Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Lama sepertinya ya kita tidak mendengar produk baru dari KTM di kelas 400cc ke bawah, tapi sekarang tidak lagi (berasa iklan amat wkwkwk), karena KTM RC390 terbaru 2020 sudah kejepret kamera. Bentuknya ada perubahan dengan bagian fascia terlihat menggunakan 1 mata projector. Apakah itu hanya kamuflase atau memang akan berdesain seperti itu? Bagaimana dengan kelas yang di bawahnya seperti RC200 dan RC250? Coba kita cari tau dulu kuy!

Sepengetahuan KBY, produk KTM seri 390-nya lebih laris Duke 390 dibanding RC390 (cmiiw), mungkin karena nyaris gada perbedaan mencolok dari sisi eksterior antara RC390 dengan versi di bawahnya seperti RC250 ataupun RC200. Tapi apapun itu yang jelas pabrikan asal Austria ini terciduk sedang melakukan pengetesan RC series facelift yang disinyalir sebuah KTM RC390 terbaru versi 2020!

Ini adalah kedua kalinya KTM terungkap sedang melakukan pengetesan, yang pertama terciduk di Jerman. Jadi melalui foto apa saja sih yang berubah? Bantu KBY kalau ada yang terlewat yes..

  • Bentuk spion, meski sekilas mirip dengan versi lawas tapi coba perhatikan lebih detik, di versi terbaru sih si sein terlihat seperti menyatu dengan bodi visor, hanya ujung batangnya saja yang terlihat mencuat keluar. Bentuknya juga lebih pipih dan ramping. KBY tidak menemukan ada lampu sein di spion, apa pindah ke bawahnya ya? Itu tuh yang warna putih.
  • Bentuk muka rata, versi lawas kan ada tatakan alias paruh burung di bawah tuh, yang versi baru tidak ada, mulus layaknya motor pada umumnya.
  • Bentuk dan dimensi fairingnya juga berubah, makin maju dan makin kecil, ditambah ada tonjolan sirip di bagian atas dan bawah. Fairing barunya juga terlihat tidak penuh hingga ke bawah dan tengah (under cowl), jadi kaya half fairing gitu deh.
  • Desain jok juga terlihat berbeda, versi lawas terlihat seperti one piece, sementara RC390 versi facelift ini terlihat banget pemisahnya.
  • Headlamp tunggal alias mata satu, berada tepat di tengah tengah wajah. Nah soal headlamp ini unik sih, soalnya coba perhatikan foto lainnya di bawah. Terlihat beda dengan foto atas kan ya? Yang bawah lampunya masih dua, bentuk windshield berbeda, dan tanpa spion. Joknya juga  masih model lawas.
  • Knalpot tidak lagi underbelly, tapi normal layaknya motor kebanyakan.
  • Lampu rem persegi panjang kecil, mengingatkan kita pada Vixion atau CBR150R

Lantas taunya itu KTMC RC390 dan bukan tipe di bawahnya dari mana? Ya dari riderapart hehe. Tapi bisa jadi seperti kebiasaan produsen otomotif pada umumnya, juga melihat dari sejarah KTM sebelumnya, foto tersebut untuk semua model. Maksudnya, dari mulai RC390 hingga RC200 akan memiliki desain yang sama. Nah kalau yang bentuknya beda seperti foto? Belum tau juga lads.. please jangan paksa akuuuhh..

Dari sisi mesin juga belum ada info terkini apakah masih mengandalkan versi lawas ataukah ada pembaharuan alias update misal tenaga dan torsi meningkat. Well, setidaknya kita tau kalau KTM gak tinggal diam, buktinya ya KTM RC390 terbaru versi 2020 ini..

10 KOMENTAR

  1. Mungkin banyak yg komplain banyak yg kena tilang gara gara lampu nyala satu doang,ya udah bikin lampu satu biji aja

  2. Nah…kira2 disini bisa disimpulkan gak ( by pict )..bahwa ngetes Motor baru itu adalah Illegal dijalan raya ? Terlihat ,motor fairing aja tesnya jalanan kampung semi Adv 😂 bukan jalananan umum apalagi jalan lintas sumatra jawa , ataukah ada opini lain ? 😂

  3. Klo yg desain ̶’̶O̶r̶a̶n̶g̶’̶ ̶I̶n̶d̶o̶n̶e̶s̶i̶a̶ nnti dituduh motor dajj@l, kendaraan dajj@l

  4. Apa jangan-jangan KTM RC 390 serta Husqvarna 390? Coba deh perhatikan cetakan emblem di mesin, dimotor yg bermata satu.

  5. Bener Bro @alex, ky na yg mata satu buat husqvarna , yg d bwh buat KTM. baru ngeh ane liat blok kopling na

Yuk Tinggalin Jejak Lads..