Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Masih ingat hot gosip calon motor baru Honda dengan Kode Honda K2FA? Nah setelah bertapa di Motegi dan Sepang dalam kondisi kontras yang satu dingin dan yang satunya panas betul, akhirnya bisikan terbaru akan kode tersebut hadir juga. Motor yang konon akan hadir di akhir tahun 2020 tersebut merupakan sebuah skutik (lagi), jadi bukan jenis sport bukan pula bebek. Bahkan ada beberapa opsi info yang masuk, salah satunya membisikkan motor tersebut adalah Honda Scoopy dengan mesin baru!

Mesin baru? Bisa jadi tak hanya mesin tapi mungkin ada sedikit perubahan desain mengingat desain Scoopy terakhir masih belum terlalu lama beredar. Tapi kalau mesin? Nah ini.. perubahan terakhir hanya dari karbu menuju era PGM-FI, masih 110cc. Apakah ada kemungkinan naik kapasitas mesinnya.

scoopy 2019_matte red

MESIN SERUPA GENIO?

Hingga tulisan ini naik, belum ada bisikan lebih lanjut terkait dengan kapasitas mesinnya, hanya saja info yang didapat adalah, mesin nya memiliki stroke yang panjang. Bicara stroke panjang jadi ingat Honda Genio 110, mesinnya generasi baru, begitu juga dengan sasis ESAF nya..

Mesin Honda Genio memiliki spesifikasi Bore x Stroke 47 x 63.1 dengan tenaga dan torsi sebesar 9PS 9.3Nm, naah panjang kan? Bandingkan dengan mesin Beat dan Scoopy saat ini, 50×55,1 (8.68ps dan 9.01Nm/ 9,1.PS dan 9.4Nm). Berat Scoopy 99kg, berat Beat 93kg dan Genio 90kg.

baca juga: Modifikasi Simpel Keren Honda Scoopy

Soo prediksi KBY Honda K2FA ini – apapun itu, Scoopy terbaru atau bukan, akan menggunakan mesin long stroke serupa dengan mesin milik Honda Genio 110 yang irit oli, cuma butuh 650cc ajah.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

26 KOMENTAR

  1. mang…makin sedikit oli apa ga makin rawan tuh
    yg seliter aja kadang tggl seperempat (bwt empunya motor yg males) ….
    gimana yg cuma stgh liter lebih dikit….

  2. Kalo ini mesin 125 cc 4 klep gimana mang,buat lawan Lexi,secara baru Lexi yg pake mesin 125 cc 4 klep

  3. Honda ga akan keluarin skutik 4klep vva serupa lexy takut motor boros.
    Nanti FBH ga ada yang beli motor honda klo motornya boros.

  4. H gak bakal keluari 4 klep vva ,tapi 4 klep dg vtech bakal tetap ada 😂 kalau dg 2 klep saja dah cukup bisa bejaban..maka 4 klep itu jadi bonus ,vtechnya ntar2 aj..mana tau Y lagi bikin rumus lagi 😂

  5. Nyatanya ada di Lapangan, Harusnya ada di pabrik dan lokasi test, Maksudnya ada di perancang bisnis. Bau-baunya biar cepet terjadi fuel dilution sehingga oli tidak dapat melindungi kompenen dengan gesekan tekan terbesar yg jika di rata2 sekitar 16kgf untuk ukuran mesin kecil-menengah. Sehingga itu camshaft alias noken-as bisa berubah ukuran dan durasinya(sekalipun dengan pelatuk roller tetap saja itu per klep tekanannya besar terhadap noken as) yg mengakibatkan tekanan kompresi meningkat dari batas wajarnya dan menyebabkan getaran hebat sehingga konsumen tidak nyaman hanya dalam waktu 3-4 tahun atau setara sekitar 35ribu-45ribu kilometer, cari solusi memperbaiki syukur ketemu mekanik berpengalaman dan jujur, tapi banyaknya baru tahap jujur(masih kurang riset dalam hal kegagalan kinerja mesin minimal di mesin standar deh) sehingga solusi nyaman yg dicari sebagian besar konsumen tidak ketemu di perbaikan saja (baik itu di beres ataupun belum/bengkel umum). Setelah 3-4 tahun konsumen yg menemui masalah dg kendaraan roda dua nya sebagian besar hanya melihat solusi kenyamanan ada di unit baru. Dari sebagian besar tadi, sebagian besar nya lagi karena keterpaksaan mengambil unit baru untuk memenuhi kebutuhan transportasinya. Artinya keterpaksaan sebenarnya tidak mau atau belum cukup cash untuk unit baru tersebut, tetapi karena kebutuhan ya apa mau dikata kredit/HUTANG jalan keluarnya, padahal unit sebelumnya juga hasil hutang yg sudah lunas di tahun 3, ketika menginjak tahun ketiga sampai keempat ternyata unit tersebut tidak nyaman, jadi ya hutang lagi. Jarang ada mekanik beres yg ditraining secara mendetail tentang durasi, lift, noken as, klep pengaruhnya terhadap airflow velocity dan airflow cfm(cubic feet per minute). kapan pernah liat di beres ada busur derajat, paling banter juga dial indikator. Pengukuran-pengukuran ini adanya di level perancang mesin dan yang pasti untuk memenuhi permintaan perancang bisnis.
    Ya sejauh ini khalayak umum ketahui sampai kartel harga antara beberapa perusahaan besar, tapi kartel teknologi belum terungkap. Kartel teknologi lebih berbahaya ruginya di banding kartel harga. Uang kurang bisa diusahakan/dicari, teknologi/pengetahuan kurang ya diperalat terus khalayak umum. Minimal dari cerita di atas, coba kapan selesainya itu hutang, yang ada bertumbuh terus itu hutang, adiknya perlu kendaraan hutang, anaknya perlu kendaraan hutang. Ah ga apa2 bisa dicicil 3 tahun ini, setelah tiga tahun rusak/ga nyaman hutang lagi, masih layak bilang ah ga apa2.
    Keliatan khan benang merah nya berapa banyak pihak yg diuntungkan dan berapa banyak pihak yg dirugikan. Ya lumayanlah ada ladang cari receh kata blogger ternakan, hutang orang lain ga lunas2 itu bukan urusan saya, padahal mungkin besar orang yg berhutang mantap melaksanakan akad kredit setelah membaca salah satu ulasan blogger ternakan, yg biasanya informasinya kurang berimbang).

  6. kalo mesin ngonda (asal sehat) saya jamin akan baek” saja, walaupun smpe 8000km UP. saya sudah coba sendiri. kalo pake merk sebelah. tiap 2000km harus d cek level olinya. (karena pernah saya coba 4000km oli tinggal 300cc)

  7. beat 2011 karbu, pke oli 800 mili, lancar jaya isi maret sampe sekarang belum ganti, pke pertamina gold. asoooooooy..mang masih make oli sesat teu

  8. @Panjul

    Pala lu njul… Gw ada Vario 150 2018 gak begitu. Air Radiator aja pernah tinggal dikit. Alarm mati, step macet, standar tengah macet.

  9. Lebih boros dari pcx yang 2 klep tapi lari lebih kencang dari pcx..
    Motor kenceng ya pasti lebih boros, gitu juga mana ada motor irit kenceng.

  10. Bejaban apanya ARE YOU KIDDING ON ME??.
    Cuman SALES HONDA aja yang bilang 2 klep nya pcx bisa bejaban lawan 4 klep 150cc + vva nya yamaha.
    Ga usah pake vva 4 klep deh vespa sprint 3 klep 150cc, body kaleng aja masih lebih enak tarikannya banding pcx..

    Intinya honda tuh bisa bikin motor keceng tapi lebih boros bbm tapi takut pelanggan pada kabur entar klo motor boros.

  11. ane makai supra dari tahun 2008 fine2 aja udah hampir 200 ribu km gak pernah ngebul wkwk paling keder2 doang bodynya harus diakalin pakai karet tapi mesin emang top kadang lebih dari 3000km baru ganti oli olinya berkurang tapi gak banyak

  12. Artinya motor jaman sekrg tidak seawet jaman dulu, dan jika memungkinkan ‘mereka’ akan sebisa mungkin membuat produk yg gampang rusak.. agar produk yg baru tetap laris..

  13. Kabar gossip beat facelift kang? Nunggu antara ambil genio apa beat. Genio gasukanya ada kalkulatornya. Alhamdulilah dapet rejeki dari mertua disuruh nerusin arisan motor kang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..