Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Teknologi pengaturan katup variabel dari Honda yang namanya VTEC (atau saat ini i-VTEC) sudah lama digunakan di mesin mesin mobil Honda tahun 90-an. Teknologi tersebut kemudian merambah ke mesin motor dimana pertama kali disematkan tahun 1999 pada model Honda CB400F Super Four dengan nama Hyper VTEC (ingat ye nulisnya bukan V-TEC atau V-TECH). Setelah sempat ada gambar paten mesin Honda CBR menggunakan VTEC, kini Honda merambah teknologi andalan mereka tersebut ke mesin skutik!

Desas desus mesin VTEC suatu saat akan menempel pada Honda CBR ada di artikel ini: Honda CBR Akan Hadir Dengan Mesin VTEC? Dan belum lama ini ditemukan beberapa info menarik tentang sebuah gambar patent dari mesin baru Honda yang sangat besar kemungkinannya dikembangkan untuk digunakan pada jenis skutik Honda di masa mendatang.

Gambar tersebut menggunakan desain dari Honda SH150, tapi bukan berarti mesin generasi terbaru tersebut hanya untuk digunakan pada SH150 saja, karena gambar hanyalah digunakan sebagai contoh belaka. Yang jelas, gambar tersebut bisa dikatakan mewakili bahwa sang mesin akan digunakan untuk jenis skutik, bisa 125cc hingga 150cc mengingat modelnya pakai SH yang mesinnya 150cc.

MESIN SKUTIK BARU DENGAN VTEC

Yang menarik adalah fakta bahwa mesin generasi terbaru untuk skutik Honda ini ada ditemukan teknologi lama dari Honda yaitu pengaturan katup variabel bernama VTEC! Pada bagian camshaft terlihat adanya 4 katup – seperti halnya mesin Honda Forza 125 – juga adanya perubahan engine mounting serta knalpot model baru… Berikut detailnya:

Meski KBY sebagai orang awam teknik mesin ngeliatnya sih perasaan sama aja wkwkwk – yaitu mesin dengan pendingin air (water coolant) tapi bisa terlihat kalau desain knalpotnya memang berbeda terutama pada pipa bagian tengah hingga ke leher (manifold), tidak lagi lurus dan bengkok ke atas – seperti kebanyakan knalpot motor – tapi melingkar dengan catalytic converter berukuran cukup besar untuk menekan emisi guna mendukung regulasi Euro 5 yang makin ketat di Eropa.

Perhatikan posisi engine mountingnya pada mesin Vario/PCX saat ini, kemudian lihat gambar mesin yang bawah, berbeda bukan? Posisi engine mountingnya pindah ke bagian atas crankcase mesin seperti model engine mounting yang diterapkan pada Honda Genio 110 nih. Jadi ada kemungkinan besar basis sasis yang digunakan adalah model eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) seperti pada Genio.

Sekarang coba kita intip bagian atas dan bagian bawah serta samping dari mesin tersebut dan fokus ke angka nomor 69 dan 80.

Nah kalau KBY tidak salah alias benar (koreksi kalau salah yes), bagian itulah yang diduga sebagai tempat mekanisme penggerak klep variable, atau yang teknologi yang dimiliki oleh Honda yaitu VTEC. Detailnya tidak akan terlalu jauh dengan mesin VTEC Honda Forza 250/300 mendatang di bawah ini.

mesin VTEC Forza 250/300

BUKAN SEKEDAR TENAGA TAPI UNTUK MENEKAN EMISI

Pada dasarnya tujuan pengaturan katup variable seperti VTEC adalah membuat kinerja mesin lebih optimal di ruang bakar sesuai kebutuhan. Dengan mekanisme pengaturan katup varibel (berubah ubah) maka tak hanya tenaga yang bisa lebih optimal, namun emisipun bisa ditekan ke level minimum.

Tinggal kembali ke setingan ECU, mana yang lebih didahulukan, tenaga? atau penekanan emisi? Kalau mengacu ke Euro V maka pastinya tenaga kalaupun naik hanya akan sedikit, tapi soal emisi pasti terpenuhi, irit? Mestinya, soal beginian Honda jagonya sih.

NGIKUTIN YAMAHA DENGAN VVA?

Kalau melihat Yamaha sebagai pelopor pengaplikasian teknologi pengaturan katup variabel pada mesin skutik, jelas Honda mengekor, mau mereka lebih dulu punya VTEC tapi dipasang di mesin skutik kan belakangan hehe.

Dan seperti KBY bilang di atas, penerapan VTEC di mesin mesin Honda pun lebih karena untuk memenuhi standar emisi menuju euro V, bisa dibilang kalau tanpa VTEC semestinya masih bisa, tapi Honda melihat, penerapan VTEC adalah solusi terbaik (dan termurah pastinya wkwkwk).

Perlu diingat juga gambar diatas masih berupa gambar patent saja yang belum tentu akan diproduksi masal. Yang jelas, Honda punya teknologi tersebut, tinggal menunggu waktu saja Vario/ADV atau PCX dan Forza beremblem VTEC di masa mendatang. Seru ya, apalagi kalau Suzuki menurunkan VVT nya ke level skutik atau sport mereka..

Sumber : Kojintekimatome dan warungasep.net

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

31 KOMENTAR

  1. Piteknya pasti seri ekonomis kek mobil2 hondut jaman now

    Lagipula namanya skutik pake pitek ngejer performa juga kaga terlalu penting ya hahaha

  2. Yimm pke vva kan juga awalnya juga karena tuntutan emisi buat ekspor. Klo honda jadi kasih vtec, maka yamaha wajib dual vva..klo liat sisi teknologi masih advance vtec. Nah, melihat bore x stroke genio, peluang honda menaikan cc kelas entry level dari 109cc ke 123cc jadi tambah terbuka. Bisa2 beat 125 vtec muncul nih

  3. Pengguna ECO Driving kayaknya bakal gak berguna itu VTEC…kalo dari segi emisi ane sih setuju aja jakarta udah parah dari sisi polusinya

  4. jangan panas-panasin honda. klo honda panas dan serius, betelor barang barang bagus dan mahal nanti

  5. berapa duid tuh motor pake VTEC? 45jt? Yg skrg aja udh 39jt an pk begituan ya nambahnya bisa 5-6jt an. Weleh….

  6. skrg pada aplikasikan tekno buat tekan emisi…
    lha besok bakalan kehajar sama kendaraan listrik yg bebas emisi…
    Yakinlah, cepat atau lambat electric bike akan merajalela…

    cmn sekarang mmg sepertinya sengaja masih dihambat oleh abrikan jepun.. HYSK…

  7. ttg Kendaraan listrik, japanese : the gank of four HYSK…
    mereka sudah sangat siap scra teknologi… cmn memang sengaja tidak mau pasarkan dlu krn mmg sangat merugikan bagi mereka. Lha partnya simple bangett.. tanpa oli.. tanpa piston.. tanpa camshaft etc…

    seperti mesin 2T yg sebetulnya soal emisi bisa diakali, cmn krn partnya sedikit jd berhenti dikembangkan pabrikan, coz untung pabrikan gak banyak klo jualan mesin yg simple…

  8. Ini ntar Vtec nya honda kyk gmn ya?
    Apa dgn mekanisme kyk VVA, seperti vtec di cb400f itu. Dimana pada rpm tertentu, katup ke 2 baru bekerja.
    Atau mekanisme nya kyk vtec di mobil? Dimana yg berubah bukaan celah katup nya sesuai rpm.

    • Afaik Dan cmiiw kalau sistem VTEC sih sama aja kerjanya, cuma hasilnya yg mungkin akan berbeda.. kalau E-VTEC kaya di Ferio, hasilnya persis kaya penjelasan pertama, hanya mengaktifkan 8 katup lainnya menjadi total 16 katup yg bekerja..
      Kalau VTEC pada umumnya merubah bukaan celah katup..
      Belum tau lebih lanjut hasil seperti apa yang diterapin di mesin motor skutik Honda nanti

  9. Gampang mas, tinggal mainkan lobe cam nya aja beress.. toh pitek ini kan sistemnya bekerja cuma pas rpm tertentu si nomor 69/80 (actuator) itu bekerja buat mindahin roller rocker arm yg nempel di lobe rendah pindah ke lobe yg tinggi buat kejar performa atas tp efisiensi tercapai..
    Kalo mau hi performa? Cam doang dicolek beresss kalo gk mau ribet bore/stroke up maupun porting polish.. inget, di mesin 4 tak, cam adalah kunciannya. Makanya r15 dan nmax series dibela2in kasih vva bukan gimmick doang itu.. boil2 jg lomba2 pake teknologi vvt/vvti/vtec/dll apalah itu intinya kan mainin timing buka-tutup klep yg muaranya di durasi cam.. nah kayaknya segitu aja cukup panjang lebar (dan semestinya smpeyan lebih paham dr saya nih mas).

  10. hahahaha bener, honda jelas udah paham sbenernya, cuma pelit teknologi aja
    udh kebukti di mobil2nya yg pakek VTEC performanya gimana

  11. yaelah teknologi gini ini mah ga ada tiru2an lagi.
    udh sangat biasa dan banyak di aplikasiin di mobil, tiap merk punya penamaan sendiri

    VARIOTEC
    VVTLi
    VTEC
    Vanos Dll

  12. Forza 125 secara spek udah pake 4 klep, tinggal tambahin aktuator doang. Andai aja ada yang jual head forza 125 buat dipasangin ke pcx lokal kayaknya mantep.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.