GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Meski Lebaran sudah usai dan mayoritas penduduk Jakarta sudah kembali dari kampung halaman, namun saat ini masih ada rekan rekan yang justru baru melakukan mudik ataupun kembali ke Jakarta ataupun daerah masing masing. Salah satu pilihan transportasi yang digunakan oleh pemudik adalah sepeda motor. Nah selepas mudik atau turing jauh pakai sepeda motor, bisa diintip nih tips dan hal yang harus diperhatikan.. Semoga bermanfaat.

Saat mudik ataupun turing jauh, sepeda motor akan dipicu lebih bila dibandingkan dengan pada saat digunakan dihari-hari biasa. Tentunya hal tersebut memerlukan perhatian yang lebih juga mengingat jarak yang ditempuh umumnya cukup jauh.

 

Berikut 4 tips dari PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang wajib diperhatikan ketika sudah melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor agar tetap prima setelah mudik usai.

1. Oli Mesin

Salah satu komponen penting sepeda motor adalah oli mesin. Bagian ini biasanya menjadi komponen yang paling sering diganti jika kendaraan dipakai mudik. Penggantian oli mesin dilakukan secara berkala setiap 2.000 Km. “Jika saat mudik dan kegiatan selama mudik telah mencapai 2.000 Km , maka sebaiknya lakukan penggantian oli demi menjaga kondisi mesin tetap optimal,” ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

Tambahan dari KBY, gak harus saklek 2.000 km ya lads, fleksibel, bisa kurang atau bisa lebih jika menggunakan oli yang berkualitas tinggi alias oli long drain.

2. Kopling dan Rem

Komponen kopling dan rem termasuk ke dalam kategori yang harus diutamakan kondisinya ketika sebelum dan setelah melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor khususnya. Perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi dan diselingi dengan kondisi jalanan yang macet biasanya akan membuat kampas rem dan kopling jadi menipis. “Sebaiknya lakukan pergantian kampas rem dan kopling setelah mudik jika kondisinya sudah melebihi batas service,” ujar Ade.

3. Pemeriksaan CVT

Dari berbagai type sepeda motor yang ada saat ini, sepeda motor matic merupakan sepeda motor yang paling digemari oleh masyarakat. Pada bagian motor ini ada bagian yang tidak kalah penting pada motor type matic yaitu Continuosly Variable Transmission (CVT). Transmisi ini sering disebut transmisi otomatis, bagian ini wajib dilakukan pemeriksaan pasca mudik.

4. Lakukan perawatan ke Bengkel Resmi

Untuk lebih memaksimalkan performa sepeda motor maka sebaiknya lakukanlah servis rutin untuk mengembalikannya ke kondisi semula. “Bagi pengguna sepeda motor Honda, bawalah motor Honda kesayangannya ke bengkel resmi Honda atau AHASS,” ungkap Ade.

Pada saat servis maka semua kondisi komponen didalamnya akan diperiksa seperti busi, setelan katup, saringan udara, rantai roda dan komponen lainnya. Lakukanlah penggantian jika memang ada komponen yang harus diganti dengan menggunakan suku cadang asli.

Naahh itu dia beberapa tips setelah melakukan mudik atau perjalanan panjang bersama sepeda motor. Tujuannya sih agar tunggangan andalan tetap sehat dan tidak merongrong akibat telat penggantian, jadi bisa lebih hemat toh.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

6 KOMENTAR

  1. Loh mang fotonya kok motor motor honda,bukannya kemarin AHM ngadain mudik gratis buat konsumen honda,berarti ngga semua konsumen honda kebagian mudik gratis ?

  2. Komporyogas yakali semua konsumen honda dikasih layanan mudik ,konsumen honda berapa juta… mau berapa ribu bus yg bisa disediain , perusahaan AHM ngadain mudik-balik gratis dengan kuota dan policy tertentu lah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.