Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Teknologi lampu LED di otomotif saat ini sudah dapat dikatakan terjangkau dari sisi harga karena teknologinya sudah lebih murah dan mudah tidak seperti saat awal awal dikembangkan. Oleh karena itu di kebanyakan produk otomotif penerapan lampu LED baik untuk lampu utama maupun rem sudah menjadi standar. Lampu LED selain lebih aman dan berusia lebih lama dari bohlam biasa, dapat membuat penampilan kendaraan jadi lebih menarik. Nah KBY juga pasang bohlam lampu LED di All New Ertiga Suzuki Sport – si Aness, hasilnya? Beuuuhh mantap lah!

Suzuki All New Ertiga Sport maupun Ertiga tipe biasa (GA, GL & GX) memiliki keunggulan dari produk sekelasnya yaitu sudah menggunakan lampu rem LED yang dikombinasikan dengan DRL belakang. Hanya saja untuk lampu depan semuanya masih tipe bohlam dari fog lamp hingga hi-beam.

Nah selain agar lebih terlihat cantik dan modern serta senada dengan lampu DRL di bumper yang dimiliki oleh tipe Suzuki Sport, KBY memutuskan untuk mengganti lampu fog lamp dan lampu dekat (low beam) All New Ertiga Suzuki Sport dengan lampu LED lads.. Apalagi lampu dekat All New Ertiga kan sudah proyektor, makin cakep harusnya.

PASANG LAMPU DEPAN LED ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT

KBY pasang lampu depan LED ini dua kali di All New Ertiga Suzuki Sport, yang pertama sekitar 3 bulan lalu menggunakan merek HLXG, sinarnya cukup memuaskan meski masih kurang pekat dan kuat, tapi dirasa sudah cukup. Harganya lumayan 750rb sepasang.

Sayangnya belum sempat jadi artikel (tapi sudah jadi video – silakan ditonton di bawah ini) eh yang sebelah kanan (kalau dilihat dari depan) udah redup aja.. kecewa lah, gada garansi pula. Karakter lampu LED itu gakan padam, tapi redup.

LAMPU LED OKTA VISION

Terus di vlog ada komentator yang menyarankan pakai LED buatan Okta Vision, katanya lebih terang dan ada 3 tipe disesuaikan dengan isi dompet hehe. Tapi semua tipenya sih memuaskan ujarnya. Karena panasaran, akhirnya KBY pesan deh 2 unit Okta Vision tipe H11 yang rencananya untuk low beam dan fog lamp.

Sebagai informasi, lampu Fog Lamp All New Ertiga itu tipe H16, tapi fisik, dimensi dan socket persis dengan H11, bedanya hanya di besaran watt, H16 ga bisa sama dengan H11 alias pasti wattnya lebih kecil.

3 TIPE LED OKTA VISION

Om Edward pemilik Okta Vision menjual LED buatannya dalam 3 tipe, yaitu:

1. tipe X3 6 chip lumileds ZES 21-23 Watt, harga 525rb sepasang. Sinar sedikit di bawah HID, kecuali fog lampnya setara HID. Cut off persis halogen alias gak nyebar.
2. tipe E3 8 chip lumiled ZES 28-31 watt, harga 600rb sepasang, sinar setara HID – fog lamp sinar di atas HID, cut off persisi halogen alias gak nyebar.
3. Tipe F3, Chip Cree XD High power with driver, 52-55 watt, tipe tertinggi dan termahal. Sinar jauh lebih kuat dari HID, lebih terang dari LED OEM, cut off persis halogen. Chp Cree sendiri merupakan chip terbaik yang ada di pasaran saat ini.

Setelah diskusi dengan om Edward, untuk fog lamp cukup tipe E3 saja, sudah lebih dari cukup, meski kalau mau F3 ya silakan saja dan memang terang banget sih hehe. Nah untuk low beam nya baru deh F3 dengan driver. Hasilnya ajib banget! Sempat salah pasang, E3 jadi low beam dan F3 jadi fog lamp, dimana hasilnya itu fog lamp terang banget! wkwkw.. tapi gak sampai menyilaukan mata karena cut off nya bagus.

Ya udah, langsung aja silakan dicek videonya yah, sejauh ini puas banget sama performa sinar Okta Vision, sesuai dengan klaimnya. Tinggal konsistensi dan usia pemakaian nih, bisa berapa lama?  Okta Vision bisa ditemukan di IG maupun marketplace lads.. Semoga bermanfaat yes.

sekalian ganti lampu senja

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

19 KOMENTAR

  1. Mang tu om edward/toko okta vison nya ada kontak wa g??? Ato lapak resmi d marketplace nya (link). Soalnya ane mau ganti lampu si kuro ge8 (namanya bukan niru ye, tu bini yg ngasih nama ekekekekek) ane pake lampu LED, tp.takut salah n malah gampang redup / g bisa nembus kabut soale si kuro ane lom ada foglamp nya

  2. gile terangnya, F3 berapa duit? btw itu pantatnya bohlam bawaan ada cover kayak di motor ga? klo ada, solusinya gimana tuh kang

  3. fog lamp pake led ga apa bang kobay? kabut ama hujan tembus kaga bang. direview pas hujan dong…

  4. mang, kalo yang ga usah pake balancer gitu ada ga ya? ini kalo ke beres garansi electrical void ga?

  5. Led bs cepet mati itu bkn lampu LED nya tp prosesor/IC yg mati.aku pakai LED,setaun udah 3 pasang ganti karena mati

  6. Itu cut off bukan dari projectornya ya? Jd sinarnya gak buyar. Kalo lampu led dipasang di headlamp biasa bukan jd tambah buyar dan silau?

    • Cut off dari projector juga.. tapi kalau di non projector pembuatnya bisa bikin cut off mirip/setara dengan non led.. jadi gakan buyar meski gakan serapih projector

  7. pengen ganti sm LED euy motor na, tp motor jarang d pake & keluar malem. ori na pake soket H11 & H9, 55 watt low & 60 watt high. ngincer sih autovision.

    Okta vision tuh pemain lama ato msh baru kang?

  8. Abis cek online harganya lumayan gaes 1.1-1.5jt an tapi wes dapet sepasang nih.. sayang gak jualan tipe H4 takut terlampau silau kalo gk bener makek reflektornya (biasanya yg kw jd nge glare dan itu bahaya). Keren jg nih.. jd bimbang ini apa proje 98K sniper yg hrga nya udah under 1 jeti sebiji..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..