Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Akhirnya, Yamaha Freego S ABS yang berada di tangan KBY sudah mencapai jarak ideal untuk dilakukan perhitungan konsumsi BBM nih lads. Setelah satu minggu diubek ubek dipake harian rumah kantor dan beberapa tempat, si Freego abu matte ini menempuh jarak 104,2 km.. Sesuai metode kebiasaan KBY, minimal jarak 100km adalah wajib, biar perhitungannya gak bias. Jadi berapa konsumsi BBM Yamaha Freego di jalur Ibu Kota Jakarta?

Mungkin tak seperti blogger atau youtuber lain yang punya banyak waktu sehingga bisa geber kemanapun mereka mau, motor atau kendaraan yang dipinjamkan kepada KBY gakan jauh dari simulasi digunakan harian, rumah kantor, kantor rumah, pulang pergi. Ada waktu sedikit bawa agak jauhan deh hehe.

Tapi ternyata sejauh ini para pembaca merasa terwakili karena kebanyakan orang beli motor itu ya untuk dipakai harian, baik ngantor, kuliah, sekolah, ke pasar atau sebagai ojek online. Dipakai jalan jalan kalau ada waktu senggang seperti libur. So, metode dipakai harian dengan kondisi Ibu Kota yang lebih banyak ramainya daripada lengangnya dianggap pas. Alhamdulillah..

KONSUMSI BBM YAMAHA FREEGO S ABS

Kita langsung saja ya lads.. Oia sebelumnya kita ketahui dulu spesifikasi singkat dari Yamaha Freego S ABS. Mesinnya 125cc 1 silinder bluecore, berpendingin udara, tanpa VVA alias konvensional.

Tenaganya sebesar 7kw atau 9.52Ps dengan torsi 9.5Nm. Bobot isi (termasuk cairan) sebesar 100kg pas gak kurang hehe. Jadi dengan spesifikasi seperti itu berapa konsumsi bbm Yamaha Freego S ABS setelah menempuh jarak 104,2 km?

KBY mengisi dengan pertalite, sebenarnya saat datang kondisi tangki sudah penuh, tapi ketika dipakai sebentar ternyata langsung turun 1 strip, yaudah isi full dulu dan tripmeter di 0 kan, biar fair n square hasilnya.

Setelah diisi ulang dengan pertalite lagi, jumlah pengisian hingga leher tangki adalah 2.790 liter. Setelah dibagi antara jarak dengan isian bbm maka hasilnya adalah 104.2km/2.790 liter = 37.3. Artinya, 1 liter pertalite mampu membawa Freego sejauh 37.3 kilometer.

KOK BOROS?

Menurut KBY sih gak ya, normal dan wajar. Mengapa? Mau tau banget nih? wkwkwk.. Karena pernah dipakai boncengan beberapa kali dengan bobot total +/- 135kg, juga acap kali kena macet. Tapi yang paling pengaruh sih karena pernah KBY geber pol waktu ada beberapa kali kesempatan nyari top speed si Freego hehe.

Namanya digeber ampe mentok gas abis pasti bensin nyedotnya kenceng lah ya wkwk.. Berapa top speed si Freego? Rahasia, tar aja di video dan artikel berikutnya ya hahaha. Yang jelas, terima kasih banget dengan adanya SSS, konsumsi bbm sangat terkendali. SS berguna saat ngantri bayar parkir, ngantri di SPBU atau berhenti di lampu merah.

ISI BBM DARI KANAN GAK RIBET TUH!

Pernah ada komentar, mengingat lubang pengisian bbm Freego ada di kiri depan, bagaimana kalau kebagian dispenser alias pompa di SPBU yang noselnya ada di sebelah kanan kita? Ribet gak? Nyusahin gak?

Justru KBY mencari tahu sendiri, testing is believing yes? Hasilnya? Ah biasa aja, gak ribet, gak repotin, gak nyusahin, malah sampe dua kali loh hehe. Nanti ya kalau videonya udah terbit KBY infoin di artikel. Oceeehh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

34 KOMENTAR

  1. Bikin lobang isi bbm yang geserable donk ahh….
    Percuma tuhhh…. Masih kudu turun…. Kesian testernya. Kecele donk aka kepauk di ladang wkwkkkkkk

  2. Lobang pengisian bbm pindah ke depan kirain masih bisa tetep duduk pas isi bbm nya mang. Kalo turun nturun juga ya sama aja mang kalo menurut saya, gak ada bedanya sama tanki di bawah jok.

    • ah si mamang gak dibaca bener nih hiks.. itu turun karena pompa ada di kanan. Kalau pompa dikiri mah ga perlu turun. Kan lagi simulasi kalau dpt pompa di kanan.

      Yang diisiin sama pegawainya sbenernya bisa aja KBY gak turun, tapi itu selang di depan selangkangan gw banget rasanya gimana gitu, mana lanang lagi. Mending gw turun dah wakakakaka..

  3. Paham dah kenapa mang kobay turun pas lagi isi bensin dari kanan
    …..
    …..
    …..
    …..
    …..
    …..
    Biar Nozzle ngga ketemu Nozzle

  4. Maksudnya nggak kaya nmax gitu mang. Tinggal buka tutup tanki trus kita duduk manis aja. Kalo paha si empunya gede, trus gak turun. Mu lewat mana tu nozel? Wkwkwk…
    Apa lagi kalo pegawai nya cewek. Kita isi bbm gak turun Berasa gimana gitu. risih kan mang..??
    Hahahaaaa. . . .

  5. Sebenernya bukan ribet kalo menurut saya. Orang kita aja yang ga mau repot. Waktu saya ke Taiwan dulu, liat motor matic di sana dari yang tahun muda sampai tua. Semua isinya dari bawah setang. Kalo disini ya baru freego ini.

  6. Well, masih hemat PCX lokal 😂, jarak rumah kampus 30km pp 60km. Kondisi jalan 50% macet, 30% lapang jadi gaspol 20% perkampungan banyak poldur. Avg Ai speedo 1ltr/49, sekian km. Full to full dapet 1ltr/45an. Bbm pakai pertalite 😂

  7. Untuk motor 125cc agak boros seh ya..
    ga sampai 40km/liter, saya ga tau itu semacet apa.
    Xeon karbu saya yang jadul aja bisa 1:40, Xeon GT 1:45, MxKing catatan paling jelek buat macet-macetan sama geber-geber bisa 1:38

  8. Heropuch Malika (skutik India) juga isi bensin dari depan. Di rumah masih ada satu unit, hehehe

  9. Justru kalau dipake sekali jalan 20km atau lebih,konsumsi bbm jadi lebih irit karena kinerja mesin sudah optimal. Contohnya saya pakai z250 harian kerja ada dua kasus.
    Kasus pertama saya dulu masih numpang tinggal di rumah kerabat saya di bintaro sektor 9, kantor saya di dekat TMII, jalur saya lewat simatupang raya sehari PP sekitar 52-53 km. Bensin pakai pertamax turbo, konsumsi bbm full to full dapet nya sekitar 22-23km per liter.
    Kasus kedua sekarang saya udah tinggal sendiri di jatipadang dekat gedung antam,lokasi kantor masih sama,jalur nya ke kantor juga sama lewat simatupang raya sehari PP sekitar 15km. Bensin masih sama pakai pertamax turbo,cara bawa motor juga sama aja. konsumsi bbm full to full dapetnya kira2 16-17km per liter.
    Intinya,motor kalau dipakai sekali jalan jarak tempuhnya pendek akan lebih boros daripada sekali jalan jarak tempuhnya jauh. True story ngga dibuat2.
    Tambahan,kalo touring konsumsi bbm nya sekitaran 25km per liter

    • itoe betoel adanja ooommm… karena kalau jauh ada kemungkinan dapat jalanan lengang, dimana kecepatan eco dapat diraih.. kan ga mungkin 52km macet terus-terusan kekekke..

  10. dengan mesin yg lebih “tua” … Mio Syantik bisa dapet +/- 50 KM per liter buat riding beruang ABG dengan bobot 95++ … jalur riding Petukangan – Bintaro – Ciputat – Parung – Bogor Kota PP

    jalurnya enak tuh … jarum spido sampe 65 kpj aja lampu ECO riding masih nyala

    so’ selain efek tangan kanan, jalur dan waktu riding emang signifikan buat mempengaruhi konsumsi bbm

  11. ini tadi maksudnya saya ngebales komen yg ngomong pake pcx lokal dapet 45km/L om kobay hihi tp ntah kenapa malah jadi satu komen sendiri :D,orang itu sehari pp nya 60 km jadi wajarlah dapet segitu. kalo orang itu pp nya pendek dengan jarak kayak om kobay dan saya pp nya per hari saya yakin konsumsi bbm nya drop di bawah 40,begicuh om

  12. Kalau dari kanan memang kelihatannya agak ribet. Tapi dari kiri jos gampang. di pom bensin kadang-kadang gak bisa milih tempat. Harus ikut sama lajur yg disediakan untuk sepeda motor. Yang lucu itu pas waktu ada cewek naik nmax atau PCX ngisi bensin. Kalau pas kita lagi antri di belakangnya seperti ngelihat petugas pom bensin utak-atik sesuatu di tengah kedua kakinya cewek itu..😂

  13. Wah mayan jg ya, kalo jalurnya lancar jaya tanpa macet kaya saya (kalo inget artikel mang kobay yg dulu anak kecil kecelakaan sama pickup, nah itu rute harian saya) dgn jarak tempuh 29 km mngkin bisa lebih hemat ya? Tapi sss kayanya gk kepake di jalur itu 😂

  14. Pilih Freego apa racing king ya? Hhmmm
    Freego 01 .. Racing king 02 , pilih mana mangko?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.