putri Petir Abang dan sang Freego
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sebelum menuju pembahasan Yamaha Freego S ABS versi KBY yang sudah digunakan selama satu minggu kemarin ini, berikut ada sharing dari silent rider tentang skutik unik dari Yamaha tersebut. Beliau sharing dengan cukup lengkap loh, jadi ini adalah kekurangan dan kelebihan Yamaha Freego versi pemilik langsung yang uniknya mengaku sebagai loyalis Suzuki hehe. Penasaran? Geber dulu lads.. 

Assalaamu’alaikum Mang…

Sebenarnya saya tu suka & loyalis Suzuki, karena saya blm pernah beli motor (dengan uang hasil keringat sendiri) selain merk S. Meski untuk kegiatan sehari-hari saya menggunakan Supra tapi untuk kegiatan istri, kami masih setia menggunakan Skydrive, tetapi karena itu motor di minta saudara utk Sekolah di kampung ya akhirnya harus ganti Motor.

LOYALIS SUZUKI LIRIK YAMAHA

Menilik Merk S, waduh kok tidak ada tambahan model, NEX II sebenarnya masuk tapi dimensinya terlalu imut, Honda? lupakan lah, sudah terlalu mainstream. Akhirnya di putuskan ganti Yamaha, yang modelnya cukup banyak.

Awalnya mau pinang Lexi, tapi begitu keluar Freego jadi bimbang nih, hehe… setelah di pikir2 dengan matang di putuskanlah meminang Freego S, dengan alasan kelebihan dan kekurangannya sbb:

putri Petir Abang dan sang Freego S

KELEBIHAN YAMAHA FREEGO

  • Model & nama baru, meski mesin identik dengan Mio series
  • Fitur keyless dg harga termurah ( ini yg paling memikat hati ) hehe
  • Ban cukup gambot dgn R 12
  • Bagasi luas… ( Jauh di banding Lexi )
  • Model fresh dan unik ( Isi bensin ga perlu buka jok )
  • Jok lega
  • SMG starter yang hening
  • Posisi riding asik (menurut sy ya…) karena deck bawah ada tangki, jadi posisi kaki lebih menekuk ke atas ( agak nongkrong )

Adapun fitur SSS, Headlamp LED, Lampu Hazad, dan Power Socket menurut sy standar aja, wabil khusus Power Socket, tadinya sy pikir USB port jadi tinggal colok kabel, ga taunya Cuma Lighter, haha…

KEKURANGAN YAMAHA FREEGO

Nggak ada kantong atau laci, sekedar buat naruh botol minum, HP, Jajanan, dll… padahal Matic identik dengan laci. Area depan sepertinya kopong, harusnya bisa di design ulang untuk penambahan laci.

Gantungan depan dari plastic agak gampang “mleyot”, waktu beli sayuran emak2 aja tau tau mleyot, alhasil tahu 1 plastik jatuh ke jalan, wkwkwk, bisa di tiru punya competitor tuh, walaupun dari plastic juga tapi kuat bangett…

Note dari KBY untuk hook: Kemungkinan besar overload mang, karena ada stiker peringatan di area situ kalau hook alias cantolan cuma boleh menahan beban 1kg saja. Memang plastik hooknya fleksibel, makanya dikasih notice jangan kasih beban lebih hehe.

Untuk tutup pengisian bahan bakar, pengalaman kemarin sy isi kepenuhan terus luber, jatuh ke deck dan juga mengalir dari sambungan deck. Bisa di buatkan penampung “luberan” terus sambung selang untuk pembuangan layaknya motor sport… mungkin lho ya…

note dari KBY: Memang harus hati hati dalam mengisi bbm, apalagi kalau noselnya ditekan kencang (deras), kalau gak hati hati bisa muncrat. Nah kalau udah muncrat akan percuma ada penampung luberan juga hehe. Kejadian di Kymco Racing King 150 kemaren euy.

Untuk Cas HP harus di tambahkan alat lagi, sebagian orang ( termasuk saya ) mengira tinggal colok kabel USB aja, mungkin Next bisa di tambahkan modulnya.

Bensin kurang irit, dalam keadaan riding dekat2 aja sy sdh isi 3x ± 6 liter Pertamax & Pertalite dengan jarak 170 KM, berarti 30 KM/Ltr?? (note dari KBY: biasanya jarak dekat membuat performa mesin kurang optimal, kecepatan eco jarang diraih, ini berlaku di kebanyakan kendaraan bermotor)

2 Buah tonjolan di belakang Ban depan mengganggu pemandangan, hahaha… Sy baru tahu setelah sebulan lebih tuh motor datang. Ga tau kenapa bisa benjol begitu?? (kemungkinan itu sasis/ rangka penguat tangki bbm mang, karena nongol plastiknya terpaksa dibuat begitu hehe – KBY)

Lampu baru Headlamp aja yang LED, yg lainnya masih bohlam semua… tapi is ok lah, ganti LED aftermarket masih bisa dan banyak modelnya

Untuk yang seri S pilihan warna cuma ada 2, abu2 dan merah itupun ngga Glossy, yg standar malah banyak warna dan Glossy??

KESIMPULAN

Sudah mang, sementara itu dulu penilaian untuk Freego S ini dari seorang Konsumen biasa yang baru kali ini meminang produk Yamaha, padahal 25 Tahun lalu belajar naik motor pakai Yamaha?? Hehehe… , memang ada beberapa kekurangannya, namanya produk baru ya, kalau di buat sempurna nanti ga butuh Facelift dong??? Hehehe…

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb….

Seperti yang diceritakan oleh nickname Petir Abang ke newsroom Kobayogas.com, seorang loyalis Suzuki yang tertarik nyoba beli Yamaha Freego. Nah Suzuki, apa gak pengen tuh ikutan punya skutik yang menarik hati?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

44 KOMENTAR

  1. Wow pretgo… Pret bener ternyata, haha..
    Yamaha biasanya body plastic nya tebel, & solid, sekarang kok kaya honda..

  2. Kalo isi bensin bilang full sampai nozel bensinnya njedek sendiri gan…dan ga usah di tambahi sampai penuh…mbak2 pertamina ga terlalu pinter orangnya, alhasil banyak lubernya dr pada full mentok….sama yamaha emang lebih boros di banding merek lain2. Tapi juga ga boros2 amat kok…masih boros kategori wajar.

  3. Mazza iyaa sampai seboros itu? Jangan lupa cek olinya siapa tau boros juga 😁 Kalau plastik, anggaplah itu lentur, kalau kena benturan nggak gampang pecah. Kalau gantungan barang mungkin bisa diganti dgn aftermarket.

    • KLau dari cerita, karena dipakenya deket deket doang mang.. Kalau deket mesin jarang dpt kinerja optimal, kecepatan juga paling rata rata 20-30 km/jam

  4. Kalau gw beda cerita
    Nunggu nmax baru ga keluar2
    Akhirnya beli vario

    Kenapa?
    Ya ntr di jual lagi kalau nmax baru keluar
    Secara kalau beli skrg agak rugi juga, beberapa bulan lagi muncul baru

    Tp ya itu,
    Yamaha udah melewatkan beberapa potential buyer…

    Kenapa vario?
    110cc lemot untuk orang dengan bb 80ke atas
    Honda masih rajanya untuk di jual
    Keylessnya, untuk kota besar berguna

  5. Saya sebagai penyuka produk yamahmah (pakai motornya hondagelan) merasa kecewa karena semakin ke 2019 produk yamahmah makin gak jelas gak mw ikutin selera konsumen sini yg terbesar di dunia (lek ivvb, bikin lampu all led, desain cakep, mesin gampang di koter bahannya bukan teplon yamahmah), leksri produk gak jelas ala maxi selonjoran nanggung ala pecex tp tangki bbm & bagasi kecil banci banget kan, gofree tangki bbm kecil gk ada laci

  6. Saia jg loyalis Suzuki, dirmh msh tersimpan apik suzuki raider 125 amp akik soal.. Sehari2 gawe pke hayate, skrg minang nmax drpd PCX lokal, ga prefer aj yg lebih baik yahaha drpd honhon, Krn nungguin Bruggman lokal kesuwen. .

  7. dibanding Freego, ane sih lebih milih Kymco Trend SR LE seken, motor udah lebih satu dasawarsa tapi fitur cuman kalah di keyless ama injeksi

    tapi selain unitnya jarang … bokin sekarang ini kagak ngijinin lagi ane maen Kymco hahahahaha

    ntar aja klo udah tajir baru maen Kymco lagi, biar jadi motor sunmori and turing ajah

  8. Pengen freego tp tangki kecil.. mau touring capek ke spbu.. apalagi di ketapang kalbar, spbu tutup hari minggu

  9. Enggak mang, biasa aja… Menyesal tiada guna, Wkwkwk
    Karena masih jarang, kalo ke pasar pas di parkiran suka di kepo in orang2, haha…

  10. Keknya Benjolan perlu di perbanyak aja itu kang, biar bisa buat belajar wall climb anakan cicak, wkwkwk

  11. Irit Vario 150 mang, dipake istri jarak deket anter anak sekolah, jemput, anter karate, belanja kepasar jarak kurang dr 10km bisa dapet 1:49 paling irit. Paling boros 1:46. Tp abis service ke dua rata2 dapet 1:47-48. Itu jarak dekat ya bukan jarak jauh. wara wiri tiap hari rutin itu cuma 8km PP setiap hari.

    Kekurangannya klo baret susah di ilangin biar pake kompon juga. kemudian keyless nya kadang gak bunyi klo abis dicuci full body. mgkn 2-3 hari itu keyless nya senyap.

    Dan skrg yg terbaru klo digas ngorok, gak ganggu performa cuma risih ada denger suara ngorok pas di gas.

  12. 150 mang

    Maksudnya itu
    Gw ga ambil matic 110 karna lemot untuk ukuran berat badan 80an kg

  13. kok kaget mang Vario 110cc, dari zaman karbu dan vario techno kan udah 110cc yg radiator, dan sekarang updatenya malah ga dilengkapi radiator New Vario 110cc LED

  14. Meski boros, tapi klo buat boncengan dan di jalan yg menanjak ,,,, dijamin ngibritt, wes, wes, wes ,,,,,, metik 150cc yg irit pun dilibas

    Karena motor sekarang sdh sistem injeksi terprogram ,,,, kenapa gak dibikin 2 program mode ECU saza, klo mau irit atau powerfull(boros) tinggal pencet tombol doank

    Apa kah klo cuma tambah software, harga trus naik 3-5 juta ?
    WTF borr

  15. Yg led masuknya jd gen vario 110 absolute mang jd tanpa water cooling,sharing engine sama beat series.
    Yg generasinya dilanjut itu yg vario 110 techno,nyambung ke vario techno 125 sama 150 jd tetep ber radiator.cmiiw

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.