banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Ngacung siapa di sini yang kepengen geng ijo alias Kawasaki menunjukkan tajinya dengan kembali ikut serta di balapan roda dua terheboh sejagat alias motogp? KBY ngacung ah hehe.. Iyes, pengen banget ngeliat Kawasaki berada di grup terdepan salip salipan bersama Honda, Ducati, Yamaha dan Suzuki serta merek lainnya. Sayangnya, petinggi Kawasaki sendiri terkesan ogah kembali ikut serta dalam balapan MotoGP tersebut. Alasannya terlalu mahal, loh bukannya Kawasaki itu kaya raya? Terus kenapa bilang terlalu mahal? Cekibrot lebih lanjutnya..

Di ajang MotoGP sejauh Kawasaki terlibat, mereka memang belum pernah harum banget namanya, malah bisa dikatakan hanya sebagai penggembira laiknya Aprilia saat ini dan KTM. Musim terakhir Kawasaki di MotoGP itu tahun 2009 sebelum di akhir tahun 2008 mengumumkan penarikan diri mereka. Saat itu di musim 2009 geng hijau berjibaku lewat Hayate Team bersama Marco Melandri.

Meski sukses dibalapan WSBK, Kawasaki ternyata sampai saat ini masih belum mau kembali balapan di MotoGP. Geng ijo saat ini lebih menikmati balapan di WSBK terlebih saat ini sedang mendominasi dengan Jonathan Rea yang sudah 5 kali juara dunia berturut-turut. Mereka sangat menikmati menjadi penguasa di kejuaraan yang “lebih kecil”. Bagi Kawasaki, balapan MotoGP adalah balapan yang mahal.

Kini sudah 11 tahun balapan MotoGP tanpa kehadiran Kawasaki, meski Dorna disebut-sebut terus merayu pihak geng ijo tersebut untuk join namun usahanya selalu mental. Hal ini kompak dinyatakan Project Leader Ninja ZX-10RR, Yoshimoto Matsuda, dan Kawasaki Racing Team Director yang juga insinyur senior Kawasaki, Ichiro Yoda. “Beberapa orang bilang begitu. Tapi MotoGP bukanlah cara yang tepat bagi kami,” ungkap Matsuda kepada Speedweek.

MOTOGP TERLALU MAHAL BAGI KAWASAKI

Matsuda menyebut MotoGP bukan ranah yang tepat bagi Kawasaki, mengingat regulasinya lebih rumit dibanding WorldSBK. “Anda harus memikirkan apa yang dibutuhkan MotoGP, ke mana arah teknologi menuju, dan apa yang memotivasi Anda. Usai mempertimbangkan semua, MotoGP bukan pilihan,” ujarnya.

Kawasaki kesulitan jika harus terjun balapan di MotoGP, kondisi finansial juga menjadi salah satu faktor utama, terlebih jika turun di MotoGP maka mereka tidak mau hanya finish sebagai penggembira. Jelas ya sampai disini.

MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki. Ini adalah keputusan dari bagian finansial kami. MotoGP butuh dana setidaknya 10 kali lipat dibanding WorldSBK. Untuk MotoGP, Anda butuh 60-70 juta euro per tahun, sementara Honda saja menghabiskan 100 juta euro,” ujar Ichiro Yoda.

KALAU JOIN HARUS BERPRESTASI

“Sebagai tambahan, kami tak bisa meyakinkan manajemen tertinggi Kawasaki jika kami hanya bisa finis kelima di MotoGP. Anda pasti menginginkan kemenangan, tak peduli di kategori apa. Itulah alasan WorldSBK jauh lebih masuk akal bagi Kawasaki, jika dilihat dari segi finansial,” tutup Yoda.

Bicara finansial, sangat bertolak belakang dengan ucapan para FBK di dunia maya.. Kawasaki itu kaya raya, kalau KHI (Kawasaki Heavy Industries) sudah turun tangan, bisa gulung tikar lainnya.. salah satu statement yang pernah KBY baca sekilas di media sosial kekeke.. Kaya raya kok gak bisa ikutan MotoGP, masa kalah sama Suzuki 😀

Mungkin dipikirnya Kawasaki Motor itu gak berdiri sendiri dan menengadahkan tangan ke KHI soal duit wkwkw.. Jadi inget fans boy yang bilang kalau Toyota sampai turun tangan untuk perkuat finansial Yamaha, maka sebelah bisa gulung tikar.. ngakak dulu aaahh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

34 KOMENTAR

  1. Lucunya untuk menjual motor matic di hari senin,pabrikan harus ikut balapan motogp dulu,penonton liat yg menang siapa ngga taunya marques,ya udah hari senin belinya mbit padahal ngga nyambung motor balap sama matic

  2. Gak mungkin lah KHI gampang kasih uang gede klo gak jelas wkwkwkw

    Mending bid tender kereta cepat wkwkwkwk

  3. Padahal jualan motor Suzuki juga kecil sptnya, ,divisi r4 suzuki juga ngak gede.

    Mungkin lebih besar KHI daripada r4 suzuki.
    Tapi Suzuki bisa.

    Point utama nya spt nya bukan uang, tapi mereka ngak punya pengalaman di moto gp..

    Sedangkan riset itu butuh uang dan sdm banyak.

    Suzuki pernah jurdun, jadi pengalaman punya.

    Aprilia juga punya pengalaman jurdun dikelas 250.

    Cuma ktm yg mulai dari nol.

  4. perusahaan jepang tertua sejak PDII yang bisnisnya menggurita lintas teknologi, mitsubishi dan kawasaki…catat: bisnis menggurita lintas teknologi.
    Makanya mitsubishi dan kawasaki ada top manajemen induk, ada top manajemen divisi.
    Pasti masing masing divisi dituntut untuk memberikan margin dan perusahaan profesional sangat sulit untuk subsidi lintas divisi entah apapun alasannya, apalagi divisi kendaraan transportasi kawasaki hanya sak uprit dibanding divisi aerospace ataupun divisi heavy engine

  5. Bisa aja sih mang tp nanti jatuhnya hutang dr Kawasaki Motor ke KHI yes.

    Tp yg jelas mending di WSBK drpd MotoGP. Kayak pembalap di Indonesia, lebih baik balap dijalanan drpd disirkuit.

  6. Kawasaki motorcycle itu hanya berusaha “realistis” kok, setelah pelajari motogp dari sisi level kompetisi, resource yg dibutuhkan, dan hasil.
    Itulah sebabnya mereka cocok dg Rea….
    #ngelindur

  7. harusnya di setiap pembelian motor kaoskaki di kasih semacam dana iuran wajib bwt ikutan motogp …. kan yg beli kaum berduit semua tuh …. masa iya mereka ga gengsi liat merknya ga ada di pentas motor paling bergngsi sejagad …. saya yakin mereka yg beli koaskaki setuju lah ….. atau maen di harga misal ninin harga 65jt bikin 70jt yg 5jt bwt dana ikut motobiji …. kekeke

  8. KMC Japan denger2 cuma sekitar 10% dari total divisi yang dimiliki KHI, jadi ya mungkin kurang didengar, and divisi pembuat sayap pesawat terbang ato roket apakah mau jadi sponsor balap motor yang kurang nyambung sama bidangnya?

    lagian motogp karena hi-tech tapi sangat dibatasi, bisa jadi bikin males Kawasaki Motor yang suka berkreasi aneh2 (H2 contohnya)

    Dengan tanpa embel2 teknologi motogp pun ZX10RR tetap yang terhebat di WSBK sampe saat ini (nyindir Y dan H sih sebenernya ini 😀 )

  9. Kaoskaki belagu bicara pride jualan ninja yg cuma 100 unit sebulan wkwkwkwk, miris market sharenya mirip juki cuma 1%. Lah kalo mau untung jualan matic lah contoh yamaha dengan maxinya, tiru honda dengan mbitnya.
    Intinya kaoskaki gengsi, juki budeg dah gitu aja mang ?

  10. huzZZ!!! ada yang ngomongin Zuragan ni?? emang masalah kalo Zuragan bilang Toyota sampai turun tangan bantuin yamaha?
    emang maZalah kalo Zuragan bilang yamaha lagi Zandiwara saZaa??

    hati2 ya kalo tuliZ2 blog, dasar blogger ternak ga tau kaidah menuliZ yang baik dan benar dan netral dan tidak memihak dan tidak nyinyir ke blogger lainnya.

  11. wah itu diatas ada yang komen namanya kyoghi, salah satu orang cerdaZZ yang terpilih bisa komen di blog Zuragan ni!!!

    asal tau aZa ya, yang bisa komen di blog Zuragan itu cuma orang2 terpelaZar, cerdaZ, Smart, netralZ, tidak memihak dan tidak nyinyir saZaa lagh . . . .

    yang tidak loloZ komen di blog Zuragan bukan karena Zuragan blok, tapi memang siZtem alogaritma cangging nan Zmart yang terdapat di blog Zuragan lah yang memutuZkan kalau komennya masih belum level dengan pembahaZan blog Zuragan saZa, ngah ngah ngah . . .

  12. Seperti yg sudah sering bang Kobay bilang, kalo merasa kemahalan berarti targetnya bukan kita.

    Cuma yg jadi pertanyaan, kalo Kawak dah KO di WSBK, kawak mau gimana ? :v

  13. BMW kaya raya ngga ikut juga, cagiva ngga, triump ngga ikut tapi ikut moto2. Harley Davidson apalagi… Yg penting dagangan dpt chuan. Ikut moto gp dagangan paling laku juga beat, cbr250rr masih kalah laris sama ninja 250..

  14. @Kobayogas yah semua dah gatal, kang. Terutama Honda yg udah mulai gatal 1 dekade (kalo gak salah) gak pernah jurdun WSBK lagi dengan nelurin CBR Triple R dan ridernya lulusan GP. Tinggal menunggu waktu Kawak tumbang, kalo Kawak comeback pake basic ZX-RR, Honda pake RC213V-S :v

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini