Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Setelah menghabiskan waktu selama satu minggu bersama crossover asal Amerika ini, kini saat nya KBY berbagi review kelebihan dan kekurangan Chevrolet Trax Turbo tipe Premier AT tersebut. Yup betul, unit yang dipinjamkan kepada KBY dari Chevrolet Indonesia tersebut merupakan tipe tertinggi, Premier memiliki banyak hal kelebihan seperti jok kulit dan tentunya, elektrik sun roof! Nah kita akan kupas satu satu dan lengkapnya lads, bisa nonton videonya yess.. jangan pelit pelit atuh klik youtube sayah wkwkwk.. gassss

Koridor pengetesan adalah rumah kantor PP, duren sawit pancoran dan beberapa tempat di Jakarta. Pengetes adalah KBY sendiri, nyonya dan si sulung. Sayangnya karena satu dan lain hal kami sekeluarga gagal ke luar kota, sooo pengetesan hanya dilakukan di dalam kota saja deh.

DESAIN

EKSTERIOR

Ini yang layak dapat jempol. Generasi pertama Chevrolet Trax sebenarnya sudah punya desain kokoh dan tangguh, tapi masih terlalu plain, hambar, kurang greget dan minim guratan berotot. Nah versi facelift yang lahir di tahun 2018 ini tampil lebih stylish dan fashionable.

Wajahnya kini memiliki bahasa universal produk Chevrolet pada umumnya. Bahkan dari sudut tertentu, sektor fascia Trax turbo ini terlihat laiknya sedan, kaya Chevy Camaro hehe, tajam, sporty dan cukup intimidatif. Lampu depan kini lebih pipih, terdiri satu buah lampu yang berisi projector. Bagian belakang juga kena penyegaran, bentuk rumah lampu rem berubah lebih besar dengan imbuhan DRL Led di dalamnya.

Sementara bagian samping tidak terlalu berubah, over fender plastik tipis yang manis justru membuat aura SUV compact ini tidak jadi lebay. Identitasnya sebagai sebuah SUV sudah sangat terwakili berkat over fender dan ground clearance yang tinggi. Mungkin bukan selera semua orang, tapi warna dan bentuk velgnya kurang kekinian.

KBY juga agak heran dengan keputusan Chevrolet mendesain bentuk spion yang seakan melorot kendor jika di lihat dari depan. Agak mengurangi sisi sportynya sih imo.

INTERIOR

Meski tidak buruk, namun desain dashboard-nya biasa saja, bentuknya agak landai ke arah penumpang, tidak lurus seperti halnya mobil kebanyakan. Namun desainnya sudah jauh lebih baik dari versi awal. Begitu juga dengan bentuk speedometernya, kini terlihat “normal”, tak lagi seperti speedometer motor yang dipaksa pasang di mobil seperti versi lawas hehe.

Bagian dashboard antara kiri dan kanan identik, hal ini memang memudahkan perpindahan setir kiri ke kanan atau sebaliknya. Sayangnya, berefek ke posisi tuas rem tangan, karena aslinya setir kiri jadi ketika menjadi setir kanan, posisinya terlalu mepet ke kursi sebelah, kalau masih pacaran sih enak, nyentuh nyentuh gitu deh wakakaka.. Tapi jadi bencana begitu sebelah kita lalaki, idiiihh

Bagasinya cukup lega dengan bibir bagasi yang cukup tinggi, tipikal SUV, agak menyulitkan mengangkat barang berat. Bagusnya bagasinya tidak dalam, jadi cukup mudah menaikkan dan menurunkan barang bawaan.

ERGONOMI

Juara sih menurut KBY, seluruh tubuh dipeluk dengan pas, punggung dan paha tersangga dengan mantap. Bahkan istri KBY mengakui driving positionnya enak dibanding unit yang ada di rumah hehe, pas dan nyaman ujarnya. Meski busa jok gak terlalu empuk, tapi uniknya kita tidak cepat merasa lelah bahkan di kemacetan sekalipun.

Terima kasih kepada setir yang sudah tilt dan juga telescopic, pengemudi bisa dengan mudah mendapatkan driving position yang pas sekaligus nyaman. Setir Chevrolet Trax Premier yang sudah dibalut kulit juga mantap serta nyaman digenggam. Semua tombol juga berada dalam jangkauan. Luar biasa sih sisi ini ya.

Hanya saja, namanya mobil Amerika, laiknya mobil eropa, pengoperasian beberapa fiturnya terbalik dengan mobil Jepang/ Cina/ Korea hehe. Sein ada di kiri, begitu pula dengan wiper ada di kanan. Hanya perlu adaptasi saja, buktinya nyonya beberapa hari pake sudah khatam gak kebulak balik wkwkkw.

SPESIFIKASI DAN PERFORMA

Secara spesifikasi Chevrolet Trax 1400cc Turbo ini sangat powerful. Dengan mesin 1400cc DOHC Multi Point Fuel Injection Dual CVCP (Continuous Variable Cam Phasing) plus tentunya “kami suka turbo”, mampu menghasilkan tenaga sebesar 140PS dengan torsi raksasa setara diesel 200Nm!

Berkendara beberapa kali bersama Trax, KBY merasakan tenaga bawah hingga sekitar 3800 sih biasa saja, laiknya mobil 1300-1500cc pada umumnya. Wajar karena selain CVCP belum aktif, turbonya juga belum On. Keduanya aktif di sekitar 4000-an RPM. Sayangnya KBY tidak mendapatkan trek yang layak udah menggeber pol hiks.. Tapi sangat terasa ketika turbonya engaged, tarikan mobil langsung jengat.

TRANSMISI AT

Dari sisi responsif gas juga baik, nyaris tidak ada delay meskipun sudah menggunakan drive by wire. Artinya, performa mesin yang bersinergi dengan transmisi otomatis 6 speed tersebut (oh yes, tipe Premier ini memang matik) sangat baik. Kinerja transmisinya pun cukup pintar meski kadang kadang saja suka lemot mikirnya hehe. Bagusnya ada pilihan manual mode yang gak sok pintar. Dia secara otomatis baru akan pindah ke gigi lebih tinggi saat mendekati redline, di bawah itu, kita pegang kendali.

Cumaaaa nah ini hehe, pengoperasian manual modenya gak familiar, sebenarnya ini ciri khas Chevrolet sih, yaitu tuasnya berada di samping penggeser transmisi alih alih di kolom transmisi atau di setir. Jadi butuh adaptasi, sekali terbiasa ya ga masalah.

HANDLING DAN KENYAMANAN

Chevrolet Trax Premiere Turbo ini memiliki lingkar roda sebesar 18″, tepatnya 215/55/18. Besar ya? Sayangnya jadi sedikit mengorbankan kenyamanan sih, shocknya sendiri sebenarnya tidak terlalu keras, tapi karena ukuran dan ketebalan ban sebesar itu membuatnya bantingannya jadi keras.

Tapi ukuran ban tersebut berkonsekuensi nyata terhadap handlingnya yang mantap. Trek lurus stabil di kecepatan tinggi, berbelok cepat lincah dan tetap pada trek. Sayangnya feedback setir agak kurang responsif ditambah kemudi juga jadi agak berat karena kaki kakinya yang bongsor itu.

Oia meski terlihat sempit, tapi ruang kaki di belakang itu lega dan luas loh, hanya joknya memang lebih pas untuk dua orang dewasa plus 1 anak kecil, soalnya tidak terlalu lebar.

KONSUMSI BBM

Bicara keiritan BBM, Chevrolet Trax tidak terlalu impresif, hanya dapat sekitar 10 – 12.8 liter/100km alias 1:10 – 1:8. Banyak faktor sih, selain kaki kaki lebih gambot, saat digunakan juga rute kebanyakan macetnya dibanding lancar. Jadi mempertimbangkan faktor faktor tersebut, konsumsi bbm nya masih masuk dalam taraf wajar.

FITUR

Mungkin ini dia yang sangat istimewa dari Chevrolet Trax Premiere Turbo, fiturnya banjir dan membludak! Dari mulai fitur pendukung yang receh tapi bermanfaat, fitur kenyamanan, keamanan hingga fitur eksotis seperti elektrik sun roof!

Fitur Pendukung
  • Sun visor dengan kaca dan lampu
  • Tempat kacamata
  • Socket listrik 230v
  • Spion dalam anti silau otomatis
  • Side mirror with heater
  • Electric sun roof
  • dll
Fitur Kenyamanan
  • Cruise control
  • auto headlamp on
  • Jok kombinasi kulit dan fabric
  • Voice command
  • Setir tilt & telescopic
  • iPod Connectivity
  • dll
Fitur Keamanan
  • 6 air bags (depan, samping dan curtain/ tirai)
  • ABS, EBD, PBA
  • rear camera with sensor parking
  • Immobilizer
  • Passive entry & start
  • Electronic Stability System
  • Hill Descent Control
  • Hill Start Assist
  • Tire Pressure Monitoring
  • dll

KEKURANGAN CHEVROLET TRAX TURBO

Selain yang sudah KBY sebutkan di atas, yaitu bantingan agak keras, feedback setir kurang dan setir berat dll, ada beberapa fitur yang menurut KBY seharusnya bisa dilengkapi di era mobil modern saat ini, apa saja?

  • Lampu depan setidaknya HID atau LED mengingat sudah projector
  • Lampu rem masih bohlam, padahal sekelilingnya ada DRL LED
  • Motif velg jadul
  • Antena so yesterday
  • Auto headlamp on terlalu sensitif, kadang di kondisi terang benderang aja idup.
  • Indikator posisi gigi terlalu kecil
  • AC belum digital dan auto climate control

KESIMPULAN

Jika kita mengabaikan apa yang terjadi pada Chevrolet Indonesia dan fokus membahas serta melihat si Chevrolet Trax Turbo ini sebagai sebuah produk, maka mobil merek Amerika ini sebenarnya sangat layak untuk dipinang dan dimiliki, apalagi jika mengetahui kalau harga jual barunya drop hingga 80 juta!

Meski masih ada beberapa kekurangan seperti yang KBY sebutkan di atas, tapi kelebihannya jauh melampaui kekurangan yang dimiliki oleh Chevrolet Trax tersebut. Terutama dari sisi fitur serta teknologinya, mesin sudah turbo, fitur berlimpah dari auto headlamp hingga sun roof! Bayangin aja, mobil seharga Rp. 240jutaan sudah ada sun roof dan bukan merek mobil kemarin sore pula!

Hanya saja KBY pun paham, kebanyakan dari kita – terutama level medioker kaya KBY ini hehe – masih melihat merek yang sudah established karena banyak faktor, dari nilai jual kembali yang cukup tinggi, mudah cair saat butuh dana mendadak, hingga kemudahan perawatan.

Tapi, bagi lads yang sudah sangat settled serta established dan mampu memiliki 2 atau 3 mobil sekaligus dan atau gak payah dalam memikirkan faktor faktor di atas, percayalah, Chevrolet Trax Turbo tipe Premier ini sangat tepat untuk dimiliki! Jadi, tunggu apalagi? Ingat Senin harga naik! Hehe.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

29 KOMENTAR

  1. Kang K0bay itu mandan saru,
    Mosok mbahas bagasi mobil,
    eh fotone disajikan foto bagasi mobil dan “bagasi” SPGeh….
    Podo2 duwe bagasi sing mantep.

  2. tenaga bawah hingga sekitar 3800 sih biasa saja, laiknya mobil 1300-1500cc pada umumnya. Wajar karena selain CVCP belum aktif, turbonya juga belum On. Keduanya aktif di sekitar 4000-an RPM.

    Turbo baru aktif di 4000 rpm? Lah kalau jadi mobil harian, jarang masuk tol, macet2an. Bisa tak pernah ngerasain tenaga aslinya dong.

    Mesin turbo biasanya torsi flat dari dari rpm rendah sampai tinggi, akan terasa disaat mobil anggap 900-1200 rpm power masih di 40-70 hp torsi 60-80 nm, tiba2 di tendang torsi (turbo boost) 200 nm ya njengat… tapi kalau 4000 rpm ya kapan ngrasainnya, masa jaga putaran di rpm 4000 terus?

    Nyetir mobil turbo triknya jaga tetap di area turbo ngeboost (misal innova, boost di 1200-2600 rpm) maen saja disitu… atau colek dikit, biar boostnya flat dari 1200-red line (ga drop di 2600 rpm). Jadi cukup jaga putaran mesin ga drop dibawah 1200 rpm

  3. Kalok yg baru kan diskon 80jt, nah kalok unit yg udah pernah dites sama blogger pang kasepna se-duren sawit jadi di diskon sabaraha mang?

  4. Lagi2 masalah perawatan Kang yg membuat mobil ini nggak dilirik.

    Mo sebagus apapun fiturnya mo sebagus apapun build quality nya, dan semua dibungkus dng harga affordable, taaapiii kalo sparepart sudah dapetinnya dan harganya mahal utk mbl sekelasnya ya jaminan nggak laris.

    Ane sempet ngelirik ini mobil. Tp ane survei2 dulu perihal sparepartnya. Walah gak gampang nyarinya utk kota2 kecil. Org bilang ah jaman skr mah beli online aja. Ya kali kalo ada kendaraan cadangan shg mbl ndoprok dulu gak dipake berhari2 utk nunggu sparepartnya. Kalo nggak pny?

  5. kalau mau tes performa ke tol becakayu aja mang masih sepi banget,, ga jauh juga dari duren sawit.

  6. These days, both hrv and trax, are easily the most gantengest subcompact suv’s fascia, hands down.

  7. @amsyong
    Nope msh ada cx3 yg lbh ganteng
    Trax model ini memang bgus, kalau gen awal kaku jelek, dashboard jga kuno
    Model bru ini cakep
    Tpi mesin turbonya kurang efisien
    Msh lbh irit mesin 2000cc cx3

  8. Meh. Proporsi cx3 dari samping hood nya terlalu panjang dan terlalu pipih dibanding proporsi kabin, tidak sedap dipandang. A subcompact suv with low ground clearance who tries too hard to become a Coupe 4 seater? Tata letak headlamp seperti kebingungan gak nge-blend dengan main grille.

    Cx3 fascia’s? Definitely nah.

  9. Nah, masalahnya kalo pny duit bnyk dan bs kyk paragraf terakhir mending ambil brand yg kuat. Jd pas org nanya, pake apa? Pake chevy trax mmmm… imagesnya gimana gitu. Coba jawabannya vw polo turbo, image dari org msh oke

  10. Set dah, turbo diesel disamain sama turbo gasoline. Biar kata turbo spinning di rpm atas juga; turbo diesel 2400 ga bakal menang speed lawan turbo bensin 1400 selain adu torsi.

  11. @amsyong
    Well desain selera, n cx3 mendapat penghargaan desain terbaik d kelasnya, d setiap review jga selalu dapat nilai plus d desainnya
    Trax model ini memang lbh ganteng d banding trax awal, apalagi dg harga sekarang gak sampe 250jta,memang menarik sih
    Tpi tetep cx3 mobil impian ane

Yuk Tinggalin Jejak Lads..