GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Skutik Listrik Gesits sudah rilis resmi di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Harganya pun sudah diketahui yaitu di bawah 25 juta. Nah pada kesempatan yang ada, KBY tak hanya melihat, meraba dan menerawang SPG eh motor listrik Gesits itu, tapi juga melakukan sesi test ride serta interview dengan SPG Gesits, yaaa sekaligus ngetes sejauh apa dirinya mengenal Gesits. Videonya juga ada kok buat yang males baca.. cekidot. 

DESAIN GESITS

Tidaklah berlebihan kalau kita menganggap skutik listrik Gesits menyerupai bentuk Honda Vario, karena memang mirip meski gak plek plek seratus persen hehe. Artinya, dari sisi desain Gesits sudah akan dapat diterima banyak khalayak, bagus kok, futuristik dan keren punya, hanya saja bentuknya sedikit kaku.

Material plastik bodinya cukup tebal meski jika dinilai secara keseluruhan ada beberapa part yang kurang nyambung dan terlihat cheapy. Misal di bagian swing arm belakang. Instead of menggunakan semacam arm tebal dari besi cor sebagaimana skutik kebanyakan, Gesits memilih pakai pipa kotak warna hitam.

Hal tersebut membuat kaki bagian belakang Gesits seperti kurus dan kurang mengimbangi desain depannya yang sudah keren. Bagusnya bagian buritan Gesits sangat cantik dan seksi dengan lampu rem dan sein ala ala MV Agusta Dragster.

Foot step belakang alias pillion juga unik seperti Kymco, model push, dengan menekan tombol di depannya. Keren juga hehe.

FITUR GESITS

Di luar dugaan, ternyata Gesits memiliki fitur yang seabrek juga, misal lampu sudah HID dengan model proyektor, dari sisi sinar KBY lebih suka HID sih sbenarnya, kalau LED rata rata warnanya putih 6000 kelvin, HIDnya si Gesit ini kemungkinan 4300-5000. Untuk lampu rem, sein termasuk Hazard (yoi udah ada Hazard), semua pakai LED.

Ada riding mode! Gesits nyebutnya Drive Mode, yaitu Eco, Urban dan Sport. Sayangnya entah kenapa, icon di saklar malah bukan huruf E, U atau S, melainkan 1,2 dan 3. Ini agak membingungkan sih.

Gesits juga ada riding mode ala CBR250RR, juga ada tombol mundurnya loh

Untuk memudahkan pemilik, pada speedometer ada warning & alert berupa error code, jadi kalau nongol icon atau code yang abnormal, pemilik bisa tahu. Yang menarik dashboard (speedometer) luminance auto adaptive.

tombol dan saklar Gesits sangat nyaman dioperasikan

Yang unik, gesits juga punya tombol R alias mundur! Yoi tombol tersebut ceritanya untuk membantu pengendara untuk mundur ketika harus berhadapan dengan jalan berbatu atau berlubang. Lupa nyoba tapi wkwkwk…

 

SPESIFIKASI GESITS

Menilik dari dimensi, Gesits punya ukuran diantara Honda Vario dan Yamaha Aerox lads. Gesits lebih panjang dari Vario tapi kalah lebar, lebih tinggi dari Vario tapi kalah dari Aerox. Berikut spesifikasinya.

Dimensi: 1.947 x 674 x 1.135
Wheelbase: 1.290
Berat kotor: 94.5kg
Rem: cakram depan belakang
Ban: 80/80/14 dan 100/80/14
Suspensi:Teleskopik depan dan aluminum multilink (single) belakang

MESIN
Motor: Permanent Magnet Synchronous Motor, 2KW rated, 5KW Peak
Belt: Carbon belt
Cooling: Udara
Tenaga: 6.7hp/3600 dan torsi sebesar 30Nm/0-2125
Akselerasi: (0-50km/jam) 5 detik
Max Speed: 70km/jam
Jarak tempuh: hingga 50km dengan satu baterai, 100km dengan 2 baterai

Melihat dari spesifikasi mesin terlihat sangat menjanjikan ya? Bagaimana kalau kita test ride? Yuk hop on..

TEST RIDE GESITS

Pertama, bear in mind, cieee sok inglis.. arena test ride kecil, cuma cukup untuk dapatin impresi awal aja. Jadi test ride Gesits yang akan KBY bahas ini merupakan versi singkat ya lads.. oceh.

Yang langsung terasa saat gas diputar adalah torsinya! Buseedd.. jengat polll, ciri khas mesin listrik yang memang kaya akan torsi lads.. angka 45 km/jam mudah diraih, mantap beud. Terus bisa dibilang gada suaranya, atau mungkin karena berisik juga ya di arena test ride. Suara khas wiinggg ga terdengar.

gede juga ya.. torsinya

Arena test ride merupakan jalan ber-kon blok (cone block), jadi akan terasa kinerja suspensi di sini dan… kok keras banget ya bantingan si Gesits ini. Padahal saat sesi interview dengan SPG yang syantic dan menggemaskan, KBY sempat enjot enjot SPG eh motornya, dan empuk!

Saking kerasnya, getaran di setang berasa banget lads.. Asumsi KBY ini pasti tekanan bannya kekencengan. Mau di depan atau belakang keras banget euy.. Jauh dengan impresi awal di booth Gesits.

Handling sih terasa so so ya, seperti laiknya skutik kebanyakan. Pengereman sangat baik, mantap lah.. terutama rem depan. Oia Gesits sudah dilengkapi dengan dual cakram yak depan belakang.

KESIMPULAN GESITS MOTOR LISTRIK

Kalau ngomongin mata, maka Gesits sudah dipastikan dapet banget impresi awalnya, kesan pertama langsung mantap meskipun garis desain harus diakui masih agak kaku. Kualitas lumayan, yang harus diperbaiki adalah sektor kaki belakang, dibuat biar terlihat tidak terlalu kopong.

Dengan harga Gesits Rp. 23.5 juta (promo IIMS dari Rp. 24.950.000) status Off The Road, Gesits memang gak bisa dibilang murah. Tapi harap dimaklumi lads, namanya development dari Nol memang membutuhkan banyak biaya, ini yang kadang tidak dipahami oleh konsumen. Maunya murah murah dan murah wkwkw..

Nah biar paham hal lainnya seperti berapa biaya sekali colok, harga baterai dan lain lain, silakan lads tonton videonya sampe habis yak. Menarik kok, kocak si Mbak SPG-nya wkwkw..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

45 KOMENTAR

  1. Mantap mang, boleh juga tuh spg nya eh motornya.

    Baca artikelnya susah fokus mang euy, banyak gogoda wkwkwk.

  2. Rasa senang dan rasa sedih saya…porsinya 50 50 terhadap gesit ini mang , ada kebanggaan tapi juga ada kekecewaan, mau tidak mau…saya bagi 2 saja jadi 50 50 .
    Baiknya, dalam waktu sesingkat singkatnya… Mesin dan semua kelistrikannnya..nemplok di sosok baru yang mengagumkan.
    Tak lupa.. emblemnya harus berkelas .

  3. kok tadi sekilas baca judulnya di main page (sebelom di klik) “TEST SPG”
    #ehhh

    untuk ke depannya mungkin gesits perlu redesign beberapa part yang wagu/kaku dan ga match… sudah dibahas sebagian juga di artikel

  4. Sampe 2 kali ke iims lihat si gesit. Menurut sy area v belt harus dicover lg biar kelihatan berisi dan terlindung dari air berlumpur. Di sisi lain kalo dicover, buat boncenger kaum hawa yg pakai dress panjang tidak khawatir akan tersangkut di v belt tersebut, kan jd lebih safety…..

    Dah itu ajalah….

  5. alhamdulillah dh mulai rame warungnya…
    entah karna artikelnya (dibaca espegenya) atau memang sudah awal bulan kuota sudah di isi lagi …

  6. Mohon pencerahan mang
    Itu napa puli blakang gede bener y ?
    Secara motor listrik torsi bawah nendang kenapa g d kecilin aja tu puli blakang ?
    Kalau bisa d kecilin d buat cover auto cakep

  7. Ayo puas puasin sblm 6 mei… genjot trs artikel spgnya mang, nnti 7 mei kesana artikelnya bahas spg sarung wadim0r

  8. “Kalo kece udah jadi pemain sinetron” hahahaha… sa ae knalpot rx king… btw motor listrik pajak kendaraannya bagaimana ya?

  9. sori to say, kalo dari logo dan bentuk motornya, menurut saya motor ini murahan banget. emblemnya n tampak depannya big big no.

    entah kenapa yang paling berkesan dari artikel ini ya enjot-enjot nya . . .

  10. komentator pada gesit banget di artikel ini Mang wkwkwkw

    pengin coba sih, cuman jarak tempuh ane PP rumah kantor 100 KM … nah klo kena macet khan blom sampe kantor udeh abis baterainya

    sama test di area banjir Mang … seberapa level toleransi ketinggian air yg masih bisa dilalui si Gesits ini

  11. Pertanyaan ane cuma 1 mang,setelah nulis artikel ini tidur di luar apa di dalem ? Ngah ngah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.