GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sebagai pengendara motor, kadang saat berkendara di jalan raya dan melihat tikungan berkelok itu seakan akan laiknya tikungan S besar sirkuit Sentul, minta ditaklukkin! Nah kasus sesuai judul di atas yaitu pengendara motor terpelanting akibat terlalu kencang di tikungan Sitinjau Lauik – sepertinya mengalami halusinasi yang mirip hehe. Tikungan yang terletak di lintas Padang-Arosuka-Solok, Sumatera Barat tersebut memang menantang. Tapi terlalu kencang ditambah trek basah akibat hujan? Weeew.. 

Jalan yang KBY sebut di atas tersebut memang menantang pengendara dan bisa membuat terbuai karena memiliki kontur yang menarik, jalan menanjak dan menurun sepanjang 15 kilometer di lintas Padang-Arosuka-Solok, Sumatera Barat.

Tikungan tajam dan turunan yang curam membuat pemotor atau mobil sering celaka ketika melewati jalur pegunungan di Sitinjau lauik. Jalur yang terkenal rawan ini memang sudah ada himbauan untuk pemudik agar lebih berhati-hati saat melewati lokasi tersebut. Bahkan ada petugas tak resmi yang berjaga untuk memberikan tanda jika ada kendaraan lain seperti bus atau truk akan berbelok.

EFEK TERLALU KENCANG DAN AQUAPLANING?

Pengendara motor yang terlihat menggunakan Yamaha NMax warna merah tersebut sepertinya memang sedang merasa keasikan, atau juga buru buru atau lainnya lah yang hanya Tuhan dan dia sendiri yang tau.

Tapi pendapat pribadi KBY sih melihat dari video, selain sang pengendara memang terlalu kencang sebelum tikungan ada kontribusi efek aquaplaning di insiden tersebut. Aquaplaning adalah kondisi dimana ban “mengapung” akibat desakan air di lintasan/ jalanan. Efek ini terjadi kalau air tersebut punya debit yang lumayan banyak atau dalam, seperti genangan misalnya.

debit air yang dapat membuat efek aqua planning

Nah kalau melihat dari video, sesaat sebelum berbelok, ban belakang Yamaha NMax tersebut melewati aliran air yang lumayan banyaknya turun dari atas ke bawah (iyalah masa dari bawah ke atas wkwkwk).. Kondisi begini tidak harus ngerem juga sudah bisa membuat motor low side lads..

Saat aquaplaning terjadi, ban akan terangkat dan otomatis kehilangan grip dan traksi dengan permukaan jalan.. akibatnya? Ya ngesot.. Sooo.. meskipun kadang kita terlena dan merasa mampu, jangan coba coba belok cepat dalam kondisi seperti itu ya lads.. Pertanyaannya, kalau sudah ada torque control bisa mencegah jatuh gak? Ada kemungkinan sih.. yaaa 40 – 60 deh kalau liat trek di video.

Cekidot video pengendara motor terpelanting di tikungan Sitinjau Lauik. Kredit video Dayon Channel

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

42 KOMENTAR

  1. Tu orang bawanya juga agak kenceng, udah tau turunan, hujan, logikanya jalan pasti licin, mbo’ ya ancang2 dari atas pelan2 gitu, lha ini enggak, jangan karena udah hafal jalan/ sering lewat/ orang asli situ tetap harus hati2. Untung belakangnya bukan truk/ bis gede.
    Positive thinking aja, mungkin lagi buru2, semoga kedepan makin hati2.

  2. brasa akamsi kali ya? bagusnya ambulans sudah siaga di belakang dan langsung merapat…lol
    btw nmaxnya mah nteu beureum

  3. Tikungan gini banyak di jalan mudik kampung saya mah, cuman mobil/kendaraan nggak sebanyak diatas, (#eh malah lebih enak yah)

  4. Di lihat dari keadaan,pengendara menekan tuas rem depan harusnya rem belakang dulu

  5. Makanya jangan arogan! Gara2 menghalangi ambulance, akhirnya kuwalat dia.. Ambulance harus diprioritaskan
    #cmiiw

    • yang gw tau mah high side lagi tegak, misal ngerem mau belok (belum sempet miring/ belok) dan atau keluar tikungan (udah tegak)

      kira kira itu udah miring/ belok/ mengkol atau masih tegak? hehe

  6. Kogbkayae ikut hi side i .. karena tubuh pembalap tepelanting melompati motor 🤣🤣

  7. Saya kemarin dari Bandara Minangkabau kearah Bukittinggi, jadi ga lewat situ. Kelok 9 juga ga jadi.

  8. Akibat susah dan gak ngacirr nanjak 😂 pas dapet turunan digeber ..ehhh..si pcx masih juga jauh didepan 😂 sukurlah gak nyungsep kejurang 😂 lain kali hati2..

  9. agak kenceng itu, mungkin merasa ybs itu sembalap ahli wet race. Yg lebih goblog lg ada yg bilang CBS lebih advance dari ABS.

    T0l0l kok keterlaluan….

  10. @jbat: berarti judul sinetron hidayah nyah: “AZAB PEMOTOR MENGHALANGI AMBULANCE, AKHIRNYA JATUH TERPELANTING SAAT BELOK DI TURUNAN JALAN”
    😀 😀 😀

  11. Mungkin dia bermaksut mau drifting mang kobay..wkwkwk
    klo mnurut ane sih ini terlalu kuat rem blkg aja, kebetulan kontur jalan lg menurun, jadi di akhir “kepotannya” beban rider jadi terlempar ke depan.. klo di jalan rata mgkn rider ga mental k dpn.. rem nya nmax lumayan kuat sih mnurut ane, jd klo mendadak ya ngunci psti, apalagi pas hujan dan jalan beton pula.. ane sih ga brani ngebut2 di beton pas hujan, lbh licin…

  12. Udah dibilangin… Sebelumnya dia susah nanjak , bahkan disalip pcx 😂 nah pas dapet turunan nafsu deh buat ngejar😂 jadi disini ada faktor gak terima dikalahin ,faktor nunjukin perform bahwanya motor gua superior 😂 eeh si pcx nya sendiri makin gak keliatan didepan ,dia malah mlototin beton basahh 😂

  13. Diliat dari kecepatan dan kondisi rider yg sepertinya sedang menyalakan lampu hazzard, kayanya dia emg lagi “ngawal” tu ambulan, bukan ngalang”in, coba jgn prasangka buruk dulu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.