Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski sudah rilis dan diperkenalkan secara resmi belum lama ini (baca: Yamaha All New NMax 2020 Resmi Dikenalkan), tapi skutik 150cc yang sudah punya Torque Control System (TCS) itu belum bisa dibeli mengingat harga jualnya juga belum diumumkan oleh YIMM selaku pemegang merek Yamaha motor di Indonesia. Meski belum ada harga resmi, kabar burungnya para dealer sudah siap menerima open order saat ini dari para konsumen yang tertarik membeli skutik andalan penjualan Yamaha tersebut. Kira kira kapan sih All New NMax 2020 bisa diterima oleh konsumen?

Sejak lahir di tahun 2015 lalu, Yamaha NMax hadir dengan memberikan standar baru di sektor mesin untuk kelas scooter maxi 150cc, yang terkenal tentunya apalagi kalau bukan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Teknologi tersebut mampu memberikan tenaga yang mumpuni tanpa harus mengorbankan efisiensi bbm.

Kini setelah 4 tahun wara wiri dan sempat hadir dengan versi facelift yang menggunakan shock tabung yang lebih nyaman, Yamaha akhirnya membuka selubung dari skutik yang jadi mesin uang mereka selama ini. All New NMax akhirnya diperkenalkan juga. Tapi ternyata ada sedikit perubahan pada spesifikasi mesinnya lads.

baca juga: All New NMax Non ABS Ternyata Tanpa Keyless

TENAGA NAIK TORSI TURUN

Meski tidak terlalu terlihat dan tidak banyak dibahas, namun secara spesifikasi mesin, All New NMax ternyata memiliki sedikit ubahan, tenaganya naik dari 15.09PS/8000 menjadi 15.36PS/8000, artinya ada kenaikan sebesar 0.27PS lads. Kemungkinan tenaga naik tersebut karena kompresi mesin yang ikutan naik, yaitu 11.61:1 dari 10.5:1.

Sayangnya ubahan tersebut malah membuat torsinya menjadi turun dari 14.4Nm/6000 menjadi 13.9Nm/6500. Ada kenaikan RPM sebanyak 500 untuk menggapai peak torsinya. Secara teori sederhana, All New NMax akan lebih menggerung dalam berakselerasi karena torsinya diraih lebih tinggi, tapi cuma 500 doang sih hehe.

Tenaga naik torsi turun ini jadi inget kepada Honda ADV150 ya lads, mesin serupa Vario dan PCX tersebut disetting ulang sehingga tenaganya meningkat namun mengorbankan torsi. Oia ada catatan khusus bagi calon konsumen All New NMax 2020, kompresinya yang naik juga membuat pemilik kudu hati hati dalam memilih jenis BBM. Kalau sesuai spek sih jadi wajib ron 92.

Tapi hal tersebut bukan harga mati, Vario 125 itu kalau gak lupa nih, kompresinya juga di angka 11, tapi percaya deh, pemiliknya pasti ngisi bbmnya kebanyakan premium atau pertalite. Dan sejauh ini KBY keknya lom pernah denger mesin Vario 125 jebol gara gara gak diisi Pertamax hehe. Artinya, kemungkinan besar angka rasio kompresi tersebut sifatnya dinamis saat berada di luar bakar, gak selalu di angka 11. Kalau gak isi ron 92 paling paling tenaga drop dan bensin lebih boros. Tapi jangan disalahin produsennya yeee kalau ngalamin hal tersebut kekeke.

KAPAN ALL NEW NMAX DITERIMA KONSUMEN?

Nah karena KBY sempat ngantongin bocoran bahwa produksi All New Nmax tersebut akan di mulai pada sekitar 6 Januari 2020 mendatang, maka jika awal tahun depan harga sudah keluar, ada kemungkinan para konsumen sudah dapat menerima unit pesanannya pada awal atau pertengahan Februari 2020. Jadi, masih bisa sabar kannn? Eh harganya berapa sih jadinya?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

27 KOMENTAR

  1. Baguslah torsinya turun supaya lebih santuy. Ya klo Vario125 aman pake pertalite setidaknya kt ojek online dan kebetulan tmn gw juga pake bwt ngojek online. Ga tau deh klo Nmax, sptnya sama aja alias bakal aman2 aja

  2. 2 Minggu dipajang di web harga masih coming soon…
    BBN baru DKI sudah diberlakukan per tgl 11 Des…
    Capek deh nunggu apalagi coba…

  3. kalau soal kompresi ane share sedikit ya..
    kebetulan motor lama ane dulu pernah ane naikin kompresinya, dari 9.5:1 jadi sekitar 14:1 (cara hitungnya pakai rumus volume, jadi bukan pakai cairan).
    singkat cerita ane coba2 pakai premium (waktu itu belum ada pertalite) dan aman2 aja ane bawa ke jakarta-bogor pp, bahkan jakarta-bandung pp (dan muter2 di bandung selama 2 hari). tidak ada gejala knocking, warna busi-klep-piston juga bagus. ga ada gejala lean fuel (nah mungkin ini penyebabnya).

    btw soal power-torsi nmax boleh nih ditunggu sharing hasil dynonya, supaya lebih jelas powerbandnya compare sama yang versi lama

  4. “Tenaga naik torsi turun ini jadi inget kepada Honda ADV150 ya lads, mesin serupa Vario dan PCX tersebut disetting ulang sehingga tenaganya meningkat namun mengorbankan torsi.”

    Apa gak terbalik Bay?
    Power ADV lbih kecil dari PCX
    Torsinya yg lbih besar PCX

    ADV 150
    Power : 14,4 dk @ 8.500 rpm
    Torsi : 13,8 Nm @ 6.500 rpm

    PCX 150
    Power : 14,6 dk @ 8.500 rpm
    Torsi : 13,2 Nm @ 6.500 rpm

    (*Klaim Astra Honda Motor)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..