Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Masih pakai motor non injeksi alias karburator? Gak masalah, yang penting itu perawatan kok yes no? Nah perawatan motor sebenarnya tidak melulu mahal dan ribet, bahkan kadang kita bisa mengerjakan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel kok. Misalnya nih, mengatasi sepeda motor kita yang bersuara kasar atau bunyi brebet yang disebabkan oleh karburator yang kotor. Tips yang mudah dan murah biar karburator gak brebet nih lads.. Cekidottt..

Suara kasar atau bunyi brebet biasanya disebabkan oleh karburator yang tidak berfungsi dengan baik yang berakibat motor terasa ngeden, kurang bertenaga, boros bensin dan bahkan hingga bisa mogok. Kalau kita males ke bengkel, ceritanya ingin hemat duit dan ingin mengerjakan sendiri, kalau begitu cukup hanya menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor saja kok.

Menurut Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia, saat ini sudah banyak dijual di pasaran pembersih karburator dan injektor yang performanya oke dan harganya terjangkau serta mudah kita dapatkan salah satunya adalah Rexco 81.

throttle body pasti kotor, ya bersihkan jangan didiemin

BIAR KARBURATOR GAK BREBET

Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali. Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak didalamnya.

Kami tidak menyarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada didalamnya menjadi getas sehingga lama kelamaan mudah sobek, tambah Tomy.

Menurut Aryanto pemilik bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi (kaya kenal yes), dia biasa menggunakan pelumas khusus pembersih karburator seperti Rexco 81 karena dapat mempermudah pekerjaannya. Kotoran dan kerak yang membandel nempel di karburator dan throtle body langsung luntur, tarikan motor jadi enak lagi dan pastinya sangat menguntungkan karena tidak perlu banyak semprotan sehingga lebih irit pemakaian.

Naaah menurut KBY sih, kalau versi cepatnya lads bisa langsung menyemprotkan cairan Rexco 81 tersebut ke karburator. Tapi kalau mau maksimal, karbu memang harus dicopot agar bersihnya tuntas tas tasss.. buat yang belum paham copot pasang (jangan sampe nyopotin bisa, pasangnya mumet wkwkw) ya yang terbaik memang ke bengkel, Zona Speed misalnya.. Tagih ah biaya promosi ke lek Ari wkwkwk..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

3 KOMENTAR

  1. Cbr karbu ane ampe hari gini masih joss mang, modal bersihin karbu sama motul5100. cuma komstir doank ude mulai oblak

Yuk Tinggalin Jejak Lads..