Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada daftar 20 mobil terlaris bulan Juli 2019 di Indonesia, ternyata Low SUV andalan Toyota meningkat penjualannya sehingga mampu menggeser Mitsubishi Xpander yang turun ke posisi 3. Penjualan mobil di Indonesia pada Juli 2019 memang mengalami peningkatan dibanding Juni sebelumnya. All New Rush mampu terjual dengan angka 6.136 unit sepanjang bulan Juli, sedangkan Xpander harus puas turun ke posisi ketiga dengan jumlah 5.775 unit. No 1? Ga usah disebut udah pada tau lah ya.

Dalam data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sepanjang Juli 2019 para produsen mobil mengirimkan 89.110 unit mobil atau naik dari sebelumnya 59.539 unit. Dan kenaikan itu juga merubah peta urutan mobil terlaris di bulan Juli 2019 loh, ada yang baru nongol, ada yang naik dan ada juga yang turun.

Merek terlaris masih dipegang oleh Toyota. Toyota selama Juli 2019 mendistribusikan 29.375 unit mobilnya ke seluruh dealer-nya di Tanah Air. Sedangkan merek terlaris kedua ada Honda dengan distribusi sebanyak 13.894 unit. Di tempat ketiga diisi Daihatsu. Total selama Juli Daihatsu mendistribusikan 13.013 unit mobilnya. Posisi ke empat ada Mitsubishi dengan jumlah 10.916 dan kelima diisi Suzuki dengan 8.172 unit.

XPANDER DIGESER RUSH DAN AVANZA SEKALIGUS!

Di bulan Juli, posisi tertinggi pada mobil terlaris bulan Juli kembali bergeser ke mobil sejuta umat Toyota Avanza. Distribusi Avanza pada Juli 2019 mencapai 7.848 unit sekaligus menjadi yang terbanyak sepanjang bulan ketujuh pada 2019. Dengan capaian tersebut Avanza mampu menggeser Xpander yang pada Juni menjadi mobil terlaris se-Indonesia.

kedua mpv ini harus rela turun peringkat

Tak hanya oleh Avanza, All New Rush juga mampu menelikung Xpander dan membuat MPV andalan Mitsubishi tersebut kudu rela turun ke posisi ketiga di atas Honda Brio Satya yang hanya berselisih 120 unit saja. Pada Juli 2019, distribusi Xpander hanya mencapai 5.775 unit sementara Toyota Rush mampu mendulang angka 6.136 unit. Sangat besar hal ini terjadi diakibatkan kudu berbagi line production dengan Nissan Livina yang membuat jumlah produksi Xpander menurun. Bisa jadi kan?

SUZUKI CARRY PICK UP BIKIN GEBRAKAN

Suzuki yang drop posisinya dari posisi ke empat di bulan Juni menjadi ke lima di bulan Juli harus bersyukur memiliki Carry Pick Up.. Mobil niaga yang baru rilis di bulan Juni tersebut mampu menggebrak penjualan dan langsung bertengger di posisi ke 6 dari 20 mobil terlaris di Juli 2019. All New Ertiga sendiri juga turun posisinya dari 7 ke 13! Ia disalip oleh Sigra, Carry Pick Up, Gran Max Pick Up, HRV, Agya dan Ayla sekaligus!

SUV andalan Wuling, yaitu Almaz kini mulai masuk dalam daftar 20 mobil terlaris di Indonesia pada Juli 2019. Lantas kemana kembaran Mitsubishi Xpander yaitu New Livina? Gak masuk 20 besar lads, dia hanya terdistirbusi sebanyak 737 unit saja.

Daftar 20 Besar Pasar Mobil di Indonesia Juli 2019.

1. Toyota Avanza: 7.848 unit

2. Toyota Rush: 6.136 unit

3. Mitsubishi Xpander: 5.775 unit

4. Honda Brio Satya: 5.655 unit

5. Toyota Calya: 5.167 unit

6. Suzuki Carry Pick-up: 3.840 unit

7. Daihatsu Sigra: 3.757 unit

8. Daihatsu Gran Max Pick-up: 3.556 unit

9. Toyota Kijang Innova: 3.414 unit

10. Honda HR-V: 2.741 unit

11. Toyota Agya: 2.369 unit

12. Daihatsu Ayla: 2.148 unit

13. Suzuki Ertiga: 2.095 unit

14. Mitsubishi Pajero Sport: 1.698 unit

15. Honda Mobilio: 1.193 unit

16. Toyota Fortuner: 1.139 unit

17. Honda CR-V 1.5 L turbo: 1.128 unit

18. Daihatsu Terios: 1.080 unit

19. Wuling Almaz: 1.068 unit

20. Toyota Yaris: 909 unit.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

35 KOMENTAR

  1. Mang kobay ngga test drive suzuki carry pick up,sekali sekali ngerasain bawa mobil bak 😂

  2. Bukan karena berbagi line produksi sih…
    Tapi memang kliatannya di jalan, apansa dan rushter mulai banyak terlihat…
    Mungkin dah banyak yg sadar dan kembali ke jalan yg benar kalo beli mobil itu atoyot saja wkwkwkwk

  3. Klo liat data dari januari xpander ini cenderung stabil penjualannya plus perlu diingat sampai skrg blm ada diskon#kroscek klo salah

  4. Dari segala pickup carry racikan kelebihan dan kekurangan cukup pas berada di tengah-tengah mang
    Tidak seirit Grand max tapi part mesin, dan sasis lebih kuat
    Part Tidak sekuat l300 tapi harga jauh lebih murah
    Harga spare part ori lebih mahal dari grand max, tapi lebih murah dari l300.
    Yah itu pengalaman selama ini jadi supir ketiganya

  5. Kang K0bay, inyong arep takon:
    1. Kuwe guli tuku mobil nganggo duit apa nganggo godong? Akeh wong sugih di negeri tercinta ini.
    2. Nasib W(ngg)uling Con dan Cor kepriwe? Sing mlebu mung W(ngg)uling Almaz.
    3. Kalau secara total Januari-Juli gimana raport penjualane Kang?
    4. Nek ana kesempatan ngetest W(ngg)uling Almaz, mohon infone ya Kang. Tertarik kie…
    Suwun, mohon dijawab, nek ora dijawab ya ora papa. hehe

  6. mestinya mitsu ga nyodorin xpander sendirian minimal low SUVnya di brojolin biar ga kena gencet atoyot bersaudara, jangka pendek sih aman, jangka panjang tarung sendirian bisa keteteran

  7. Duh xenia kmn nih, gak masuk 20 besar, apa gara2 blm abs ya padahal spek nya lumayan, malahan mobilio masuk, apalagi tipe bawahnya yang S Udh value for money

  8. Ternyata pembeli Innova masih lebih banyak daripada pembeli Agya.
    Bahkan Agya harus patungan sama Ayla utk bisa kalahkan Innova, taoi tetep gak bisa lewati Brio Satya

  9. berbanding lurus, pantes di kota saya rush udah kaya avanza sering banget liat ntah di jalan, gedung parkiran, bahkan kampung agak sempit juga ada yang punya
    tapi emang desainnya mantul banget sih

  10. @han_doyo
    Innova laku karena gak ada saingan yg berarti (di kelas MPV ladder frame RWD).
    terutama untuk konsumen di daerah, yg jalanannya belum semulus Jkt. jadi butuh mobil yg tahan banting kaya SUV tapi masih lumayan enak buat dipakai keluyuran dan kalau diajak masuk mall / hotel masih ada gengsinya.

  11. Avanza kembali ke singgasana tapi kembarannya malah ngilang euy, wkwkwkwkkk…. bagusan gen 1 sih mobil pertama yg ane beli pake duit sendiri wkwkwkkk

  12. Mungkin sudah saatnya Mitsubishi mengembangkan Xpander dengan mesin L300 diesel RWD dan tentu saja produksi ditingkatkan. Jaminan auto nyusul Innova dan laris bak kacang goreng :v

  13. dan ketika macet yang disalahkan LCGC, diatas klo ditotal medium MPV dan SUV penjualan diatas LCGC biar kata di gabung juga.

    Muehehehehe

  14. Ada fensboi yang udah deg2ser nih liat data beginian, untung bukan aisi ya.

    Kok aneh ya datanya, padahal saya sering banget liat livina keliaran, apa2 jangan2 kejualnya di tempat2 yang saya lewatin aja ya 🤣

    • Masih Juli, nanti Agustus mungkin berubah lagi…

      Ada yg udah siap siap nyumpah serapah tapi batal pas diliat judulnya Gaikindo 🤣🤣

  15. review truck dan bus juga mang menarik juga soalnya mang, misalnya compare segmen bus antara mercedez vs scania vs hino….

  16. BRV menghilang, dulu sebelum ada A.N. rushter penjualannya bisa mengalahkan gabungan rushter, tapi sekarang. 20 besar aja ga masuk.
    Ayo facelift atau FMC biar bisa moncer lagi.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.