Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Benarkah Datsun Indonesia Stop Produksi? Hot gosip yang belakangan KBY dengar dan pantau ini akhirnya kejadian juga. Datsun, salah satu pabrikan otomotif roda empat asal Jepang yang berada di bawah naungan Nissan dikabarkan akan stop produksi di Indonesia mulai tahun 2020 mendatang. Artinya, Datsun akan mengikuti jejak Ford dan terakhir Chevrolet yang kibarkan bendera putih, dari mulai stop penjualan akhirnya hengkang dari Indonesia. Seperti apa sih kabar sebenarnya tentang Datsun yang akan stop berjualan di Indonesia ini?

DATSUN AKAN STOP PRODUKSI MOBIL DI INDONESIA

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, menurut informasi yang ia terima, Datsun akan menyetop produksi mobil di Indonesia. Kabarnya, PT Nissan Motor Indonesia sebagai induk perusahaan Datsun di Indonesia akan mengubah strategi bisnis.

“Informasi sementara yang kami terima, Nissan akan mengubah strategi bisnisnya di Indonesia sesuai dengan arah perkembangan pasar otomotif di Indonesia,” kata Putu kepada detikcom, Senin (25/11/2019) pagi tadi.

“Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan di bawah skala ekonomi,” lanjutnya.

Namun, kata Putu, pihak Nissan belum membicarakan langsung perihal ini kepada Kementerian Perindustrian.

“Nissan sedang mencari waktu yang tepat untuk melaporkan secara resmi detil rencananya dan perkembangan bisnisnya kepada Kementerian Perindustrian,” katanya.

BELUM ADA KONFIRMASI DARI NISSAN INDONESIA

Mencoba meminta konfirmasi tentang berita ini kepada pihak PT Nissan Motor Indonesia. Namun Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani ogah berkomentar.

“Kami tidak ada komentar lebih lanjut mengenai hal ini. Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen terhadap pasar dan konsumen di Indonesia,” sebut Hana.

Menyimak pernyataan Putu, memang penjualan Datsun mengalami penurunan tahun ini dibanding tahun lalu berdasarkan laporan datanya ke Gaikindo. Pada periode Januari-Oktober, penjualan Datsun turun 18,5 persen. Pada 2018, penjualan ritel Datsun dari Januari ke Oktober tercatat pada angka 8.390, sedangkan pada 2019 hanya 6.836 unit.

sumber: detik

DEALER TETAP ADA TAPI GAK JUALAN

Nah bagaimana dengan info yang KBY dapatkan dari sumber lainnya? Sumber yang selalu memberikan info dan bocoran akurat untuk roda empat kepada KBY ini mengatakan:

Betul kang, Datsun akan tutup, terakhir Januari 2020. Sudah diadakan meeting dan diumumkan. Nextnya cuma akan (melayani) servis saja. Dealer tetap ada tapi ga jualan mobil, kaya Ford jadinya.

Nah sudah ada dua sumber deh, sooo.. kalau begitu, Datsun akan menyusul Ford dan Chevrolet yang perlahan lahan menarik diri dari kerasnya penjualan mobil di Indonesia hehe. Tapi fix untuk servis dan suku cadang, Datsun akan tetap melayani konsumennya. Menurut lads gimana nih?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

25 KOMENTAR

  1. Merek yg di anak tirikan oleh Nissan,, setelah dibangkitkan malah dikuburkan lagi,,, mentang Mitsubishi lagi bagus penjualannya,,

  2. pelajaram deh buat pelaku industri yg mau nyicipin empugh dan gurihnya pasar otomotif Indonesia agar fokusnya rakit untuk ekspor … karena klo ngandelin pasar lokal … persaingannya kejammm Mbambanggg

    tuh liat TVS, Suzuki dan Kawasaki di roda dua … klo di roda 4 ane gelap info nya heheheheheh

  3. Jadi menurut anda mesti terus saja produksi datsun hoppless meski gak laku?

    Untungnya dimana? Mereka itu perusahaan yg orientasinya profit bukan badan amal om

  4. yah klo begini jgn salahkan pabrikan nanti jika hanya ada beberapa pabrikan yg eksis dan kita di suguhkan dgn model dan fitur yg disediakan alakadarnya dr pabrikan … karna ketika brand baru mo eksis namun ga bisa bertahan akhirnya ya itu lagi itu lagi (brand/model) ….

  5. lagi2 kabar suram otomotif kita. Nelorin mobil ky gak niat updatenya. tipe cross cuman facelift seadanya. ngga ada desain baru baru,fitur baru, apalagi mesin baru. pasar jg ngeliat mana yg sustainabilitynya berkelanjutan. ngga ada update ya ditinggal

  6. datsun yang di bawah nissan aja keok apalagi si renault triber yak yang baru netes,, semoga bisa eksis terus.

  7. Pabrikan mobil menengah keatas macem Subaru aja hengkang, apalagi ini.
    Market Indonesia emang unik.

  8. berita APM tutup berturut-turut kaya gini bakalan bikin calon konsumen cari aman,
    dan akhirnya beli merk yg pasti pasti saja

  9. DATSUN STRATEGI YANG TIDAK BERANI, CONTOH KAYAK WULING FITUR SEABREG,HARGA SEPARUH.CEK PENJUALAN WULING SEKARANG NO 7 NASIONAL

Yuk Tinggalin Jejak Lads..