GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Kejadian unik menimpa mobil yang belakangan ini sedang naik daun di kelas MPV, yaitu Wuling tepatnya Wuling Cortez. Gimana gak unik, secara usia pakai dan jarak tempuh masih bisa dibilang baru, tapi sang pemilik Wuling Cortez sudah misuh misuh berkeluh kesah setelah mengalami kejadian yang membuatnya mengerenyitkan dahi dan terheran heran. Adalah knalpot Wuling Cortez yang dikendarainya tiba tiba patah dan lepas saat adu kebut dengan Avanza. Usia Wuling Corteznya baru berumur 7 bulan tapi kok knalpotnya bisa patah alias lepas alias copot?

Tentu yang dimaksud lepas alias copot di sini bukan lepas dari dudukan ya, tapi patah di sambungan sebelum chamber exhaust belakang (jika melihat dari foto). Kejadian patahnya knalpot Wuling Cortez tersebut disinyalir belum lama, kejadian diposting pada hari Selasa, 11 Juni 2019 kemarin. Sesuai penuturan pemiliknya, Wuling Cortez ini dipakai adu kebut alias tarik tarikan Lawan Avanza.

Kabar ini ramai beredar di dunia maya setelah seorang warganet pemilik akun Facebook Juanz Daniez Lophe Lienz yang mengaku sebagai pemilik Wuling Cortez ini curhat. Dirinya memaparkan peristiwa yang dialami ketika berkendara dengan mobil Wuling Corteznya. Ia mengaku ketika itu tengah beradu kelihaian dengan mobil yang menjadi penguasa penjualan kelas MPV di tanah air buatan Jepang, yaitu Toyota Avanza.

Dalam pengakuannya di facebook ia memaparkan bahwa sambungan knalpot Mobil Wuling Cortez miliknya patah/ lepas saat dipakai melaju dengan kecepatan tinggi. Berdasarkan pengakuannya, ketika itu ia melaju dengan kecepatan di antara 120 kpj sampai dengan 140 kpj saat adu kebut dengan sang fenomenal Avanza.

Berikut statemennya di FB.

“Km si corty br 10500 umur br 7 bln..kok dah copot aja sambungan las knalpot silincer nya..pdhl lg kebut”an sm 3 mobil apanjah sodara (1 corty vs 3 apanjah) di lintas sumatera (sawah lunto)..eh di ledek Sm sodara katanya bahannya dr kaleng”an..jd lemes dah..pdhl pertarungan di jln lg sengit,” tulisnya.

Saking ramai dan viralnya berita ini di dunia maya, sampai sampai laman mainstream seperti otosia pun ikutan meliput dan membahasnya. Belum terlalu jelas juga apakah kebut kebutannya lagi di tol atau jalan biasa, edan juga sih jalan biasa geber sampe 120-140 km/jam yak.

Opini KBY pribadi sih, patahnya knalpot tersebut bukan hal yang tidak mungkin, andilnya karat sangat kuat sebagai penyebab patah, terdapat kemungkinan false/ faulty design dari bengkokan pipa knalpot, dimana seharusnya air tidak berkumpul di satu titik (dalam hal ini ujung tabung) ini malah berkumpul dan dalam kurun waktu bulanan bisa membuat korosi.

Korosi tersebut terkena goyangan/ goncangan saat mobil melaju, terutama impact paling besar saat di jalan jelek. Akibat fatigue membuat titik karat tersebut melemah dan tinggal menunggu waktu untuk patah. Tapi ini opini KBY pribadi loh yaaaa.. Cuma berpendapat, belum tentu benar.

Wuling memang dapat dikatakan tergolong sukses menggebrak pasar mobil kelas MPV bersaing dengan para kompetitor dari Jepang, namun melihat kasus knalpot Wuling Cortez yang patah menjadi timbul pertanyaan akan durability dan ketangguhannya. Wuling wajib meneliti kasus ini, siapa tau juga cuma hoax toh? Sayang kan udah invest ratusan milyar hingga trilyunan kalau sampai brand image ancur.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

47 KOMENTAR

  1. saya kira malah bagus jadi semua pemilik dan calon pembeli serta pabrikan ati ati nama baik ….. pasti ada perbaikan mirip motor honda (diem diem batch selanjurnya) …klw mau jualan lama n cari makan disini

  2. Itu fitur auto destruction
    Aktif kalo pengendara bego misalnya kebut2an di jalan
    Besok setir yang lepas kalo main di sirkuit jalanan lagi

  3. Bukannya jalur lintas antar kota di luar jawa itu serem² yah kang? Inget di jalur lintas sulawesi selatan ke Palopo, lari 100 km/h kaga berasa 😅😅😅

  4. setuju sama mayoritas komen diatas. Terlepas dari yang rusak mobil apa, kaget dan heran saja masih ada orang yang kebut kebutan dijalan & (sepertinya) dari bahasanya merasa bangga dan gagah… kalau amit2 celaka, bisa celaka sendiri sih monggo aja, paling ujung-ujungnya ngerepotin yang nolong. tapi jalan kan fasilitas umum… potensi mencelakakan orang lain sangat terbuka lebar.

    Saya ga bisa membayangkan ada 4 mobil ngebut & saling serobot dengan kecepatan 120 kph di jalan umum. Bayanginnya aja udah malu sendiri. Salut sama mental yang punya wuling bisa mengakui perbuatannya tanpa malu sama sekali.

  5. Itu mah biasa ,dari ribuan hanya ada 1 😂 terkadang dizaman yang mudah viral ,hal sepele pun bisa diviralkan.. yang penting dapet view subsri dan like 😂 tinggal dilas lagi 25 ribu beres.
    Mana tau sebelum adu kenceng.. habis dari warung makan yang parkirannya batu2 kerikil kemudian naik ke aspal yang lebih tinggi dari pelataran kerikil, bisa saja sedikit kandas .. cuma yang nyupir kaga sadar karena udah makan enak dan kenyang 😂
    Komporesor ac apanjah ada yang ngalami 2 kali perbaikan dalam 10 bulan, padahal 10 bulan keluar dealer kan belum tua d jalan juga..tapi kaga heboh 😂 .

  6. Jalan lintas sumatera kadang lebih alus, lebih luas dan lebih panjang daripada sirkut sentul mang,, pernah balik ke padang naik bus sama supirnya di geber 120 km/h, itu bus loh dengan muatan penuh apalagi cuma mobil kecil.. haha

  7. Lhaa, mas fitra eri pake cortez di sirkuit di pacu abis abisan aman” aja katanya. Kemungkinannya :
    1. Mungkin jalannya bergelombang/naik turun secara tidak sengaja lagi ngebut suspensinya turun maksimal akhirnya kepentok jalan dan patah deh.
    2. Analisa kaya om kobay di atas, karena korosi jadinya kekuatan logamnya berkurang. Bisa terjadi mungkin pas QC lupa di cek bagian ini.

  8. 10500 itu odometernya? cepet amat 7 bulan da sgitu… brarti sehari makan 50km tuh… saran aja knalpotnya diganti pakai akralingga, produk lokal tapi ga pernah ada berita patah pas dipakai kebut2an

  9. Avanza / Xenia, tau sendiri, gw pake xenia 1.3 kemarin di tol Jakabaring – Bakauheni mampu 160kpj tuh👍

  10. Kalau trans sulawesi selain kondisi jalan yg cukup baik, dibeberapa titik juga cukup lebar mang…. Saya bahkan pernah disalip oleh dua mobil sekaligus dalam posisi berjajar, gila ngga tuh?….

  11. Trs klo digeber 120an kpj knalpotnya patah masa iya g gasruk ? Mulus2 aja ? Klo sampe patah ( lepas, copot) trs bagian yg bergesekan dgn aspal kok mulus ya ?

  12. sudah hampir 2 tahun pake wuling, alhamdulillah sehat. lintas sumatera ama pantura pake confero.

    mungkin terbentur sesuatu sebelumnya… #perkiraan pribadi

  13. Patah di kecepatan tinggi seharusnya meninggalkan cacat fisik yg signifikan di knalpot dan leher knalpotnya. Setidaknya penyok dan lecet amburadul begitu lah. Ini tampak seperti di patahin dalam keadaan diam (tak bergerak). Atau masuk ke jalan berlubang lalu leher knalpot mentok dicekungan jalan.
    Karat? Bisa jadi. Kalo begitu, sebabnya bisa jadi karrna malas nyuci kolong mobil hahahah

  14. setau saya sih ini udh dicover wuling dan gratis biaya penggantiannya sama beres wuuling jadi udah kelar 😀

  15. sepertinya ini pas lagi apes aja gan , soalnya saya make cortez juga baik2 aja kok ga ada masalh

    apalagi lwat trans sumatera , aman2 aja hehe

  16. Segala praduga bisa terjadi, mending wuling investigasi langsung, jd nama baik wuling makin terangkat

  17. Kok gk ada lecet baret yaa kalo patah pas lagi jalan… Masi Mulus gitu
    C180 kompresor tua saya rakitan 2004 ,, perna di jalan patah, nyeret tu silencer , baret parah… Krn uda tua keropot pipa knalpot yg nyambung ke silencer.. Ketahan gantungan silencer aja, ,, makannya gk jatuh..

  18. mobil bermesin WULING??????
    gk dulu deh…punya tetangga aja berkualitas & bagus? pilih yg pasti” saja! 👍👍

  19. knalpot utuh, berarti neng wul posisi 4… soalnya kalau podium, susah yang belakang slalom 120kpj handicap knalpot ….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.