Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Masih ingat kasus All New NMax yang engine checknya menyala di beberapa unit milik konsumen tempo hari? KBY sudah membuat artikelnya sebagai acuan terutama bagi para pemiliknya agar tidak parno dan memberikan petunjuk yang harus dilakukan jika mengalami indikator engine check menyala. Nah kali ini KBY mendapatkan info penyebab utama yang membuat indikator peringatan ada yang salah dengan mesin tersebut menyala. Infonya valid karena langsung diberikan oleh orang dalam Yamaha sendiri, yaitu jangan mematikan mesin All New NMax lewat standar samping! Loh memang kenapa?

Pada artikel sebelumnya (baca: Indikator Engine Check Menyala Jangan Panik), ada beberapa kejadian yang menimpa All new NMax 155 mengalami engine checking. Awalnya terkuak karena Vlogger Kondang Ridwan Hanif mengupload status dirinya yang kebingungan karena motor barunya menyala “engine checking” saat motor sudah berjalan. Indikator tersebut berupa warning alias peringatan bahwa ada masalah pada motor terutama bagian mesin. Dari situ tersibak bahwa kejadian serupa juga menimpa teman-teman lain.

Ridwan berbagi kisahnya dalam menghilangkan atau memadamnya indikato tersebut di bengkel resmi yamaha, mekaniknya dikatakan menghapus data error engine dengan menggunakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT). Dan hasilnya, error code atau engine checking hilang tapi hanya sementara sebab dalam beberapa hari engine check kembali nyala. Ridwan pun kebingungan, ada apa sih ini dan apa penyebabnya?

AKIBAT MEMATIKAN MESIN MENGGUNAKAN STANDAR SAMPING

Membaca dari Iwan Banaran serta Otorider, ada beberapa penyebab, kalau hasil sharing pembaca IWB sih katanya kiprok, tapi yang lebih sahih tentu yang bersumber dari internal YIMM sendiri dong, yaitu konfirmasi M Abidin selaku General Manager Aftersales & Motorsport yang menyebutkan biang masalah engine check menyala karena kebiasaan pengendara All new NMax 155 yang membuat ECU error atau mendeteksi malfunction. Yaitu kebiasaan mematikan mesin dengan standart samping alias mengandalkan fitur side stand switch! Nah loh!

 Saya sudah simulasikan, ternyata saat motornya menyala, mematikannya itu tidak menggunakan main switch tetapi menggunakan side stand. Kemudian mematikan menggunakan side stand itu diinformasikan kepada ECU. Setelahnya engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction,” ujar Abidin di Jakarta, Senin (3/2).

Beliau pun langsung menyarankan konsumen untuk tidak menggunakan fitur side switch stand sementara (untuk mematikan mesin) karena bisa memicu error atau check engine nyala pada Yamaha All new NMax 155. Yamaha sendiri mengakui terus akan mengevaluasi untuk menangani masalah yang terjadi.

ECU TERLAMPAU CANGGIH ATAU?

Jujur aja KBY bingung kalau cuma gara gara user sering mematikan mesin melalui standar samping atau stand side bisa bikin engine check menyala dan dianggap eror. Padahal salah satu fungsi stand side switch itu ya memang membuat mesin mati, terutama agar tidak bisa distarter saat menggunakan standar samping.

KBY jadi berpikir, artinya ECU All New NMax 2020 ini adalah yang paling canggih setidaknya di kelasnya, sehingga gak bisa sembarangan atau seenaknya menggunakan atau mengaktifkan standar samping saat mesin sedang menyala. Jangan disamain dengan ECU motor sebelah yang gak terpengaruh dengan aktifnya SSS puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu kali terutama saat dipakai emak emak. PCX KBY yang sejak tahun 2014 dimiliki dan sering matiin mesin pakai SSS juga aman aman saja, begitu juga dengan Aerox sejak 2018 mungkin karena ECU-nya gak secanggih NMax terbaru yes?

Atau, bisa jadi ada yang nggak sempurna pada kelistrikannya, dimana membuat sensor standart samping menjadi ringkih hingga error (engine check menyala). NMax adalah produk back bone atau tulang punggung Yamaha yang kudu benar-benar diperjuangkan hingga titik darah penghabisan sehingga wajib mendapat perhatian ekstra dan penanganan cepat.

So…buat lads yang mengalami engine checking pada New NMax 2020, selain ke dealer untuk reset, juga untuk sementara jangan gunakan side stand dulu atau mematikan engine dengan standar samping untuk mencegah error check engine. Menurut lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

42 KOMENTAR

  1. Yang bikin ribet itu ketika lupa matiin engine pake standard samping, jadi muncul error engine check. Harus ke yamaha buat ngereset errornya. Apa mending di lepas aja standard sampingnya?

  2. mank sampeyan percaya sama katanya Pak Abidin?
    dulu aja dia bilang “semua” motor klo digas rpm skian pasti ngebul…wkwkwkwk
    sorry i don’t (and won’t) believe him, motor yamaha baru kali ini ada yg ecu nya keluar error karena standar samping.

    waktu itu kata teknisi errornya dari CPS kan?

  3. hampir 3 tahun pake aerox ga keitung matiin pake standar samping, aman” aja, ga pernah denger jg nmax old masalah dr matiin pake standar samping.
    ini kayaknya emang ada sesuatu, entah cuma indikator error atau beneran error, tinggal tunggu yg abs diterima konsumen ada masalah jg ga. Kalo yg abs jg eror, ini produk unggulan yg berpotensi nyungsep, kayak prediksi salah satu komentator di blog mana gitu….

  4. Kalopun maunya Begitu
    Harusnya Ada tambahan lampu 1 lg Khusus buat indikator Standar samping dong, jadi pengguna tau itu peringatan kerusakan atau bukan, klo d jadiin 1 sama lampu engine check kan bikin pengguna was was pastinya.

    Mungkin ini bisa Buat masukan yim mang.
    Hatur nuhun

  5. Sebenernya di nmax lama kalo matiin mesin lewat standar samping CE juga nyala, tapi cuma kedip 5x sama engga ada kode errornya

  6. Saya malah baru tau kalau bisa matiin lewat side stand. Serasa baru keluar dari goa. Maklum saya pengguna motor non matic dan kalau pinjem motor matic ya tetep lewat kontak matiinnya baru standarin. Hahaha

  7. Yah, gini ini kelistrikan mang. Makin kompleks, malah makin ribet di urusan kalau ada rusak2 atau cacat2nya. Saya masang keyless, alarm, plus immobilizer dan segala tetek bengek pengaman di motor saya aja, sekarang dibikin pusing gegara si immobilizer sering mati sendiri dijalan… walhasil sering mogok. Ya karena sistem ini rakitan dan akal2an sendiri sih.

    Dan juga di warung sebelah, ada komentator yang bilang, ganti kiprok R15. Gimana gantinya, lahwong di new NMAX ini, kiprok jadi satu dengan ecu. Mau rewiring ulang di ECU gitu maksudnya?

  8. Blunder ini orang, lha klo gk boleh sering dipake terus ngapain dikasih fitur stand switch segala, ujung2nya ngelarang konsumen buat menggunakan fitur tsb, lagian di matic yamama lain juga gk ada masalah, opini gw ini produk kejar tayang, entah karena penjualannya terkejar pcx/adv atau hal lain sampe hal yang kelihatan mata (karena ada indikatornya) bisa gk diperhatiin
    Mau dibilang jawaban diplomatis kok ya ngaco, mau dibilang ngaco tp keluar dari mulut seorang petinggi
    Dan yg paling fatal menurut gw knapa kejadian ini ada di namex yg notabennya tulang punggung yamama, klo sampe penjualan namex merosot drastis gara2 hal ini ancur sudah pasar dimonopoli hondut

  9. Yach biar keliatan canggih, cek mesti pake laptop.

    Kalu sss sebelah kan dibilang ribet & repotin. Injeksinya juga jadul.

    Kalu ada masalah dgn standard samping, masalah nanti itu engine check.

    Semakin canggih bukan berarti bebas dari masalah.

  10. Sensor juga banyak brand dan kelas nya.

    Ngak sama kelas harga A dgn kelas harga C.

    Artinya itu sensor bukan terlalu sensitip, kalu sensitip artinya mampu membaca kondisi sampai minimal.

    tapi sensor tsb tidak mampu membaca jika sudah tdk ada putran artinya sensor tidak sensitip.

  11. yang pasti udah ga ada yang bakalan ngomong, “bang!! STANDAR bang!!”

    begitu ngerem liat standar langsung diocehin, “Muke LO STANDAR!!!”

    #lho?

  12. Sensornya ga masalah, coding ecu nya yang bermasalah. Istilahnya ada bug di ecu nya

    Sensor stand switch dah kasih kode mati, ecu langsung menerjemahkan status mesin mati, padahal masih ada sisa putaran crankshaft, lo kok ada putaran crank? Padahal status mesin sudah mati? Ecu bingung karena ga ada code nya, atau kode salah

    Akhirnya ecu menyimpulkan crank sensor error,,

  13. Resiko Produk hasil Daur Ulang ya gitu.
    Untuk sementara ,konsumen jangan gunakan standar samping hingga penelitian selesai..kalau Penelitian tsb selesai ,maka nanti akan ada khabar RECALL..begitukan maksudnya ?
    Menjelang dan menunggu khabar Recall ,bagaimana nanti yang katanya aman..eh taunya check enjin on ini merembet ke yang lain, apakah menunggu inpestigasi dulu – penelitian untuk mencari solusi lagi, sementara yang sudah dibeli bukannya bisa dipakai ,tapi Mengganggu rutinitas Hidup.
    Y menjawab :
    Sabar..secepatnya kami menemukan sokusi dan meRecall.

  14. Klo dikerjaan ane yg berhubungan dgn controler kyk komputer termasuk kyk ecu gini, sebelum dipke, divalidasi dulu, dicek semua fungsi dan kemungkinannya. Intinya r n d yimm kecolongan, sss bisa matiin mesin, tapi lupa ngecek pengaruh matiin mesin pke sss ke ecu

  15. Kalau mau review kecanggihan motor namex,tengok ke blog paling netral sejagad…
    jangan liat blog anak kecil kaya kobay ini….

    btw,artikel kemaren banyak salesnya…pada kemana yah…?

    kekekeke

  16. Itu salah.in yang ngetest ngider pantura kenapa gak ketahuan saat test ride..
    Alhasil saat masspro terlanjur bikin banyak QC terpaksa meloloskan dg status mknitoring kknsumen sambil nunggu tukang coding ecunya nemu.in solusi bug nya…

    Konsumen yg kadung beli harap bersabar ya.. enginer coding softwarenya lg mumet nohhh

  17. Deaf kanzeng pembaca sekaliam saza

    Juragan habees mekeeer,,,, dulu zurahan ada masalah di pcx zuragan bc abis abisan

    Tapi ternyata sekarang motor sesembahan zuragan saza malah terkena masalah super fail saza

    Nagh,,,, zuragan zadi puzeeng sambil ngizeng di wc tetangga saza

    Akhirnya zuragan pake jurus kancut andalan zuragan saza, pura pura wise dan bijak terhadap kasus busuk nmex ini saza….

    Zebenernya masalah standar samping yg bikin engine check nyala itu zebagai pembodoha otong motif ala yamaha, tapi itu zezembahan zuragan, zuragan gak bisa zuzur, kalo zuzur, waghhhh,, transferan zuragan di stop, di ganti transfer ke bloger amvlop lainya saza, nagh,,, zuragan gak terima itu, cukup dollar honda yg stop ke zuragan karena zuragan iri berbagi dollar dengan blogger lain

    Yagh, zuragan harus mengirimg opini sebagai pencerdasan opini dengan cuma modal engine check

    Time will tell lagh, yamaha akan bungkam congor ridwan hanif dan kastemer lainya

    Ciao

  18. cek dari blog yg punya foto paling atas. direset trus coba matiin pake standar samping, masalah ilang…

    trus cek dikomen para pembocor mariodepan yg nyasar diblog laen

    bronpit February 4, 2020 at 16:51
    Sebagian ga ada yg nyala. Hanya varian white colour aja yg kena masalah. Ganti kiproknya R15

    bronpit February 4, 2020 at 16:54
    Engine check masalah sepele doang. Lah yg gredek2 gmn. ? Kiprok R15 masih bisa nyaut kalau mau kelistrikan lebih lancar.

    bronpit February 4, 2020 at 19:37
    Kalau mesin trouble ga bakalan dirilis dong. Orang cuman socket sama alogaritmanya doang yg bermasalah.

    coba maang cobay inpestigasi…. kalo perlu minta bantuan kang enif . Gub jabar versi twitter

    • Omongan bronpit mungkin ada benarnya, tapi dari kacamata orang awam gakan sesederhana itu..

      Gredek, motor gakan ada trouble, bisa jalan, sangat aman, cuma bikin gak nyaman .. itu pun hanya di kondisi stop n go

      Engine check nyala? Yang ga tau apa apa pasti disangkanya cuma eror biasa, kotor socket dan atau sejenisnya, atau malah gak peduli sama sekali, dipake terus deh itu motor eh tau tau mogok.. gimana?

      Yang sedikit paham, tau kalau indikatornya nyala dan bingung, ini motor gw kenapa? Mau dipake takut mogok atau takut merembet.. jangankan faktor nyaman, faktor aman aja jadinya gak didapat ..

      Sekali lagi ini dari kacamata awam, bukan sisi yang tau teknik apalagi mekanik..

  19. Nah bener banget ngapain dikasih fitur SSS kalo ga boleh dipake, apalagi sering banget orang standarin motor sebelom matiin mesin contoh kalo lagi buka pager refleks biasanya standarin motor dulu langsung buka pager, balik lagi tinggal starter mesin ga pake puter2 kunci wkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..