Kobayogas.com – Hola lads, salam geber… ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) atau dikenal dengan sebutan lembaga pengujian mobil-mobil baru di Asia Tenggara telah merilis hasil uji tabrak, dan dalam artikel ini KBY fokuskan kepada Suzuki Ertiga generasi terbaru alias All New Ertiga. Ertiga tersebut mencetak skor yang bagus, yaitu meraih 4 dari maksimal 5 bintang. Sebagai informasi, skor ini juga pernah diraih oleh Ertiga generasi pertama yang sudah menjalani uji tabrak terlebih dahulu pada tahun 2016 lalu. Uniknya, All New Ertiga buatan Indonesia tersebut mengalahkan Ertiga buatan India dalam peralihan bintang!.. Cekidot lebih lanjut kuy

Dilansir dari Paultan, untuk kategori perlindungan penumpang dewasa pada kabin atau adult occupant protection (AOP), hasil tes tabrak Suzuki Ertiga generasi pertama mendapatkan nilai 35.66 poin. Sedangkan untuk kategori perlindungan penumpang anak-anak pada kabin atau child occupant protection (COP), mendapatkan nilai 18.85 poin. Ketersediaan fitur keselamatan Suzuki Ertiga generasi pertama meraih nilai 10.90 poin.

NILAI UNTUK ALL NEW ERTIGA DI UJI TABRAK

Pada Suzuki Ertiga generasi kedua, tercatat hasil akhir yang disampaikan oleh ASEAN NCAP yaitu sebesar 25,67 poin dari maksimal 36.00 poin untuk kategori perlindungan penumpang dewasa. Sedangkan untuk kategori perlindungan penumpang anak-anak, ertiga generasi ini meraih skor 36,95 poin dari skor maksimal 49.00 poin.

Di sisi lain, kategori fitur keselamatannya mendapatkan nilai 7,85 poin dari maksimal 18.00
poin. Hasil tersebut membuat Suzuki Ertiga generasi kedua dinilai bagus karena mobil keluarga ini telah dibekali dengan beberapa fitur keselamatan seperti airbag ganda, anti-lock brake system (ABS), pengingat penggunaan sabuk pengaman, dan Electronic Stability Program (ESP) yang hanya tersedia di negara tertentu termasuk di Indonesia. Jika fitur-fitur keselamatan tersebut tidak ada, kemungkinan besar Suzuki Ertiga terbaru ini tidak meraih bintang 4.

ASEAN NCAP mengeluarkan hasil akhir setelah melakukan berbagai proses uji tabrak. Suzuki Ertiga generasi terbaru mendapatkan nilai 65.41 poin. Dengan demikian, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) tersebut telah memenuhi syarat untuk mendapatkan empat bintang dari ASEAN NCAP. Suzuki Ertiga yang diuji tabrak ini merupakan buatan Indonesia yang
merupakan varian 1.5 MT GX model 2019.

Uji Tabrak Suzuki Ertiga Buatan India Dinilai Mengecewakan

Pada awal bulan lalu, Global New Car Assessment Program (Global NCAP) merilis hasil uji
tabrak pada Suzuki Ertiga model 2019 buatan India. Hasilnya? Sangat mengecewakan. Suzuki Ertiga tersebut hanya mendapatkan bintang tiga. Namun, tidak disebutkan varian apa yang dilakukan uji tabrak.

Suzuki Ertiga ini hanya mendapatkan tiga bintang untuk kategori perlindungan terhadap
penumpang dewasa. Hasil yang sama juga diraih pada kategori perlindungan penumpang anak-anak.

Meskipun hasil akhirnya dinilai mengecewakan, namun bintang 3 sudah termasuk dianggap cukup dan juga terdapat beberapa hal yang patut diapresiasi. Pihak Suzuki sudah menyematkan berbagai fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, hingga dual front airbag sebagai fitur keselamatan standar. Tidak hanya itu saja, terdapat juga perlindungan leher dan kepala yang terpasang di jok, serta pengingat penggunaan sabuk pengaman sebagai fitur standar untuk pengemudi dan penumpang yang duduk di bangku baris pertama.

Hmm mantap juga yah All New Ertiga terbaru buatan Indonesia, jadi penasaran nanti berapa point yang akan diraih apabila buatan Indonesia ini mendapatkan kesempatan untuk dites uji tabrak versi Global NCAP.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

18 KOMENTAR

  1. Klo mw lebih aman lg sih pake M113 atau Anoa mang. Klo ada pemotor srantal sruntul yg hobinya bikin baret mobil bisa lngs di sikat.

  2. Suzuki mah mau motor atau mobil enggak ragu kl soal kualitas produksinya, cm desain aja yg emg ga terlalu dbuat aneh2, mksdnya ga kbnykn org seneng desain suzuki,
    Salam sebagai sesama pengguna R3 mang kob,

  3. Mengapa ASEAN NCAP selalu dianggap lebih rendah dari GLOBAL NCAP?

    kl fitur keselamatan, standar keselamatan mobil/kendaraan yg dijual di belahan bumi lain mungkin saja lebih bagus dari standar ASEAN, tapi untuk uji tabrak macem NCAP,
    apa yang beda antara ASEAN NCAP dengan GLOBAL NCAP?
    parameter ujinya bedakah?
    bobot benda yang ditabrak ke mobil bedakah?
    atau standar penilaian antara ASEAN NCAP dengan GLOBAL NCAP bedakah?

    adakah yang punya data teknis perihal parameter uji, standar nilai uji, material uji dan lain2 antara ASEAN NCAP dengan GLOBAL NCAP.. sehingga dari data itu semua dapat disimpulkan bahwa yang satu levelnya lebih tinggi dari yang lainnya..

    kl tidak ada data.. ya berarti cuma asumsi.. :mrgreen:

  4. Xpander mah jelek bokongnya, ertiga ini desain lampunya mirip crv turbo sama volvo apa lupa, kurang naik dikit posisi lampu belakangnya, dah jd proposional dah r3 desain bokongnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..