Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Selama ini kita hanya disuguhi penjualan sepeda motor di kelas domestik saja ya, itupun sudah setahun lebih menghilang, jadi sejauh ini info penjualan produk hanya meraba raba saja, ah soal meraba sih mendingan meremas yang lain sahaje wkwkwk.. Well meskipun Data AISI menghilang tapi untuk semata mata hiburan dan menambah wawasan, setidaknya kita bisa melihat penjualan sepeda motor di negara lain dimana ternyata – kalau di Indonesia itu sudah ketebak siapa nomor 1 dan nomor 2 – di negara ini Suzuki ternyata mampu menyalip penjualan Honda!

Melalui data AISI 10, di Indonesia kita bisa tahu dan mudah menebak kalau motor terlaris itu adalah Honda Beat, selalu paling atas di setiap bulannya mengalahkan lawan-lawannya. Yang bikin penasaran paling jumlahnya berapa? Hehe. Nah lain padang lain ilalang, lain negara lain pula jagoannya. Di India, kita bisa kaget melihat penjualan skutik Suzuki ternyata bisa mengalahkan penjualan skutik Honda! Kok bisa? Tipe yang mana? Sabar, lanjut dulu yes..

baca juga: Begini Tampang Suzuki Burgman 125!

Dua tahun lalu, PT SIS pernah memajang skutik ala retro modern dengan nama Suzuki Access, kehadirannya bersamaan dengan Suzuki Intruder 150 yang super aneh itu wkwkwk (baca: Begini Tampang Suzuki Intruder Yang Nyeleneh dan First Impression Suzuki Intruder 150).  Mohon maaf gada foto pribadi karena begitu liat si Access, udah ogah wkwkw.. Dan memang kenyataannya, kedua motor tersebut failed, bagusnya SIS gak dipaksa Jepang buat jual keduanya di Indonesia. Fiuhh..

SUZUKI ACCESS NOMOR DUA DI INDIA!

Selama bulan November 2019 kemarin di India, Suzuki Access mencatatkan penjualan yang fantastis, yaitu sebanyak 49.128 ribu unit dalam sebulan. Angka ini lebih laris ketimbang penjualan skutik entry level Honda di India sana yakni Honda Dio yang hanya terjual 42ribuan saja. Sadis kan? Baru kali ini loh, sayangnya hanya kejadian di India wkwkw..

Dengan jumlah tersebut, skutik Suzuki bermesin 125cc itu mampu bertengger di urutan kedua skutik terlaris di India selama bulan November 2019 kemarin lads. Kalau Suzuki Access nomor 2 terus yang pertama siapa? Tenang, silakan dicek baby cek data penjualan 10 motor skutik terlaris di India yang disadur dari media GaadiWaadi India :

Yamaha gak masuk 10 besar nih..

Dan ternyata, motor yang paling laris di bulan November 2019 kemarin di India adalah Honda Activa! Honda ACtiva ini bisa dibilang Honda Beat-nya India, secara level ya, namun tampil dengan desain berbeda, lebih kepada Italian Scooter bentuknya. Mesinnya 125cc yang sudah mendukung regulasi BS-VI emisi gas buang terbaru. Bicara desain, terkuak sudah selera konsumen India, karena desain Honda Activa dan Suzuki Access mirip mirip, bengkak dan bahenol serta agak mungil. Lucu juga mengingat orang sana perawakannya banyak yang tinggi besar hehe.

Skutik Honda Activa ini dalam sebulan terjual sebanyak 212.164 unit dalam sebulan yang artinya hampir 2 kali lipat penjualan Honda Beat di Indonesia yang hanya 100ribuan unit perbulan berdasarkan data AISI terakhir. Pun begitu, jika dihitung dengan perbandingan jumlah penduduknya, maka Honda Beat masih lebih banyak sih. Warga +62 ini kan total penduduknya cuma 200 jutaan, sedangkan di India sudah lebih dari 1 Milyar penduduk…

Setidaknya kita tahu, kalau Suzuki bisa mengalahkan penjualan Honda, meskipun belum jadi nomor satu, itupun di India.. sigh. Sekarang bisa tau kan kenapa pendekatan model produk produk Suzuki di Indonesia mengambil dari selera India? Ya karena Jepangnya melihat data penjualan di sana.. padahal, selera sini dan sana beuh, bedaaaaaa..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

18 KOMENTAR

  1. Kalo suzuki intruder sih emang gak banget, tapi kalo suzuki access kayaknya masih masuk sama selera sini deh mang… Dengan catatan kalo belakangnya pake ban ring 12 juga. Pake ring 10 belakang sebenernya ga masalah juga sih asal tapaknya lebar.

  2. Referensinya ga meyakinkan. “Gaadiwaadi” kedengerannya kek bukan media otomotif. Kek judul film.

  3. ORANG INDIA MILIH MURAH + FUNGSI, ORANG INDONESIA MILIH NYA GAYA + KREDITAN. TIDAK HERAN DI INDO TAMPILAN NO.1..TERMASUK NYOBLOS PEJABAT 5 TAHUNAN…PASTI MILIH TAMPILAN MERAKYAT DIBANDING KUALITAS OTAKNYA BAGAIMANA….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..