Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrr … Sebagai bikers, kita juga sering mendengarkan musik kan? Nah belakangan ini earphone jenis earbuds atau earpods sedang digandrungi, itu loh speaker kecil yang nempel di kuping yang modelnya nancep masuk ke lubang telinga. Earbuds banyak dipilih karena wireless alias nirkabel atau tanpa kabel menjuntai, jadi koneksinya mengandalkan bluetooth. Nah KBY juga tertarik punya 1 hehe, dari earphone wireless bluetooth terbaik dan murah, terpilih adalah merk ZNT, jadi ayo kita unboxing dan review earphone bluetooth ZNT Soundbass model earbuds, suara harga dan kenyamanannya saat dipasang menggunakan helm..

Earphone hingga saat ini masih sangat diminati oleh berbagai kalangan, ya tujuan dan fungsinya banyak sih selain untuk mendengarkan musik, bisa untuk komunikasi alias teleponan juga lads.

Saat ini earphone model konvensional tetap menjadi nomor 1, itu loh model masih pake wire alias kabel.. perkembangannya di era modern lebih kepada bentuk kepala speakernya, ada yg masih konvensional dari jaman dulu hingga sekarang, ada juga yang model panjang masuk ke kuping dengan bentuk kepala beda beda, ada yang panjang banget karena mengakomodir spesifikasi speaker yang dapat mengeluarkan dentuman bass yang lebih besar dan dalam.

Nah kalau bagi bikers yang demen dengerin musik maupun siap siaga komunikasi saat riding, earphones model konvensional lebih cocok karena bentuk speaker ke bagian telinga tidak terlalu besar. Model nongol juga masih bisa selama tidak terlalu besar dimensinya sehingga kuping masih aman tidak sampai sakit dan terjepit saat menggunakan helm.

ERANYA EARPHONE WIRELESS

Saat ini yang sedang trending adalah earphone model wireless yang menggunakan bluetooth lads, mereknya kalau mau dicari dengan keyword earphone blutooth atau earphone wireless pasti bakal ketemu banyak banget merek. Dari yang sudah terkenal kaya earpods Apple – iPhone, JBL, sampai yang baru KBY dengar ini, ZNT. Tipenya juga banyak dari yang standar hingga dengan embel embel super bass dan tahan air.

Kalau earpods Apple modelnya seperti earphone konvensional, JBL dan ZNT model earbuds. Pilihan kepada ZNT Soundbass karena selain modelnya menarik, fitur oke dan reviewnya juga sangat baik, plus tentunya, harganya terjangkau hehe.

EARBUDS ZNT SOUNDBASS

Earphone wireless blutooh model Earbuds akan membahas salah satunya saat digunakan oleh Bikers dengan kondisi helm berjenis full face atau open face yes, tapi sebelum menuju kesana, KBY mau bahas dulu performa alias suaranya si earbuds bluetooth ZNT Soundbass ini dulu yes.. kan salah satu acuan dari sebuah earphone atau earbuds adalah suaranya.

DESAIN

Tapi sebelumnya, gimana kalau kita bahas desain dulu yes? Secara penampakan dan kualitas material yang dimiliki oleh earbuds ZNT Soundbass ini menurut KBY sangat baik. Elegan dan terlihat mewah berkat warna black piano yang sangat baik plus built quality yang sangat rapih. Memang salah satu alasan KBY memilihnya adalah karena desainnya yang apik.

Earbuds ini memiliki lampu dimmer yang bisa di non aktifkan, lampunya berpendar berwarna hijau menandakan si ZNT Soundbass ini sedang aktif. Pada paket pembelian, lads akan mendapatkan kabel charger dan karet earbuds 4 pasang, jadi bisa disesuaikan dengan lubang kuping masing masing.

FITUR EARPHONE ZNT SoundBASS

Yang menarik dari earbuds ZNT Soundbass bluetooth ini adalah casing atau tempatnya. Selain sebagai charger dari si earbuds alias earphone, fungsinya juga bisa sebagai power bank loh, karena kapasitasnya lumayan besar, 3000 mAh. Cukup untuk mengecas HP dengan daya baterai sekitar 2800-3000 mAh. Lumayan.

Fitur yang ada di ZNT Soundbass ini sbb:

  • Jangkauan: 10 meter
  • Waterproof IPX7
  • bluetooth 5.0
  • Binaural call
  • HD Stereo
  • Waktu bicara 4-5 jam
  • Waktu putar musik 4-5 jam
  • Automatic Pair

REVIEW EARPHONE WIRELESS BLUETOOTH ZNT SOUNDBASS

Sekarang giliran reviewnya, setelah desain dan kualitas material, langsung kita praktekkin dong. Sebelum dikoneksikan ke HP, KBY coba dulu pasang di kuping.. wuihh pas, enak! dan seperti model earbuds pada umumnya, corongnya masuk ke kuping, bikin kedap suara. Saran KBY kalau lagi riding pasang asal nempel aja jangan ditekan, toh tar juga kejepit sama helm.

ukurannya kurang lebih segini lads

Saat diangkat dari rumahnya dan terpasang di kuping, terdengar suara, “power on”, kemudian “pairing”, artinya si ZNT Soundbass ini mencoba mencari koneksi terdekat yang sedang on. Kemudian kita coba koneksi bluetooth 5.0-nya, setelah disetting di HP dan mencari nama ZNT, tidak sampai 2 detik langsung ada suara lagi, “Connected”. Wuihh super cepat euy! Mantap lah.

kalau menyala artinya sedang ngecharge

Putar lagu, pilih yang ngedance dulu, misal lagu Black Pink wkwkw.. wuihh suaranya mantap juga. Dentuman Bass-nya terdengar oke, vokal kwartet Jennie, Ji-Soo, Rose dan Lisa terdengar jelas. Sekarang coba lagu jenis lain, Mengunci Ingatan dari Barasuara, lagu ini penuh dengan suara instrumental yang asik termasuk betotan bass dan dentuman drum bass.. Wah masih mantap.

Bagaimana dengan lagu rock? Lagu lagu dari Feast sepertinya cocok. Untuk tipe musik ini terdengar agak mendem, mungkin juga karena kualitas download yang gak bagus hihihi. Saran KBY setting ulang keluaran suara di HP milik lads, kebetulan Zenfone 5 KBY sudah dibekali DTS Sound dan ada setelan di sana. Setelah disetel ulang, wuiihh suara yang keluar dari ZNT Soundbass makin oke lads!

KONEKTIVITAS

Tadi sudah teruji kecepatan koneksinya via bluetooth 5.0, bagaimana dengan lainnya? Model ZNT soundbass ini menggunakan touch sensor tanpa tombol, untuk next song tekan lama earbud sebelah kiri, untuk repeat song, tekan lama earbud sebelah kanan. Menaikkan volume tekan dua kali sebelah kiri dan turunkan ketuk dua kali yang kanan. Semua berjalan baik.

KEKURANGAN ZNT SOUNDBASS

Bagaimana dengan penerimaan telepon? Untuk telepon biasa, berjalan normal, ketuk sekali kiri atau kanan untuk terima, ketuk dua kali untuk reject. Mic-nya bagus, suara kita terdengar jelas oleh lawan bicara.

Kendala mulai ditemukan saat whatsapp call masuk, ternyata unit ZNT tidak bisa menerima panggilan masuk untuk call jenis ini. Jadi proses tetap harus melalui HP-nya lads, kalau sudah diterima, ya normal saja, suara ada. KBY ga tau apakah ini terjadi pada ZNT Soundbass saja atau semua model earphone wireless seperti ini.

Kemudian KBY coba kenyamanannya saat menggunakan helm, baik full face maupun open face. Untuk full face tanpa balaclava nyaris gak mungkin, jadi butuh pelapis muka tersebut sebagai penahan agar earphone tetap di tempatnya. Kalau open face, tanpa balaclava masih bisa, tapi kendalanya saat mencopot helm, biasanya si earbuds ikutan copot wkwkwk.. Intinya paling aman tetap pakai balaclava.

Saat menggunakan helm full face (Scorpion R1 dan Nolan N605) lama kelamaan kuping lumayan pegal lads, mungkin karena terjepit ya. Sementara helm open face TDR GT005 aman aman saja. Saran KBY kalau harus menggunakan earphone jenis apapun, volumenya jangan gede gede, cukup terdengar saja. Biar aman oces?

HARGA ZNT SOUNDBASS

Dengan segala keunggulannya yang membuat KBY puas sejauh ini, harga earphone wireless bluetooth ZNT Soundbass masih sangat masuk akal, gak sampai 400 ribu lads, KBY beli di ToPed dengan harga 385 ribu, bukan yang termurah tapi penjualnnya terpercaya sih. Kesuksesan transaksinya juga di atas 95%.

Semoga review ZNT Soundbass ini bermanfaat yesss..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

31 KOMENTAR

  1. Ada yg kurang mang..biasakan membersihkan karet earbud setelah di pakai,karena suka ada yg ngikut 😄

  2. saran saya mending ga usah pake earphone … mang
    yg ga pake aja suka budeg di klaksonin apalagi klo pake earphone …
    satu lagi dong …..mang
    bahas gadget yg mang pake …. biker juga kan pasti punya gadget ….

  3. Bahas juga dong Mang alat intercom antar helm yang harganya terjangkau kira2 merk apa. Jujur SENA buat kantong saya masih kemahalan. Cukup koneksi Bluetooth sudah bisa komunukasi dua arah gitu, biar gak perlu teriak2 sama agak noleh kebelakang saat ngobrol sama pembonceng waktu lagi riding, jadi pandangan bisa fokus kedepan

  4. Yang wireless wireless gitu emg keren sih, tapi satu yg bikin ogah, yaitu pas abis batre.
    Kehabisan batre mouse wireless aja bikin kesel, apalagi ginian. Pas lagi joget2 dijalan, tiba2 pet… sunyi.
    😂

  5. Saya juga salah satu pemakai wireless bluetooth earphone ini (biasa disingkat TWS). Model yg saya pakai skrg Tronsmart Onyx Neo. Untuk suara mantap: Bass nendang, mid oke, high note juga gak sampe nusuk ke kuping. Udh touch sensor juga. Kmrn beli pas lagi sale di Aliexpress kang, 285rb. Lumayan 😁 Untuk pemakaian pas riding, pake KYT Vendetta 2 aman2 aja kang, gak pernah kepencet sendiri touch sensornya. Asal pas lepas helm, busa pipi agak diteken sedikit aja, biar gak sentuh touch sensornya 😁 Salam biker 🏍️

  6. gadget yg mang pake dan punya saat ngeliput berita kaya hape, kamera, sd card , dll pokoknya yg berhubungan sm elektronik saat liputan atau saat riding ….

  7. semua tergantung niat mang … kita juga kan mo tau modal jadi blogger itu apa aja …
    tukang cilok aja pake modal klo mo jualan … masa iya mo liputan cuma bawa xiaomi redmi note 7 doang …

  8. maaf kuping anda bermasalah ya, sehingga memerlukan alat bantu dengar

    segera periksa ke THT om……

  9. ga suka yang ear-in, ga bisa denger apa2 kalo lagi denger musik
    nungguin harga TWSnya realme kayanya sih diatas 700ribuan.

  10. maaf saran, berkendara motor jangan pakai earphone apalagi headphone(ga muat dihelm) 🙂 🙂 🙂

  11. mang ada 1 pilihan lagi, merk lokal, UNEED UEP02B, dia earphone BT jg tapi yg masih wired dengan model menggantung ke leher, buds nya persis iphone jadi nyaman di kuping, gag nusuk dan ukuran earbuds nya jg gag menonjol keluar,, suara oke sih, cm bass nya emg agak sdkt kurang, klo volume mentok bass nya sdkt pecah, tapi semua aspek suara nya balanced kog.. batere lumayan tahan lama, harga ane beli 236rb di bukalapak.. ane udh pernah pake earphone iphone ade ane di hape ane (android), dan menurut ane kualitas suara terbaiq, 10/10, cuma sayang berkabel jadi ribet klo naik motor, nah kualitas suara UNEED ini mnurut ane 7.7/10 lah dibanding Iphone punya, jadi cukup oke n worth the money..

    awal nya ane juga mau yg TWS, cuma tkt pas pake helm function button nya kepencet2 sama helm, yg ada malah pindah2 lagu sendriikan gag lucu.. dan yg bikin ane pilih ini adalah model buds nya yg model iphone alias masih kayak earphone dulu, ane gag suka yg in ear karena klo pake lama jadi agak pengang dan terlalu kedap.. dan karena ini merk lokal of course! #localpride hehee

    ohiya, klo pake helm full face juga sama, harus pake balac, klo ngga salah satu pasti copot, klo di half face lom pernah coba, karena klo pake half pasti utk riding deket2 aja skitar rumah, klo pp ngantor pake full face

Yuk Tinggalin Jejak Lads..