Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Waduh baca judul di atas kok jadi gemeteran dan deg degan yah, apakah ini yang dinamakan jatuh cinta? hehehe.. No no, agak kaget juga saat KBY mendengar bisikan kalau salah satu line up skutik di keluarga Vario series akan phase out alias stop produksi di tahun 2020 mendatang. Yoi Honda Vario 110 akan stop produksi dan tidak akan dijual lagi ke konsumen lads, bahkan gosipnya, produksinya sudah akan di stop per Desember 2019 ini loh.. waduh! Apa ya penyebabnya? Coba kita maen detektif detektifan kuy hehe..

Honda Vario 110 yang cukup dikenal dengan nama Vario LED, lahir pada bulan Maret tahun 2014 lalu (baca: Test Ride Honda Vario 110 LED dan Video Test Ride Vario 110 & New Blade 125), KBY inget banget karena ada sesi test ridenya di Wahana Honda Jatake Tangerang saat itu bersama dengan blogger blogger lainnya.

Honda Vario 110 lahir mengusung mesin tipikal Honda PGM-FI – saat itu belum pakai teknologi eSP – dan menjadi satu satunya skutik dengan lampu depan LED di kelas 110-150cc saat itu! Meski sinar lampunya gak bisa dibilang terang juga, tapi bisa lah berbangga jadi yang pertama hehe..

Satu tahun kemudian, Vario 110 mendapatkan update berupa mesin dengan teknologi khas Honda yaitu eSP tepatnya pada bulan September 2015 (baca: Tepati Janji AHM Beri Vario 110 Mesin ESP!).  Sentuhan baru selain mesin eSP adalah ban tubeless depan belakang, serta beberapa sentuhan baru pada cover cvt dan cover knalpot.

Vario 110 yang masih menggunakan Agnes Mo sebagai brand ambassador-nya dengan tema Fashion Alert tersebut akhirnya mendapatkan sentuhan teranyar di tahun 2017, tepatnya bulan Nopember. Facelift nya berupa motif velg baru serupa PCX 150 plus warna warna baru (baca: Vario 110 esp Dapat Sentuhan Baru).

MENGAPA DISTOP?

Zuzur saza KBY juga gak paham alasannya, apakah karena peminatnya terus menurun atau biar tidak mengganggu penjualan skutik Honda di kelas 110 sehingga tidak mengganggu jalur produksi skutik 110? Apapun bisa terjadi sih. Sayangnya kalau untuk alasan nomor 1 tidak ada bukti sahih seperti Data Aisi yang dapat menyimpulkan bahwa penjualan Vario 110 memang mengalami penurunan, wong datanya gak boleh disebar wkwkwk..

Alasan kedua lebih masuk akal lads..  Saat ini AHM diinfokan keteteran dengan produksi Honda Scoopy yang indennya terus menerus ada, belum lagi produksi lokal dan ekspor Honda Beat, ditambah adanya produk baru Honda Genio yang sepertinya geliatnya kurang terasa. Nah kayaknya sih daripada Genio gak laris, mending Vario 110 distop aja, toh kakak kakaknya 125 dan 150 laris manis tanjung kimpoi eh kimpul..

Kalau menurut lads kenapa produksi Honda Vario 110 mau distop? Dan juga tanpa adanya replacement alias pengganti, jadi benar benar hilang sudah..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

25 KOMENTAR

  1. Akhirnya motor ku jadi agak eklusip
    Kayak gsxr putih ny mang kobay yg stop produksi warna

    Hahaha……

  2. Dan Kalo kejadian bener d stop
    Cocok banget krna pas mo beli juga dengan alasan jarang yg beli Biar gak Pasaran kyak beat Walopun mesin sama (untung sparepart melimpah)

  3. Kebalik kang..Vario 125 dan 150 itu adek-adeknya.. Khan brojol belakangan.. brojol belakangan adek, brojol duluan kakak..😁 itu kalau manusia yaa..

  4. Serba tanggung. Led kurang baik dan tidak senyaman 110 versi karbu. Cuma perasaan masih sedikit lebih kencang vario 110 daripada mbit.

  5. Vario 110 dipastikan tak ada penerusnya…..tp pasti ada produk baru di rentang harga itu…..
    Apa genio penggantinya?? Aku ora ngerti…….

  6. Pdhl 110 cc nya honda yg enak ditunggangin drpd beat/scoopy/genio menurutku =( nungguin versi faceliftnya dr dulu eh malah disuntik mati =(

  7. mau buat standar baru, displacement vario minimal 125cc yg kedepannya lagi mungkin150cc minimal, mgkn yg 110 ada yg naik ke 125, coz yg 125 honda smpe saat ini baru vario wtf cmiiw

  8. Salah satu motor Honda yang lampunya selalu bikin silau mata setiap papasan kalo malem. Lampu deketnya aja udah ndangak gak nyorot ke jalan, ditambah yang make nyalain terus lampu jauhnya, udah kaya lampu sorot panggung.

  9. Padahal buat sy ini motor ter enak kelas 110cc… Distop buat lahirin all new beat esaf atau misal ahm bikin matic kecil ky zoomer-rucus lokal (matik masterpiece ahm) harga mefet2 vario 150… Buat kelas hobi

  10. Taun depan beat pake LED,, kelas 110 nya honda udah rapet banget si vario ini udah ga ada value tambahan lagi,, nambah dikit dapet genio.

  11. Padahal ini motor punya kelebihan yang gak bisa vario 125-150 punya….lampu LEDnya terang bgt ini motor…handlingnya pun lumayan

    Emang sih ini motor udh jarang bgt dijalanan di dominasi sama vario 125 sama 150 yang udh kayak motor sejuta umat

  12. Sebenernya daripada, rilis genio knapa ahm gak redesign ato bikin all new vario 110 ya kan kayanya lebih nendang tinggal permak fitur dll udah jadi, kasih engine baru
    Bikin genio jadi kaya babat alas lagi

  13. jadi teringat, Vario 110 FI ini motor yg dulu pas launching langsung bikin FBY kejang berjamaah sampai bikin BC kemana-mana. hehehe.

    sebenarnya peminat Vario 110 FI masih banyak (terutama karena desainnya yg elegan dan juga karena ini Vario termurah di pasaran), tapi karena bukan proyek global, jadinya dianaktirikan oleh Honda.
    jadi curiga kayanya mulai 2020, AHM bakalan produksi motor model global doang.

  14. Kedepannya Vario series kubikasi min.125cc
    Kelas 110cc sudah ada beat,Genio, Scoopy terlalu banyak jika nama Vario masih di produksi ..
    Faktor produksi untuk lokal dan ekspor juga sih kayaknya yang mempengaruhi Vario 110 tutup usia 😁😁

Yuk Tinggalin Jejak Lads..