GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Dalam artikel tematis tentang sepeda motor Kymco, akhirnya kita tiba juga di produk maxi scoot terakhir yang dijual oleh Kymco Indonesia melalui Smart Motor Indonesia, ini dia Kymco Downtown 250i! Ada bagusnya juga sih sang Downtown hadir paling terakhir, karena secara produk, dia merupakan kartu As dimana dari sisi fitur dan akomodasi menjadi yang terlengkap dan terbaik! Yuk kenalan lebih jauh, kita mengenal fitur, spesifikasi dan harga Kymco Downtown 250..

Sebelum menuju artikel yang nantinya akan membahas lengkap dari sisi review, kita mengenal dulu sosok Kymco Downtown 250i Indonesia ini lads. KBY akan bahas desain kemudian fitur, spesifikasi dan tentunya harga dari skutik berkapasitas 250cc 1 silinder tersebut.

Bahkan, Downtown sangat cocok dan gak malu maluin untuk diadu langsung dengan dua kompetitornya di kelas ini, ada Honda Forza dan Yamaha XMax. Tapi soal head to head ini akan KBY bahas di artikel terpisah ya.

DESAIN

Kalau berpatokan dari sisi sudut dan lekukan bodi, Downtown 250 masih kalah “seksi” oleh sang adik, yaitu Kymco K-XCT 200i yang pernah KBY bahas sebelumnya. Di bagian tengah ke depan sih mantap lah ya, keren dan modern. Mengkurva alias berlekuk di bagian tebeng dan juga kepalanya.

Di bodi tengah barulah lekukan tersebut berkurang, mengotak nyaris tanpa lekukan di bodi, neat and clean seperti pada Yamaha NMax, garisnya cenderung rata dengan sedikit naik menuju buritan.

Kesan kotak dan kaku juga berlanjut ke belakang alias lampu rem, bagusnya meski terkesan kaku namun bentuknya menarik. Dibanding dua saudaranya yang lain, hanya Downtown 250 yang memiliki lampu rem terpisah, seperti pada Yamaha XMax ya?

Desain bagian muka atau fascia nya unik, seperti wajah burung hantu masa depan yang sedang terkejut akibat adanya aksen persegi panjang vertikal di bawah moncongnya. Keren juga sih, berkarakter hehe. Secara keseluruhan desainnya cakep dan proporsional.

FITUR KYMCO DOWNTOWN 250

Nah ngomongin fitur, KBY sangat bersemangat membahas fitur Kymco Downtown hehe. Bukan apa apa, seakan akan Kymco Indonesia sangat sadar kalau di kelas ini mereka gak main sendirian, jadi kalau fitur cuma seadanya, habis lah di bully mengingat dua lainnya tampil full fitur.

Fitur Speedometer

Begitu ada di tangan, yang pertama kali KBY cek adalah speedometer! Alhamdulillah, ternyata fiturnya lengkap wkwkw, ada MID dengan Average BBM! Artinya gak usah ngisi full to full alias metode manual untuk mengetahui konsumsi bbm sang Downtown.

Masih di sektor speedometer, pencet sana sini lagi KBY menemukan jam digital, trip A, trip B, termometer, odometer dan voltmeter (tegangan aki), AVG real time dalam satuan mile dan juga kilometer serta jadwal ganti oli. Tidak ada setingan Traction Control hmmm..

Fitur Lainnya & Akomodasi

Selain speedometer yang berbentuk analog plus digital, Kymco Downtown 250i masih memiliki fitur lainnya yang menjadi bekal di kelas 250cc, yaitu:

  • 2 laci di depan yang muat handphone
  • Power socket di laci kiri
  • Laci yang sangat besar, mampu memuat 2 helm (open dan full face), tidak disebutkan berapa kapasitasnya tapi lebih dari 35 liter kayaknya ya.
  • Lampu depan dengan DRL berbentuk ring
  • Lampu rem dan sein (depan belakang) LED
  • Engine cut off
  • Brake lever dengan setelan di kiri dan kanan
  • Lampu hazard

Tanpa rem ABS, Downtown kembali menguatkan kalau selain model Like 150, Kymco Indonesia belum ingin memberikan rem anti ngunci tersebut untuk produk lainnya. Tapi soal performa rem sih mantap, 3 piston gitu loh.

HARGA KYMCO DOWNTOWN 250

Dengan segala kelebihan dan juga ada kekurangannya, PT Smart Motor Indonesia selaku pemegang lisensi Kymco di Indonesia memberikan harga Kymco Downtown Rp. 68 juta. Tidak bisa dibilang murah meski masih masuk akal.

Harga produk CKD Taiwan ini masih di atas Yamaha XMax tapi berada di bawah Honda Forza. Kira kira kalau diadu gimana ya? Stay tune di Kobayogas.com lads..

SPESIFIKASI KYMCO DOWNTOWN 250 INDONESIA

Kalau membahas dimensi, Downtown hanya kalah lebar dan kalah tinggi dari Kymco XCiting 400! Yoi, meski hanya 250cc tapi dia lebih panjang loh dari 400cc.

DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi2250 x 780 x 1310 mm
Jarak Sumbu Roda1553 mm
Jarak ke tanah135 mm
Tinggi / Panjang Sadel810 / 835 mm
Berat bersih178 kg
KELISTRIKAN
PengapianECU
BateraiMF, 12V 10AH
BAHAN BAKAR
Jenis bahan bakarBensin, oktan #92
Kapasitas tangki bahan bakar12,5 liter
MESIN
Tipe mesin4 Stroke, 4 Valve, SOHC, FI
Kapasitas (cc)246,3 cc
SilinderSilinder tunggal
Sistem pendinginBerpendingan cairan
Perbandingan kompresi10,8 : 1
Maks. Tenaga Mesin17,1 kW / 7750 rpm
Maks. Torsi Mesin23,14 Nm / 6000 rpm
Diameter x Langkahφ66 × 72 mm
Kapasitas oli mesin1,5 liter
Kapasitas oli transmisi / Tipe0.23 liter / #90
Sistem StartElektrik
TransmisiCVT Otomatis
RANGKA
Ban DepanTubeless 120/80-14 58S
Ban BelakangTubeless 150/70-13 64S
Material banNilon
Rem DepanCakram @260mm
Rem BelakangCakram @240mm
Suspensi depanTelescopic Fork
Suspensi belakangDouble Swing
WARNA
Pearly Black, Mat Silver Crystal dan Mat Gray

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

18 KOMENTAR

  1. udeh pernah liat sih video komparasi ala otomotifnet … tapi teteuppp nungguin ripiew khas ala Mang Kobay yang cihuyyy abizzz

  2. klo mang kobay di suruh pilih antara ini sm yg 200 pilih mana mang …
    abaikan speknya murni design patokannya

    #nyuruh pilih aja ga mo ngebeliin

  3. Kayaknya lebih value drpd duo Jepun. Sayang dilernya dikit banget. Coba bikin entry level matic pake aura lekukan big matic, pasti laku keras

  4. Untuk fitur kekinian seperti ABS, traction control dan keyless para kompetitornya sudah ada, sedangkan di Downtown ini blm ada.
    Tp begitu dikendarai, ketiadaan fitur tadi apakah akan terobati dengan performa dan kenyamanannya di mana harganya yg berada di tengah2? Kita tunggu ulasan lugasnya dari mang Kobay. Penasaran eui…

  5. Tetep berat nggulung mr.X n mr. For mang, selama purna jual nggak ditata.
    Kecuali emang ada rejeki lebih n nyari mongtor yg uniq sih. IMHO.

  6. Tapi menurut informasi beberapa teman, terkadang pihak kepolisian mempermasalahkan itu. Kalau dibikin nyala semua bisa ga itu, misal kita oprek ke bengkel sendiri

  7. Tertarik pengen beli, tapi lagi mikir ulang, secara belum keyless/smartkey & tentunya layanan purna jualnya. Kebetulan saya tinggal di Karangampel-Indramayu yang belum ada Dealer 3S nya

  8. wah bener nih tadi bareng dari pancoran sampe jatinegara, mau negur kok takut salah orang, keren banget dari belakang, samping dan depan (liat spion), tapi mati gaya pas nekuk nekuk di jatinegara.
    tapi paling enak rush hour pake matic belah jakarta ya kang, coba naik CBR wkwk

    • Wkwkwkwk kalau hari ini liatnya Kan pake jaket kobayogas.com mang hehe..

      Iya kalau sempit selesai udah wkwkwk… Lain x klakson 3x yak hehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.