Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada kesempatan mengikuti turing keliling Bali bersama Honda PCX dengan tajuk PCX Luxurious Trip 2019 pertengahan Desember 2019 lalu, KBY mencoba satu PCX 150 yang unik. Kenapa unik? Karena skutik elegan Honda tersebut ternyata sudah tidak standar, salah satunya adalah shock breaker nya sudah diganti dengan Ohlins! Kok bisa? Bukannya turing PCX itu standar semua? Oh tidak, karena melibatkan komunitas HPCI (Honda PCX Club Indonesia) juga lads, nah PCX 150 Shock Ohlins tersebut milik salah satu member HPCI.. Jadi bagaimana reviewnya? Apa yang dirasa? Enak? Nyaman? Atau?

Awal cerita, dari sekian banyak yang ikutan, terselip beberapa Honda PCX yang memang milik member komunitas untuk digunakan oleh peserta turing, salah satunya PCX 150 putih yang sudah menggunakan shock ohlins khusus PCX.

PCX ohlins ini dipakai oleh Iwan Banaran sebelum beralih ke Ipan Pertamax7 karena IWB harus kembali ke Jakarta lebih awal, jadi ceritanya dioper ke Ipan deh. Nah pada satu titik dimana rombongan kami berhenti untuk melepas jas hujan karena hujan sudah berhenti dan berganti panas, KBY minta tukeran sama Ipan buat nyobain. Lumayan lah dapet sekitar 8 kilometer menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Ipan Bangla

Setelah mencobanya, meskipun rute ternyata minim belokan, tapi lumayan lah bisa mendapatkan impresinya. Terkuak sudah mengapa IWB terlihat anteng aja saat melibas tikungan dengan kecepatan tinggi hehe.. Kesimpulannya ada di bawah ya lads.

Kesimpulan

Pada dasarnya shock after market itu sangat jarang yang mengedepankan kenyamanan, definisi kenyamanan di sini itu artinya = lembut, empuk. Rata rata berkonsentrasi kepada handling plus kestabilan, dan meskipun ada tipe yang bisa disetting ke yang paling empuk sekalipun, tetap sedikit lebih keras dari bawaan standar pabrik. Hanya perbedaannya ada di stabilitas. Ini yang kadang membuat si pengendara merasa “nyaman”.

Begitu juga dengan ohlins yang menempel pada Honda PCX 150 lokal ini lads. Apa yang KBY rasakan yang seperti pada paragraf di atas, yaitu stabil! Pada saat ketemu jalan keriting alias bumpy, terasa ayunan Ohlins ini cukup keras, tapi karena ayunannya cepat, efek kerasnya tidak sampai tersiksa.

Efek paling dahsyat adalah menikung dan zig zag berpindah jalur.. Shock ohlins ini sangat sangat stabil, tidak ada gejala gugup atau melawan, berbeda dengan shock standarnya yang butuh sedikit “skill” rider agar PCX mau lebih menurut. Contoh paling mudah ya saat menikung cepat, rider pokoknya tinggal menikung aja, biarkan kinerja shock dan roda belakang Ohlins yang ngatur. Ajib dah..

Jodie dari JodiemotovlogHD sebagai pengguna ohlins juga mengatakan, shock tersebut tidak lembut, malah kalau jalan bumpy ya nyiksa, tapi buat handling dan kestabilan mah dahsyat lah.. Wajar Jodie bilang gitu, wong motornya CBR1000RR SP, pastinya terasa lebih keras hehe..

Oia Ohlins untuk PCX 150 itu kalau berdasarkan informasi di dunia maya, tipenya adalah STX 36, dengan harga paling murah yang KBY dapati Rp. 7.495.000. Mahal yah, murah sih kalau duitnya ada wkwkwk.. jadi tim mending dipersilakan waktu dan tempat 😀

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

13 KOMENTAR

Yuk Tinggalin Jejak Lads..