Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Suzuki Saluto 125? Motor Suzuki kaya gimana itu? Oh tenang, lads gak sendirian kalau belum tahu, karena KBY juga sama, sama gak taunya wkwkwk.. Jadi daripada bingung mendingan kita cari tau lebih lanjut kuy, soalnya begitu lihat foto fotonya loh kok keren juga ini skutik. Meskipun model atau desainnya gak otentik (tenang, pabrikan lain juga melakukan hal yang sama kok) yaitu ada kemiripan dengan pabrikan roda dua legendaris asal Italia, tapi tidak ada salahnya sebenarnya kalau Suzuki Indonesia menghadirkan skutik keren ini di Indonesia.. Sayangnya, Taiwan ternyata lebih beruntung dibanding Indonesia!

Saat sedang blog walking dan liat feed di Instagram, skutik Suzuki Saluto 125 ini lewat dan begitu dipelototin lebih lanjut, sumpah keren banget! Terkesima KBY dibuatnya, saking terkejutnya, kembali KBY bertanya dalam hati, ya ampuuunn Suzuki Jepang ini kenapa gak kasih lampu hijau ke Suzuki Indonesia agar mereka hadirkan skutik ajib retro modern ini.. Malah Taiwan yang sangat beruntung!

Kenapa KBY bilang beruntung? Lads nanti bisa lihat deh foto galeri yang ada, karena – sekali lagi – meskipun desainnya tidak orisinal alias mengambil ide dari Piaggio Vespa, namun tetap saja penampilannya bagus punya! Dan satu lagi keuntungan – andai Saluto 125 2020 ini hadir di Indonesia, mereka yang ingin punya skutik ala Vespa tapi dirasa kemahalan harganya, mereka bisa melirik Suzuki Saluto ini lads! Dan nama Suzuki? Gak perlu diragukan lagi lah ya..

DESAIN SUZUKI SALUTO 125

Saluto 125 benar benar sangat terinspirasi dari Vespa, terutama model Sprint, memang tidak 100% kok karena terdapat cukup banyak perbedaan di sana sini, tapi mengambil ide dari yang terbaik dan legendaris ya bagus dong? Ya gak sih? Dan Suzuki gak sendiri kok, masih ingat Kymco Like 125i? Modelnya juga mirip dengan Vespa kok, tidak ada yang salah dengan itu.

Coba lihat bagian depan terutama headlampnya, bentuknya antara Vespa Sprint dengan Kymco Like 125i, dipadupadankan, hasilnya? Lihat aja sendiri, keren punya sih! Malah soal penerangan, Saluto 125 sepadan dengan Like, yaitu sama sama sudah menggunakan model LED, dan bahkan jika dilihat sekeliling, Saluto sudah All LED loh, ya termasuk sein dan lampu rem plus DRL yang terlihat mewah.

Bentuk joknya juga menyerupai skutik asli Italia tersebut, termasuk pemilihan warnanya. Agak lucu juga sih karena Suzuki Taiwan seperti janjian dengan Kymco Taiwan hehe. Bahkan, tengok bagian keyless nya lads, icon di bagian kunci tersebut mirip banget dengan yang ada di kunci kontak Kymco loh.. Begitu juga tuas tuas pengoperasian, jadi inget Vespa Primavera dan Sprint lads!

Tapi ada yang berbeda juga, misal bagian ujung jok, Like 125 benar benar ngikutin Vespa dengan memberikan hook atau gantungan di bagian tersebut, sementara Suzuki Saluto tidak. Bagian laci depan juga berbeda. Suzuki memilih punya karakter sendiri tuh, saat Like mirip dengan Vespa, Saluto hadir dengan laci terbuka plus lubang pengisian bensin di sebelah kiri. Apa? Isinya di depan? Betul, kaya Suzuki Swish 125 lah persis.. Asik kan?

FITUR SUZUKI SALUTO 125

Cukup dengan desain? Kini kita beralih ke fitur yes.. Langsung aja kita jembrengin fitur Suzuki Saluto 125 ini, punya andalan apa saja sih?

  • Shock breaker belakang dua buah
  • Lampu lampu All LED dengan DRL
  • Speedometer analog digital, modelnya kaya punya Vespa Primavera – Sprint tapi lebih mengotak
  • Smart key alias Keyless
  • USB Charger, tersembunyi dan rapi
  • Isi BBM di depan
  • Bagasi cukup luas
  • Dek rata

Lumayan banyak juga kan ya? Sekarang kita lanjut ke bagian Spesifikasi

SPESIFIKASI SUZUKI SALUTO 125

Bicara spesifikasi teknis, Suzuki Saluto dipersenjatai mesin yang serupa dengan Suzuki Swish 125 lads, yaitu dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Teknologi yang serupa menempel pada Address dan Nex II. Efeknya memang bikin irit tanpa harus mengorbankan performa atau tenaga mesin secara berlebih.

Mesin 125cc SOHC berpendingin udara, tenaganya sebesar 9.4 PS di 7000 Rpm dan torsi maksimum hingga 10Nm di 6000 rpm. Bicara keiritan, klaimnya, Suzuki Saluto 125 bisa menempuh hingga 51,1 Km untuk satu liter bahan bakar! Irit jossss..

KAPAN DI INDONESIA?

Bagi KBY pribadi, Taiwan sangat beruntung dan jika Suzuki Indonesia tidak dapat lampu hijau dari Jepang untuk memproduksi atau setidaknya menjual skutik retro modern ini di Indonesia, ya sudah punah sudah harapan kita melihat skutik ini wara wiri di nusantara.

Hanya saja lads, yang bisa jadi ganjalan jikalau Suzuki Jepang mengijinkan PT SIS menjual Suzuki Saluto 125 di Indonesia ini – adalah, apalagi kalau bukan terbentur harga jual! Ini memang inevitable alias tak terelakkan, motor berstatus CBU sulit memiliki harga jual kompetitif. Tapi SIS seharusnya mampu mengikuti jejak Kymco dengan Like-nya loh.

Yaitu melakukan CKD untuk Saluto 125, dengan beberapa parts menggunakan vendor lokal. Buktinya, dengan cara seperti itu harga Kymco Like bisa ditekan agar lebih terjangkau tuh.. Ayo dong Suzuki!! Mumpung Taiwan baru akan menjual skutik ini Februari 2020 loh

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

27 KOMENTAR

  1. ayo susuku, d bikin d mari harga 20jt lebih dikit ga pa pa, ato opsi laen tanpa key less harga under 20 pasti laris lah

  2. “Kami ingin skutik seperti ini untuk Indonesia” ujar konsumen
    “Kami berencana membawa Intruder dan Brugman Street, motor ini sangat laris di India, Indonesia juga pasti sama” ujar Jepang

  3. max 30jt …. mesin 150cc blkng wajib disc break …..atau tetep 125 blkng disc break …max 25jt
    saya ganti vario sm ini …

  4. ya iya lah bagus, buat jualan di taiwan sih, disana mah matik bagus banyak banget.

    harga se vario 150 kayanya oke deh disini,
    kalo masuk harga kelas PCX , ya segmented sih yang beli.

  5. Kalo masuk sini palagi ckd saya yakin bakal laris, siap juga minang ni metik.
    Jenuh liat2 model metik jaman now, sementara piagio atau vespa harga nya jadi bikin mending2 wkwkwk…..

  6. motor bagus ginih kl ga dimasukin brt sis t e r l a l u .
    wajib ckd, benchmark harga ikut scoopy . lebih mahal dikit gpp kan fiturnya lebih banyak dan yg paling penting no inden

  7. Ayo Mang Kob dan para blogger sebagai penyambung Suara Rakyat pecinta Roda Dua,
    Sampaikan ke suzuki Indo,
    Bawa nih skutik ke Indo, CKD aja kl emg CBU kemahalan, dsni ud pada tau kok utk Build Quality Suzuki Indo kaya gmn walaupun CKD jg, dan suzuki trmasuk pabrikan yg realistis soal harga, tengok aja produk2 nya, kl ga suzuki minta adain survey soal nih skutik,
    Kl mau suzuki indo kembali berjaya, skutik ini salah satu jln nya,

  8. Kang tulung sampaikan ke Suzuki, untuk membuat motor bebek retro. Karena untuk sport retro sudah ada, seperti Kawasaki W175 dan Yamaha XSR155. Jadi harus pintar seperti Kawasaki yang mengambil strategi yg tepat dengan menghadirkan W175. Adapun bebek Honda retro C125 terlalu mahal karena statusnya CBU.

  9. Keren banget asli! Harga max 21.999 juta angkuuuttt… Ayo suzuki tunjukkan niatmu jualan di Indonesia!

  10. pesimis bakal masuk Indonesia.
    mengingat Suzuki kadung menganggap Indonesia itu sama dengan India.

  11. Buat yg udeh kadung kesengsem ama model skutik ini tapi dana terbatas … silakan lirik Kymco Like 150i, desain dan fitur boleh diadu ama Suzi Saluto yg masih ghaib inih

    Oh iya … ane pernah ketemu user Kymco Downtown 250i di Bogor, Beliau bilang ga pusing soal service lah bisa layanan servis ke rumah tuh mekanik Kymco … boleh juga nih

Yuk Tinggalin Jejak Lads..