapatkan perlawanan sengit dengan kehadiran NMax terbaru yang menggondol banyak fitur sehingga kini posisinya mepet dan bahkan untuk versi ABS-nya, sang NMax 2020 mengusung fitur unggulan yang tidak dimilik PCX sama sekali. Jadwal tayang Honda PCX 150 facelift 2020 pun sejauh yang KBY tahu sudah bergeser, indikasi belum siap hadapi rival?

Sejauh ini bocoran new model untuk motor motor Honda hanya ada pada kode K1AA yaitu All New Beat 2020 yang sudah rilis bulan Januari 2020 kemarin, sisanya hanya produk refreshment seperti K45S si CBR150R warna baru. Masih ada beberapa kode yang sifatnya produk refreshment, salah satunya Honda Revo 2020 kemarin sepertinya berkode K58P.

Kembali ke PCX yang punya kode K97, KBY kantungi bocoran berkode K97S yang bisa diartikan merupakan produk refreshment, definisi refreshment bisa macam macam, bisa hanya ganti warna, atau disertai fitur baru, dan kecil kemungkinan ganti desain, meskipun ada juga kode yang bikin bingung seperti K45A (CBR150R DOHC Overbore) dengan K45G (CBR150R DOHC Overstroke), sama angkanya beda bentuknya.

Seharusnya, Honda PCX 150 facelift 2020 itu jadwal tayangnya di Januari, tapi hingga saat ini belum ada kabar terbaru. Pun begitu bisa jadi mundur, mengingat CBR150R K45S saja dari Desember 2019 mundur ke Januari 2020. Kalau mundurnya hanya 1 bulanan sepertinya wajar sih.

Feeling KBY jadwalnya memang mundur salah satu penyebabnya fitur di All New NMax ABS yang memiliki TCS serta Y-Connect. Fitur tersebut tentu menohok PCX yang hanya punya fitur ABS di versi tertinggi, sudah gitu harganya beda tipis dengan NMax ABS terbaru.

KBY curiganya sih membaca statement pak Thomas Wijaya Direktur marketing Astra Honda Motor yang terkesan santai dan seakan akan AHM sudah tahu gerakan Yamaha terhadap All New NMax 2020 tersebut. Simak deh ucapannya kepada kompas di bawah ini ketika ditanya atas kehadiran nmax 150 ABS, TCS dan Y-connected….

Bagus akan menjadi pilihan buat konsumen. Kita lihat dulu, ini kan baru, kita lihat respons konsumen seperti apa, ketertarikannya seperti apa. Di Indonesia (yang dilihat pertama) masih dari sisi desain, fitur, kapasitas mesin dan harga. Fitur pertimbangan, tapi fitur bisa banyak (hal),”

Ipan Bangla

Nah kan, tenang beud hehe.. Selain mungkin sudah memiliki kartu truf pada Honda PCX facelift 2020, tapi mungkin saja top level management sudah dilatih untuk tetap tenang meskipun sebenarnya kebat kebit juga mengingat produknya di kelas yang sama kena hantaman yang lumayan dahsyat hehe.

Kalau menurut lads gimana? KBY rasa sih belum akan ada yang baru di sektor mesin, mesin 4 valve 160cc seperti pada Honda SH150 terbaru paling cepat pertengahan tahun 2020 ini.. atau akan ada kejutan dari AHM? We’ll see lads..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

44 KOMENTAR

  1. Fitur konek ke HP..
    Cuma buat liat jadwal servis. Or nyari motor diparkiran.
    Tapi klo eror bisa ngasih data palsu malah bahaya.
    Kaya cek engine..
    Dan pasti muahalll… perawatanya.

  2. agree. dan saya masih setia dgn gl200 , mo boros mo irit bisa d sesuaikan dgn keinginan sendiri

  3. mesin 4 valve,v tec,intercooler turbo, TC, Hill start assist, cruise control dll ……
    ngimpi/ngayal yg tinggi sekalian ….. ah

  4. Hmm jangan2 mesin 156, 9cc 4 valve mw d pke jga? Tpi apa secepat itu penerapannya?
    Atau jangan2 adv 250 duluan?
    Atau adv 150 duluan pke mesin ini?
    Lagian kyknya produksi adv d hold sma honda?
    Apa benar bgtu??
    Wah banyak spekulasi nih, nevertheless it’s really interesting
    Sebenernya fitur tc gak terlalu perlu sih, y connect boleh lah, yg penting riding experience tetap enak, mesin tetap halus minim getaran kalau bsa lbh halus lgi, more power is always welcome, tpi riding experience harus tetap terjaga atau lbh baik lgi
    Seperti gredeg hilang total, jok lbh empuk dsb

  5. paling jg nambah fitur kalo facelift,
    belum pake mesin baru 4 klep itu
    kalo kejadian pake mesin baru 4 klep, yg udah beli adv nyesek kayaknya…

  6. Banyakan fitur.
    Banyakan ribet.
    mahal diperawatan.

    Balik lagi aja ke motor jadul.. karburator tanpa fitur bla-bla-bla biar bisa servis sendiri.. otak-atik sendiri.

  7. Yang terutama adalah tampilan. Bagian depan terlihat cheap dan belakang terlihat bantet kalau tidak bisa dibilang jelek. Lebih bagus, lebih elegan versi old. Mesin udah cukup, ini cuma matic. Fitur connect kalau cuma segitu aja mah nggak ngaruh.

  8. Ya H selalu santai , dulu waktu dibrojolin pcx lokal..kan H sendiri yang pepetin harga k nmx dan sedikit lebih mahal dri nmax , kalau ini malah nmx yg pepet k H , malah sedikit lebih mahal dari H .. artinya H makin santai.
    Elegannya Pcx masih kuat untuk dijual.
    Nmx serasa motor facelift juga ,tiada perubahan ” New ” sebenarnya.
    H memang seperti menunda Pcx Faceliftnya..karena kemaren ini H masih ikut menunggu Perilisan Harga new nmx baik non atau abs untuk dipelajari.
    Untuk 4 katup , belum perlu dilakukan sekarang. Karena 2 katup H dengan Rancang Bangunnya ( R n D ) yang sempurna telah menghasilkan sesuatu yang sangat balance.
    Kenapa? Karena 4 katupnya H itu sangat berbahaya..4 katup yang jauh melompati kemampuan rival , jika itu dihadirkan disini dalam waktu dekat…alamat itu menjadi Petaka bagi pabrikan Y .. karena harus merombak semua 4 katup dari berbagai tingkat Cc nya mulai dari N0L.
    Apalagi Daya jual dan yang bisa dijual Y ? Karena selama ini buat ‘ penarik ‘ minat konsumen terhadap produk Y adalah ” embel2 ” tsb.
    Yang tetap saja Tidak mampu mengalahkan H dengan 2 katupnya dari segi penjualan.

    Selalu memberi nafas dan tarik ulur terhadap lawan adalah bagian Permainan H .
    4 katup H jangan dulu , jangan sampe Y langsung berubah jadi Pabrik biji Limbah Plastik.

  9. Halah All New Namex gak usah diresponse biar PCX gak laku dulu baru refresment, kasihan YMH mau jualan apa? Masalahnya Honda skrng sudah sembuh dr penyakit Budeg….bisa dipastikan akan menyerang balik.

  10. jadwal facelift motor Honda bukannya 3~4 tahun sekali?
    kalau PCX K97 baru launching 2018, berarti versi facelift nya paling cepat memang 2021 dong.

  11. pcx facelift berkali2 pun tetep saya masih pakai beat (alhamdulillah)

    btw, om, mau kasih masukan untuo kby.com
    sebaiknya diaktifkan ssl dan jetpacknya di matikan karena jetpack sangat memberatkan server

  12. Buat karbu mania
    Sudah saatnya berani move on lah
    Saya juga suka karbu, tapi klo Ada yg bilang FI itu ribet, Bagi saya FI itu lebih mudah dari Pada karbu. Pada kondisi normal (tanpa kerusakan sensor & ECU) Sangat mudah melakukan service berkali sendiri di rumah. Service bulanan (2rb km) cukup hanya ganti oli & cek lainya (filter udara, radiator, tegangan aki, dll). Service per 6bln (12rb km) ditambah bersihin throttle body (sama kayak bersihin karbu) & ganti oli gardan.

    Sangat mudah bahkan lebih mudah dari Pada karbu.

  13. Kalo offside jadi 156,9 cc ntar ada yg nyinyir loh mang, nmax sama r15 aja kan dulu dinyinyirin. Auto jilat ludah dong 😂

    • Wkwkww..

      Angka offside itu juga sampe skrg gw masih bingung, kalau Honda info terakhir kenapa harus naek karena alasan emisi..

      Cuma tetap jadi pertanyaan pribadi, emangnya 149 sama 153 (PCX Vietnam) ga bisa memenuhi emisi? Atau biar tenaga gak terlalu drop saat tenaga dikebiri?

    • Wkwkww..

      Angka offside itu juga sampe skrg gw masih bingung, kalau Honda info terakhir kenapa harus naek karena alasan emisi..

      Cuma tetap jadi pertanyaan pribadi, emangnya 149 sama 153 (PCX Vietnam) ga bisa memenuhi emisi? Atau biar tenaga gak terlalu drop saat tenaga terkebiri akibat emisi?

  14. Pcx atau nnax terserah aja..namanya duit sendiri..jgn saling menyerang..capek..

  15. Nyantai karena kartel??? Jd udh tau gerakan yamaha?
    Facelift pcx naek jadi 36jeti, bgtu seterusnya sampai akhirnya 35an jadi “angka wajar” Buat maxi skutik

  16. “Di Indonesia (yang dilihat pertama) masih dari sisi desain, fitur, kapasitas mesin dan harga” —> Sebagai pemakai H dari th 97-sekarang, maaf kulo boten remen pak desain pcx hihihi
    4 katup mungkin tidak langsung diaplikasikan, karena nama besar PCX dipertaruhkan (terkecuali mesinnya BU/CKD)
    Trial & errornya bisa ke vario 150 dulu,kalau sudah minim keluhan baru diaplikasikan ke PCX…
    Contoh kasus CBR150R lokal..
    Baik CBR K45A & K45G juga hadir setelah CB150R dirilis duluan (tahu sendiri keluhane apa saja pas awal2)
    Maaf Om hanya opini konsumen sahaja

  17. masih setia dgn karbu ……knapa ? kebetulan lbh murah ngerawatnya …..jasa ahass makin mahal ….jelas bingung pcx mau ditonjolin nilai jualnya bagai tv led non digital berhadapan dgn smart tv …pd akhirnya beralih asal populasi n variasi di lapangan banyak …..keangkuhan itu mirip mtr karbu

  18. Kalo honda pasti naik emisinya, kalo.yamaha otak enginernya mentok disana, jadi ya emisinya sama kaya mesin honda yg sekarang meskipun udah facelift

  19. Jelas canggih pcx lah…punya fitur shock tercanggih diplanet bumi…bisa lurus bisa bengkok…

  20. Lagi mengamati…
    Kalo namex baru laku, tinggal tiru berikut modifikasi…
    Baru di launching dengan harga beti 😀😁

  21. harapanya sih pake mesin baru yg ofset itu sama traction control kayak kakaknya forza, syukur2 abs udah 2 channel sekalian plus windshield adjustable secara elektrik

  22. Heran sm orang +62 yang bilang fitur traction control itu ga penting 😂😂😂, padahal fitur ini sangat safety dan sudah jadi standar di motor mahal ratusan juta… Fbh memang super dungu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..