Kobayogas.com – Hola laaaads, salam gebeerrrr… Cukup lama tak terdengar kiprahnya di dunia otomotif roda empat Indonesia dan kalah pamor dari saudaranya yang berlogo H miring alias Hyundai, KIA Indonesia hadir dengan asuhan yang baru plus gebrakan beberapa produk baru, salah satunya yang memikat adalah KIA Seltos! Kebetulan KBY hari ini liat langsung sosok Compact SUV tersebut, seperti apa kesan pertamanya? Kuy kepoin lebih lanjut!

Kali ini Kia hadir di Indonesia di bawah naungan PT Kreta Indo Artha, anak perusahaan Indomobil Group yang merupakan Agen Pemegang Merek Kia di Indonesia. Nah mobil yang benar benar gres alias anyar yang pertama kali dibawa oleh management baru adalah Kia Seltos lads…

Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha dalam sambutannya mengatakan bahwa, “All-New Kia Seltos merupakan model penting bagi Kia karena Seltos memiliki peran penting dalam perluasan jejak global Kia.  Kia telah mengadaptasi kekuatan dalam desain, kualitas dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia.”

Selanjutnya Andrew menambahkan, “Dengan All-New Kia Seltos, kami membidik konsumen muda yang dekat dan sangat paham teknologi karena mobil ini sarat dengan teknologi dan perangkat keselamatan mutakhir”.

DESAIN KIA SELTOS

Pertama kali melihat Kia Seltos itu di Instagram, lumayan sering sliweran di feed. KBY pikir wah menarik juga ini desainnya, agak mengotak menyiratkan kekokohan sebuah mobil berjenis SUV/ Crossover. Desainnya sendiri entah mengapa mengingatkan KBY akan Range Rover Evoque – SUV keren asal British, sepertinya desainernya terinspirasi dengan sosok Evoque, tapi ini menurut KBY pribadi loh ya. 

Oia bicara soal desainer KIA, ternyata sudah bukan Peter Schreyer lagi ya, yang kini bertugas mendesain mobil Kia adalah Karim Antoine Habib, mantan kepala desainer dari Infinity. Habib adalah Kepala design center, sekaligus menjadi Senior Vice President dari KIA kedepannya. Mantan kepala desainer BMW sebelum join Infinity tersebut akan bekerjasama dengan Luc Donckerwolke Presiden Kia yang dibajak dari VW Group. 

Kembali ke desain Kia Seltos, kemarin malam KBY lihat langsung crossover tersebut di Kota Kasablanka, ada Rio dan Picanto juga selain Seltos. Namun fokus KBY sih ke Seltos karena penasaran seperti apa sosoknya. 

EKSTERIOR

Dilihat dari foto sih kurang begitu bagus ya, efeknya terlalu ngotak, tapi melihat secara langsung ternyata bagus juga. Kembaran Hyunda Kona (tanpa tambahan K di belakang) ini ternyata berbeda pendekatan dengan saudaranya tersebut. Seltos lebih persegi sementara Kona lebih rounded dengan garis tajam. Makanya kalau dijejerin gada mirip miripnya hehe. 

Dilihat dari depan, inspirasi Range Rover Evoque sangat terlihat, malah boleh dibilang nyontek kayaknya ya. Buritan juga mirip tapi bagusnya, betuk stop lamp berbeda, jadi gak terlalu mirip deh. Well setidaknya Seltos meniru sesuatu yang bagus hehehe.

INTERIOR

Sekarang kita menuju interior lads.. Sektor dashboard Kia Seltos ternyata mempertahankan nada yang sama dengan eksterior, yaitu kotak kotak. Desainnya mengesankan ketangguhan ala SUV jaman dulu namun dengan sentuhan modern. Kembali hal ini mengingatkan kita pada interior Range Rover. 

Yang unik adalah bentuk dashboard dari bagian speedometer hingga ke tengah, menyatu dengan bentuk kotak laiknya sebuah benteng, bukan selera semua orang. Formasinya gak beraturan, tapi pada dasarnya gak masalah, karena ini sebuah SUV, warnanya dihiasi black piano yang mewah, tapi gak tau alasannya sebelah kiri diberi ornamen garis garis kecil menonjol kalau dipegang, agak bikin merinding sih, kaya tato gitu. 

Sayangnya, meski plastiknya cukup bagus, Kia tidak memberikan Seltos lapisan soft pad, padahal andai ada – ga usah semua bagian, pasti kesan premiumnya lebih terangkat loh. Bentuk setir mengingatkan KBY pada si Aness Ertiga, yaitu flat bottom, keren!

Untuk versi tertinggi yaitu EXP seperti yang KBY duduki, lapisan joknya adalah kulit dengan pola yang unik. Saat diduduki KBY merasa kontur joknya masih kurang mantap dalam memeluk driver. Mungkin juga karena agak terburu buru ye, jadi gak sempat mendapatkan posisi paling pas.  

Mencoba duduk di belakang, terlihat kecil atau sempit, tapi begitu sudah duduk, ternyata jarak kaki dengan jok depan cukup lega kok, posisi duduknya juga enak, nyaman. Hanya saja paling pas memang untuk dua orang saja. 

FITUR KIA SELTOS

Fitur adalah salah satu senjata paling penting di kendaraan modern selain desain eksterior. Karena saat calon konsumen atau pengamat sudah suka bagian luar, yang dilihat kemudian adalah fiturnya, apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan?

Pada dasarnya, fitur Kia Seltos tipe EXP ini bisa dikatakan berantem head to head dengan Honda HRV tipe 1.8L Prestige, andalannya adalah sbb:

  • Electric sunroof
  • lampu All LED termasuk fog lamp
  • Speedometer dengan monitor 7″ TFT besar di tengah
  • Monitor 8″ 
  • AC full digital auto climate control + rear ventilation yang bisa ditutup
  • Drive & Traction Selection – seperti pada Nissan Juke. Ada 6 mode, Sport, Eco, Normal, Snow, Mud dan Sand
  • Cruise control
  • Rear view monitor 
  • Parking assist with dynamic parking guideline
  • Start & Stop button
  • ESP & Hill Assist Control
  • 6 Airbags
  • rem ABS
  • Wireless charging, USB slot & Outlet DC
  • Jok kulit
  • etc

SPESIFIKASI KIA SELTOS

Jika fitur dianggap biasa saja alias ada yang menyamai jadi tidak aneh atau tidak luar biasa, maka sektor ini yang dapat dianggap sebagai senjata pamungkas bagi Kia Seltos lads. Spesifikasi Seltos dapat dianggap masterpiece juga untuk kelasnya. SUV B Segment ini dipersenjatai hal hal sbb:

  • Mesin 1400cc Kappa Turbo – Dual CVVT Gasoline Direct Injection (T-GDI)
  • Tenaga 140PS/6000 dengan torsi raksasa 242Nm/1500-3200
  • Transmisi 7 Speed DCT! (Dual Clutch Transmission)
  • Sasis AHSS (Advanced High Strength Steel) + Press Hot Stamping (PHS)

Ada dua hal yang menjadi catatan penting bagi KBY, mesin dan transmisi. Di era turbo ini Kia Seltos sudah menanamkan mesin yang kebanyakan memang diminati belakangan ini, torsinya besar sementara tenaga standar saja seperti kebanyakan mesin 1400cc turbo. Tapi yang mantap adalah perpaduan dengan dual clutch transmission, ajib deh. Bisa model tiptronic pula, sayang tanpa paddle shift di setir.

HARGA KIA SELTOS

Dengan kelengkapan pada Seltos tipe EXP tersebut, Kia memberikan harga Rp. 355 juta saja. Sementara versi termurah dan menengah ada di angka Rp. 295 juta & Rp. 320 juta. Kalau melihat angka 300 jutanya mungkin agak terlalu tinggi, tapi sebenarnya apa yang didapat sangat banyak lads. Jika dibandingkan dengan rival HRV yang di harga Rp. 415.700.000 atau saudaranya Hyundai Kona Rp. 363.900.000 jelas Seltos memiliki value yang lebih. 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂