Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski kabar ini masih cukup lama terwujud, namun jika tidak ada perubahan rencana maka kita akan melihat dua produk baru dari Honda, yaitu Honda XRV dan WRV (di luar City Hatchback) sekitar 1-2 tahun mendatang. Dua SUV berbeda kelas ini akan hadir di Indonesia untuk melengkapi line up produk dari HPM. Loh apa nantinya gak tumpang tindih dengan SUV lain yang sudah dimiliki oleh HPM? Makanya kita cari tau fitur dan spesifikasi dari dua produk ini, kuy..

HONDA XR-V

DESAIN

Honda XRV terbaru sudah hadir bulan Juli 2019 lalu di Cina. XRV yang punya kode 3M0A ini berbentuk SUV kompak dan satu platform dengan HR-V. Pada dasarnya dimensinya sama dengan produk yang ada di Indonesia tersebut lads. Hanya saja, ia punya desain yang agak berbeda, ada sentuhan DNA CR-V juga sih. Bentuk lampu dan bilah grille terbalik, mengingatkan kita pada sang kakak.

Beralih ke belakang, kok kaya melihat Honda BRV tapi dengan sentuhan yang lebih keren dengan bentuk lampu belakang yang membentang. Dua rumah lampu rem disatukan dengan garis tengah, nah mirip BR-V kan?.Dari foto, terlihat lampu LED pada semua pencahayaan. Nah, agar tampilan makin gahar khas SUV, sideskirt hingga semua fender berlapis bahan plastik hitam doff. Antena model hiu pun tak luput dilekatkan, mengikuti tren terkini. Di Cina, posisi XR-V sedikit lebih premium dari HR-V loh lads.

INTERIOR

Semua interior kabin XRV berbalut nuansa hitam. Mulai dari dasbor, lingkar kemudi, doortrim hingga jok kulit serba berwarna gelap, nuansa yang sama dapat kita temukan di HR-V. Lubang AC berbentuk klasik bulat dan head unit pakai model non-floating monitor. Meski tak disebut ukuran layar, namun fiturnya cukup lengkap dengan kemampuan menampilkan navigasi gps, multi-audio player hingga koneksi smartphone.

MESIN HONDA XRV

Honda XRV menggunakan mesin  1.5L VTEC turbocharged dan 1.5L i-VTEC naturally aspirated. Meski bisa disebut sebagai kembaran dari HR-V, namun Honda XR-V diracik ulang hingga memunculkan karakter yang berbeda. Paling mencolok, bentuk bumper dan pipa knalpot ganda berlapis krom pada versi turbo.

Varian tertinggi dengan Engine 1.5L VTEC Turbo yang menggantikan 1.8L N/A menghasilkan daya maksimum 177 Hp dan tendangan torsi sebesar 220 Nm. Sementara tipe 1,5 liter i-VTEC NA output daya maksimum yang terkirim 131 Hp dan torsi 155 Nm. Angka ini sepertinya dihasilkan dari mesin jenis DOHC. Seluruh line-up mobil dilengkapi opsi transmisi manual enam speed atau gearbox CVT.

FITUR HONDA XRV

Honda XR-V tipe tertinggi dibekali seperangkat fitur Honda Sensing untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Teknologi active cruise control, untuk memudahkan meluncur di jalan lurus juga tersedia. Ada juga sistem pengereman collision mitigation braking dan lane keeping assist sebagai peringatan kala pindah lajur. Hadir pula traffic sign recognition dan road departure mitigation yang menjanjikan keamanan teknologi pintar, sambil menikmati kenyamanan dan kesenangan dalam berkendara

Honda XR-V pertama kali muncul ke publik pada tahun 2014 silam dan sempat banyak menjadi bahan diskusi karena konsepnya yang tangguh. Mobil ini akhirnya resmi diluncurkan pada tahun 2015, tepatnya di acara Shanghai Auto Show. Sementara versi terbarunya hadir di bulan Juli kemarin. Honda XRV sendiri diproduksi oleh Dongfeng-Honda di China.

Di Indonesia, jika tidak ada perubahan skedul dan strategi, Honda XR-V akan hadir sekitar tahun 2020 akhir atau 2021 awal, masih lama kaaann.. Modelnya juga kemungkinan sudah ganti hehe. Tapi info yang KBY kantungi sih model ini fix akan hadir dengan menggunakan platform Mobilio/ BRV seiring adanya wacana HR-V akan phase out.. ups.

HONDA WRV – JAZZ COMPACT CROSSOVER

Pada dasarnya segmentasi dan posisi Honda WRV ini berada di bawah BRV, Honda WRV berkode 3K6A di Indonesia nantinya akan bertarung di kelas yang sama dengan Suzuki Ignis. Jadi dari sisi dimensi sudah kebayang kan sebesar apa si subcompact Crossover mungil ini?

WR-V yang merupakan kepanjangan dari Winsome Runabout Vehicle ini secara spesifik dijual untuk pasar Amerika Selatan dan India. Nah untuk Indonesia nantinya sudah ketauan dong, A-SUV ini akan diambil dari mana? Yang deket lah hehe. Honda WRV melakukan pertama kali debutnya di tahun 2016 pada ajang Sao Paulo International Motor Show dan baru dirilis resmi untuk Brazil dan India pada Maret 2017 lampau.

DESAIN

Honda WRV dibuat dari basis Honda Jazz, bahkan banyak mengadopsi part dari hatchback populer Honda tersebut, misalnya, dashboard dan instrument panel yang benar benar mengambil dari Jazz GK5. Tentu hal ini ada kelebihan dan kekurangan, kelebihannya ya common partsnya mudah. Jadi gak aneh kalau si WR-V ini disebut juga sebagai Jazz Crossover atau berotot.

Desainnya ada kemiripan dengan saudaranya selain Jazz, yaitu Brio, ada juga Mobilio, tapi KBY melihatnya ada juga kesamaan dengan Kia Picanto. Nah lucunya, meski info yang KBY dapatkan si WRV ini akan bermain dengan Suzuki Ignis, tapi secara dimensi justru lebih besar loh dari Jazz.. Panjangnya 3999mm vs Jazz 3955mm, lebarnya 1734mm vs 1694, tingginya 1601mm vs 1544..Wheelbase 2555mm vs 2530, tuh lebih bongsor kan?

FITUR HONDA WR-V

Tapi kalau bicara fitur eksterior, Jazz masih menang sih dimana lampu WRV masih bohlam sedangkan Jazz sudah LED. Tapi itu aja, karena fitur lainnya justru WRV yang unggul, misal sunroof! Keren kan? Hanya tersedia di tipe tertinggi aja lads. Sementara untuk kelas subcompact, fiturnya juga bejibun, ada start-stop button, AC Digital Auto dengan touch sensor operation, setir tilt dan telescopic. Fitur safety standar lah ya, ABS dan dual airbags.

MESIN HONDA WRV

Di India, Honda WRV memiliki dua pilihan mesin tapi hanya 1 pilihan transmisi yaitu manual. Mesinnya ada 1.2L SOHC i-VTEC bensin bertenaga 90PS dan 110Nm dan 1.5L DOHC i-DTEC bertenaga 100PS dengan torsi raksasa khas Diesel 200Nm.

Di Indonesia pakai yang mana? Tentu mesin Brio, 1200cc dengan spesifikasi dan output yang sama. Tapi sebelum kedua SUV atau Crossover itu hadir, Honda sudah mempersiapkan kode T86A alias Honda BRV BMC. Kira kira dua produk ini bakal menggeser siapa yaaa..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

22 KOMENTAR

  1. Mupeng current crv, tapi apadaya melihat isi dompet yg menyedihkan. Xrv ini bisa jadi sweet escape kalo harganya bersaing (300 kecil, tp kayaknya impossible). Front end fascia dan rear end nya, alamak, ganteng seganteng-gantengnya.

  2. Waduh mang kobay, kayanya kudu cek ulang deh source mang kobay yang kasih tau itu. Yang kabar Gienia kemarin aja udah meragukan, ini kok malah ditambahi sama XR-V sama WR-V.

    Faktanya, XR-V itu produk yang sama persis sama Honda HR-V, cuma beda APM / JV di China. XR-V dijual sama Dongfeng-Honda sedangkan HR-V dijual sama GAC-Honda. Kalo ngomong logika aja sih, ngapain HPM bawa masuk barang yang sama ke Indonesia, toh market HRV disini udah kuat. Yang masuk akal mungkin kalo bawa XN-V which is XR-V versi ramah lingkungan

    Yang kedua tentang WR-V, mobil ini udah discontinue di India karena penjualannya g bagus, dan basisnya pakai Jazz GK. Berhubung Jazz udah mau ganti generasi, agaknya kurang masuk akal kalo WR-V yang kita kenal buat masuk kesini. Yang mungkin itu nantinya muncul Jazz Cross (Yang emang gosipnya udah beredar luas di kalangan petrolhead) pakai basis Jazz next gen.

    Tapi sekali lagi, ini pendapat ane ya mang. IMHO. Kita liat aja tar deh hahahaha

    • Hehe iya kalau kata juragan Rondo, time will tell laaghhh wkwk.. proyeknya bukan untuk waktu dekat, seperti gw bilang paling cepet 1 tahun, jadi untuk model belum tentu akan sama dengan model saat ini karena bisa jadi ada facelift atau full model change..

      Tapi kode kode sih udah dikantongin, ups… 😁

  3. XR-V keren banget, boleh tuh next HR-V ada varian XR-V nya, mungkin buat nemenin versi prestige.

    WR-V? meh . . . jelek banget.

    @hiyahiyahiya, kok menurut saya jazz cross tuh ga bakalan laku ya, mau taro harga berapa dan styling nya kaya gimana? udah ada HR-V dengan bentuk crossover dan harga yang jelas2 meped sama jazz.

    masih masuk akal kalo HPM jual mobil crossover dengan basic brio,

  4. Untuk dunia r4, china domestic market agak beda om.. merek2 gede biasa ngeluarin tipe khusus pasar sono
    Dan ga akan dibawa keluar cina..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..