Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Anjuran untuk selalu berhati-hati saat berkendara di jalan raya merupakan hal yang wajib kita lakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Karena faktanya, saat ini santer terdengar berita-berita kecelakaan mobil yang naas terjadi, walaupun sebenarnya mungkin kecelakaan tersebut sangat bisa untuk dihindari jika para pengendara mobil memperhatikan dan melakukan tips-tips saat berkendara.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau menghindari
terjadinya kecelakaan mobil. Yuk simak dan lakukan tips-tips mengendarai mobil di jalan raya (dirangkum dari Humas Polda Metro Jaya) berikut ini.

1. Hindari Berkendara di Lajur Kanan/ Lajur Cepat

Utamakan keselamatan karena keluarga tersayang menunggu kedatangan Anda di rumah. Banyak pengendara mobil berkendara di lajur kanan dengan alas an terburu-buru dan ingin segera sampai.

Namun, tahukah Anda bahwa banyak kecelakaan terjadi di lajur kanan. Hal ini dikarenakan saat kita berada di lajur kanan, kecepatan mobil kita tinggi sehingga saat ada kenaraan lain yang melintas dari arah yang berlawanan, kita bisa kehilangan keseimbangan dan susah untuk menghindar, sehingga rawan sekali terjadi kecelakaan.

Beda halnya saat kita berkendara di lajur kiri atau tengah, itu akan membuat Anda aman karena memiliki lebih banyak rute untuk melarikan diri bila terjadi masalah yang membuat Anda harus cepat berpindah lajur.

2. Perhatikan Arah Depan

Disarankan Anda jangan hanya melihat kendaraan yang tepat berada di depan Anda. Tapi, Anda juga harus awas dan memperhatikan lalu lintas yang ada di depan mobil Anda.

Hal ini, wajib untuk Anda lakukan untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap masalah-masalah yang nantinya dapat timbul dan Anda akan punya banyak waktu untuk bereaksi serta memperkecil kemungkinan Anda untuk menabrak kendaraan yang ada di mobil Anda.

Usahakan juga jarak antara mobil Anda dengan kendaraan yang ada di depan Anda jangan
terlalu pendek, hal ini dimaksudkan agar Anda tak menabrak mobil di depan Anda jika dia
berhenti mendadak.

3. Perhatikan Titik Blindspot

Titik Blindspot adalah titik yang tak terlihat oleh spion mobil kita. Meskipun kita sudah
mengatur spion agar memiliki jangkauan luas untuk melihat seluruh daerah di belakang dan samping mobil Anda, namun jangan tergantung penuh pada spion, karena ada titik-titik yang memang tak bisa dijangkau oleh spion.

Maka, Anda perlu sesekali menengok kanan kiri Anda untuk mmeperhatikan titik yang tak
terjaungkau oleh spion mobil. Dan jika Anda berada di samping, belakang, atau depan truk, usahakan jangan berlama-lama disitu.

4. Menemukan Posisi Mengemudi yang Pas

Posisi mengemudi sangat berperan penting. Hal ini sangat diperlukan agar ketika Anda harus bermanuver cepat untuk menghindari kecelakaan, semua bisa dilakukan dengan terkendali. Ingat, jangan mengemudi dengan satu tangan pada posisi jam 12. Itu sangat berbahaya.

Itulah beberapa tips singkat yang dapat Anda terapkan saat Anda mengemudi. Pesan untuk
selalu mengutamakan keselamatan dibanding kecepatan, karena keluarga menunggu Anda di rumah. Akan lebih baik juga bila Anda sudah menggunakan layanan asuransi mobil all risk untuk meminimalisir kerugian akibat kerusakan ataupun kecelakaan yang mungkin bisa saja terjadi.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

21 KOMENTAR

  1. terkadang kita sudah hati”. eeehh gubrraak. d sondol dari belakang, kan nyesek kang, udah yg nyetior emak” . abis nyondol pura” bego pisan uugh.

  2. Saya pisan ini mah, padahal udah di lajur kiri apal mereun kang kobay d by pass bandung di depan pt len..
    Mika stoplamp hancur.
    Ditabtaknya sih sama motor, gara” di depan ada razia awal november kemaren pemotor di depan rem mendadak sambil puter balik padahal udah dikiri jadinya rem mendadak n tabrakan beruntun.
    Mau motor yg puter balik atau yg nabrak sama” kabur lah.

  3. oh ternyata kang Kobay kerjanya disitu….
    btw kalau terlalu lama di belakang truk kenapa ya? kan klo di belakang truk kemungkinan kenapa2 kecil, rem truk ga sepakem mobil pada umumnya karena bobotnya berat (apalagi yang muatan penuh)

  4. Tambahan mang: Jangan buat gerakan/manuver tiba2. Buat semua gerakan kita bisa dibaca/diprediksi pengendara lain.

  5. Halllaaaahhh anu terakhir asa kasindir “jangan lupa asuransi all risk”, rek daftar asuransi all risk k mamang kobay teu jd wae gara2 KAPOLDA can mere ijin wkwkwkwkwkwkwkwk

  6. Setuju dgn @asyu krn akhir2 ini marak dgn aksi satu golongan tertentu (yg tipe mobilnya itu2 aja, bukan angkot, u no lah) yg suka potong jalur, belok mendadak ga pake sen, hobi puter balik di blind spot, dan nyetirnya ngagokan keteyep2 di tengah sambil maen hp.
    Masih mending angkot gaya nyetirnya predictable.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..