Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Di dunia bisnis pergerakannya kadang tidak masuk ke pemahaman orang awam, termasuk di bisnis otomotif dalam hal ini roda empat alias mobil. Meski kalau bicara penjualannya kalah jauh dengan sepeda motor, tetap saja industri roda empat juga tidak main main jumlahnya. Tahun 2021 nanti, sesuai bocoran yang KBY dapatkan, Toyota dan Daihatsu Indonesia akan melakukan perombakan besar besar, gerakan masif ini ternyata mengambil korban, yang edannya casualties tersebut adalah empat produk yang notabene terlaris di kelasnya masing masing! Jadi mengapa Toyota Avanza, Daihatsu Xenia serta Toyota Rush dan Daihatsu Terios akan digantikan produk baru? Scroll ke bawah untuk alasannya..

Saat KBY mendapatkan info bahwa Toyota Indonesia beserta sister company nya yaitu Daihatsu Indonesia yang bernaung di bawah Astra Group akan menghentikan penjualan baik duet Avanza – Xenia dan Rush – Terios tentu kaget bukan kepalang. Gimana gak kaget, empat produk yang disebutkan tersebut merupakan produk terlaris di kelasnya masing masing, ya gak lads?

baca: 20 Mobil Terlaris di Indonesia

Avanza bahkan terus mendominasi penjualan meski sempat beberapa kali tersalip rival kuatnya saat ini – Mitsubishi Xpander, begitu juga Toyota Rush, bercokol di posisi 3 besar terus menerus, malah seringnya di posisi dua di bawah Avanza. Xenia dan Terios, meski tak segempar dua saudaranya, namun penjualannya bisa dikatakan memuaskan. Terios sering nangkring di 10 besar mobil terlaris.

baca deh: Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Akan Stop Produksi? dan Calon Pengganti Toyota Rush Mengambil Korban Daihatsu Terios

MENGAPA DIHENTIKAN PENJUALANNYA?

Jadi, bagi KBY sendiri tidak percaya kalau empat produk tersebut nantinya akan dihentikan penjualannya pada tahun 2021 yang notabene tahun depan, bukan dua atau tiga tahun lagi. Apa coba alasannya? Sepertinya kok gak mungkin banget produk laris distop produksi dan jualannya.

Ternyata ada yang kita sebagai orang awam tidak paham atau belum mampu melihat kondisi pasar mendatang. Kacamata awam ya seperti yang KBY sebut di paragrap sebelum ini. Tapi ternyata tidak untuk industri, pergerakan dan perubahan wajib ada sesuai prediksi dan perkembangan jaman.

Jadi simpel sih lads alasan mengapa Avanza dan Xenia serta Rush dan Terios akan dihentikan produksinya dan digantikan dengan produk yang benar benar baru. Yaitu karena produk tersebut – terutama Avanza & Xenia – sebenarnya sudah obsolete alias usang! Laaah kok bisa? Wong penjualan bagus terus kok sampai sekarang.. begitu yang KBY pikir. Tapi pihak pabrikan memiliki prediksi lain lads hehehe.

Menurut mereka, nanti tahun 2021 dan seterusnya, generasi millenial lah yang akan lebih berperan untuk kelas compact MPV dan compact SUV.. versi mereka ya. Versi KBY? Menurut KBY setidaknya model mobil macam Avanza itu long lasting cenderung abadi loh, maksudnya akan terus dibutuhkan terutama di Indonesia. Apalagi Rush kan belum lama rilis ya gak?

All-new-Rush-2018-Warna-merah-red-Mica-Metallic-

Tapi hei, waktu terus berjalan, yang ABG menjadi dewasa, yang dewasa lebih matang, yang sudah matang jadi tua.. saat ini dari kacamata seumuran KBY atau sedikit di bawahnya atau juga di atasnya, Avanza series mungkin masih masuk, lah 3 atau 5 tahun lagi? Iya juga ya wkwkwkw..

Jadi prediksi Toyota dan Daihatsu itu akan datang masa dimana generasi millenial yang akan menguasai atau memberikan pengaruh tinggi terhadap pemilihan suatu produk. Oleh karena itu Avanza dan Xenia akan digantikan produk D26A sedangkan Rush Terios digantikan model D33, model belum tahu tapi jelas gakan seperti Avanza saat ini, fiturpun lebih banyak dan terkesan hi-tech.

GENERASI MILLENIAL SENANG HITECH

Nah nyambungnya, diprediksikan generasi tersebut akan punya kecenderungan tidak tertarik untuk punya kendaraan sendiri – jika dirasakan tidak ada produk yang sesuai dengan jiwa mereka. Jadi sebuah produk trendy, modern dengan fitur canggih adalah sebuah keharusan! Belum lagi permintaan update produk dalam waktu singkat. Intinya, Toyota nantinya sudah antisipasi dengan hal tersebut lads. Kok jadi kaya pergerakan handphone ya? hmmm..

Jadi gitu lads, perubahan tidak dapat dielakkan dan Toyota Indonesia beserta sister company mereka ingin menjadi yang paling siap dalam menyambut perubahan tersebut. Ditambah, konon sih, Mitsubishi Xpander tidak akan berubah model dalam waktu setidaknya 3 tahun ke depan, nah itulah yang diantisipasi oleh TAM. Kalau menurut lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

39 KOMENTAR

  1. Bisa jadi. Mungkin next gen tidak butuh mobil sbg tramsportasi banget apalagi taxi online dan blue bird sekarang memakai mobil listrik canggih dari tesla dan hyunday. Ganjil genap, macet, Kerja dari rumah, ada go food, go send, blanja online menjadikan next gen bakal mencari mobil utk ajang sosialita atau rekreasi, bisa jadi avanza cs sudah menjadi kuno utk mereka… Yup SUV listrik dan non listrik yg dilengkapin dgn teknologi canggih macam yg ada di mobil tesla yg akan jadi primadona..

  2. Kalau menurut saya lebih baik next produk jalan beriringan dulu, jangan langsung stop begitu karna produk sendiri masih diminati, sperti yang mang kobay avanza adalah mobil tahan banting dan jaman krna durabilitasnya menjelajahi segala medan jalan… lagipula jalanan indonesia ini sangat beragam dan terjal… Mobil kuat dan durable tinggi lebih dibutuhkan untuk mobilitas di pedalaman daerah untuk lintas kota dan provinsi

  3. Mereka (toyota dan daihatsu) yg membentuk pasar dgn beragam model r4 spt. Avanza, xenia dsb, tapi kali ini mereka mendapatkan rival tangguh shgga saya menduga ini adalah test pasar, laris apa engga……?, nantinya akan terjadi down grade kpd produk tsb disemua sisi terutama material yg terpenting mendapatkan laba yg banyak krna prinsip ekonomi “dgn modal sedikit2nya mendapatkan keuntungan yg sebesar2nya”

  4. Avanza Xenia Masih Laris, Rush Terios Masih Laku, Kenapa [Harus] Ada Pengganti?

    mereka belajar dari yamama (mio saat itu) …. ga mo terbuai/terlena …. tau2 nyungsep

  5. Masuk akal sihh, mulai taun depan generasi 80an akhir dan 90an awal yg udah kerja dari umur 23/24 hitungan lulus S1 udah mulai stabil penghasilannya udah menabung dan pasti akan ada rencana beli mobil baru 2 hingga 5 taun ke depan logic ketika toyota mempersiapkan model baru yang lebih kekinian dan terbarukan walaupun 3 sampe 5 taun ke depan 4 mobil itu masih bertahan tapi setelah itu udah habis life cycle nya dan usang secara model, teknologi, dan safety nya juga

  6. Yg geli nya om..
    Avanza. Xenia tah apa model baru nya…

    Tu garasi 607, di Medan… XENIA, Avanza rakitan 2012.. Bisa di upgrade model 2019.. Luar dalam 😵😵😵.. Bikin gedeknya PNP pula..
    Kayak kasus innova 2004 bisa di upgrade ke innova 2015… Terulang lagi..

    Rush konde, Bisa depannya (mukanya) di jadikan new model 😵😵😵..

    Jadi kawan” yg rencana mau ganti avanza ke new model.. Mending Upgrade aja 😁😁😁.. Biar avanza dan xenia bener bener di all new kan

    Sukur Avanza, xenia, Rush dan terios masi penggerak roda belakang…

  7. Karena mobil merk china mulai diakui, sama spt smartphone Mereka.

    Emang china mau buat kualitas Setara astra juga bisa, tapi harga juga menyesuaikan.

    Atau buat setara korea juga bisa.

    Cuma harga juga sesuai.

  8. Brand China dah mulai diterima. Itu alasannya.

    Sama spt smartphone lokal yg mati sama brand oppp , xiomi dkk.

    China bisa buat spek lebih baik, setara korea lah.

  9. terserah kalau mereka mau buat mobil hitech buat kaum milenial.
    tapi sisakan juga mobil fosil buat kaum kolonial sepeti kami yg gak gitu doyan gimmick di mobil dan lebih suka menikmati mobil apa adanya.

  10. astra group mengenal istilah mobil naik kelas, dari kelas rombeng sekian tahun type unit tsb naik kelas premium.
    Tinggal konsumen mau tidak dibodohi??? selama konsumen membeli mobil masih mindset ( jual kembali padahal mobil bukan barang investasi, suki cadang murah padahal KW12).
    Ingat duo kaleng begitu menguasai pasar, harga naiknya seperti balon gas celakanya konsumen nurut aj dicekoki doktrin harga jual kembali, begitu sipander keluar semua bengong baru nyadar dikibuli harga duo kaleng ternyata overprice

  11. Untun avanza xenia betul sih udah usang soalnya pake platform dari avanza gen 2 yg keluar sekita tahun 2012an,,

    Nah kalau rush terios gen 2 kan bener” baru dan umurnya juga masih pendek kenapa pulak harus di ganti?

  12. Rwd, radius putar dibawah 5 meter… Terpepas dari banyak kekurangannya, avanza tetap punya kelebihan yang (sepertinya) ga bakal ada di pesaing pesaing sekelasnya. Menurut saya ini yang bikin avanza sekarang ga sepi peminat, soalnya memang cocok banget dengan karakter konsumen indonesia sekarang. Kalau sampai discontinue dan dan digantikan dengan mobil yang lebih nyaman sekalipun, menurut saya pasti kedepan banyak yang kangen dengan avanza-xenia gen sekarang.

  13. Toyota group rivalnya adalah Volkswagen group bro…. Kalau pabrikan sesama jepang bukanlah lawan bagi toyota group,

  14. Kok kayak xpander cross ini mah. Brandingnya memang buat weekend warrior padahal light offroad aja slide mlulu. Wah toyota terprovokasi wkwkwk

  15. Akan ada merk2 eropa masuk lagi ke indonesia
    Renault udah masuk
    Kia dengan produk terbaru harga kompetitif dengan kualitas bagus
    Jangan lupakan produk2 tingkok
    Ekekekkekek

  16. Haiyyaa… Lu olang belani bayal belapa cung.
    Lu tau ga vilus colona lagi bikin majikan lu pusing.

  17. Haiyyaa… Lu olang belani bayal belapa cung.
    Lu tau ga vilus colona lagi bikin majikan lu pusing.

  18. Salah satu faktor nya all new adalah rwd nya, secara global Toyota ataupun daihatsu udh gk punya platform tradisional rwd + leader frame untuk mobil kecil, kecuali platfom imv nya yg di pake hilux, inova, fortuner. Jadi kemungkinan avanza baru bakal pake monokok + fwd, platfom avanza itu udah usang banget dr taun 2004.

  19. Anda dapat info dari mana mas?
    Apa info dari orang/karyawan Toyota Astra yang bermasalah dengan perusahaan, lalu dia sakit hati dan mengarang bebas ke blogger macam anda. Hebat betul!
    Atau anda “dapat perintah” dari kompetitornya Toyota Astra, agar calon konsumen mikir2 beli mobil yang akan discontinue.
    Wah hebat ya, cuma anda loh blogger yang berani nulis berita ini. Sedangkan perusahaan saja menutup rapat ke media lain.
    Pakai logika saja mas, di dunia otomotif itu bila ada pabrikan otomotif yang nekat mendiscontinue produknya yang lagi laris itu produsen sangat bodoh. Apalagi produknya ini nyaris tanpa saingan di kelasnya.
    Anda tahu kan mobil RWD Rush, Terios, Avanza serta Xenia itu sangat cocok dengan karakter jalan di Indonesia. Apalagi produk ini sangat bandel dan bukti ketangguhannya sudah teruji bertahun2.

    • Sori, rahasia perusahaan dong, masa gw kasih tau sumber … Huuuu…ss n bookmark aja artikel ini toh blog ini asli gak kaya nickname elo kekkekek

Yuk Tinggalin Jejak Lads..