Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Tahun lalu, moge ini hadir di pameran yang sama dalam bentuk konsep atau prototipe. Aprilia memajang motor konsep bergenre Sportbike ini dengan spesifikasi yang hampir semuanya benar benar baru, baik dari mesin, desain dan lainnya. Dan di tahun 2019 ini, pada gelaran pameran EICMA Milan 2019, Aprilia akhirnya resmi memperkenalkan dan merilis motor baru mereka yaitu Aprilia RS660 2020, dan ternyata lads, modelnya sama persis dengan versi konsep, dengan ubahan dan tambahan beberapa part yang mendukung motor ini sebagai motor street legal alias boleh dikendarai di jalan umum. Cekidot lengkapnya..

Lads dapat melihat si 2020 Aprilia RS 660 memang terlihat seperti motor konsep yang plek dibuat versi produksi masalnya. Sangat jarang motor yang awalnya konsep atau prototipe kemudian rilis versi massal yang menyerupai versi konsep, salah satunya sebagai contoh adalah Honda CBR250RR. Nah si Aprilia RS 660 versi massal ini hanya ketambahan spakbor belakang, spion, jok, penutup rantai dan model knalpot dimana versi konsep menggunakan muffler aftermarket, sedangkan versi masalnya pakai knalpot model underbelly.

Namun bicara trah keluarga, secara keseluruhan, dia memiliki desain yang sangat iconic dengan Aprilia RS series, sebut saja model 3 reflektor headlamp dibagian depan, bedanya RS660 ini memiliki siluet LED yang cantik dan membuatnya terlihat futuristik. Dan khas desain Italia yang artistik dan syantic bak model, fairingnya sangat aerodinamis dan ramping, tail light dan buritannya terlihat tidak terlalu nungging dan membentuk ekor pesawat terbang.

 

Lihatlah frame model twinspar alumunium yang unik karena mengecil di bawah dan terlihat seakan menyatu aliran garisnya dengan swing arm alumunium asimetris cantik yang menjadi ciri khas motor sport Aprilia. Pun begitu, jika melihat hanya sekilas saja dari samping, maka kesan yang akan didapat adalah, R15 is that you?

 

Fitur Aprilia RS660 2020

Sebagai salah satu pencipta motor legendaris, Aprilia juga memberikan fitur dan elektronik yang tidak kalah canggih dengan pabrikan Jepang, terima kasih kepada fitur dari IMU Six-axis yang membuat motor ini memiliki fitur-fitur canggih berupa Cornering ABS, Traction control, Wheelie control, Up and down quick-shifter, Engine braking control, Three road riding mode, Two track riding mode dan Cruise control.

Semua yang disebut di atas dapat terpantau dan terkendali melalui panel speedometer TFT display. Malahan, speedometer tersebut juga mampu terkoneksi dengan aplikasi smartphone. Kejutan datang dari suspensi depan Upside down yang menggunakan KYB (biasanya Marzocchi atau Showa) berukuran 41 mm dan rem cakram dengan kaliper radial dari Brembo. Ajib kan?

 

Spesifikasi Aprilia RS660

Namun dari semuanya yang disebut di atas, yang paling menarik adalah sisi spesifikasinya yang bisa jadi perdebatan. Motor jenis Supersport itu biasanya memiliki konfigurasi mesin 4 silinder, sementara Aprilia RS660 ini hanya memiliki mesin 2 silinder segaris berkubikasi mesin hanya 660cc saja! Waduhh kok kaya ending yang nanggung yah..

Pun begitu, powernya diklaim mencapai angka 100 hp lads! Artinya, meski hanya bermodalkan silinder dua buah tapi bisa kebayang ganasnya motor ini, jika kita komprasikan dengan rival terdekatnya sebut saja Kawasaki Ninja 650 powernya hanya mencapai 68 PS saja, tapi memang jika dibandingkan misal dengan Yamaha R6 2020 powernya lebih kecil 15 HP, wajar sih ya secara kekurangan 2 silinder hehe. Tetap saja, motor Italia ini gak bisa dianggap remeh, apalagi yang bobotnya hanya 169 kg saja! Enteng!

Sayangnya sampai tulisan ini terbit, belum ada rilis spesifikasi resmi dari pihak Aprilia. Tapi, pihak Aprilia menjual motor ini dalam 2 tipe dan 2 pilihan warna diantaranya dibawah ini fotonya.

Aprilia RS660 2020 warna hitam

WARNA BIRU

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

10 KOMENTAR

  1. Secara disain saja…cakepan mana sama cbr250rr ? 😂

    Tapi yah..sebenarnya 2 cyl 600an Cc hal biasa sih..bagi H lowh ya.
    Coba … 2 mesin Nsf diiket tali jadi 1 , jadi gahar gk? 😂
    Yezzz kan mang kobay?

  2. Gak salah rival terdekat ninja 650? Terus pas bahas yamaha malah dibandinginin sama r6. Harusnya kalo kawasaki ya zx6r 😂😂😂

  3. Kalau disini, tetep saja 4 silinder menang mang 😁
    Mau 600cc kalau silinder masih 2, yg ada ngeselin banget, dikatakan motor pasaran 250cc 😅.

    Apalagi skrng udah mulai bbrp motor 4 silinder yg masuk kota kecil (kbnyakan NO PAPER), dan orang awam dikota kecil dah pada mulai nyadar suara 4silinder adalah real motor mahal 😂.
    Beda ama dikota besar, mngkin mrk dah gk asing lg.

    Mknya gk heran kmrn bnyk yg nunggu 250 4silinder, apalagi kawasaki ada program magic 0% dr blibli 🤦

  4. @anigap
    Kompetitor sejenis mesinnya 2cyl ya ninja 650 lah gmn sih loe, kalau d banding mesin 4cyl R6 power defisit 15hp
    Masak gtu aja kagak ngerti

  5. @draco
    Mungkin dia mintanya jangan di compare sama R6 tapi MT-07 yg sama sama biasanya dipake balap supertwin kayak ninja 650 dan sv650 😅

Yuk Tinggalin Jejak Lads..