Kobayogas.com – Hola lads, Salam gebeerrrr. Tidak terasa skutik CBU asal Vietnam, Honda PCX 150 yang KBY kasih nama Sniego sudah berusaha 5 tahun sejak dibeli pada bulan Oktober 2014 lampau. Skutik ini sudah menemani kemana mana sih meski paling jauh itu cuma dibawa ke Karawang wkwkwk.. Kebanyakan dipakai harian saja rumah ke kantor dengan jarak hanya 22 kilometer. Makanya meski sudah 5 tahun tapi kilometernya masih sedikit, belum genap 20 ribu. Tapi namanya sudah berumur, jauh atau tidak, banyak atau tidak kilometernya ya kudu tetap dicek dan ricek. Ini adalah perawatan 5 tahun Honda PCX 150, apa saja yang kena ganti?

Di Instagram Kobayogas, tiap foto si Sniego nongol, ada aja yang bertanya, kenapa masih dipertahankan? Pertanyaan yang bagus hehe.. Kenapa masih dipiara? Benar juga, PCX CBU Vietnam ini adalah motor terlama yang pernah KBY piara. Jadi kenapa gak ganti atau dijual? Jawabannya di bawah ini yes:

  1. Skutik ini adalah impian KBY, sejak PCX masih 125cc sudah kepengen punya. Begitu versi All LED hadir di tahun 2014, gak pake pikir panjang (sebenarnya mikir juga sih kekeke), Vespa Primavera yang baru dimiliki 5 bulan langsung dilepas, buat nebus si PCX. Sebenarnya pengen mempertahankan si Azzuro tapi duitnya saat itu ngepas 😀
  2. Ini skutik nyaman, halus dan gak rewel (kembali ke perawatan dan karakter pemilik). Selama 5 tahun cuma ganti kanvas rem sekali, itupun karena endorse dari Elig (baca: Elig Kanvas Rem Motor Asal Taiwan). Kanvas CVT dan roller juga baru sekali ganti, itupun karena modifikasi (baca: Ganti Kanvas CVT Custom Pantekan Di PCX CBU). Ganti ban dua kali, itu juga karena ingin ukuran lebih lebar (baca: Honda PCX 150 Pasang Ban Lebar dan Ganti Ban Belakang PCX Pakai Michelin Pilot Stret).
  3. Saking gak rewelnya, motor cuma isi bensin dan ganti oli aja, itu juga lama banget, bisa 6 bulan bahkan pernah hampir 1 tahun wkwkw. Tergantung olinya sih, KBY kan pake oli sesat 😀
  4. Irit BBM, gaya road race aja masih bisa di atas 1:40, gaya santai dan ekonomis bisa 1:58. Belum lagi tangki bbm nya besar, 8 liter. Sekali isi bisa 2 mingguan gak mampir SPBU kekeke.
  5. Fiturnya banyak (untuk model saat itu) dan modelnya long last.
  6. Gak banyak yang pake – eklusiiifff

SERVIS 5 TAHUN HONDA PCX 150

Sniego ulang tahun ke 5 pada Oktober lalu. Di usianya tersebut sudah pasti ada kekawatiran seputar parts yang aus atau wajib di ganti, so meski kilometernya belum mencapai 20K, tapi KBY wajib merasa melakukan inspeksi menyeluruh untuk sang skutik kesayangan.

Untuk pengecekan dan servis, awalnya sudah janjian dengan Zonaspeed, bengkelnya lek Ari Pispot, kebetulan hari Sabtu 20 Desember kemarin ada acara di dekat sana, sayangnya acara molor sampai sore, batal deh. Malamnya kontakan sama teman yang demen ngulik motor – masbro Hadi. Dia ini yang modif keyless di si PCX lads (baca: Honda PCX 150 Pasang Keyless Plus Pasang Alarm). Ternyata dia lagi senggang, rumahnya deket pula, jadi lah si Sniego diambil dan dibawa pulang ke rumahnya, mantap kan servisnya wkwkw.

KBY minta si Sniego dicek menyeluruh, fokusnya ke CVT area, seperti belt dan roller, serta ganti oli, bersihin filter Ferrox dan cek pengereman. Satu lagi, cek klakson, karena beberapa hari sebelumnya mati, untuk rider yang murah klakson saat riding di Ibukota, tanpa tintin tersebut dunia serasa hampa lads, wkwkkw..

Jadi setelah dicek, apa saja yang diganti dalam kurang waktu 5 tahun tersebut? Berikut daftarnya plus harga ya.

  1. Ganti belt CVT, ternyata sudah mulai retak retak, sepertinya ini yang membuat suaranya agak kasar. Harga belt untuk PCX CBU ini Rp. 130.000
  2. Klakson ganti, karena setelah dicek beneran mati. Dulu sudah ganti Hella water proof model disc (bulat), tapi ternyata mati juga, usianya sekitar 4 tahun. Harga klakson Denso tipe disc (bulat) sebagai pengganti adalah Rp. 85ribu sepasang.
  3. Ganti relay klakson, Rp. 25 ribu
  4. Ganti oli, kembali pakai Fastron Gold hehe. Harganya Rp. 95ribu, beli di teman kantor.
  5. Ganti baterai remote alarm DSS, sudah lemah. Harga lupa kekeke..
  6. Ganti karet roller standar (ternyata persis punya grand yang di dalamnya ada metal (baca: Hilangin Gredek PCX Modal 15 Ribu). Harga 5000 x 3 = Rp. 15rb

Sudah itu aja, yang lain dicek seperti roller, kanvas CVT, kanvas rem masih oke semua. Mantap kaaann? Total biaya yang dikeluarkan untuk servis PCX 150 usia 5 tahun adalah Rp. 360 ribu. Gak mahal juga ya?

kanvas CVT masih bagussss

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

37 KOMENTAR

  1. Nahh iniii. Salam pengguna PCX 150 CBU Vietnam 2017 omm. Barangkali masih inget saya yang dulu galau dilema beli ini atau NMAX sampe dibuatkan post sama om Kobay. Alhamdulillah saya nebus pake uang sendiri biarpun kredit dan uda lunas, rasanya ada kepuasan tersendiri 🤭🤭 konsumsi BBM saya rata2 diangka 49an omm, paling irit 52 km per liter. Itu kalo pake oli IPONE MaxScoot 5W40. Kalo jaman pake Motul HTech 5W30, rata2 dapet diangka 54 Km per liter, paling irit pernah sampe 63 km per liter 😁😁 km masi 17.400an omm dari tahun 2017. Tadinya mau saya lepas ganti ADV ato NMAX facelift, tapi dipikir2 kesan ekslusifnya beda, kalo ketemu sodara rasanya pengen klakson 🤭 saya klakson ori dipertahankan, karena yang disc orisinilnya bunyinya mirip kaya Hella Disc yang ori Jerman, ketimbang pake keong yang uda pasaran

  2. Masih kalah sama motor ane mang…..ane punya ninja keluaran februari 2017.sampai comment ini ditulis jarak tempuhnya cuma 427 km.belum ada part yg diganti.cuma oli doank pernah ganti 1x..

  3. Iya nih, Ferrox aman gak sejauh ini? Pengen ganti tapi pikir2, agak ngeri sama kerapatannya yang gak serapat filter kertas tapi kelebihannya bisa dipakai lifetime. Soalnya saya sehari rata2 bisa 100km lebih, kerja lapangan soalnya.

  4. kita sehati mang …. riding tanpa klakson itu ibarat film unyil tapi ga ada unyil2 nya ….. u know what i mean … hehehe

  5. Secara model lebih suka yg CBU. Nggak kalah keren dibanding ADV kalau dilihat dari depan. Next update PCX lokal sebaiknya fokus pada lampu depan dan lampu belakang

  6. Spare part apakah kanibal vario 125 old ???

    Penggantian oli bisa 6 bulan kalo jarang pake,ganti oli liat KM apa berdasarkan bulan ???

    Kalo motor sudah 80.000 km apa aja yg di ganti mang ??? secara motor masih normal,cuma kalo matiin mesin rada bunyi ngiiik di area mesin,padahal udah di bersihin + di kasih grease (motor jenis matic)

    • ada yang bisa pake vario ada yang gak. Kalau kasus gw oli berdasarkan bulan karena kilometer gakan pernah tercapai.

      Yang udah dibersihin bagian apanya mang

  7. wah klakson hella disc yang buat mobil ya?
    ane punya juga mati 1 tuh, kecewa berat sama durabilitynya…
    akhirnya ane ganti klakson pulsar yang merk varroc, so far awet (tapi suaranya ya ga kayak pulsar 180 ug3 yang mirip mobil itu)

  8. ane jg sama gan..ane kepincut pcx wkt msh jaman 125 thai..udah gitu ngebet pgn pcx cbu..nabung..nabung..akhirnya ditebuslah pcx 150 vietnam bln nov 2017 persis sebelom pcx 150 lokal rilis..sampe skrg ga ada mslh apa2..wong km msh 3000an..wkwkwkwk..paling jauh ke pangandaran..pake oli BM1 Gold 5w-30 dpt konsumsi bbm 1:59..emang bnr2 ga nyesel beli pcx cbu..salam utk semua pengguna pcx cbu..

  9. Fiamm mantap mang kobay
    Ala ala bmw gitu (beda ma black twin tone)
    Tp ya itu space nya euweh
    Padahal lebih awet dr pd hella

  10. Salam kenal mang Kobay,
    Sama nih ane jg ada PCX 2015 (dan ane jg orang asuransi jg)hhaha.

    Sekarang udah hampir KM 42K lebih, tiap hari dipake ngantor dari tangerang ke aia central, PP bisa 65km an, kadang ke jatiasih jg ke rmh mertua.

    Part yg udah diganti kalo ga salah inget :

    1. Kanvas rem depan Elig
    Kebetulan feb kemaren abis, liat review mang kobay jadi pengen ganti jg.

    2. Ban Michelin Pilot Street
    Sama kasus nya, liat review mang kobay ikutan ganti

    3. Belt CVT
    Standar lah ya

    4. Oli dll
    Ya standar jg lah di servis rutin.

    cuman yg jadi masalah sekarang, rem belakang gue ga balik klo di rem, walhasil lampunya nyala terus.

    Tanya ke Honda Dewi Sartika, kabel rem nya udah kemakan, ganti ori harganya 500an kalo ga salah.

    Sementara diganjel karet switch di rem nya biar ga nyala terus.

    Kondisi yg lainnya jg ISS nya udah mulai ga bisa, mungkin Aki nya udah tekor.

    Seinget gue jg lu pernah bikin artikel ttg Aki PCX deh mang, cuman lupa gue merk apa.

    So far ga ada masalah lah, irit jg.

    Paling ganti jok di toko jok jatiasih karena udah tipis busa nya.

    • waaah ada keluarga hehe.. aki pake motobatt aja mang, sejauh ini puas..

      ISS gak fungsi kadang salah satu indikator aki udah kurang nampol, tapi buat starter doang sih gak masalah

  11. Salam PCX CBU 2014 mang.. dari perawan sampe sekarang odo 23 ribuan
    yang baru diganti :
    1. kampas rem depan 1x pake Ori, punta stok Elig belum kepake
    2. kampas rem belakang 2x, pake ori dan Elig, tetep enakan orinya, lebih pakem tapi lebih boros
    3. ban depan belakang udah ganti ke Pilot Street
    4. Roller turun ke 15 gr, kampas pantekan –> obat gregel
    5. Piringan depan ganti ke TDR 220 mm, karena pingin lebih fresh aja, dan ane ngerasa jadi lebih pakem. padahal diameter cakramnya sama dengan ori
    6. Nambah switch dim lampu depan pake switch Honda Vietnam

    lainnya standar.. so far masih puas
    belum kepikiran ganti motor
    ngerasa ekslusif di jalan karena jarang + ngga rewel
    dibanding Vespa aja banyakan Vespa di jalan (Bandung)

  12. Ini mongstor yang lembut banget… Lari 80 kpj mah ngga berasa… Ngga ada goncangan pisan dari permukaan jalan.

    Eehh… ngga tau ding kalo versi impor. Blm pernah test ride kalo yang ompor.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..