Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sudah baca artikel sebelumnya tentang Honda City Hatchback Pengganti Jazz belum? Kalau belum KBY sarankan baca dulu, terus balik lagi ke artikel ini, biar nyambung kamsudnya hehe. Kalau sudah ayo dilanjut, kali ini KBY mau sharing tentang Honda Gienia, mobil yang diisukan akan menjadi City Hatchback sebagai pengganti Honda Jazz di Indonesia. Apa sih alasan dibalik Honda Indonesia memilih Gienia sebagai basis modelnya? Lads juga akan bisa melihat galeri fotonya, jadi bisa tau kira kira desainnya bisa diterima atau tidak di Indonesia nantinya.

Makin ke sini, penjualan Honda Jazz di Indonesia semakin sedikit, pada artikel Data Penjualan 20 Mobil Terlaris Bulan Juli 2019 Jazz tidak masuk 20 besar, begitu juga dengan data 20 Mobil Terlaris di bulan Agustus 2019, lagi lagi Jazz tidak hadir, berbeda dengan rivalnya Toyota Yaris yang meskipun tidak wow juga penjualannya namun masih masuk 20 besar, artinya penjualan Jazz masih di bawah Yaris, sebulannya cuma 700-800 unit.

Tentu sebagai salah satu mobil legendaris Honda yang sempat menjadi mesin ATM HPM di Indonesia selama bertahun tahun serta merajai penjualan di papan atas, kondisi di atas tersebut sangat jauh dari ideal. Jujur aja, KBY masih agak bingung apa penyebab penjualan Honda Jazz bisa drop sangat drastis. Bicara desain masih oke kok, begitu juga fitur.

Faktor harga? Bisa jadi, dengan harga yang sudah melebihi LMPV, SUV dan mendekati model crossover, konsumen yang money wise dengan duit terbatas ya akan lebih memilih mobil yang mampu menampung banyak orang, fitur dan teknologi pun gak kalah. Tapi sebenarnya masalah yang sama pun dialami rivalnya sih.

HONDA GIENIA, CITY HATCHBACK PENGGANTI JAZZ

Disaat sebuah produk sudah tidak memberikan benefit atau margin keuntungan yang reasonable bagi pabrikan, bahkan meski sudah dilakukan subsidi silang sekalipun, cara lain adalah melirik produk lain sebagai pengganti dengan harga yang memberikan keuntungan optimal, meskipun akhirnya harus mengorbankan produk yang sudah lama eksis, seperti Jazz ini contohnya.

Kabarnya, bukan tanpa alasan Honda Indonesia (HPM) melirik Honda Gienia sebagai produk City Hatchback pengganti Jazz, karena konon harganya murah! Mobil Honda Produksi Dongfeng Honda Cina ini punya harga mulai dari Rp. 180 juta hingga 260 juta.

Kabarnya City Hatchback alias Honda Gienia akan masuk melalui CKD, dan mungkin akan ada beberapa part yang buatan sini selama harganya bisa murah kekeke.. Jika ada pertimbangan mengambil dari Honda Cina (dan juga nanti akan kerjasama dengan Honda India) berarti harganya memang jauh lebih murah dibanding harus membuat Jazz di Indonesia, juga HRV.. ups.

SPESIFIKASI & FITUR HONDA GIENIA

Pada dasarnya mesinnya sama sama L15, 1500cc SOHC i-VTEC tapi memiliki tenaga yang sangat besar di kelasnya, 131hp dengan torsi 155Nm dengan pilihan 5 speed MT dan otomatis CVT. Oke juga ya di Cina tenaganya bisa sebesar itu, nanti di Indonesia turun kali ya?

Untuk fitur ternyata bejibun juga, lampu depan LED Projector, begitu juga lampu rem yang kaya Civic – sudah LED. Terlihat ada sunroof, sepertinya untuk versi tertinggi ya. Gak ketinggalan smart key, camera pada spion, rear view camera, AC Digital dll..

Harga City Hatchback nantinya pasti akan berada di bawah City Sedan – yang menurut info tetap akan dijual dengan model saat ini. Saat ini Honda City dilepas dengan harga Rp. 335 juta untuk tipe manual, berarti sang hatchback akan berada di angka Rp. 290-310 juta, ya perkiraan sih.

Gimana menurut lads modelnya? Karena Honda Gienia ini sudah hadir sejak tahun 2016, maka di tahun 2021 nanti saat hadir di Indonesia belum tentu juga modelnya masih sama sih. Yah kita tunggu aja deh lads..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

38 KOMENTAR

  1. Sotoy ah kobay pengganti jazz, emangnya kayak pabrikan pujaan kobay dari baleno classic ke modern ganti model

  2. Sangat gg yakin klo jd suksesornya jazz, tp setidaknya mobil ini membawa angin segar sm yg ngebet pengen civic turbo… tp versi kere whhahhaha…
    Oiya itu v motion grill ngapain dipasang andjay ? Pdhl dilepas bagus tuh

  3. Model dah sesuai selera Ina menurut saya, tinggal harga saja, jazz kalah karen Yaris sudah berubah total, sedang jazz, Yach nerubah dikit.

    Ini lawan sepadan Yaris baru. Style anak muda lah, spt Yaris juga .

  4. @Rk, hehehe saya tuh orangnya 😀

    @ncex, liftback tuh bahasa marketingnya toyota buat hatchback profil landai ala2 coupe. dan sekarang udah ga ada yang pake lagi kayanya.

    saya sih suka stylingnya, tetep sporty tapi gak bocah kaya yaris.

  5. Sudah coba di copy url-nya, paste ke google translate, translate dari chinesse ke english, cari panah dalam lingkaran biru (muncul di sebelah link yg mau di translate) klik panah itu beres….
    Saya kalau baca forum2 russia (buat nyari game) pakai itu beres kok… hehehehe

  6. Sudah coba pakai google translate?

    Copy url, paste ke google translate (dari chinesse ke english) nanti ada lingkaran biru dan tanda panah di sebelah link yg mau di translate (kl pakai hp) klik lingkaran itu, semua yg di website di translate ke english.

    Saya pakai cara ini kalau lagi nyari game mod ke forum2 eropa timur … hehehehe

  7. Padahal di segmentnya, periode 6 bulan pertama 2019, jazz masih jadi market leader dengan 800-900 unit perbulan. Dan masih masuk peringkat 20 besar mobil best seller di indonesia.

  8. Ciyus mang, 3 Minggu lalu lah.

    pertama kali liat, ini mobil Honda apa? Ternyata city hatchback.

    Saya pikir awalnya Civic turbo.

  9. Prediksi Mang kobay yg gantengnya kaga ketulungan 😁, nih mobil merk nya honda Jazz ato honda gienia ??

  10. modelnya udah keren nih. tinggal pricingnya aja. kl masalah nama sepertinya lebih masuk akal pakai City yg udah cukup terkenal disini

  11. Mang kobay, IMHO kayanya source mang kobay salah info deh, secara gienia ini barang lawas, mana mungkin malah gantiin jazz

    Jazz sendiri bakal launch di TMS 2019, dan Honda kabarnya bakal bawa wartawan indo ke sono buat liput Jazz, jadi yg udah pasti masuk itu Jazz generasi terbaru ke sini

    Kayanya kudu lbh ati2 mang ngepilah2 source, kaya jaman livina baru aja banyak web yg misleading sama nissan murano versi china

    Sejauh yg ane tau, mobil yg dijual di china (kecuali merk china asli kaya wuling, dfsk) hampir g ada yg dijual disini, at lesst yg R&D khusus buat china kaya gienia, crider, URV XRV dll

    Nah, honda indo juga kayanya lbh sreg ambil di thai drpd china krn urusan pajak masuk

    Jadi, IMHO, HPM mah g bakal gantiin jazz sama mobil ini, ane sih yakin seyakin yakinnya, kita liat aja tar dah 😂

  12. Yang perlu di perhatikan Honda adalah after sales service nya.. supaya efisien dan gak mahal.. masa punya LSUV aja sekali ke beres bisa habis 2.5 – 3 juta..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..